McDonald’s Pasirkoja Bandung, Restoran Cepat Saji yang Tidak Cepat Saji

Hari Senin tanggal 1 Mei 2023, saya bersama keluarga datang ke McD Pasirkoja Bandung. Suasananya ramai, tapi antrean masih wajar. Saya mengantre 2 orang untuk memesan makanan pada layar sentuh. Pesanan saya tercetak pada pukul 19.35 WIB, dengan detail pesanan 3 PaNas spicy, minumannya 1 cola dan 2 Fanta, lalu pesanan lainnya happy meal dengan minuman air mineral yang tentunya untuk anak saya yang berusia 4 tahun. Awalnya kami menunggu dengan sabar, saat itu kami dapat antrean nomor 27.

30 menit berlalu, pesanan belum juga datang. Sampai anak saya sudah 4x bertanya mana makanan aku? Akhirnya saya sadar kalau kami sudah menunggu selama 1 jam dan semua pesanan kami belum ada yang diantar ke meja. Suami saya sudah 2x bertanya ke waiters di bawah, karena kami duduk di meja di lantai 2. Namun pesanan kami belum juga tersedia.

Habis kesabaran saya, karena sudah satu jam menunggu. Mengingat Mcd adalah restoran cepat saji, kok bisa-bisanya kami menunggu satu jam seperti pesan steak di restoran western food saja? Terlebih anak saya sudah lapar. Akhirnya saya turun dan marah kepada waiters yang ada di meja pesanan. Lalu mereka berusaha menjelaskan, meminta maaf dan segera mengantarkan pesanan kami ke meja. Mereka pun (pihak restoran) meminta maaf dengan memberikan es krim gratis 1 cup kepada kami.

Karena kami sudah terlanjur kesal dan kecewa, dan anak saya juga sudah sangat lapar, saya tidak mau mendengarkan penjelasan dari waiters-nya karena harus bergegas menyuapi anak saya. Es krim permintaan maaf pun tidak kami sentuh sama sekali. Kami sudah terlanjur kecewa dan sudah terlalu malam untuk makan es krim (saat itu sekitar pukul 21.00 WIB).

Sebagai perbandingan pelayanan restoran cepat saji, beberapa waktu lalu saat kami libur lebaran dan masa mudik, kami singgah ke beberapa restoran cepat saji di beberapa daerah, dengan antrean yang bahkan jauh lebih panjang dan lebih ramai dari kondisi McD Pasirkoja kemarin. Namun tentunya kami tidak sampai menunggu selama satu jam.

Kekecewaan tersebut kemudian saya tumpahkan juga pada komentar di Google maps, dengan memberi rating bintang satu. Tidak sengaja saya membaca review dari customer lain di Google maps, ternyata banyak dari mereka yang mengeluhkan pelayanan yang sama dengan saya, pesanan yang lama dan bisa datang berjam-jam. Tentu mereka pun kecewa, mengingat sependek pengetahuan kami, restoran cepat saji biasanya bisa melayani dan menyediakan makanan kami dengan cepat.

Dengan kejadian tersebut, lunturlah kepercayaan kami terhadap McDonald’s sebagai restoran cepat saji, yang bisa menyediakan makanan dengan cepat ketika kami benar-benar lapar.

Siska Silviany
Kab. Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

47 komentar untuk “McDonald’s Pasirkoja Bandung, Restoran Cepat Saji yang Tidak Cepat Saji

  • 4 Mei 2023 - (08:47 WIB)
    Permalink

    Wah gila banget ya 1 jam baru jadi dan kalo diliat di ulasan google emang bermasalah banget pelayanannya dan ga ramah
    Kalo boleh tau saat itu apakah karyawan yg masuk banyak atau cuma dikit?

    Normalnya McD itu biasanya hanya 10 menit paling lama untuk menyajikan makanan basic kaya paket paket hemat

    • 7 Mei 2023 - (06:51 WIB)
      Permalink

      Sama kejadianya saya 4hari yang lalu mengalami hal yang sama di MCD pasko sejam nunggu malah yg baru datang dan pesanan banyak langsung jadi kita suami istri dan 2 orang anak pesanan dikit lama datangnya

      • 9 Mei 2023 - (05:54 WIB)
        Permalink

        Nah aneh nya, ternyata banyak yg bilang “yang baru dateng dan pesan banyak kok malah dateng duluan pesanan nya”
        Artinya kan ada yg terpuaskan juga sama layanan mcd pasko ini ?
        Saya kira sih itu kesalahan sistem, karena pesan nya via layar, bisa jadi terjadi error sistem, antrian jadi gak sesuai… Bisa jadi gitu kan??

