Pelayanan Customer Service J&T yang Buruk dan Paket yang Belum Sampai

Saya ingin menyampaikan keluhan terkait pelayanan Customer Service (CS) J&T di cabang Balige, provinsi Sumatra Utara. Saya melakukan pembelian di Shopee dengan pembayaran COD dan mendapatkan nomor resi: JP8276774286 dan JP5051203231.

Saat saya memeriksa tracking pada aplikasi J&T, ternyata paket saya telah tiba di kantor J&T Balige pada tanggal 07 Mei 2023. Namun ketika saya mencoba menghubungi kurir pada tanggal 09 Mei 2023, tidak ada jawaban. Akhirnya, saya mencoba menghubungi CS J&T Balige melalui WhatsApp.

Sangat mengecewakan dan tidak profesional, karena jawaban dari CS J&T Balige sangat santai. Mereka mengatakan bahwa kurir hanya satu orang dan saya harus sabar menunggu paket. Saya merasa sangat kecewa dengan jawaban tersebut. Jumlah personil kurir bukan urusan saya, yang penting paket harus sampai di tangan saya.

Seharusnya masalah jumlah personil kurir menjadi urusan manajemen J&T, bukan menjadi alasan pembenaran paket tidak diantar. J&T seharusnya turun tangan dan melakukan evaluasi di cabang Balige. Jangan hanya mengandalkan alasan kurir hanya satu orang sebagai pembenaran.

Saya meminta J&T untuk turun langsung dan melakukan monitoring, evaluasi, dan penyidikan atas pelayanan yang diberikan di cabang Balige. Sampai saat ini, paket saya belum sampai, bahkan setelah saya menulis keluhan ini pada tanggal 10 Mei 2023. Paket saya sudah berada di gudang selama 3 hari. Saya berharap pengaduan ini dapat sampai ke pimpinan J&T terkait dan dapat segera diatasi.

Daniel Hutapea
Balige, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

132 komentar untuk “Pelayanan Customer Service J&T yang Buruk dan Paket yang Belum Sampai

    • 12 Mei 2023 - (12:40 WIB)
      Permalink

      Isinya bukan emas, dan bukan permata. Isinya obat. Mungkin bagi kamu obat ngga penting, tapi bagi saya saat ini obat penting. Semoga kamu sehat2 ya.

      71
      24
      • 12 Mei 2023 - (20:35 WIB)
        Permalink

        Cek estimasi waktu nya dari kota tujuan ke kota bapak lama, ada servis reguler ada ekonomi, berbeda tarif berbeda waktu sampai tujuan nya juga. Kalau belum terlambat dari estimasi ya wajar, ditunggu aja. Namun bila sudah lewat waktu estimasi tapi paket belum sampai, berarti pegawai j&t yang salah, sudah terlambat malah jawaban nya santai sekalee.

        oiya, Saran aja, kalau butuh urgent pakai service next day aja.

        42
        9
      • 12 Mei 2023 - (21:46 WIB)
        Permalink

        Kalau obat mah dan sangat penting pake nextday aja atau beli ke apotek langsung. Banyak sih orang gak sabaran

        34
        19
        • 12 Mei 2023 - (23:27 WIB)
          Permalink

          Ini lg beghooo. Sdh di jelaskan kalo obat yg dia pesan gada di kotanya. Hrs pake bahasa planet mana biar org2 ky anda ngerti?

          29
          15
        • 14 Mei 2023 - (05:06 WIB)
          Permalink

          Bapak jg salah, obat yg dibutuhin urgent tp pake reguler….

          Saya aja pake ONS masih bisa telat dikirim apalagi cm reg?

          Kurir bukan urusan bapak gpp, tp bener d WA harap sabar, ga semua cabang jumlah kurirnya banyak, ada yg cm 1 ini buat handle ratusan paket perhari.

          Cobalah sedikit bersimpati jg ama cabang2 yg bener2 struggle buat mata pencaharian mereka, coba posisikan diri bapak di mereka, mungkin bapak ga akan sampai hati menulis SK ini…

          25
          10
          • 17 Mei 2023 - (10:43 WIB)
            Permalink

            Ngga semua daerah ada same day mas2 sekalian.. Tempat saya ga ada same day atau ONS..cm ada reguler.. Anda yg tinggal di kota besar jgn seenaknya nulis

            4
            0
      • 12 Mei 2023 - (22:34 WIB)
        Permalink

        memang obat penting buat anda, tapi coba anda pikir, apakah anda adalah orang yg wajib di dahulukan dari semua pembeli di olshop??
        belajarlah menghargai orangi orang lain pak

        disitu juga sudah tertulis jelas bahwa kurir hanya 1 ya kan, coba anda fikir dan coba anda bayangkan jika anda yg jadi kurirnya, mampukah anda mengontrol semua paket jika semua pembeli seperti anda?

        coba lebih intropeksi diri dan lebih manusiawi pak

        53
        23
        • 13 Mei 2023 - (11:52 WIB)
          Permalink

          Naikan bayaran untuk kurir, pasti akan bertambah, Pengalaman pernah melamar pekerjaan sebagai kurir, upah hanya sebatas paket yg diantarkan, tidak ada gaji bulan, tidak ada uang transport, tidak ada uang makan, upah hanya sebatas paket yg diantarkan. Di tangerang per paket dihargai Rp 1400. Ga heran Kurir cuma ada 1orang

          20
          4
          • 14 Mei 2023 - (00:32 WIB)
            Permalink

            Just for info, komen ini harusnya ditujukan ke ekspedisi bukan konsumen.

