Pengajuan KPR BCA Ditolak karena Pinjaman yang Sudah Lunas Dianggap Masih Ada Cicilan

Nama saya Suman Hadinoto. Saya mengajukan KPR di perumahan Citra Maja Raya 2 (CMR2). Dari pihak marketing inhouse, kami sepakat memakai 3 bank untuk diajukan KPR (Bank BCA, Bank BNI, dan Bank BRI). Dari ketiga bank tersebut, yang fast respond adalah Bank BCA.

Namun pihak marketing CMR2 menginformasikan bahwa dari hasil analis BCA, saya masih memiliki pinjaman yang tercatat dengan total Rp4,4 jutaan. Dari chat WA orang bank yang saya terima, cicilan terdiri dari:

  1. Akulaku: Rp448 ribu
  2. Bank DBS: Rp542 ribu
  3. Bank CIMB Niaga: Rp136 ribu
  4. Standard Chartered Bank: Rp457 ribu
  5. BAF: Rp1 juta
  6. Kredivo: Rp1,5 juta

Dari 6 poin di atas, saya jelaskan 1 persatu ke orang BCA-nya sebagai berikut:

  1. Akulaku: Sudah lunas, untuk pembelian tiket kereta api dengan jumlah Rp448 ribu.
  2. Bank DBS: Ini adalah KTA Dana Sahabat, dengan cicilan per bulan Rp2.007.442 (sudah termasuk admin), sudah lunas tanggal 6 Maret 2023 (surat keterangan pelunasan ada).
  3. Bank CIMB Niaga: Ini cicilan flat sebesar Rp422.044 dan bukan Rp136 ribu.
  4. Saya tidak punya kartu kredit atau pun KTA dari Standard Chartered.
  5. BAF: Ini adalah KTA dana syariah BAF, cicilan Rp1.015.000  dan ini sudah lunas 15 Maret 2023 (surat keterangan pelunasan ada).
  6. Kredivo: Ini adalah cicilan teman saya yang gak punya aplikasi Kredivo, cicilan pembelian mesin cuci Rp530.780 (sisa 8 bulan lagi), dan cicilan pembelian  HP Xiaomi Rp311.840 (sisa 5 bulan), total hanya Rp842.620 dan bukan Rp1,5 juta. BCA dapat data dari mana?

Saya mohon kepada Yth. Bank BCA, agar jika menganalisis data dikonfrontir dulu dengan debitur, apa benar atau tidak, dan jangan ambil keputusan KPR saya ditolak dengan alasan di atas (nomor: 0970/001/56179/23). Menurut saya tidak fair, bagaimana bisa data yang gak valid dijadikan dasarnya?

Ke depannya saya berharap pihak analis Bank BCA lebih teliti lagi, sehingga orang lain tidak mengalami hal yang sama seperti saya, yang ingin memiliki rumah tapi ditolak dengan hasil analis yang tidak valid. Semoga proses banding yang saya ajukan dapat dianalisis ulang.

Terima kasih. Hormat saya,

Suman Hadinoto
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan BCA atas Surat Bapak Suman Hadinoto

Menanggapi keluhan Bapak Suman Hadinoto di Redaksi Media Konsumen tanggal 16 April 2023 dengan judul “Pengajuan KPR BCA Ditolak karena...
Baca Selengkapnya

23 komentar untuk “Pengajuan KPR BCA Ditolak karena Pinjaman yang Sudah Lunas Dianggap Masih Ada Cicilan

  • 16 April 2023 - (17:46 WIB)
    Permalink

    Yah bca lagi, dah trkenal bank itu susah ajuin kredit, autoreject kalo banyak cicilan mah. Btn coba, spesialis kpr tuh, minta ke marketingnya pindah bank.

    4
    3
  • 16 April 2023 - (18:20 WIB)
    Permalink

    Lu tau kan bank itu bisa akses SLIK? atau biro kredit lainnya yg bisa ngeliat history credit dan outstanding pinjaman? Atau lu kurang pengetahuan umum jadi gk tau? Mereka jg gk perlu minta validasi ke lu

    Mereka jg bisa liat historical credit dan pinjaman lu sebelumnya, pernah telat bayar atau ngk. Kalo bedasarkan post lu sebelumnya di tagihan DBS ad interest ? Bearti lu pernah telat bayar kan? Itu kebaca juga. Ya simplenya dinilai lu gk amanah jg

    Dengan kata lain BCA ngeliat risk lu tinggi.

