Pelayanan Customer Service J&T yang Buruk dan Paket yang Belum Sampai

Saya ingin menyampaikan keluhan terkait pelayanan Customer Service (CS) J&T di cabang Balige, provinsi Sumatra Utara. Saya melakukan pembelian di Shopee dengan pembayaran COD dan mendapatkan nomor resi: JP8276774286 dan JP5051203231.

Saat saya memeriksa tracking pada aplikasi J&T, ternyata paket saya telah tiba di kantor J&T Balige pada tanggal 07 Mei 2023. Namun ketika saya mencoba menghubungi kurir pada tanggal 09 Mei 2023, tidak ada jawaban. Akhirnya, saya mencoba menghubungi CS J&T Balige melalui WhatsApp.

Sangat mengecewakan dan tidak profesional, karena jawaban dari CS J&T Balige sangat santai. Mereka mengatakan bahwa kurir hanya satu orang dan saya harus sabar menunggu paket. Saya merasa sangat kecewa dengan jawaban tersebut. Jumlah personil kurir bukan urusan saya, yang penting paket harus sampai di tangan saya.

Seharusnya masalah jumlah personil kurir menjadi urusan manajemen J&T, bukan menjadi alasan pembenaran paket tidak diantar. J&T seharusnya turun tangan dan melakukan evaluasi di cabang Balige. Jangan hanya mengandalkan alasan kurir hanya satu orang sebagai pembenaran.

Saya meminta J&T untuk turun langsung dan melakukan monitoring, evaluasi, dan penyidikan atas pelayanan yang diberikan di cabang Balige. Sampai saat ini, paket saya belum sampai, bahkan setelah saya menulis keluhan ini pada tanggal 10 Mei 2023. Paket saya sudah berada di gudang selama 3 hari. Saya berharap pengaduan ini dapat sampai ke pimpinan J&T terkait dan dapat segera diatasi.

Daniel Hutapea
Balige, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

132 komentar untuk “Pelayanan Customer Service J&T yang Buruk dan Paket yang Belum Sampai

  • 14 Mei 2023 - (06:46 WIB)
    Permalink

    Kalo ditempat saya yg paling cepat, j&t dalam kota besoknya sampai kalo luar kota masih dibawah 100km 2 hari sampai, yg lain bisa sampai seminggu

    • 15 Mei 2023 - (22:46 WIB)
      Permalink

      Harap kawan-kawan agak di tahan emosinya masing-masing, menurut saya semuanya informasi nya belum jelas.

      Pertama, bg Daniel ini tidak menjelaskan estimasi pada saat pemesanan. Tidak ada bukti screenshot bahwa barang harus sampai mulai tanggal berapa hingga tanggal berapa. Ini paling penting justru tidak ditampilkan.

      Kedua, kalau memang barang begitu penting, kenapa berat hati sekali untuk ambil ke kantor cabang? Harusnya kantor cabang tidak begitu jauh dari rumah.

      Ketiga, cukup diketahui bahwa bayaran kurir tidak banyak, maka kurir akan mengumpulkan paket dalam jumlah banyak untuk sekali perjalanan, agar untung. Jadi harus sama-sama ngerti.

      Ke empat, tidak jelas ini pemesanan keberapa, dan apakah kejadian seperti ini berulang?
      Contoh saja saya, setiap pemesanan, apabila pesanan saya dengan angka ganjil semisal 77rb, saya bayarkan 80rb dan jangan lagi di minta kembaliannya. Dengan hal yg kecil demikian, dengan niat sedekah, kurir jadi baik ke kita, pesanan kita diutamakan, paket di amankan, banyak nilai lainnya dari memberi tips yang bahkan tidak besar nilainya.

    • 17 Mei 2023 - (23:30 WIB)
      Permalink

      Sebenarnya ini hanya masalah sepele, apabila kita merasa paket lama sampainya dan alasan dari pihak pengiriman jelas mending kita ambil sendiri kan bisa lagian urgent ini. Yah sekali kali mengerti dengan keadaan orang lain walaupun keadaan kita benar-benar urgent. Lebih baik saling memahami, saling mengerti dan saling introspeksi diri🙏🙏🙏 note: saya bukan kurir loh ya, cuman saya tahu bagaiman sulitnya mereka 😅😅

  • 14 Mei 2023 - (08:17 WIB)
    Permalink

    1. Kalo mau cepat, pilih service yang lebih cepat alias mahal.
    2. Kalo pelit / gak mau bayar lebih mahal, ketika barang sampai dikota tujuan, ambil sendiri di gudang.
    3. Kalo pelit dan malas, mending gak usah pesan apalagi pakai opsi COD. Udah baby boomers + bayar COD = double kill

    Kalau memang penting, opsi no 2 akan dilakukan. Kecuali memang TS alay dan caper aja ??