            11
            1
          • 18 Mei 2023 - (11:48 WIB)
            Permalink

            kalau untuk luar pulau jawa j&t memang lumayan lemot pengirimannya , jago luar pulau jawa itu ninjaexpress

        • 13 Mei 2023 - (21:01 WIB)
          Permalink

          Kalo ga mampu bayar org tuk j kurir, ga usah buka ekspedisi. Sdh kewajiban suatu ekspedisi menyediakan armada tuk wilayah yg dia masuki.
          Lucu sekali ini pembelaan org2 jnt

          20
          21
      • 13 Mei 2023 - (13:10 WIB)
        Permalink

        Kejadian ma saya kmarin, pke jnt dri shopee empat hari barang stuck di gudang kecil wilayah saya, saya smpet tnyakan ke cs jnt dan d jelaskan kalau sdg bnyak kiriman dan mungkin akan telat 3-5 hari maxi jika urgen d persilahkan untuk ambil d gudang. Namun karena saya memilih gratis ongkir+COD maka memang blm melebihi batas estimasi saat itu, akhirnya saat hari estimasi berakhir paket memang blm datang jg, tpi ssuai arahan dan penjelasan CS saya tetap mnunggu aja smpai max. 5 hari… Krn brg pun tdak urgen. Alhasil 1 hari kmudian brg sampai drmh saya… Sbnernya kmbali ke pilihan kita sih, sbaiknya memang teliti memilih jenis layanan paket dan menghapal kkurangan tiap perusahaan logistik biar dssuaikan kbutuhan kita.

        19
        3
      • 13 Mei 2023 - (17:29 WIB)
        Permalink

        Fix memang situ yg alay. Kalo mau cepat yah pakai pengiriman express. Situ pake pengiriman murah mau cepat sampai lucu sekali anda. Apalagi kalo memang benar isinya obat kocak memang warga konoha.

        16
        11
        • 13 Mei 2023 - (21:04 WIB)
          Permalink

          Jadi menurut anda, paket yg sdh ada di gudang tp tdk di antarkan tdk boleh protes?
          Itu sampai paket ada yg dari tgl 3 dan 5 mei. 22 nya baru di antar ke konsumen tgl 12 kmrin. Apa anda pikir kalau TS tdk menulis di sini, paket akan di antarkan kmrin? Mengingat pembelaan kalian “kurir cm 1”. Ngakak

          13
          13
        • 14 Mei 2023 - (02:41 WIB)
          Permalink

          Kalo buat saya sih 22 nya salah, untuk customer salahnya : kalo memang itu barang yg sangat penting knp tidak pakai pengiriman express.
          Dan untuk CS J&T salahnya : semarah2 nya customer complaint dengan anda seharusnya anda bisa lebih bisa memberi jawaban yg bisa menenangkan customer, bukan jawaban yang seperti itu. Siapapun akan tambah marah jika menerima jawaban yg seperti itu. Tugas CS kan memberi solusi kepada customer yang mengalami kendala atau masalah.
          Bukan malah menambah masalah ke Customer. ??

          13
          2
          • 19 Mei 2023 - (08:34 WIB)
            Permalink

            tidak semua wilayah ada express abangku. coba tinggal di pelosok baru komen lagi abangku. yg salah cs kasih jawaban seenak jidat bukan menenangkan malah seperti menertawakan

        • 16 Mei 2023 - (23:07 WIB)
          Permalink

          Lha kita ngirim sesuai kemampuan mbak.. Kitaa ngirim juga pasti nanya kapan datangnya.. Klo kita rasa kita bisa nunggu kenapa ga ambil yg lebih murah.. Ini sudah di cek barang sudah datang tapi ga dianterin udh 2 hari lagi.. Ente kerja di bagian jasa yg berhubungan sama konsumen pusing pasti ngadepin ginian ga usah gampang in urusan org mbak.. Yaa harusnya klo dengan bayar segitu ga usah embel ngasih estimasi waktu yg cepat dong.. Kita Bayar sesuai tarif kok. Klo saya pengin ekspress ga ke jnt , saya langsung ke kantor pos yg lebih terpercaya…. Masalahnya ga semua org kek elu mbak banyak duit.. Kita sudah bayar sesuai yg ditarifkan ,yaa hak kita lah minta sesuai waktu yg dijanjikan.. Gini kok ya masih dibilang alay.. Heran ama nih ibu2 ..

          3
          3
      • 13 Mei 2023 - (23:24 WIB)
        Permalink

        Gini Lo pak .mnimal belanja online itu waktunya 3 hari itu kalo bapak belanja sekitaran Jakarta, kalo pulau Batam beda lagi sampai 5 6 hari , kasihan sama kulir nya pak .itu muatan motor sampai penuh,apa lagi dia sendiri yang berkerja

        6
        4
      • 14 Mei 2023 - (09:54 WIB)
        Permalink

        Keluhan serupa terjadi di beberapa daerah, hampir merata, terutama daerah pelosok, banyak barang yang tidak kunjung datang berminggu-minggu bahkan tanpa kabar. Pelayanan JNT tidak se-prima di awal-awal kemunculanya. Tolong menjadi perhatian pihak management.