    Anyway, Bukan rahasia umum dapetin kredit dari BCA itu susah karena balik lagi, orang yg butuh mereka karena tbh bunga mereka yg paling oke. Jadi lu protes gini jg bakal diketawain BCA.

    12
    6
      • 18 April 2023 - (09:35 WIB)
        Permalink

        biasa updatenya per akhir bulan, jika lunasnya pertengahan maret dan pengajuan KPR nya juga maret tentu belum terupdate. jadi harusnya saat pengajuan KPR langsung dilampirkan surat pelunasan cicilan tersebut

  • 16 April 2023 - (18:38 WIB)
    Permalink

    Resikonya kalau punya banyak cicilan..
    Sudah lunas tapi oleh oleh pihak pemberi pinjaman belum di update atau memang proses updatenya yang lama..
    Mungkin jangan terlalu buru2 ambil kpr sebelum statusnya sudah benar2x bersih di BI checknya.
    Apalagi kasih pinjaman ke orang lain dengan/atas nama kita, sama aja cari penyakit.

  • 16 April 2023 - (18:47 WIB)
    Permalink

    SLIKnya belum update.. biasanya lembaga pembiayaan SLIK baru update dibulan berikutnya mengikuti tutup buku Lembaga pembiayaan.. semua yang sudah lunas dilakukan dibulan maret sementara pihak bank juga melakukan analisa dibulan maret jadi yang dilihat oleh pihak bank adalah yang belum update.. ada baiknya sebelum mengajukan kredit berplafon tinggi untuk mengecek SLIK dulu prosesnya cepat dan mudah 3×24 jam biasanya hasilnya sudah dikirimkan keemail kita jadi jika ada yang belum update kita bisa minta untuk segera diupdate pada lembaga pembiayaan.. dan untuk cicilan berjalan bank tidak akan peduli siapa pemakai dana pinjaman mau sodara anda.. mau teman anda.. mau orang tua anda.. yang dicatat oleh lembaga pembiayaan adalah atas nama anda..

  • 16 April 2023 - (18:59 WIB)
    Permalink

    beberapa hal yang jadi catatan saya:

    1. kemungkinan bank pemberi kredit yang disebutkan telah lunas itu belum update SLIK terbaru
    2. bank tidak peduli cicilan yang ada titipan teman atau saudara..
    3. biasakan sebelum mengajukan kredit, cek SLIK dulu karena sekarang cek SLIK bisa online
    4. ini yg penting, mengapa ada data Standard Chartered Bank padahal dari pengakuan anda tidak punya kartu kredit atau pun KTA dari Standard Chartered. takutnya ada penyalahgunaan data anda. coba cek SLIK dan ke bank nya
    5. keputusan KPR bank dalam hal ini BCA itu berlaku mutlak, suka atau tidak harus diterima. tidak perlu kecewa, ajukan saja ke bank lain …
    6. Semoga pengajuannya di 2 bank lain BRI dan BNI hasilnya lebih memuaskan

  • 17 April 2023 - (07:21 WIB)
    Permalink

    Ya anda memang sudah lunas dari cicilan sebelumnya, tapi tolong sadar diri juga proses anda melunasi cicilan bagaimana ?? Pasti ada tunggakan atau overdue yang tentunya bukan sehari, 2 hari, atau 3 hari.. saya yakin overdue anda sangat lamaaa.. mungkin anda termasuk kategori high risk mangkanya pihak bca tidak mau meloloskan anda…
    Tolong jadi nasabah yang pintar dan bijak, jangan jadikan media konsumen sebagai alat anda PLAYING VICTIM

    4
    1
  • 17 April 2023 - (09:51 WIB)
    Permalink

    Debitor jaman now, lebih riweuh dari kreditor nya..
    Entah kurang literasi ato kurang jauh main nya.