    • 5 Mei 2023 - (06:50 WIB)
      Permalink

      Maaf, sepengetahuan saya setelah kita order di touchscreen, kita akan mendapat nomor antrian membayar bukan nomor antrian makanan datang, apa konsumen waktu itu sudah membayar atau langsung duduk menunggu di meja? Kalau belum dibayar ke kasir terlebih dahulu maka pesanan tidak akan disiapkan. Mengingat konsumen duduk di lt 2

      1
      1
      • 5 Mei 2023 - (07:55 WIB)
        Permalink

        Setelah order saya langsung ke kasir, di kasir jg ga ada antrian saat itu, kasirnya jg kosong ga ada yg jaga, malah saya yg nunggu kasirnya, ada 2 menitan nunggu, mas kasirnya datang dari pantry ?

    • 8 Mei 2023 - (07:12 WIB)
      Permalink

      Mereka (Mc’D) biasanya punya SOP yang baik. Mungkin saat itu ada beberapa item yang kehabisan dan sedang proses cook.
      Hanya saja, menurut saya kesalahannya terletak dikasir order yg tidak menjelaskan kl ada item yang sedang diproses cook dan telat disajikan.
      Kesalahan lainnya, tidak menyajikan item lainnya terlebih dahulu dan menyampaikan kl item yg terlambat akan diantarkan ke meja konsumen.
      Bentuk komunikasi yg tidak dijalankan dengan baik ini berujung pada konsumen yg marah meski sudah diberikan eskrim sebagai permohonan maaf.
      Dalam kacamata saya ini murni kesalahan Manager, Wakil Manager atau SPV yg saat itu bertugas karna tidak bisa mengkondisikan dapurnya dengan baik…

  • 4 Mei 2023 - (11:06 WIB)
    Permalink

    Mungkin karena banyak karyawan yang cuti mudik, alhasil yang tersisa lah yang tersedia (plus relawan dengan skill jongkok). Tapi kalau ada review buruk jauh sebelum masa libur, artinya gerai disitu memang bermasalah dengan kecepatan pelayanan—entah karena kekurangan karyawan, peralatan dapur yang tidak memadai, atau banyak karyawannya justru sibuk dengan hal lain diluar tanggung-jawabnya (misalnya mabar ep-ep). ?

    5
    3
    • 5 Mei 2023 - (05:33 WIB)
      Permalink

      Yg Di Jatinangor Sumedang juga buka Desember 2022 tapi cepet pelayananya.. gak kaya gitu gitu amat nunggu 1 jam..pernah main ke Yg Di bunderan Cibiru Bandung nah di sana baru lama padahal pesan 1 minuman aja

      • 5 Mei 2023 - (07:57 WIB)
        Permalink

        Di tempat wisata aja macam ancol, yg antrian pesannya sampe keluar pintu masuk, nunggu makanan ga sampe satu jam ko, paling lama jg 30 menit ?
        Berarti pelayanannya tergantung cabang ya.
        Saya kira seluruh mcd standar pelayanannya sama cepatnya ?

  • 4 Mei 2023 - (17:23 WIB)
    Permalink

    SDM lokal memang kadang kurang ulet bekerja, keseringan pegang hp saat senggang sedikit langsung keluarkan hp dari kantong, makanya beda sama SDM dari luar…
    Kebanyakan santai

    11
    4
  • 4 Mei 2023 - (19:20 WIB)
    Permalink

    Akhirnya ada jg yg posting mcd psrkoja pas keluar tol.
    Mbak siska, mending makannya di sumbersari junction . Itu sebrangnya si mcd , banyak pilihan. Anak2pun pasti suka.
    Pas ke bdg via gate pasirkoja agak gimana gt mau mampir ke mcd situ. Agak kurang sreg di hati akhirnya gas ke holis langsung ke sumbersari . Jd rute nya agak muter tp jln belakang.

    • 5 Mei 2023 - (13:02 WIB)
      Permalink

      Harap maklumin aja namanya juga manusia.. Ada keterbatasan .. Baru sekali kejadian aja udah langsung posting beginian di MK.. Harusnya customer berperan aktif, ketika 15 gak nyampe harusnya di samperin dan ditanya bukannya nunggu sejam..
      Saya salut sama pekerja di siap saji.