        14
        • 14 Mei 2023 - (22:53 WIB)
          Permalink

          Iya bener sekali memang buruk, saya pernah belanja suatu barang. Pas saya tracking status barang saya sudah diterima oleh penerima. Saya coba tanyain ke istri atau tetangga tidak ada yang menerima. Saya dtg ke J&T terdekat saya tunjukin ke admind disana. Dia bilang barang sudah di kurir, sampai saya marah² barang saya mau dimaling? Tak suruh telp si kurirny tidak diangkat alasan libur, si admind tidak tau ditaruh di gudang apa dibawa pulang? Pikir saya emangnya barang² konsumen yang diambil dari gudang terus dibawa pulang untuk dianterin ke konsumen? 2 hari akhirnya saya datangin ke J&T lagi . Masa Kurir banyak dan jarak cuma 1km ko bisa tidak dianter². Akhirnya orang lain yang jaga,saya tunjukin no resinya, di print in lagi. Dia minta tukang kurirnya diambilin di gudang. Memang buruk sekali pelayanan J&T ini. Saya sudah 2x pake layanan J&T ngejengkelin. Selanjutnya pake JNE jelas dan lebih cepat

          6
          1
      • 14 Mei 2023 - (15:15 WIB)
        Permalink

        Kalau order yg sifatnya penting/urgent, harusnya pakai jasa instan atau sameday pak, tp kembali lg kpd usernya si dan sdh hukum alam jg bhw ada harga ya ada kualitas jasa pengirimannya cpt/lambat. Semoga itu bs jd pelajaran

        3
        2
      • 15 Mei 2023 - (07:02 WIB)
        Permalink

        Selama masih dalam range estimasi pengiriman barang, memang tidak bisa dipaksakan, pak… Saya juga sudah mengalami beberapa kali. Pengiriman dari JKT ke JKT. Dari tracking terlihat dalam semalam juga sudah sampai di kurir daerah rumah saya. Tapi karena memang layanan reguler (dengan waktu kirim 2-3 hari), maka kadang ditahan dulu sehari lagi. Jadi baru sampai setelah 2 hari…. Pilihan layanan kurir (menyangkut waktu kirim) memang harus kita perhatikan. Terutama jika kita butuh cepat.

      • 15 Mei 2023 - (19:08 WIB)
        Permalink

        Kalau memang urgent sebaiknya diambil lgsung ke counter saja pak. Kadang kan memang ada daerah yg sulit dijangkau atau ada faktor2 lain yg membuat paket tertahan. Saya jg pernah ngalamin, lbh lama malah, terus sy chat ke penjualnya, hbis itu dbantuin

      • 16 Mei 2023 - (17:58 WIB)
        Permalink

        Ini orang udah susah duit susah mikir pula 😅 pantes hidupmu sering dikasih susah ..makanya sadar dimana KEKURANGAN SENDIRI ..taunya cuma curhat ginia ..bapak2 anjay

        1
        2
    • 14 Mei 2023 - (07:54 WIB)
      Permalink

      Cieeeeh, pihak expedisi yaa bung? Wkwkwkkw.

      Kalo memang mau nelen banyak dari marketplace, kudu siap dengan tenaga kerja!!!. Bukan mau cuan doang!

      7
      2
    • 14 Mei 2023 - (13:19 WIB)
      Permalink

      Uda beli online COD komplain pelayanan lagi, Gak sabaran amat jadi customer, kalau mau cepat dapet barang beli di toko gak pake COD dong

    • 18 Mei 2023 - (20:39 WIB)
      Permalink

      Bukan gitu ****.. bukan masalah alay ato gak nya. Ekspedisi udh buka tarif harga dan kita pun bayar sesuai harga yg ditentukan. Skrg dibalik aja klo kita konsumen bayarnya kurang dari tarid tsb karena kurang duit bt bayar trus paketnya akan diantarkan? Kan kagak blok.. lah yrus klo mreka kirim ngaret knapa konsumen harus memaklumi dgn alasan kurir cma 1 dan bla bla bla. Klo memang dia pake reguler ya tinggal jelasin aja estimasi sampenya brapa lama, bukan malah jawab kurir cma 1 itu mah konsumen bodo amat lah kita bayar sesuai tarif yg u buat kok. Gak sesuai dgn komitmen ya jelek service nya klo gitu. Klo fair jg trlambat dtg balikin donk ongkirnya waloupun sbagian itu baru fair konsumen jg gak kan protes

    • 19 Mei 2023 - (11:32 WIB)
      Permalink

      apapun kendalanya apapun barangnya, ya salah cs menjawab dg cara spt itu.
      jelas kita sudah bayar lantas menuntut sesuai yg diinfokan. klo masalah kurang personil itu adalah urusan manajemen, bukan urusan konsumen.. harusnya bs jawab dg lebih profesional tpi lebih baik barang ya mang harus sampai sesuai estimasi karna menyangkut kepercayaan.
      moga kedepan bs lebih baik

    • 17 Juni 2023 - (12:14 WIB)
      Permalink

      Yang alay itu anda, masalah nya bukan isi paket yg dipermasalahkan tapi ketepatan pengiriman yg harus jelas. Jika pihak ekspedisi atau kurir tidak sanggup melakukan ketepatan waktu. Sudah seharus nya tutup itu ekpedisi dan tidak usaha beroperasi.
      Anda otak nya dimana ya, dan semoga anda waras

