Tanggapan Resmi Allianz Indonesia terkait Pengajuan Klaim Nasabah Atas Nama Tertanggung Bapak Rendy Julianto

Dengan hormat,

Sehubungan adanya keluhan dari Pemegang Polis sekaligus Tertanggung atas nama Bapak Rendy Julianto terkait pengajuan klaim rawat inap melalui Surat Pembaca di laman Mediakonsumen.com pada hari Kamis, 8 Juni 2023. Dengan ini kami sampaikan bahwa Allianz Indonesia telah menerima dan menindaklanjuti keluhan tersebut.

Sejalan dengan komitmen Allianz Indonesia dalam memberikan pelayanan maksimal kepada seluruh nasabah, Allianz Indonesia telah menghubungi Pemegang Polis pada Jumat, 9 Juni 2023 untuk menginformasikan bahwa klaim rawat inap Tertanggung perlu diajukan secara reimbursement karena membutuhkan penelusuran medis lebih lanjut.

Sebagai klarifikasi, Allianz Indonesia telah menerima dokumen pengajuan klaim Tertanggung pada 2 Juni 2023. Saat ini penelusuran medis terhadap pengajuan klaim tersebut telah selesai dilakukan dan pengajuan klaim telah disetujui pada Jumat, 9 Juni 2023.

Sebagai perusahaan asuransi, Allianz Indonesia berkomitmen untuk membayarkan legitimate klaim sesuai dengan ketentuan Polis dengan menjunjung tinggi etika bisnis dan berpegang teguh pada prinsip utmost good faith (itikad baik).

Allianz Indonesia menegaskan kembali bahwa dalam menjalankan aktivitas bisnisnya, Allianz Indonesia senantiasa mematuhi berbagai regulasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan regulator terkait lainnya.

Demikian dapat kami sampaikan, besar harapan kami redaksi Mediakonsumen.com dapat menerima surat ini sebagai tanggapan resmi dan klarifikasi Allianz Indonesia.

Atas seluruh perhatian dan kerja samanya, kami ucapkan terima kasih.

Salam,

Wahyuni Murtiani
Head of Corporate Communications
Allianz Indonesia
World Trade Centre 3, Jl. Jendral Sudirman Kav. 29-31
Jakarta Selatan – 12920, Indonesia

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Allianz Mempersulit Nasabah

Saya Rendy, nasabah Allianz sejak tahun 2021, dengan nomor peserta: 790300119200. Saya dirawat di rumah sakit pada tanggal 22 Mei...
Baca Selengkapnya

39 komentar untuk “Tanggapan Resmi Allianz Indonesia terkait Pengajuan Klaim Nasabah Atas Nama Tertanggung Bapak Rendy Julianto

  • 10 Juni 2023 - (13:14 WIB)
    Permalink

    Klaim asuransi disetujui tgl 9 Juni 2023… Artinya klaim baru disetujui setelah pemegang polis komplain di media konsumen… Susah amat ya klaim ke asuransi Allianz? Mesti komplain dulu ke medsos baru disetujui?

    38
    2
    • 10 Juni 2023 - (20:08 WIB)
      Permalink

      Gak gitu jg gan Konsepnya… Seperti halnya.. Cont; U ke bank.. Bawa cek.. Oleh karena something hal cek tersebut ternyata diceritakan prihal ttd sehingga u harus menunggu konfirmasi kepada pemilik cek sehingga makan waktu lama untuk keamanan kepastian keabsahan cek tersebut dan tidak jatuh ke orang yg salah. BUKAN BERARTI CEK U BISA LANGSUNG CAIRKAN TANPA REGULASI SKRINING KEAMANAN.

      BEGITU JUGA ASURANSI, Sejak covid telah meningkat kesadaran ber asuransi dan BANYAK JUGA YG MENCOBA MENIPU dgn menyembunyikan Record. Krn prihal ini meningkat sehingga asuransi berhati2 dalam penjaminan.

      Sehingga untuk penyakit tertentu yg dicurigakan kemungkinan sudah ada SEBLOM MASUK POLIS, MAKA AKAN DIMINTA REMBERS untuk screaning kelayakan klaim, bila terbukti nasabah memang tidak ada riwayat seblom masuk klaim maka KLAIM AKAN DIBAYARKAN!!

      Segala sesuatu ad prosedural nya, dan klo mang gak menyembunyikan record sblom masuk polis.. Asuransi gak akan punya alasan untuk MENOLAK PEMBAYARAN.