      2
      5
      • 6 Mei 2023 - (11:42 WIB)
        Permalink

        Maaf saya gabisa maklum karena ini bukan restoran seafood yg menyajikan ikan bakar fresh yg harus dibersihkan dulu lalu dimasak ?
        Kejadian yg menimpa saya mgkin pertama kali. Kalau anda mau baca, sudah saya sertakan review di maps ya, banyak customer yg mengeluhkan hal yang sama.
        Oh tentu kami sangat berperan aktif, suami saya sampai bertanya 3x ke tempat penyajian makanan, pertama saat menunggu 30mnt, kedua saat menunggu 40mnt dan saat menunggu 55mnt. Saya masih sabar loh mau nunggu 30 menit dulu baru nanya, engga seperti yang disuruh anda 15mnt harus nanya ?
        Dan bukan kami saja saat itu yg sering bertanya, beberapa pengunjung lain pun bertanya kenapa makanannya belum datang.
        Silahkan salut, tapi tolong standar pelayanan di reso fast foodnya diperhatikan ?

        • 6 Mei 2023 - (12:30 WIB)
          Permalink

          Walaupun bukan seafood tapi semua produknya kan di masak di tempat.. Apalagi klu lagi habis stok yang digoreng ya harus goreng lagi kan. Dan semua itu butuh proses. Mau cepet ya ke warteg atau rumah makan padang yang tinggal tunjuk langsung ambil…

          1
          1
          • 6 Mei 2023 - (13:18 WIB)
            Permalink

            Gorengnya pake lilin mungkin ya ? emak2 kok disuruh hitung waktu goreng ayam, bapak ni lucu kali..saya jadi keingetan lupa nulis klo ayam yg datang juga ga panas2 banget seperti baru angkat dari minyak ? mungkin mereka masak nasi dulu kali ya pa??
            Ke warteg atau ke padang? mungkin bapanya ga pernah tau rasanya punya anak yang ngajakin makan di mcd gmn ya ?
            Kalau saya sih males banget sengaja datang ke resto ff, klo bukan anak minta ?

          • 6 Mei 2023 - (13:36 WIB)
            Permalink

            Pak bejo jangan2 ayamnya ditangkap dulu ya?
            Pelayanan ndak standar kok dibenarkan, si ibu ini kan mengeluhkan pelayanan fast food yg ndak standar, ko anda yg kesal?
            Orang merasa kecewa dan dirugikan ko ndak boleh tulis di MK, memang ada standarnya klo tulis surat pembaca harus kecewa berkali2 gitu? Itu sih namanya bodoh, macam org bucin sudah kecewa berkali-kali barulah bicara dan putus hubungan wkwk.
            Ini kan mestinya bagus ada yg tulis di MK supaya jadi masukan dan perbaikan kualitas cabang tsb.
            Si ibunya jg ndak nuntut apa2 hanya semacam curhat dgn harapan mereka bisa perbaiki pelayanan. Lha wong yg kecewa bukan dia aja tho pa, review maps nya jg ndak bagus.

            Saya doakan mudah2an pa bejo anwar dan keluarga ketika ke mcd dgn anak2 cucu bapa ndak mengalami hal serupa, nunggu makanan sejam padahal anak cucu bapa bejo cuma mau ayam crispy mcd ??

          • 9 Mei 2023 - (09:05 WIB)
            Permalink

            Mungkin kehabisan stok ayam…jd nyari dl ke pasar…

  • 5 Mei 2023 - (07:59 WIB)
    Permalink

    Haha iya malas saya kesitu lagi, mana hadiah mainannya cuma satu macam ga ada pilihan ?
    Nanti lg anaknya coba tak bujuk ke tempat lain aja ?

    • 6 Mei 2023 - (13:03 WIB)
      Permalink

      No body perfect lah.
      Maafkan saja
      Semoga tim mcdonald pasirkoja segera berbenah.

      Baiknya managemen nya
      Mendatangi rmh nya kalo perlu. Dan minta maaf sacara kelembagaan.
      Semoga bisa selesai masalah nya dgn baek.

      Kebetulan Sy n klrg, suka mampir ke mcdonald di berbagai lokasi,ketika mencari alternatif makanan yg mudah dan sesuai budget. Rata2 layanannya cukup baek.

  • 5 Mei 2023 - (15:19 WIB)
    Permalink

    Lama bgt yaah, pasti kesel apalagi bawa anak kecil. Pernah antri KFC cuma ngantri 3 orang sampe 15 menitan aja dah bete bgt. Karena rata2 skg kasir merangkap nyiapin makanan juga. Ter TOP McD BIP, pesen di mesin. Bisa langsung bayar, tinggal tunggu di meja. Dianternya cepet pula.