    • 12 Mei 2023 - (12:48 WIB)
      Permalink

      Emg tdk mengurusi paket 1 org, tp ada 1 org yg bertanggung jawab dgn wilayah masing. Kurir.
      Kalo ga sanggup membayar org tuk jd kurir, tutup aj. Lucu pembelaan anda ini

      31
      14
      • 12 Mei 2023 - (12:55 WIB)
        Permalink

        Ya Pak, saya sudah WA CS nya tanggal 10 Mei (paket sampai digudang J&t tanggal 7 Mei), jawaban CSnya pada intinya “ya elah Pak, baru juga 3 hari sampai digudang, bapak tunggu aja dirumah, yang jelas kami antar. Dan sampai hari ini 12 Mei, paket saya belum diantar. Yang artinya paket saya sudah 5 hari digudang j&t, sementara isi salah satu paketnya itu obat.

        14
        10
      • 13 Mei 2023 - (12:23 WIB)
        Permalink

        Mau tanya bapak, paket bapak ini jenis nya Super, Reguler, apa ECO?
        Untuk paket super kami selalu utamakan proses+ paket lewat udara atau darat.. Tapi ingat, cuma sekitar 1-3 persen paket Super (Prioritas).
        Dan untuk reguler pengiriman sama, cuma paket reguler itu banyak ambil contoh saya di gudang besar jakarta perhari menangani paket reguler 300k-400k perharinya.
        Dan untuk pake ECO (Hemat) biasa nya paket dikirim antar pulau di indo dan jadwal tergantung keberangkatan kapal air + muatan.
        Dan jika barang sudah di gudang kecil/Dc jika bapak menunggu terlalu lama silahkan boleh untuk menjemput paketnya sendiri ?

        11
        1
        • 13 Mei 2023 - (21:07 WIB)
          Permalink

          Mgkn TS tdk akan menulis dsni kalau penjelasannya spti anda.
          Konsumen mana mau tau kendala yg terjadi di ekspedisi, yg penting barang dia di segera di kirimkan kalau sdh ada di gudang.

          5
          9
        • 18 Mei 2023 - (20:51 WIB)
          Permalink

          @dans, sori bang g mau tanya, klo paket dikrim ekspedisi trus kita ambil sndiri di gudang trdekat, kita bakal dapet disc ato pengembalian ongkir gak? Kan SOP nya diantar kan ke rmah?? Bkan nya tarif yg ditentukan itu sprti itu ya SOP nya?? Klo ada refund karena proses pengambilan mandiri di gudang trdekat baru itu diakui fair, klo gak ya wajar aja klo konsumen protes. Klo memang jenis pengiriman reguler dgn estimasi waktu skian ya jelaskan aja sama konsumen nya bkan jawab nya kurir trbatas itu mah urusan ekspedisi bkan sesuatu yg harus dipikirkan konsumen. Lah u jg klo misal beli nasi bungkus di restoran trus yg pnya resto nya jelasin maaf ini harga nya mahal karena beli bahan nya jauh, beli bahan nya fresh, beli nya jalan kaki dan bla bla bla, emang mau u pkirin trus bayarin lebih sesuai tarif itu nasi bungkus?? Kan kagak bray. Resto udh tetapin harga kan bodo amat bt u proses nya gmn yg ptg u bayar aja sesuai kententuan titik. Lah skrg klo dibalik kondisi nya malah gak bisa. Klo konsumen kurang bayar sesuai tarif apa ada kompensasi barang akan dikirim?? Kan kagak bray. Lah ini konsumen udh bayar sesuai tarif trus pengiriman kagak sesuai masa protes trus harus memikirkan solusi bt ekspedisi nya tepat waktu kan konyol namanya.

        • 13 Mei 2023 - (20:55 WIB)
          Permalink

          Oo, kalo cod di bedain ya. Baru tau sy kalo jnt ekspedisi yg membedakan paket bkn dari service, tp dari sistem pembayaran. Ckckckckck

          8
          8
          • 14 Mei 2023 - (21:20 WIB)
            Permalink

            Ya jelas beda lah bosqu
            Klo ga cod bisa dititip kluargamu. Klo cod belum tentu kluargamu mau bayarin.ckkckkckk

            2
            1
          • 14 Mei 2023 - (21:24 WIB)
            Permalink

            Itu aja udh salah satu contoh yg memperlambat kecepatan dalam pengiriman. Ybs tidak d tempat, paket cod, kluarga ga mau nalangin.

          • 14 Mei 2023 - (21:28 WIB)
            Permalink

            @herlambang. Kelihatan bodohnya.
            Mana ada keluarga ga mau bayarin kalo ada omongan dari yg TS.
            Lucu kali pembelaan karyawan jnt ini

            2
            6
    • 12 Mei 2023 - (13:19 WIB)
      Permalink

      @Dhana, komenmu persis jawaban CS J&T Balige, atau jangan2 kamu orang J&T pusat……, ada komen yang lain?? Biar saya ladenin

      13
      17
    • 13 Mei 2023 - (10:06 WIB)
      Permalink

      Iti jnt memang agak lain skrg, cek aja resi ku ini JP2580456102 sebulan cuy gak sampe2, aku capek2 nelpon cs jnt. Klo memang gk mw diantar sih ga masalah

    • 18 Mei 2023 - (20:42 WIB)
      Permalink

      Lah kan dia bayar bt kirim paket sesuai harga tarif nya. Emang knpa klo dia mnta service nya sesuai dgn komitmen nya?? Klo dia bayar nya nawar dari harga ketentuan lah boleh2 aja dirimu brkata dmikian. Bkan masalah value uang tp ini bisnis ada jasa ada tarif. Gak sesuai dgn komitmen jasa yg diberikan ya wajarlah diprotes. Enak aja mentoleransi ekspedisi sementara klo kita kurang bayar dari tarif gak kan diproses itu pengiriman barang. Win2 solution lah g bayar jasa u, ya sesuai lah dgn komitmen nya.