      Semoga membantu.
      Liana Kang. Jkt

      4
      8
      • 11 Juni 2023 - (10:10 WIB)
        Permalink

        Kan kalian melayangkan suratkuasa medis di awal atau pas mau klaim… Berarti ada orang yg ngecek ke RS

        Dan masalah penipuan… Kalian di adili aja melalui proses hukum

    • 11 Juni 2023 - (10:16 WIB)
      Permalink

      Ini pilihan pak

      Tapi setidaknya harus gerti dulu yang di pegang customer template awal yg di tawarkan dan harus paham s&k nya

      Ada bbrp hal yg kita ga perlu kasi tau agent / urus secara mandiri
      Ada bbrp hal yg kita hrs butuh bantuan agent

      Jgn ampe ada celah agent MENGAGALKAN…. Semua sudah jelas aturan main ya… Tapi ada cara mereka MENGGAGALKAN pada saat kita terbaring di RS
      Terutama yg urusin/temenin kita tidak gerti..
      Panik… Asal bicara ke agent…terpancing sama agent…Akhirnya terkuak dan ada cerah buat di gagalkan

      Itu yg kadang penerima manfaat tidak mengerti kok gagalllllll/ reject/ disapprrove

  • 10 Juni 2023 - (14:03 WIB)
    Permalink

    Sebagai perusahaan asuransi, Allianz Indonesia berkomitmen untuk membayarkan legitimate klaim sesuai dengan ketentuan Polis dengan menjunjung tinggi etika bisnis dan berpegang teguh pada prinsip utmost good faith (itikad baik).

    1
    6
    • 12 Juni 2023 - (23:17 WIB)
      Permalink

      Ada yg punya pengalaman antara Allianz dan Prudential utk claim manfaat rawat inap cashlessnya lebih oke mana?

      • 14 Juni 2023 - (07:27 WIB)
        Permalink

        Hallo kak. Kebetulan aku di Prudential. Mungkin kak bisa tanya” ke aku tentang Prudential. Selama aku di Prudential, untuk cashless semua tercover kak. Kalo mau tau lebih lanjut bisa WA aku di 0813116687**.
        Thank you ka

  • 10 Juni 2023 - (14:33 WIB)
    Permalink

    Bukannya pasien pulang karna tidak kunjung di approv biayanya, ya kalau saya mikir dua kali ntar ngak di approv semua klaimnya masa saya harus nombok, padahal kan janji allianz cashless

    11
    • 10 Juni 2023 - (19:10 WIB)
      Permalink

      Kerabat sy ada yg ikut asuransi allianz, sebulan preminya 5jt. Baru ikut 1thn tau2 thn ini dpt pemberitahuan klw premi tiap blnnya naik 820rb jd byr premi tiap blnnya jd 5.820.000. Padahal manfaat yg didapat tetap/tdk ada penambahan batas limit tahunan atau kenaikan plafon berobat apapun, alasan allianz menaikan premi ini krn inflasi medis jd biaya2 berobat semua naik (tp lucunya walau premi naik tp batas manfaatnya tdk naik padahal alasannya biaya berobat naik jd makin mahal klw begitu hrsnya batas plafonnya naik juga ya krn kan biaya berobat makin mahal bisa2 plafon berobat yg saat ini jd tdk cukup kan). Padahal kerabat sy itu ikut asuransi allianz unitlink krn harapannya byr preminya tetap dari awal sampai akhir.. tp kenyataannya baru ikut 1thn premi sdh dinaikan 820rb per bln oleh Allianz dan tdk ada jaminan apapun klw thn2 berikutnya premi tdk akan naik lagi (klw gitu apa bedanya dgn asuransi traditional yg tiap thn naik preminya, nasabah ikut unitlink krn unitlink menjanjikan premi tetap selama masa asuransi) apa aktuaria allianz tdk menghitung dengan benar sebelum mengeluarakan produk asuransi tsb?

      • 10 Juni 2023 - (19:47 WIB)
        Permalink

        Lah memang gitu, biaya asuransi tiap tahun akan di hitung ulang, saya juga gitu di prudential. Coba baca lagi klausul2nya.

        • 11 Juni 2023 - (01:33 WIB)
          Permalink

          Bedakan antara biaya asuransi dan premi asuransi ya.. klw udh paham bedanya baru komen.. biaya asuransi unit link tiap thn memang naik seiring usia tp premi asuransi unitlink biasanya tetap krn udh dihitung oleh aktuaria asuransi klw umur sekian msk program unitlink maka tiap bln akan byr premi sekian dan itu premi biasanya flat selama masa asuransi..