  • 14 Mei 2023 - (09:17 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya yg lebih parah dari si bapak banyak bahkan smpe seminggu atau 2 Minggu lebih, gw pernah nunggu paket smpe seminggu lebih masih di hub pernah. Cuma balik lagi, harusnya kalo barang urgent jgn sekali2 pesan online, lebih bijak sedikit soalnya tau sendiri kan semua ekspedisi sama aja bobroknya. Itu sih saran gw kalo mo beli barang

  • 14 Mei 2023 - (09:56 WIB)
    Permalink

    Mantap Pak, viralkan juga ke sosmed yang lain, agar seluruh masyarakat Indonesia tau bobroknya JNT kaya gimana. Biar malu tuh JNT, bangkrut sekalian.

    2
    1
  • 14 Mei 2023 - (18:08 WIB)
    Permalink

    Lagian ngapain komplain ke cabang..dimana 2 itu komplen ke cs sentral jnt langsung

    Gw aj bingung ada cs daerah ya?? Admin kali ..nama.y admin yg diurusin kan paket 2 yg digudang

    Kocak abiss

  • 14 Mei 2023 - (19:57 WIB)
    Permalink

    Paket saya lebih parah lagi. Dikirim tanggal 10 april, sampai di gudang j&t paris (kalbar) tanggal 12 april. Sampai tgl 25 april masih di gudang juga. Saya bolak-balik ke gudang tsb ada 4x, yang terakhir tgl 25 april saya maksa pokoknya harus saat itu juga saya akan tunggu (11.30-13.30) dan akhirnya saya dipanggil kepala gudang katanya paket saya tidak ada. Disuruh nunggu 3x24jam proses investigasi. Setelah 3hari akhirnya paket saya baru ditemukan. Pengalaman terburuk memakai j&t, pengiriman REGULER 10 april sampai 28 april. 18hari? Masih sabar saat itu karena memang overload mau lebaran. Eh habis lebaran terulang lagi. Paket dikirim tanggal 30 april, sampai di gudang j&t paris tanggal 2 Mei. Disimpan aja di gudang sampai tanggal 12 Mei baru di antar. Pengiriman reguler dari tanggal 30april sampai 12 Mei. 12hari? Padahal udah nggak overload. Paket terakhir sampai saya mohon2 ke seller supaya JANGAN PAKAI J&T, Tapi karena seller hanya pakai j&t jadi ya pasrah aja. Untung 3hari sampai. Intinya bulan April kemarin j&t paling parah pengiriman. Padahal kalau pakai JNE ditempat saya jawa-kalbar 2hari sampai, datang ke gudang langsung dicarikan dan nggak nunggu lama apalagi karyawan nya ramah2 meskipun sering paket numpuk sampai ke halaman gudang. Beda jauh sama J&T. Sejak saat itu kalau seller pakai j&t pasrah aja, kalau bisa pilih pasti saya pilih jasa kirim yang lain..

  • 14 Mei 2023 - (21:48 WIB)
    Permalink

    Pembeli COD di tanggal kembar aja koar” malu emang penting modal dikit, dikit” lapor bilang nya tambahin kurir lagi S.O.P berjalan mas di tuntut sama waktu lain kali klo mau cepet modal dikit udah tua egois tinggi malu sama umur

    • 18 Mei 2023 - (21:54 WIB)
      Permalink

      Kalo ga sanggup bayar org tuk jd kurir, ga usah buka agen. Udah tau tanggal kembar akan numpuk, sdm ga di tambah. Lucu anda ini

  • 15 Mei 2023 - (02:53 WIB)
    Permalink

    Syarat paketnya cepat diantar:

    1. Gunakan servis yg sehari sampai
    2. Customer wajib aktifkan Whatsapp 24 jam
    3. Kurir hubungi Anda wajib direspon secepatnya
    4. Jika kurir ada kendala di jalan, sebaiknya jemput dia di jalan dan ambil paket Anda

    BTW, JnT memang pelayanannya seperti tai, di setiap marketplace pasti ada JnT, bahkan gak ada opsi lain buat milih ekspedisi.

  • 15 Mei 2023 - (14:20 WIB)
    Permalink

    Pindah saja ke kota besar kalau pengen cepet. Daerah sepi pegawai dikit wajar. Udah bersyukur ada yg mau buka disana. Sesuaikan kemauan dan tempat hidup anda. Kalau pelanggan yang lain saja bisa menerima kok anda tidak. Jaman dulu orang cari obat malah pergi langsung ke kota lain yg menyediakan, semua serba pilihan, yg bisa menikmati tempat hidupnya lah yg akan hidup damai dan bahagia.

    • 18 Mei 2023 - (21:55 WIB)
      Permalink

      Lucu, nyuruh org pindah ke kota besar hanya untuk supaya paket cepat dikirim. Segini doang kwalitas pegawai jnt?

  • 15 Mei 2023 - (17:17 WIB)
    Permalink

    Kalau sifatnya barang urgent & sudah di kabarkan sama CS kalau ada kekurangan kurir dalam delivery dan barang sudah ada digudang ..

    Mungkin kalau saya sebagai pembeli mending saya ambil ke gudang lebih satset ketimbang nunggu kapan dikirimnya & ga ada kejelasan dari kurir pak .

    Masalah seperti ini kan juga sudah umum di dunia marketplace tinggal kita saja bagaimana yg memposisikan .

