Isi e-Money, Dana Sudah Terpotong tapi Nomor Kartu Tidak Terdeteksi Sistem, Dana Hilang Entah ke Mana, Solusinya?

Terima kasih kepada Media Konsumen atas kesempatan untuk berbagi pengalaman sebagai konsumen.

Singkat saja, pada tanggal 8 Mei 2023 sekitar pukul 08.00 pagi (kurang dari pukul 8 pagi menurut ingatan saya), saya sedang menunggu di Rumah Sakit. Tiba-tiba saya teringat bahwa saya akan menggunakan e-money, jadi saya langsung memeriksa apakah e-money tersebut ada di dompet.

Saya menemukan salah satu e-money Mandiri, dan saya memeriksa saldo yang tersedia, yaitu 6082 9860 5097 0572 (issued by MANDIRI). Saya mencoba mengisi saldo menggunakan aplikasi Livin Mandiri, karena sebelumnya saya pernah mengisi saldo dengan cepat dan mudah menggunakan layanan tersebut. Namun kali ini muncul masalah, muncul pesan error saat melakukan top-up. Yang lebih anehnya uang saya di kartu debit Mandiri terpotong, tetapi saldo e-money tidak terisi. Mengapa uang saya terpotong jika saldo tidak masuk ke dalam sistem?

Meskipun jumlahnya kecil, saya benar-benar ingin mengetahui sebagai pengguna Bank Mandiri yang sudah cukup lama, juga sebagai pelanggan kartu kredit Mandiri Platinum dan asuransi. Untungnya saya hanya mengisi saldo dalam jumlah kecil, bagaimana jika jumlahnya besar?

Saya mengajukan pertanyaan kepada layanan pelanggan Bank Mandiri melalui email, tapi sayangnya tidak ada solusi yang diberikan. Saya sudah mengirimkan bukti-bukti yang ada, ditanya tentang nama ibu yang tidak sesuai, dan sepertinya tidak masuk akal. Sudah ada kejelasan, tetapi kemudian kembali ke proses-proses berikutnya dan seterusnya.

Saya juga mengunggah foto-foto terkait di sini. Kami sudah bertukar email berulang kali, tapi saya masih bingung apa yang harus saya balas selanjutnya. Saya hanya ingin mencari solusi dan penjelasan yang tepat, bukan untuk menyerang.

Sebagai catatan:

  • Terdapat 2 transaksi e-money pada saat itu, yang pertama gagal dan yang kedua berhasil. Saya tidak memiliki masalah dengan yang kedua.
  • Kartu e-money yang ditemukan di dompet pada awalnya adalah kartu lama. Namun, seharusnya jika kartu sudah rusak, dana tidak seharusnya dipotong jika transaksi tidak berhasil. Saya sebagai orang awam dalam hal IT dan sistem, rasanya aneh jika uang saya hilang begitu saja tanpa jejak. Apakah benar bahwa tidak ada jejak yang bisa dilacak?
  • Sebelum mencetak riwayat dari e-money tersebut, saya menggunakan aplikasi e-chiz (bukan promosi, jika tidak salah chiz). Saya juga melampirkannya, ternyata aplikasinya cukup menarik karena dapat menampilkan hal semacam itu.

Pertanyaan saya kepada Bank Mandiri yang terhormat:

  1. Apakah uang saya dipotong terlebih dahulu sebelum diperbarui ke saldo e-money?
  2. Jika ya, ke mana uang saya pergi jika top-up gagal?
  3. Dikhawatirkan bahwa masalah serupa dapat terjadi di masa depan, terutama dalam jumlah nominal yang besar. Apa solusinya?

Untuk rekan-rekan konsumen lainnya, jika ada saran atau bantuan, mohon bantuannya. Mari kita berbahasa dengan tutur kata yang baik. Terima kasih.

David
Jakarta Utara


Update (21 Mei 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Bank Mandiri sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

18 komentar untuk “Isi e-Money, Dana Sudah Terpotong tapi Nomor Kartu Tidak Terdeteksi Sistem, Dana Hilang Entah ke Mana, Solusinya?

  • 18 Mei 2023 - (18:17 WIB)
    Permalink

    Apakah anda topup e-money menggunakan perangkat NFC di ponsel? Jika iya, coba dua hal berikut untuk memastikan dana yang tertahan.

    Pertama, datangi ATM Mandiri atau minimart terdekat (Alfamart, Indomaret) dan lakukan hanya UPDATE SALDO tanpa perlu mengisinya lagi. Jika ini masih gagal, maka..

    Kedua, datangi KC atau KCP Mandiri terdekat dan sampaikan kendala anda kepada CS yang bertugas. Jangan lupa bawa kartu e-money yang terkendala.

    Semoga masalahnya cepat selesai.

    4
    2
    • 20 Mei 2023 - (13:04 WIB)
      Permalink

      betul menggunakan nfc ponsel via apps LIVIN MANDIRI, tks inputnya betul sih KCP lbh baik, tp mmg saya sedang dinas ke kepulauan jadi terpikir untuk email lebih simple

  • 18 Mei 2023 - (19:16 WIB)
    Permalink

    Ini sudah 10 hari ya dari tanggal 8 Mei, gimana kak apakah sudah diproses oleh Bank Mand*r* ? Prosesnya lama sekali ya.