    • 18 Mei 2023 - (20:56 WIB)
      Permalink

      @Days ya suka2 yg beli obat lah. Dia mau beli diman jg bkan urusan u. Emang u disusahkan dgn dia beli obat pake ekspedisi. Lah dia kirim jg bayar kok ongkir nya sesuai tarif dan kagak bsa ditawar. Skrg dia menuntut hak nya dari jasa ekspedisi tsb ya wajar lah. Sama konsumen sndiri aja ribet bgini gmn mau brsaing dgn kompetitornya. Konsumen komplain itu slama memang masih sesuai SOP jdkan pembenahan bkan malah konsumen nya disuruh memaklumi klo kurir cma 1. Ya brbenah lah klo memang kurang pegawai ya rekrut klo gak sanggup ya tutup kan gitu aja.

  • 12 Mei 2023 - (12:51 WIB)
    Permalink

    Oh gitu ya. Kalau sudah 5 hari sampai dikantor jnt apakah SOPnya seperti itu?? Memang bukan paket saya aja yang harus diantar, oke. Tapi Sejak tanggal 7 sampai tanggal 12 Mei paket saya belum diantar. Apa anda bisa jamin paket saya berupa obat bisa aman 5 hari digudang??

    9
    6
    • 12 Mei 2023 - (13:03 WIB)
      Permalink

      Perlu saya jelaskan, salah satu paket saya itu obat, kenapa harus dibeli dari medan??, karna memang obat itu tidak ada dijual di domisili saya. Obat itu dikirim dari medan ke balige, artinya masih satu provinsi, dan saya harus menunggu 5 hari sejak paket saya sampai digudang j&t balige.

      5
      7
        • 12 Mei 2023 - (23:24 WIB)
          Permalink

          Segini ya kwlitas pegawai jne? Belajar lg sana kejar paket, kalo sdh baru ikut komen lg. Sdh di jelaskan kalo gada di kotanya, malah jawabnya knpa ga beli lgsg. Ckckckckck

          6
          8
          • 13 Mei 2023 - (01:02 WIB)
            Permalink

            Pengalaman bapak, adalah pengalaman yg berharga, pihak J&T balige harus meningkatkan layanan, kalau masih tidak berkembang, maka untuk next nya ganti aja pak kurirnya… Saya selalu gunakan JNE, dan alhamdulillah tidak pernah mendapatkan jawaban yg tidak profesional seperti ini… Dulu pernah menggunakan J&T dan saya dapat kurir yg sangat tidak ramah 🙂

            10
            1
      • 12 Mei 2023 - (22:42 WIB)
        Permalink

        kalo anda sudah merasa kaya, gk perlu bakar duit buat laporin orang atau lu posting ke mediakonsumen, lu samperin aja tokonya langsung bereskan ?

        inget dek, jangan mempersulit orang jika tidak ingin dirimu sendiri di persulit!

        10
        8
      • 19 Mei 2023 - (14:38 WIB)
        Permalink

        Emang jauh banget ya pak tempat ekspedisi nya? Kalo menurut bapak kelamaan menurut saya langsung ambil paketnya ke gudangnya aja ketimbang marah2 dan emang butuh banget itu obat mending langsung ke gudangnya, tunjukin nomer resinya dan ambil paketnya. Kalo gk salah di gudangnya ada nomer komplain, semoga bermanfaat pak🙏

  • 12 Mei 2023 - (15:43 WIB)
    Permalink

    Saya Memahami Permasalahan yg saudara anda alami, dan itu terjadi bukan kepada anda saja, kepada saya, dan kepada lainnya juga. Perilaku terbaik jika sangat membutuhkan paket anda, anda bisa menjemputnya, dengan lebih dahulu anda mengetahui jika memang tenaga kurir ini terbatas. Saat saya berkunjung mengambil paket memang baru saya sadari pekerjaan ini bukan ringan, ini pekerjaan sangat berat menjadi kurir, dengan segudang paket menumpuk tenaga personil terbatas.