    .

    2
    1
  • 17 April 2023 - (10:00 WIB)
    Permalink

    ini kejadian mya persis ky sy dulu, cm satu cara datengin dan minta surat keterangan setiap kreditur yg di kasih tau bca, ud gt push ke setiap kreditur minta di update slik,, dl saya proses nya ga lama ko om, ud gt di approve buat kpr bca nya,, bca ga akan konfirmasi ke pihak kita tapi pasti menginfokan ada dapet call dari mana saja, tinggal kita mau repot aja urusin ke pihak yg ngasih call nya aja.. begitu ud clear bca langsung proses ulang dan rata2 approve ko

  • 17 April 2023 - (10:16 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah kpr dari BNI dan BRI saya sdh di approve, make it simple aja buat yg comment, gak masalah klo byk cicilan asal bisa bayar tepat waktu, klo bi checking saya bermasalah ( cicilan pernah telat bayar/ nunggak) sdh pasti dari awal pengajuan saya gak ditanggapi Bank, dan malah sebaliknya saya ditawarkan top up kembali oleh bank,

    2
    2
  • 17 April 2023 - (12:27 WIB)
    Permalink

    Bpk yg budiman, baca Topiknya baru comment, aplikasi di kredivo yg dipakai teman saya juga gak 1,5 jt, (hanya 800 rb an) , klo anda jadi saya, sisa (700rb) itu hutangnya siapa?, anda mau dibebankan uang sejumlah tsb??

    2
    1
  • 17 April 2023 - (17:30 WIB)
    Permalink

    Pada akhirnya tiada guna ngadu kesini, BCA sistemnya disiplin setahu saya. Anda bebas aja menilai oh dari bank lain malah nawarin top up beda dagang gorengan beda resep, ada yang pakai kol tahu isinya, ada yang pakai bihun buncis.
    Toh masih banyak bank lain.

    3
    2
    • 17 April 2023 - (20:14 WIB)
      Permalink

      Bisa jadi belum terupdate sistem mengingat pelunasan di waktu yg bersamaan, sehingga membutuhkan waktu. Terkait BCA sendiri bank yg selalu mengedepankan mutu pelayanan kualitas dan selalu mengedepankan sistem 3 s senyum, salam dan sapa dalam hal pelayanan. Soalnya bosnya sendiri hartono bersaudara beberapa kali ketemu dan makan pun suka lebih di pinggir jalan ramah orangnya walaupun bos besar naik mobil pun sukanya innova reborn padahal terkenal mobil langka baru yg belum dimiliki orang pasti bos bca sudah langsung punya. Mungkin blm rejekinya di bank bca rejekinya di bank lain. Semoga segera mendapatkan rumah impian yg diinginkan. Tambahan saran saya jaman skrg jangan asal meminjamkan data walaupun niat membantu teman atau saudara karena nantinya yg rugi ya anda sendiri ketika butuh karena skrg pakainya skor kredit. disini saya hanya memberikan komentar saja tdk bermaksud bagaimanapun, karena saya juga nasabah bca. Terimakasih buat yg baca.

  • 20 April 2023 - (10:37 WIB)
    Permalink

    Bisa jadi bank sudah melihat riwayatnya kurang bagus. Meskipun udah dilunasi tapi pernah tercatat kualitas kurang bagus. Jadi itu hak prerogatif bank sebenarnya. Coba ajukan ke bank lain yang tidak terlalu ketat. Semisal CIMB atau Panin.

  • 21 April 2023 - (12:12 WIB)
    Permalink

    Untuk fintech semacam akulaku biasanya mereka yang paling lama update data ke OJK. Jadi coba cek idebku di situs resmi OJK apa ada data yang belum diperbarui. Kalau belum harus segera hubungi jasa penyedia pinjaman tersebut. Kalau belum update maka pasti akan ditolak oleh bank.

 Apa Komentar Anda mengenai KPR BCA?

Ada 23 komentar sampai saat ini..

Pengajuan KPR BCA Ditolak karena Pinjaman yang Sudah Lunas Dianggap Ma…

oleh Suman Hadinoto dibaca dalam: 1 menit
23