  • 6 Mei 2023 - (02:34 WIB)
    Permalink

    Pas pesan di mesin self service setau saya ada alat bentuknya segitiga kaya penanda meja. Kakaknya ambil alat itu gak? Sepengalaman saya kalo gak ambil itu makanan gak akan diantar pasti ada di meja penyajian.. Dulu saya juga pernah kaya gitu gk ambil nomor makanan ampe sejak lebih kaga di anter. Alhasil ambil sendiri di bawah.

    • 6 Mei 2023 - (11:35 WIB)
      Permalink

      Sudah dijelaskan diatas, saya dapat nomer antiran/no tunggu meja (yg maksud anda penanda makan) no 27.

    • 8 Mei 2023 - (23:46 WIB)
      Permalink

      Bukan maksud belain.

      Tp sepertinya tdk semua cabang Mcd pelayanannya lama.
      ada kemungkinan karena lebaran jd personil kurang dan pesanan banyak…ini juga bisa jd masalahnya.
      selama ini sy pesan Di Mcd daerah saya walau ramai tp cepat kok layanannya.
      tp waktunya bukan disaat moment lebaran atau buka puasa ya.

  • 6 Mei 2023 - (05:57 WIB)
    Permalink

    Saya pernah alami kejadian yg mengecewakan juga di salah satu gerai MC ‘D daerah cibiru. Karena mau cepat saya pilih Drive thru, sialnya jalur drive thru dipakai mobil pengisian Gas, saya diminta security nya untuk langsung ke bagian pengambilan barang. Sampai disitu bukannya dilayanin mau pesan apa. Malah di arahkan harus putar balik lagi ke tempat pesanan. Sudah dijelaskan jalurnya mobil pengisian Gas, pegawai pura pura gagal paham. Daripada berdebat saya langsung pergi,Paraahhh pelayanannya

    • 6 Mei 2023 - (11:28 WIB)
      Permalink

      Mba Siska, kalo mau komplain, disitu biasa ada Manager on Duty..komplain ke dia. Kalo ke waiters sepertinya kurang tepat. Saran saya aja sih buat kedepannya jika ada pengalaman serupa di resto fast food yg lain.

      • 6 Mei 2023 - (11:33 WIB)
        Permalink

        Sudah dijelaskan ya, saya dikasih es krim satu cup sebagai permintaan maaf karena saya komplain.
        Ini cuma curhat aja, mengingat review di maps jg ternyata banyak yg mengalami hal serupa, maksud saya nulis surat pembaca supaya ada perbaikan pelayanan dan tidak ada customer yg mengalami hal serupa.

        1
        2
    • 6 Mei 2023 - (13:43 WIB)
      Permalink

      Ngga ada tv status order, suami saya tunggu si meja penyajian makanan dan tanya waiter jg memang makanan kami belum siap.

  • 6 Mei 2023 - (11:06 WIB)
    Permalink

    Lebih bijak jika komplain langsung ke manager nya, jangan sedikit2 ke sosmed, pasti akan membuat si karyawan di sanksi hingga PHK, kasian, putus rejeki orang. Lagi pula ada itikad baik dari karyawan meminta maaf, masih suasana lebaran, lebih baik saling memaafkan.

    3
    1
    • 6 Mei 2023 - (13:51 WIB)
      Permalink

      Kalau mau viral ke sosmed saya gak akan tulis di disini, udah aja diviralin di tiktok atau instagram, toh saya punya videonya ?
      Kalau satu cabang dikomplain, semua karyawannya di phk gitu ya?
      Kalau liat dari review maps seperti sudah dari bulan2 lalu cust mengeluhkan hal yg sama dan mereka jg komplain lgsg ke karyawan disana. Tapi buktinya kan ga ada perbaikan pelayanan.
      Tujuan menulis ini kan supaya ada perbaikan pelayanan entah sistemnya yg dibenahi atau apa sayapun engga ngerti. Bukan mau se-cabang di phk atuh mba ?

      2
      1
  • 6 Mei 2023 - (14:02 WIB)
    Permalink

    Sabar, jangan esmosi, bacanya pelan2 mbak??
    Gak bilang secabang di PHK, hanya si karyawan yg akan disanksi hingga PHK. Tapi ya sudahlah, kalo mbak udah merasa benar komplain disini tanpa ada merugikan orang lain ya gak papa juga sih.

    1
    1
    • 6 Mei 2023 - (16:48 WIB)
      Permalink

      Coba mbanya liat di review google maps deh, 1 hari yg lalu aja masih ada yg review pesanan sangat lama dan lambat ?
      Dan review2 sebelumnya di maps sudah dari sebulan lalu loh, kalau saya gak nulis di media konsumen mau lewat mana lagi suara konsumen didengar?
      Review google maps kan nyatanya ga cukup untuk memperbaiki pelayanan ??