    30
    5
        • 16 Mei 2023 - (02:50 WIB)
          Permalink

          Kayanya bapak deh yg salah, coba deh liat bapak pengiriman nya jnt tipe apa ?
          Apalagi klo cod biasanya dikirim penjual, paket pengiriman yg paling murah pak (jnt ECO/reguler) karena rawan pengembalian.
          bapak buka aja deh di website jnt klo pengiriman jnt eco brapa lama ?
          Estimasi nya malah 7-17 hari
          Klo bapak mau cepet saran dari komentar dari yg paling atas dipahamin baik2 deh pak

  • 12 Mei 2023 - (18:40 WIB)
    Permalink

    mungkin karena jasa reguler dan estimasi pengriman nya masih lama makanya mereka santai.
    Ada baik nya jika ingin cepat pakai NEXT DAY mungkin agak cepat sampai nya.
    Semoga cepat sampai barang nya

      • 13 Mei 2023 - (06:12 WIB)
        Permalink

        si bapak TS pake Fasilitas free ongkir kek nya …. jd kgk milih ekspedisi yg bisa Next day.. kalau satu provinsi Ongkir next Day paling 30 rb.an kalau antar pulau sekitar 40 ribuan…
        kalau COD gratis ongkir yah sdh kgk bisa ngarep cpt 🙂

        11
        2
      • 14 Mei 2023 - (18:16 WIB)
        Permalink

        Sehqrusnya sabar saja menunggu..mereka kan keterbatas jumlah personel.. kenapa harus jadi masalah buat anda sendiri..

        • 18 Mei 2023 - (20:59 WIB)
          Permalink

          @Arief kira2 klo pas kita mau kirim barang tapi duit kita kurang dari tarif yg ditentukan bakal ditoleransi bt dikirim gak ya?? Klo gak ya knpa jg konsumen harus mentoleransi kelalaian pihak ekspedisi?? Sama2 fair aja bro kan namanya jg bisnis.

  • 12 Mei 2023 - (19:29 WIB)
    Permalink

    kalau memang lama mending ambil sendiri aja di gudangnya, saya juga begitu..suka ambil sendiri kalau lagi posisi urgent banget

    15
    1
  • 12 Mei 2023 - (20:06 WIB)
    Permalink

    Kl barang penting dan segera usahakan tdk beli online. Kl.memang adanya online jngn mendadak. Kl trpaksa cm itu lngsung jemput di gudang. Jasa paket2 skrng bnyk saingan tp ga tau diri jg. Balasan chat tdk profesional. Pantas di up.

    8
    2
  • 12 Mei 2023 - (20:11 WIB)
    Permalink

    Semoga setelah membaca keluhan ini pihak j&t pusat sudi menambah personil kurirnya di daerah tsb dan kedua belah pihak berdamai karena sama2 saling membutuhkan.

    • 13 Mei 2023 - (08:34 WIB)
      Permalink

      Pengiriman darimana?? Dan estimasi berapa hari?? Harusnya tampilkan dong jgn mentang2 ditracking ada digudang jnt minta di duluin

      7
      2
      • 13 Mei 2023 - (21:09 WIB)
        Permalink

        Kalau di tracking Itu paket ada yg tgl 3 dari jekarda, yg 1 lg tgl 5 dari medan. Dan baru tgl 12 kmrin paket ke tangan konsumen.

  • 13 Mei 2023 - (01:47 WIB)
    Permalink

    Maunya kalau brg urgent ada baiknya jangan cod, pernah saya lihat waktu dikantor jnt, ada kurir yg bilang paket cod an diretur aja, nyusahin gak ketemu orangnya, gak bisa dititipin karena belum bayar.. mana jauh, yg dikantor bilang y udah diretur aja..

    12
    2
    • 13 Mei 2023 - (03:53 WIB)
      Permalink

      Nah bener. Itu akibat banyak orang pesen cod tapi gak bertanggungjawab. Jadinya kurir males-malesan kecuali yang udah langganan.

    • 13 Mei 2023 - (06:38 WIB)
      Permalink

      Ga bs berpikiran spti itulah. Mau cod mau cash ttp hrs di anter karena itu amanah org. Apalagi sampe ngendap berhari hari dgn alasan keterbatasan sdm. Kalo bisa buka agen, seharusnya bs jg bayar org tuk jadi kurir, apalagi kalau barang banyak. Tambahlah sdm nya.

      3
      7
      • 13 Mei 2023 - (12:40 WIB)
        Permalink

        @Muhammad. Setuju banget dgn anda yg smart. Kalau cod merugikan, jgn terima donk layanan cod, ye kan bos. Jgn alasan cod lalu malas2an diantar.

      • 13 Mei 2023 - (14:18 WIB)
        Permalink

        Soalnya saya pernah jadi kurir bg.. Saya ngantar yg cash dulu pagi ampe sore.. Sore kemalam baru cod an.. Soalnya yg cod an dipastikan ada kalau sore.. Walau ada yg ngilang jugak..

    • 17 Mei 2023 - (02:02 WIB)
      Permalink

      Banyak kasus kalo cod apalagi lokasi luar jawa paket kalo tidak diambil di return. Cuma info aja kalo emang penting bisa gunakan pembayaran di awal kalo ecomm. Buat lokasi saya karena strategis mau jasa pengiriman apa dan metode bayar apa selalu aman. Terkecuali paket rusak dijalan ngak jadi dikirimin trus di refund.

    • 14 Mei 2023 - (09:12 WIB)
      Permalink

      Saudara saya kirim makanan (4kg) dgn Jnt dari Jatim tgl 26 April ke Jabar biaya 80rb (saya tdk tahu jenis pengirimannya). Sampai gudang kecamatan kota tgl 28 April. Tgl 29 April tertahan karena melebihi batas waktu pengiriman. Tgl 30 sampai tgl 3 Mei reschedule pengiriman, tgl 4 Mei ambil sendiri ke gudang.