          • 11 Juni 2023 - (10:06 WIB)
            Permalink

            SAALAHHHHHH

            WKWKWKWK

            ni gw ajarin balik ya

            Untilink TIDAK ADA KEBAIKAN
            Yg membuat NAIK Jika ada pemakaian manfaat ( sakit di bayarkan asuransi melewati limit) sehingga harus naik premi ya..
            Beda kalao ga sakit2 ga ke RS ya ga naik2

            Kalau traditional….. Yes tiap taon naik 4-5%
            Jika sering pakai ke RS naik ya di sesuaikan

            Belajar lagi…. Training lagi ya mas…. Nanti saya adaain deh kuis tebak agent di stasiun TV

      • 11 Juni 2023 - (10:18 WIB)
        Permalink

        Berarti bukan unitlink pak

        Itu yang allianz syariah( traditional)
        Tiap tahun naik…

        Btw. Premi 5 juta untuk 1org ? Wahh agent ya ongkang2 kaki tu

      • 12 Juni 2023 - (20:14 WIB)
        Permalink

        Brani juga masuk unitlink 5jtan/bln. Brp persen tuh yg masuk ke saham. Enak tuh yg jd agennya. Smoga aja manis truz

    • 10 Juni 2023 - (20:18 WIB)
      Permalink

      Betul.. Regulasi seblom tingkat kejahatan di asuransi meningkat tajam mengenai sakit yg sudah ad sblom masuk polis, nasabah sangat dimanjakan mudah Cashless.

      Tapi dlm hal keamanan kecurangan yg terjadi.. Maka diambil posisi siaga 1 dimn, perusahaan asuransi PERLU WAKTU UNTUK INVESTIGASI yg berkaitan penyakit2 yg Degeneratif/tidak timbul instan/Kronis.. Apakah penyakit tersebut SUDAH PERNAH ADA RIWAYAT/Consul keluhan SEBLOM MASUK POLIS.

      Tapi klo penyakit instan/akut, seperti sakit yg terkait virus, ginjal akut atw penyakit2 yg timbulnya krn menahun PASTI BISA CASHLESS.

      Semoga membantu.
      Salam sehat, salam logika
      Liana Kang
      0857808650**
      Konsul/bantuan asuransi apapun GRATIS apapun masalahnya.

      1
      3
      • 11 Juni 2023 - (10:23 WIB)
        Permalink

        Kalau gitu allianz keluarkan saja kebijakan baru
        Semua calon nasabah allianz umur dari 13 tahun ke atas WAJIB MCU dan WAJIB tanda tangan surat kuasa medical sebelum join asuransi atau bayar premi pertama.

        Gimana menurut kamu adil ga?

        Ingat nya allianz ada keluarin tabulasi/ template

        Org2 dgn umur brp yg harus MCU , termasuk upgrade paket asuransi ya

  • 10 Juni 2023 - (14:42 WIB)
    Permalink

    Apa gunanya bayar cashless dan sejak awal tidak dikasih tau reimburse?

    Terima dulu duitnya tolak klaim urusan belakangan?

    Kalo harus di wajibkan medikal checkup diawal ya diwajibin

    Jangan paksa nasabah suruh ngaku diawal atau bahkan tidak dijelasin resiko nya sama agen asuransi?

    Ajarin yang bener dong agen ASUransinya jangan dipaksa suruh tutup target doang kalau ga target di terminasi makanya gak jujur ngisi2 SPAJ nya yang penting duit dikaantongin dulu, mayan kan akuisisi diawal 70% walaupun akuisisi di tahun ke2 30% tetep aja polis tahun lalu basabah yang bayarin alias 0 duit yang di investasikan unit link

    • 10 Juni 2023 - (20:27 WIB)
      Permalink

      Ini saya sangat SETUJU!!!
      AGENT harus terdidik dan profesional bukan sekedar cari komisi!!

      Namun sayangnya..
      Banyak Agent yg tidak Update, memtang2 tenaga pemasar lepas.. Yg penting closing, training blakangan.

      Semua jadi balik lagi ke Oknum Agent.. Standarisasi perusahaan jelas sudah diterapkan namun tetap aja oknum lbh cerdik.

      Menjawab permasalahan Cashless,;

      Seblom tingkat kejahatan di asuransi meningkat tajam mengenai sakit yg sudah ad sblom masuk polis, nasabah sangat dimanjakan mudah Cashless.

      Tapi dlm hal keamanan kecurangan yg terjadi.. Maka diambil posisi siaga 1 dimn, perusahaan asuransi PERLU WAKTU UNTUK INVESTIGASI yg berkaitan penyakit2 yg Degeneratif/tidak timbul instan/Kronis.. Apakah penyakit tersebut SUDAH PERNAH ADA RIWAYAT/Consul keluhan SEBLOM MASUK POLIS.

      KLAIM REMBERS untuk keperluan Investigasi HANYA DILAKUKAN 1X, bila layak klaim maka seterusnya TIDAK AD INVESTIGASI KEMBALI meski untuk sakit yg berbeda sehingga NASABAH KEMBALI NORMAL CASHLESS SETERUSNYA

      Tapi klo penyakit instan/akut, seperti sakit yg terkait virus, ginjal akut atw penyakit2 yg timbulnya krn menahun PASTI BISA CASHLESS.

