Kenapa IndiHome Tidak Bisa Memberikan Kejelasan terkait Solusi Jaringan yang Penuh?

Yth. Telkom Indonesia (IndiHome Fiber),

Pada hari Senin, tanggal 8 Mei 2023, saya melakukan registrasi PSB IndiHome dengan paket Jitu 1P dengan Disney+ Hotstar via Plasa IndioHme di kota saya tinggal saat ini, Ciamis, Jawa Barat. Setelah berhasil melakukan registrasi dan memenuhi syarat-syaratnya, saya menerima balasan email di hari yang sama dari pihak registrasi.IndiHome@telkom.co.id dan dilanjut dengan konfirmasi ulang yang dilakukan oleh petugas customer service IndioHme. Saya juga diinformasikan oleh pihak customer service, bahwa jaringan tersedia dan teknisi akan datang untuk menindaklanjuti pemasangan dalam waktu 3×24 jam. Nomor Track ID berlangganan baru: MYID-6012305080508.

Tanggal 9 Mei 2023, pihak petugas lapangan atau teknisi IndiHome menghubungi saya, untuk menanyakan alamat pemasangan dan melakukan pengecekan secara langsung di daerah tersebut. Ternyata setelah dilakukan pengecekan oleh petugas, ditemukan bahwa jaringan (kotak ODP) di daerah rumah saya sudah penuh.

Karena keinginan saya yang masih sangat besar untuk PSB IndiHome dan minimnya pilihan penyedia layanan internet fiber di daerah saya, saya mencoba mencari tau apa solusi yang bisa digunakan jika jaringan di daerah saya ternyata penuh. Setelah bertanya ke teknisi yang bertugas langsung, dan pihak dari Plasa IndioHme, saya merasa buntu dan tidak menemukan pemecahan masalah dari respons-respons yang telah diberikan. Semuanya menyarankan saya untuk sabar menunggu jaringan yang baru untuk dibuat oleh pihak IndiHome. Namun tidak ada kejelasan waktu berapa lama jaringan akan dibuat.

Kurangnya transparansi dari pihak IndiHome merupakan hal yang sangat disayangkan bagi saya, karena hal ini menyebabkan saya sebagai customer menunggu ketidakpastian dengan waktu yang mungkin tidak bisa diperkirakan. Apakah jika jaringan sudah penuh kita harus menunggu sampai jaringan tersedia? Berapa lama waktu yang harus saya tunggu? Apakah pihak IndiHome nanti akan mengkonfirmasi jika ada ketersediaan jaringan? Apakah IndiHome tidak dapat melakukan penambahan jaringan lagi?

Saya rasa semua ini perlu dipertimbangkan lagi, mengingat saya sebagai customer memerlukan koneksi internet yang stabil demi menunjang pendidikan/pekerjaan saya dan keluarga saat ini. Mohon kiranya pihak IndiHome dapat melakukan penambahan jaringan (kotak ODP) yang penuh. Terima kasih.

Gushendi Fadiilah
Ciamis, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Telkom Regional III Jawa Barat atas Surat Bapak Gushendi Fadillah

Terima kasih kepada Media Konsumen yang telah menayangkan surat keluhan pembaca dari Bapak Gushendi Fadillah pada 12 Mei 2023 dengan...
Baca Selengkapnya

5 komentar untuk “Kenapa IndiHome Tidak Bisa Memberikan Kejelasan terkait Solusi Jaringan yang Penuh?

  • 12 Mei 2023 - (22:53 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami permasalahan yg sama,odp penuh disuruh nunggu dengan batas waktu yg tak dapat diperkirakan. Saya harap pihak indihome menindaklanjuti permasalahan titik odp yang penuh.

    • 13 Mei 2023 - (08:33 WIB)
      Permalink

      Wah sepertinya ini jadi masalah di banyak daerah ya. Coba aja mas ajukan komplain juga, siapa tau direspon.

      Kalau dari pengalaman saya sendiri, setelah artikel ini terbit kemarin, pihak IndiHome langsung telfon saya dan bersedia menindaklanjuti keluhan yang saya berikan disini. Dengan kata lain, estimasinya sudah jelas dan mulai ada gambaran kapan pemasangan bisa dilakukan. ?

      • 15 Mei 2023 - (10:45 WIB)
        Permalink

        Wah saya baru tau bisa complain disini, untuk daerah saya sendiri di Kutai Timur, kalimantan timur saat awal pertama kali sekitar tahun 2017 jaringan penuh, tidak lama kemudian perusahaan disebelah bangunan kami ada pemasangan, hingga tahun 2022 setelah mencoba 3 kali pendaftaran pemasangan dan sampai sekarang detik ini jaringan masih penuh. Hampi 6 tahun tidak ada tindak lanjut meskipun sudah mendaftar 3x ditahun tahun yang berbeda

  • 17 Mei 2023 - (12:29 WIB)
    Permalink

    Kalau internet gak stabil mah sring terjadi untuk yg 1 ini hehe. Solusi gampang kasih tip 50rb diawal tolong dibantu. Tar jg dicarikan yg agak jauhan mungkin

 Apa Komentar Anda mengenai Pasang Baru IndiHome?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Kenapa IndiHome Tidak Bisa Memberikan Kejelasan terkait Solusi Jaringa…

oleh Gushendi dibaca dalam: 1 menit
5