  • 13 Mei 2023 - (06:23 WIB)
    Permalink

    Mending lu jadi kurir dah, ni yak bkn krn satu provinsi atau satu daerah kalao pun hidup di jln pasti ada halangan nya bos, yaa elu gk tau bahkan nggk ngerasain tp mreka yg sbr jk ada kndala mgkn krn macet, mogok ataupun paling parah laka. Mreka jg jg dituntut tpat wkt tp, sdangkan elu bisa nya cm komen buruan, tidak ada sop. Dihh najiss. Kalao cm obat di gudang 5 hari gw rasa aman toh ada masa exipired nya. Yaa kek gni customer bintang 1 bs nya cm ngomel2 smoga aja dikirim nya taon dpn sama apa yg pembeli mau

    15
    6
    • 13 Mei 2023 - (06:34 WIB)
      Permalink

      Kasihan ya jnt punya pegawai kaya gini. Org beli obat itu untuk di minum karena dia sakit, jd bkn karena dia takut dgn expirednya. Haduh

      5
      8
        • 18 Mei 2023 - (21:03 WIB)
          Permalink

          @A5 bkan masalah bkin koid ato gak LOL. Ini bisnis ada jasa ada tarif yg disepakati. Klo jasa gak bsa sesuai dgn apa yg udh kita byat emang u mau terima?? Dibalik donk klo konsumen kurang duit bt bayar tarif kirim paket itu ekspedisi masih kasih toleransi bt diantarkan gitu donk. Ato klo trlambat kirim ada refund kek walou sebagian dri ongkirnya. Itu baru Bisnis yg Fair.

          1
          1
  • 13 Mei 2023 - (08:01 WIB)
    Permalink

    mau tanya nih sekalian . kalo paket mandeg di gudang kota tujuan apakah paket bisa di ambil sendiri sama penerima ?

    • 13 Mei 2023 - (09:39 WIB)
      Permalink

      Bisa kak selama kita bisa menunjukkn bukti transaksi dan identitas penerima. Oiya mengambilnya pun jangan mendekati waktu tutup krn besar kemungkinan mereka menolak. Saya sering ambil di gudang krn tidak sabar atau memang darurat.

      4
      1
  • 13 Mei 2023 - (08:05 WIB)
    Permalink

    Setelah saya baca ternyata COD, mungkin lebih baik kalau urgent next day lebih baik. Karena sy juga pernah beberapa kali menggunakan yg regular itu cenderung banyak telatnya. Kalau dalam TS ini memang CS J&T ini masuk kategory menyepelekan dan bahasanya juga bikin customer kesel pasti

  • 13 Mei 2023 - (09:05 WIB)
    Permalink

    PERTANYAANNYA, APAKAH SUDAH LEWAT DARI ESTIMASI WAKTU PENGANTARAN?
    KALAU BELUM DUDUK MANIS SAJA DI RUMAH.
    MAU OBAT MAU RACUN, SEBELUM TERLAMBAT DARI ESTIMASI WAKTU PENGANTARAN NAMANYA BELUM TERLAMBAT.
    SOK PENTING..

    12
    4
  • 13 Mei 2023 - (09:15 WIB)
    Permalink

    kalo beli di OlShop mungkin bisa dicek estimasinya di keterangan pembelian bapak. biasanya ada estimasi. klo lewat dari estimasi bisa dicoba komplain lewat markerplace nya
    atau mungkin bukan solusi terbaik, tanya alamat drop point JNT nya, lalu ambil sendiri kesana pak
    semoga cepat dikirim

  • 13 Mei 2023 - (10:15 WIB)
    Permalink

    Saya juga ngalamin keterlambatan dari jnt, sekitar seminggu dari estimasi barang di terima, waktu itu pas hari terakhir estimasi barang di terima saya ajukan pengembalian dana. Dan udah saya biarkan pada akhirnya di kirim juga. Mungkin klo pas di hari terakhir estimasi barang di terima. Itu masih wajar tapi klo berlarut2 terkesan menyepelekan

  • 13 Mei 2023 - (12:10 WIB)
    Permalink

    Informasi kurang jelas, estimasi kedatangan berapa hari? Anda pake type pengiriman apa? Next day? Reguler? Hemat atau malah gratis ongkir. Kalo anda pake Layanan Next Day ya wajar anda komplain. Tapi kalo pake type hemat kemudian anda protes ya anda yg konyol. Karena tentu saja prioritas pengiriman tergantung tipe pengiriman anda, jangan sampai anda pake tipe hemat tapi minta layanan Next Day. Sederhana kan? Screenshot percakapan pun gak menunjukkan reaksi kasar dari pihak JNT, justru anda yang gak peduli dengan penjelasan CS. Saran saya lain kali pakai layanan Next Day saja kalo memang urgent, Next Day itu artinya sehari sampai.

    10
    2
  • 13 Mei 2023 - (13:02 WIB)
    Permalink

    Saran saya jika Memang barang penting dan urgen, dan posisi sudah di kantor cabang terdekat dan tinggal menunggu kurir saja. Alangkah bijak nya jika dijemput sendiri saja di kantor. Selama masih dalam batas estimasi, itu bukan salah kurir.
    Dr Pd emosi, mending pakai kepala dingin, saya udah berkali-kali beli online, dan juga jualan online. Kalo butuh cepet, tinggal datang k kantor nya kalo posisi barang sudah di gudang nya.
    Saya biasanya gitu soalnya kadang ada orderan yang memang saya butuh cepet dan pasti ada selisih 2 hari di kurirnya.

