Biaya E-billing Statement BRI Tidak Konsisten

Per 1 Oktober BRI mengenakan biaya untuk e-billing statement sebesar Rp5.000. Biaya e-billing statement dikatakan pada billing statement HANYA jika ada tagihan atau kekurangan/kelebihan bayar, yang juga dijelaskan petugas di Twitter @kontakBRI ketika saya tanya.

Pada lampiran screenshot saya menyertakan komplain saya ke Twitter @kontakBRI perihal pengenaan biaya billing statement dengan menyertakan screenshot e-statement saya. Yang hanya menegaskan e-statement hanya dikirimkan bila masih memiliki tagihan atau kelebihan bayar. Nyatanya tanggal 18 Mei 2023, saya menerima e-statement tanpa memiliki tagihan ataupun kurang/lebih bayar.

Biaya e-statement HANYA jika ada tagihan atau kekurangan/kelebihan bayar, tapi nyatanya saya tetap dikirim e-statement dengan biaya Rp 5000. Yang tidak bisa saya bayar karena di bawah nilai minimum pembayaran.

E-statement tersebut mencantumkan pembayaran saya di periode sebelumnya dan biaya e-statement yang ditagihkan sebesar Rp5.000. Pun pada e-statement tersebut jelas tercantum biaya tersebut hanya dikenakan bila dalam satu siklus tagihan tersebut memiliki transaksi/tagihan.

Awalnya saya tidak keberatan biaya tersebut, tapi ketika saya coba bayar tidak bisa, karena di bawah nilai minimum pembayaran. Opsi yang saya punya adalah datang ke bank dan antre hanya untuk membayar Rp5.000, atau ke agen BRI dengan tambahan biaya Rp5.000 lagi yang berarti dua kali lipat, atau harus membuka rekening BRI supaya bisa membayar melalui aplikasi BRImo ataupun ATM.

Setelah saya bayar tagihan ini pun di bulan selanjutnya tanpa transaksi saya akan menerima e-statement berisi pembayaran Rp5.000 dan tagihan e-statement lagi tanpa henti.

Yang saya permasalahkan adalah ketentuan BRI baik melalui penjelasan petugas di Twitter maupun yang jelas tercantum di e-statement, bahwa e-statement dan biayanya HANYA dikenakan pada mereka yang masih memiliki transaksi/tagihan maupun kelebihan bayar. Namun nyatanya BRI menyulitkan saya dengan melanggar ketentuan tersebut.

Husin Gunawan
Kab. Banyuwangi, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan PT Bank Rakyat Indonesia atas Surat Bapak Husin Gunawan

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Bank BRI dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak...
Baca Selengkapnya

14 komentar untuk “Biaya E-billing Statement BRI Tidak Konsisten

  • 22 Mei 2023 - (11:04 WIB)
    Permalink

    Setau saya sih selama masih menerima e-Statment artinya ada transaksi atau pembayaran yg dilakukan pada tagihan sebelumnya, makanya akan dikenakan biaya pengiriman e-Statment tsb sebesar 5000. Nah, dari info sender ini kan menerima e-Statment atas pembayaran sebelumnya, makanya tetep kena biaya goceng. Gitu lho nder

    1
    0
    • 23 Mei 2023 - (18:43 WIB)
      Permalink

      Itulah masih simpang siur sebenarnya kemarin pagi petugas dari BRI pusat menelpon saya menegaskan kalau sudah tidak ada tagihan harusnya tidak muncul biaya billing maka dihapuskan oleh mereka. Tapi kemudian datang petugas cabang bilang pembayaran termasuk transaksi dan keluar biaya billing, yang saya lanjutkan kalau saya bayar Rp 50/0 apa bulan depan keluar lagi tagihan billing atas pembayaran billing yang Rp 5000, katanya nggak.

    • 23 Mei 2023 - (04:51 WIB)
      Permalink

      Kalau di bawah 5k tidak bisa dgn brimo, caranya bapak bayar diatasnya misal 10k atau 20k sesuai ketentuan minimum, nanti sisanya akan jadi kredit dan akan memotong jika ada transaksi. Saya begitu apalah beda 15k yg jadi kredit tapi blngak perlu pusing antri di teller. Dan biasanya sudah tidak akan ada biaya lagi yg muncul.

    • 23 Mei 2023 - (18:48 WIB)
      Permalink

      Saya menerima penjelasan dan solusi juga berterima kasih. Namun benar masih ada simpang-siur yang harus dijelaskan apakah seharusnya bila tidak ada tagihan maka tidak ada biaya billing, ataukan pembayaran periode lalu termasuk dari jenis transaksi yang dikenakan biaya billing baru, bagaimana dengan pembayaran biaya billing saja, apakah periode berikutnya kena biaya billing kembali?

    • 22 Mei 2023 - (13:36 WIB)
      Permalink

      Dia itu tidak punya rekening BRI, hanya pengguna cc nya saja, makanya opsi pembayaran yang penulis bisa lakukan terbatas. via ATM kena biaya tf, langsung ke teller, jg kena biaya. Justru biaya tf yang dikenakan malah jauh lebih mahal dari biaya e-billing tsb.

  • 22 Mei 2023 - (13:21 WIB)
    Permalink

    transaksi pembayaran utk bulan sebelumnya tetap dianggap sebagai transaksi dan menerima estatement sehingga dikenakan biaya 5000 lagi, jadi satu-satunya cara adalah dipembayaran sebelumnya dilebihin 5000 .

    • 23 Mei 2023 - (18:50 WIB)
      Permalink

      Nah itulah masih simpang siur, dari petugas Pusat bilang harusnya gak dikenakan petugas cabang bilang kena…

  • 22 Mei 2023 - (13:45 WIB)
    Permalink

    Rp14.317,- itu apa?
    Mungkin itulah pemicu tetap ditagihkan Rp5.000,-

    Kalau saya juga sebagai pemegang kartu kredit BRI tapi co-brand, ya saya anggap pasti ditagih saja tiap bulannya walau biaya seperti itu menyebalkan.
    Hal serupa juga terjadi di kartu kredit Mega, ada e-billing statement fee.

  • 22 Mei 2023 - (13:49 WIB)
    Permalink

    Tidak dibayar jg tidak apa apa karena tagihannya di bawah 25 rbu. Ada ketentuan bank seperti itu. Dan itu jg bukan transaksi belanja. Abaikan saja

    • 23 Mei 2023 - (16:46 WIB)
      Permalink

      Terimakasih, setelah terbitnya aduan Kami 22 Mei 2023, saya menerima telpon dari BRI yang menyatakan tagihan akan dihapuskan. Juga kunjungan petugas sebanyak dua kali dengan penjelasan lengkap dan janji yang sama. Untuk itu saya dapat menerima dan memahami kejadian ini dan saya ucapkan terimakasih perhatian dan bantuannya, sukses terus untuk BRI melayani negeri.

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank BRI?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Biaya E-billing Statement BRI Tidak Konsisten

oleh Husin Gunawan dibaca dalam: 1 menit
14