Tidak Lagi Menerima Email dan SMS Notifikasi Transaksi Kartu Kredit CIMB Niaga

Sejak tanggal 09 Maret 2023, saya tidak lagi mendapatkan SMS dan email notifikasi penggunaan kartu kredit CIMB Niaga, baik digunakan pada mesin EDC maupun transaksi online di berbagai marketplace. Email notifikasi transaksi terakhir diterima tanggal 08 Maret 2023. Tentunya ini menjadi risiko saya jika terjadi pembobolan penggunaan kartu kredit, yang mana saya tidak bisa bertindak cepat memblokir kartu karena tidak ada notifikasi apa pun.

Laporan melalui call center sejak tanggal 16 Maret 2023, hingga keluhan media ini dituliskan, tidak ada progres sama sekali. Saya lelah menanyakan status pengaduan saban beberapa hari melalui WA atau telepon dan hanya mendapatkan informasi “Masih dalam proses penanganan, dibantu follow up”.

Bank sebesar CIMB Niaga tidak punya SLA yang jelas dalam penanganan keluhan terutama keluhan, untuk hal yang punya potensi risiko. Lucunya email/SMS promosi produk CIMB Niaga dan notifikasi transaksi banking selalu saya terima. Padahal nomor HP dan alamat email transaksi banking dan credit card adalah sama.

Kalau saya cocokologi apakah CIMB Niaga tidak terima diberikan rate bintang 1 di Apps Store? Karena pasca diberikan rate tersebut langsung tidak ada notifikasi transaksi. Satu hal lagi, kenapa transaksi di Zalora tidak pernah diminta input OTP? Transaksi langsung diproses tanpa ada proses verifikasi OTP, baik nominal di bawah 100K atau di atas 500K sekali pun, yang mana keamanan transaksi Bank CIMB Niaga dipertanyakan.

Yang saya inginkan sederhana, setiap transaksi memperoleh email dan SMS notifikasi, karena 2 hal tersebut hak saya sebagai nasabah. Sehingga tolong tindaklanjut dari CIMB Niaga segera.

Devie Savitri
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan CIMB Niaga atas Surat Ibu Devie Savitri

No. 031/CCG/MBCX/IV/2023 10 Mei 2023 Kepada Yth: Mediakonsumen.com Up. Redaksi Surat Pembaca Dengan hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Devie Savitri...
Baca Selengkapnya

16 komentar untuk “Tidak Lagi Menerima Email dan SMS Notifikasi Transaksi Kartu Kredit CIMB Niaga

    • 15 April 2023 - (08:20 WIB)
      Permalink

      Coba pamahmi lagi om, apa yang di permasalahkan TS, bukan 3Ds nya, tapi skg transaksi ofline ataupun online tidak dapat notif transaksi baik email atau sms.

      • 29 April 2023 - (14:00 WIB)
        Permalink

        Coba dibaca ulang paragraf ke-4 frasa yg mempertanyakan kenapa transaksi zalora tidak pernah meminta input OTP. Komentar saya menanggapi pertanyaan itu. Coba baca lagi, biar lebih meresap mungkin pakde benni bisa sambil minum kopi ya, kopi item coba kopi liong deh. Nah dek safitri mungkin silap jg kalo dia pernah nulis itu, saran dek safitri minum air putih equil ya jgn aqua.

  • 15 April 2023 - (05:25 WIB)
    Permalink

    Thanks mba, sudah terwakilkan, saya juga sudah tanya call center benerapa kali, sampe saya ajukan penghapusan biaya notif yg Rp10,000/bulan, karena kan kita gadapat notif, untuk apa masih di tagih.
    Satu lagi, sejak new app di iOS sudah tidak bisa download estatement, saya sudah komplen juga ke cs, tapi solusinya disuruh download via OctoClick,

    • 29 April 2023 - (13:18 WIB)
      Permalink

      ini kebijakan baru CIMB Niaga terkait notifikasi pak. dan saya pribadi tidak pernah mendapatkan pemberitahuan baik by email atau SMS sosialisasi/ pemberitahuan:

      1. Transaksi < Rp250.000 tidak mendapat SMS dan Email notifikasi transaksi.
      2. Transaksi Rp250.000 – < Rp300.000 mendapat SMS notifikasi namun tidak mendapat Email notifikasi transaksi.
      3. Transaksi Rp300.000 ke atas mendapat SMS dan Email notifikasi transaksi.
      4. Pengenaan biaya notifikasi akan ditagihkan diakhir bulan sebesar Rp10.000 per nasabah kartu utamanya.

      itu saya peroleh dari WA CIMB Niaga, sayangnya tidak bisa upload Screen shoot chat WA nya di kolom diskusi ini

  • 15 April 2023 - (13:01 WIB)
    Permalink

    Saya juga dulu waktu pakai cc Niaga selama beberapa bulan tidak terima notifikasi walaupun selalu ada biaya notifikasi ditagihannya. Tahun lalu padahal, ternyata sampai sekarang masih bermasalah. Waktu itu pernah komplain, akhirnya notifikasinya muncul lagi.

    • 29 April 2023 - (13:24 WIB)
      Permalink

      saya juga pernah mengalami hal yg sama bu beberapa thn lalu, setelah dikomplain muncul lg. tapi kali penyelesaian lama lebih dari 1 bulan. dan skr muncul masalah baru setelah selesai masalah email yaitu transaksi di market place mana pun tidak ada OTP yg diminta baik transaksi dibawah 100K atau diatas 500K sekali pun. check ke market place masing – masing menyatakan bahwa kebijakan OTP merupakan sepenuhnya tanggung jawab bank bukan market place. Sedangkan bank lain masih mewajibkan permintaan input OTP bahkan untuk transaksi dibawah 100K sekali pun. lagi lagi CIMB memberikan resiko fraud kepada nasabahnya, gak ada habis masalahnya.

 Apa Komentar Anda mengenai Bank CIMB Niaga?

Ada 16 komentar sampai saat ini..

Tidak Lagi Menerima Email dan SMS Notifikasi Transaksi Kartu Kredit CI…

oleh Devie Savitri dibaca dalam: 1 menit
16