    4
    3
    • 13 Mei 2023 - (17:43 WIB)
      Permalink

      Kebanyakan yg komplen org² cod
      Mau cepet ya jgn cod.
      Dgn cod sadar klo blm bayar paket berarti blm bayar juga jasa expedisinya. Blm bayar mau cepet. Pas sampe cancel seenaknya.
      COD nya Cash on duel makanya lama
      Coba klo
      COD nya Cuan on delivery pasti cepet.
      Hwkhwk

      2
      1
  • 13 Mei 2023 - (13:55 WIB)
    Permalink

    Pengalaman gua sebagai kurir J&T selama 2 tahun cuma g tahu juga apakah kebijakannya sudah berubah atau belum karena gua dulu jadi kurir pas awal2nya J&T baru merintis.
    Setahu gue paket itu g boleh stuck lebih dari 1 hari, paket harus terus jalan atau status berubah dalam waktu kurang dari 24 jam, karena biasanya kalau paket itu stuck itu emang ada karyawan yg bagian mengawasi perjalanan paket, biasanya karyawan ini jika ada paket stuck akan tanya ke Gudang atau Kantor paket tersebut stuck ??? Klo alasannya personil kurang memadai ya g bakalan lama ditambahi personil, klo alasannya alamat tidak jelas nomer tidak bisa dihubungi maka diminta untuk segera dilakukan return.
    Setahu gua kebijakannya dulu kek getu

  • 13 Mei 2023 - (14:29 WIB)
    Permalink

    Saya liat tracking resi nya memang masih di gudang kek nya. Pengalaman saya sih keterlambatan itu karena belinya saat event kek 1.1 2.2 5.5. Ternyata bapak memang belinya saat event 5.5. Soalnya kalo event itu gudang itu penuh pesanan pak. Sya pernah iku borongan di jnt soalnya, kalo event itu barangnya fullll numpuk2 (mungkin juga barang bpk terselip/kelewatan).

    Paket ikan sy dlu juga pernah tertahan digudang sampe 7 hri. Mati semua wkwk. Tp sy ngak bisa protes krn sy tau sndiri bagaimana kondisi gudang saat event.

    Kalo memang urgent ya udah resiko pak klo beli saat event. Lain kali jgn beli saat event kalo urgent. Modal dikit buat ongkir tp cepat sampai

    • 13 Mei 2023 - (20:13 WIB)
      Permalink

      cod mau cepet modal dikit pakai yg super kalau urgen…lihat estimasi sampai nya..mungkin tempat nya bukan di kota jadinsusah kalau penting obat nya mofal dikit pakai yg super kesehatan itu mahal

          • 14 Mei 2023 - (07:27 WIB)
            Permalink

            Nih sy kasih tau berdasarkan tracking resi.
            Itu ada yg dari tgl 3 dan tgl 5. 22nya baru dikirimkan ke konsumen tgl 12. Hitung sendiri brpa hari ngendap di gudang dgn alasan kurir cm 1.
            Buka ekspedisi kok ga bs bayar org tuk jd kurir.

            1
            8
          • 14 Mei 2023 - (08:27 WIB)
            Permalink

            Saya lihat dari tanggal 12 sudah di post dan saya rasa akan diabaikan oleh pihak mereka, zaman sekarang apa apa di post jadi kayak dongeng sebelum tidur, biasa aja bacanya. Yang sabar ya pak. Kalo saya jadi bapak di lokasi sulit dan urgent sebaiknya jangan pilih cod dan saya yakin saat sampai pasti kurir nya direkam dan akhirnya ribut. Saya sebagai seller juga pernah req untuk cod di hapus.

  • 13 Mei 2023 - (20:31 WIB)
    Permalink

    Kalo emg beli obat dan sekiranya obat penting saat CO pilih kurir nextday, kalo bapak CO saat event kembar & pilih free ongkir reguler jgn salahkan kurir, 7hr belum seberapa pas saya co di salah satu MP 12hr baru sampe ketangan saya padahal dari jakut ke tangerang, kalo memang urgent bisa ambil langsung ke drop point, lagi pula yg anda chat itu cs droppoint bukan pusat, jadi dia yg paling ngerti gimana keadaannya gimana.

  • 14 Mei 2023 - (01:01 WIB)
    Permalink

    Saya sbagai seller juga sering dirugikan jika ada ekspedisi menahan barang di gudangnya sampai 2-3 hari. Konsumen ga mau tau apapun alasannya, yang kena kita sebagai seller. Note aja, kita sudah matiin fasilitas cod karena banyak mudharat daripada manfaat. Jadi hanya regular dan hemat.

    Kita komplain ke ekspedisi, ada pernah jawabannya hampir mirip ama jawaban yg diterima ts. Ya konsumen mana mau tau, mo 1 atau ga ada orang, komitmen mau kerjakan layanan ya harus dijalankan. Mereka jualan jasa, ada kontraknya, ada komitmen yang harus dijalankan.

 Apa Komentar Anda mengenai J&T Express?

Ada 132 komentar sampai saat ini..

Pelayanan Customer Service J&T yang Buruk dan Paket yang Belum Sa…

oleh Dhani_elthary dibaca dalam: 1 menit
132