    1
    1
  • 19 Mei 2023 - (05:11 WIB)
    Permalink

    Saran saya hubungi mandiri call atau datang ke kcp terdekat pak, layanan CS mandiri via email yg paling buruk dari semua layanan saya rasa karna saya pernah coba dan solusinya hanya berputar2 di situ saja. Selain itu coba di update saldonya lagi pakai livin, bisa jadi masih ketahan di aplikasi nfc dr hp, dulu saya pernah juga begini, istri sy yg ada nfc dan dia top up 200k di emoney mandiri, saat akan pakai di tol dia tidak terdeteksi terpaksa sy isi manual dan istri sy tidak di samping, akhirya saya top up manual. Pas sy sampaikan ke istri dia update lagi saldo dan akhirnya masuk saldonya. Sy juga bingung kenapa waktu itu tidak masuk saldonya.

    • 20 Mei 2023 - (13:05 WIB)
      Permalink

      untuk cara tiba2 terupdatenya itu dengan membuka apa kak? saya sudah berkali-kali membuka apps livin untuk top upnya, tapi tidak terupdate saldo juga

  • 19 Mei 2023 - (05:26 WIB)
    Permalink

    Mungkin yang rusak kartunya tapi no emoney mas8h berlaku sehingga transaksi secaradigital bisa.
    Coba ke bank penerbit siapa tahu bisa minta ganti kartu barun

    1
    1
  • 19 Mei 2023 - (20:15 WIB)
    Permalink

    Itu kemungkinan kartu fisik e-money-nya yang rusak, seharusnya bisa diurus minta tukar kartu dan saldo ditransferkan ke kartu baru. Dulu pernah ada teman yang rusak juga gitu lapor ke Mandiri, mana isinya lumayan lagi 500 rb, pas buat nge-tap di gate KRL nggak kebaca.

  • 19 Mei 2023 - (23:14 WIB)
    Permalink

    Sma yg sy alamin mudik lebaran2023 kmarin.. berkali kali email entah jwban dr robot sistem atau dr customercare nya langsung.. mereka hanya mengandalkan satus “berhasil” nya sja.. tp saldonya entah kmn.. memang nominalnya gk terlalu besar.. tp resikonya bisa jd besar krna ketika sya masuk tol dngan santainya krna sdh top up emoney trnyata saldonya gk masuk. . Untungnya sisal saldo msih mencukupi.. smpai skrng jg sy msih pnasaran kmn itu saldo rekening sya larinya..🤨 msi pnasaran bgt.. dlm wktu dkt pngn tnya lngsung k kntor mandirinya… smoga pnjelasanya msuk akal ya.. dn gk mengandalkan status “berhasil” nya sj.

        • 20 Mei 2023 - (18:40 WIB)
          Permalink

          sudah saya baca dengan lengkap berulang kali, dari cerita hingga 12 gambar yang dilampirkan.
          isi gambar hanya menampilkan kartu 0572 dan riwayat transaksi berupa struk dari atm dan dari aplikasi.
          gambar hanya ada transaksi untuk topup 6465 sebesar 50.000 sebanyak dua kali.
          sisanya beruba ss percakapan di email.
          tidak ada topup untuk kartu 0572.

          • 20 Mei 2023 - (19:30 WIB)
            Permalink

            Tks buat pak Satria yang sudah baca (bahkan berulang-ulang, terharu) cerita saya ini. Saya sangat menghargai, sebelum mau kasih feedback saya mau bilang lagi di sini sebenarnya mau cari solusi dan bantuannya, bukan mau cari keributan, tapi takutnya juga saya salah pakai kata saat diskusi. Jadi seperti ini, PERTAMA, I have a very crystal clear in my mind, saya top-up emoney menggunakan LIVIN Mandiri, nfc hp ke e-money yang tulisannya transaksi di tolak. Setelah itu baru ke e-money selanjutnya karena yang pertama gagal. Jadi ada 2 kartu e-money yang berbeda. Saya hanya bisa melampirkan pada waktu update saldo gagal, kalau ada caranya kasih bukti update saldo ke nomor e-money tertentu mungkin bisa infokan caranya (jujur mau tny org bs kepikiran untuk screenshot or cara apapun untuk save bukti sebelum melakukan top up? Harusnya sih sudah merasa aman dan tidak usah kepikiran untuk itu) KEDUA, betul sekali ada DUA transaksi 50.000 rupiah ke nomor yang bpk disebutkan di atas. Mandiripun memberikan statement, 50.000 berhasil masuk ke nomor tsb. Untuk transaksi satu laginya? Berhasil masuk ke?

        • 22 Mei 2023 - (23:06 WIB)
          Permalink

          Saya juga tidak mau mencari keributan. Coba cek history kartu 6465, mudah²an masih ada data topup 50.000 dua kali pada tanggal tersebut. Karena dilihat dari mutasi app livin tidak ada topup ke kartu 0572. Untuk lihat riwayat topup bisa dari mutasi mandiri, disana ada nomor kartu yang ditopup beserta sisa saldo di rekening. Jadi bisa dilihat aliran dana nya. Maaf kalau bahasa saya agak kurang enak.

    • 20 Mei 2023 - (13:08 WIB)
      Permalink

      iya, tapi mmg sistem bisa error, saya paham, tinggal bagaimana revisi dan update nya aja sih, dan jgn merugikan customer

 Apa Komentar Anda?

Ada 18 komentar sampai saat ini..

Isi e-Money, Dana Sudah Terpotong tapi Nomor Kartu Tidak Terdeteksi Si…

oleh David dibaca dalam: 2 menit
18