      1
      1
    • 7 Mei 2023 - (10:45 WIB)
      Permalink

      Ya memang benar MK tempat curhatnya para konsumen, yg ga bener itu klo viralin di toktok kak?
      Kakak karyawan mcd ya? Kebetulan klo memang kkak kryawan mcd. Saya kasih info, surat pembaca di MK itu tidak dapat dihapus oleh si penulis, kalau mau beres ya tanggapi saja surat pembaca kk ini oleh management resmi mcd. Baiknya sampaikan permintaan maaf atas pelayanan yg tidak standar dr mcd tempat kk bekerja.
      Kan sudh jelas yg kasih review di maps jg banyak yg sama kejadian dgn kk ini, berarti cabang mcd ini engga beres sistemnya.
      Urusan phk ya jgn salahkan konsumen, si kk ini jg tidak menulis spesifik nama kryawan disana. Dia hanya kecewa dan berharap ada perbaikan pelayanan.

  • 7 Mei 2023 - (08:37 WIB)
    Permalink

    Mungkin antrian tidak terlihat nya banyak, seperti grab gojek atau pesan antar mcd sendiri..
    Lebih bijak saja jika anak sudah lapar bgt, jangan pilih mcd yg ngantri.. Masih banyak cepat saji lain yg enak tp jg masih sepi
    ..
    Btw semua orang bebas dan boleh berpendapat

    • 7 Mei 2023 - (10:15 WIB)
      Permalink

      Saya ga liat banyak gojek dan grab juga ya, entah antrinya dibagian mana gak ngerti juga, saya ga denger panggilan pesanan grab/gojek juga.
      Saya datang selesai bayar jam 19.40, hitungan saya klau pesan di mcd biasanya paling lama makanan datang 20-30 menit lah. Trs siapa sangka ternyata makanan datang jam 20.55 ?
      Kira2 orang datang ke resto fast food karena apa sih? Karena lapar dan biar makanannya cepet datang bukan? lalu yg menurut anda bijak jika anak sudah lapar itu gimana? ? anak usia 4 tahun harus saya paksa makan di warteg atau padang gitu? ?
      Di ancol dan rest area aja di jam2 rame jg paling lama 30mnt loh nunggu makanannya, pdahal antrian bejibun loh.
      Andai sebelum kesitu saya baca review google maps dulu, begitu bodohnya kami menganggap semua resto fast food bisa melayani dgn cepat ?

      1
      1
  • 7 Mei 2023 - (10:37 WIB)
    Permalink

    Bagus kak sudah menulis di media konsumen. Menyuarakan hati para konsumen yang terdzalimi, kalau dilihat dari review maps sepertinya banyak yg mengalami hal sama, bukan cuma kakak aja.

    Klo yg bilang sebaiknya memaafkan, memaklumi, bijak membawa anak yg lapar dll itu kayaknya mereka karyawan mcd yang kebakaran jenggot kak, emosi dan tidak mau dikomplen ?
    Kalau komplen ke manager on duty kan cuma sebatas intern cabang mereka saja, kalau sudah masuk MK bisa sampai ke manajemen pusat ? mantap lah ?

    Bukannya jadi masukan dan berbenah, malah nyalah2in customer, duhh perbaikilah itu sistem kalian. Yang komplen bukan cuma kakak ini saja kalau saya liat2. Klo si kk ini niat memviralkan bukan MK tempatnya, dia psti postingnya di toktok ??

  • 7 Mei 2023 - (20:50 WIB)
    Permalink

    Ini McD pasir koja yang baru itu ya mbak? Saya beberapa kali lewat pengen nyoba ke McD situ karena pas banget exit tol jadi kalau laper keluar tol langsung melipir. Tapi ternyata pelayanannya lama yah, agak aneh juga sih untuk kategori resto cepat saji. Se ramai ramainya resto fast food maksimal 30 menitan lah apalagi makan di tempat, yang delivery order lebih dari 30 menit diantar ke rumah aja bisa dapat bonus karena telat.
    Kayaknya McD situ banyak nge hire pelayannya yang newbie atau baru banget kerja di resto fast food makanya lamban. Semoga cepet ditanggapi sm pihak McD karena salah satu franchise nya yang baru terima banyak komplainan karena lama. Thanks to you mbak, saya jadi mikir mikir lagi kalau lagi laper mau mampir situ ?

 Apa Komentar Anda mengenai McDonald's?

Ada 47 komentar sampai saat ini..

McDonald’s Pasirkoja Bandung, Restoran Cepat Saji yang Tidak Cepat S…

oleh siska silviany dibaca dalam: 2 menit
47