  • 15 Mei 2023 - (19:27 WIB)
    Permalink

    Kalau pengalaman saya ke kurir JNT best banget 👍karena COD bro di soppii bisa ditungguin bila barang keluar gudang dalam hitungan jam
    Kadang saya order di online shop hape belum diliat ulang tau tau kurir dah ada depan pintu
    Mungkin juga karena posisi saya di tengah kota terus DP nya deket banget lagi
    Saya ucapkan terima kasih buat para karyawan JNT salam dari keluarga COD🙏🏻

  • 16 Mei 2023 - (07:38 WIB)
    Permalink

    Selagi masih dalam jangka waktu estimasi, memang tidak bisa langsung komplain, karena estimasi waktu sudah masuk dalam perjanjian awal dalam pemesanan paket.

    Namun disini letak kesalahannya terletak pada sikap CS nya… Jujur saya pernah ngalamin kejadian gak enak, paket saya gak sampai-sampai, tapi saya gak ada komplain sama sekali sebab masih dalam estimasi waktu… Namun tiba-tiba ada pihak CS yg nelpon koar-koar nyuruh saya standby HP, karena menurut kurirnya paket gak bisa diantar karena nomor saya gak aktif… Wkwkwk padahal saya selalu standby HP, karena HP saya fungsinya untuk bisnis jadi gak pernah lepas HP…. Saya check panggilan dan pesan gak ada pesan atau panggilan dari pihak mereka.

    Jadi sudah ketebak itu kurirnya males nganter, tapi alasan ke kantornya kalau penerima tidak bisa dihubungi.

  • 16 Mei 2023 - (10:14 WIB)
    Permalink

    Terakhir pesan barang dikirim via JNT pas bulan april lalu. Semua reguler cashless tertahan sampai lewat batas estimasi pengiriman. Bahkan ada yang 1 bulan disitu. Lapor via wa dan telepon cs barulah dikirim satu-satu tapi yang pertama kali sampai malah nyangkut di gudangnya. Tidak jelas dimana sebenarnya lokasi gudang besar yang dimaksud. Waktu saya ke kantor cabang buat ambil paket daripada nunggu diantar kurir lama lagi kan, nah diarahkan ke alamat A. Tapi pas kesana naik maxim karena gak tau alamatnya cuma dapat share lock aja dari org jnt, tapi pas kesana katanya ini bukan gudang. Paket saya tidak bisa diambil langsung ke gudang harus menunggu sortiran dan antar ke kantor cabang. Setelah menunggu lama dan lapor terus kayak nyepam karena itu sdh kubayar loh ya. Ternyata HILANG. Anjir. Kapok deh gw. Gak amanah JNT.

  • 16 Mei 2023 - (23:49 WIB)
    Permalink

    Lain kali klo order yg di anggap penting/urgent jangan pke sistem COD
    Karna pembayaran COD bukan prioritas dibanding yg sudah bayar duluan
    Krn COD biasa nya ada ada resiko gagal kirim
    – org ga ada di alamat lah
    – uang cash ga cukup lah
    – nomor hp ga aktif lah
    – alamat kurang lengkap lah
    – menolak bayar setelah paket dibuka lah
    Dll
    Disaat kurir nganter paket cod gagal..itu resiko kurir bonus nya ilang…
    Jd klo mesan COD ya harus sabar..
    dan jangan sesekali ber anggapan kalau “PEMBELI ITU ADALAH RAJA” karna
    “PENJUAL ADALAH DEWA”
    “KURIR ADALAH TUHAN NYA”
    tanpa kurir pembeli dan penjual ga kan berfungsi…

  • 17 Mei 2023 - (09:52 WIB)
    Permalink

    isi chat terkesan hanya ingin menjatuhkan JnT, full donk, sekalian resi anda, biar tau tgl brapa, hari apa, ntar hari libur, bukan hari kerja, kalo laporan anda cuma gini mah anda terkesan sok penting, kalo masalah kurir, saya lebih nyaman 1 daerah 1 kurir, kalo banyak pasti gonta ganti, berssa aneh aja n terkesan ga bisa akrab gitu, dan ingat CS juga manusia, bukan Tuhan yg selalu sabar ke manusia yg banyak bacot nya… trus anda blg barang penting, obat gitu, obat apa? obat kuat, lawak aja, obat penting atau langka ga mungkin tanpa resep dokter bisa jual bebas, lain kali kalo buat laporan n mau dapatkan simpati masyarakan, laporan yg jelas n detail, begini mah malah kena bully balek

    • 18 Mei 2023 - (22:00 WIB)
      Permalink

      Anda ga bs tracking tuk liat dari tgl brpa itu paket? Yg pertama dari tgl 3 mei, yg kedua tgl 5 mei. Dan baru di antar tgl 12 kedua duanya, mgkn karena setelah TS nulis keluhan dsni.
      Kalau ga bisa bayar org tuk jd kurir, jgn buka agen. Kurir kok cm 1. Ngakak

 Apa Komentar Anda mengenai J&T Express?

Ada 132 komentar sampai saat ini..

Pelayanan Customer Service J&T yang Buruk dan Paket yang Belum Sa…

oleh Dhani_elthary dibaca dalam: 1 menit
132