      Semoga membantu.
      Salam sehat, salam logika
      Liana Kang
      0857808650**
      Konsul/bantuan asuransi apapun GRATIS apapun masalahnya

      • 11 Juni 2023 - (05:10 WIB)
        Permalink

        Kejahatan asuransi itu sudah ada dari awal, ngak mungkin perusahaan yg sudah ratusan tahun baru kali ini tau ada kejahatan asuransi sehingga saat bayar diperketat, buktinya banyak asuransi lain jarang yg masuk MK, sedikit2 allianz, setelah masuk MK baru klaim dibayar, berarti ada maslaah internal bukan masalah investigasi, karena rata2 kasus yg masuk sudah lewat masa tggu investigasi bahkan sudah lewat masa 1x perpanjangan.

      • 11 Juni 2023 - (10:03 WIB)
        Permalink

        Kalau REIMBURST ya hampir 120 juta..untuk rawat inap… Lu kira di rumah NANAM POHON DUIT kyk perusahan asuransi

      • 12 Juni 2023 - (20:19 WIB)
        Permalink

        Walau sdh ikut asuransi tapi keuangan pas- pasan disuruh bayar RS dl. Matang deh kalo sakit dan opname

    • 11 Juni 2023 - (07:40 WIB)
      Permalink

      Cashless sesuai dengan Tabel manfaat yg diberikan dan ada jh yg harus reiumberst sesuai dengan yg ada di Tabel Manfaat, hal ini seharusnya nasabah jg tau saat mau ambul plan apa dalam Asuransinya.

      Kenapa ada akuisisi sebesar itu di 5 tahun pertama? Karena untuk menjaga nilai preminya stabil, makanya saat buat ilustrasi kalo banyaj terjadi bintang2 (****) maka itu bukan sebuah polis yg tepat dari segi unit link.

      Satu lagi Unitlink adalah salah satu wadah Asuransi yg cenderung Flat premi, nasabah disini bukan cari untung dalam pelipat gandaan uang, karena nilai investasi yg terbentuk untuk menjaga nilai preminya tetap stabil, kalopun ada kenaikan premi itu semua terjadi bukan hanya di Allianz saja tapi disemua Platform Asuransi lainnya karena inflasi medis yg memang naik, makanya yg pakai Unitlink biasanya disarankan Top Up supaya menjaga nilai preminya gak melonjak seiring bertambahnya usia (resiko) di kemudian hari.

      • 11 Juni 2023 - (10:01 WIB)
        Permalink

        Ini seperti bahasa agent senior yg sedang menjelaskan

        Duit ya lu ambil silahkaaaaaaannnnnnn seng penting kalau sakit di bantu financial freedoom

        Itu gw tanya kenapa klaim bukannya cashless pas rawat inap ?

    • 11 Juni 2023 - (10:25 WIB)
      Permalink

      Aduhh bro

      Nabung di asuransi jgn banyak harap
      Prioritas ya adalah pas masuk RS diagnosa operasi besar bisa CASHLESS aja uda SUJUD kita puji syukur
      Duit simpanan ya ga ke pake buat operasi RS yg ratusan juta

      Ga minta macem2

  • 10 Juni 2023 - (18:48 WIB)
    Permalink

    Jawaban nya template banget ya. Knp gk terus terang saja kalau memang sejak Desember 2022 ada kebijakan kalau klaim harus Reimburse, khususnya polis2 baru. Polis2 lama pun banyak yg kena imbas juga, apalagi yg baru pertama kali klaim..

    • 10 Juni 2023 - (20:31 WIB)
      Permalink

      Ini benar.. HANYA UNTUK PERTAMA KALI KLAIM, namun perlu tambahkan HANYA UNTUK SAKIT KRONIS/MENAHUN untuk REMBERS.

      yg sifatnya spontan DB, diare, tipes, ginjal akut atw virus, kecelakaan, maag, BISA CASHLESS

      semoga bermanfaat,
      Salam Sehat
      Liana Kang. Jkt
      085780865000

      1
      2
      • 11 Juni 2023 - (09:56 WIB)
        Permalink

        Gw nanya kenapa rawat inap bisa REIMBURST / KLAIM bukannya cashless…. Admedika toh kerja sama dengan allianz…. Weiii… Weii. Weiiieee

      • 11 Juni 2023 - (21:21 WIB)
        Permalink

        Yakin Ginjal akut bisa Cashless?? Ada buktinya..? Polis yg udh lama aja masih bisa disuruh reimburse kok

    • 11 Juni 2023 - (09:58 WIB)
      Permalink

      Looo… Kalau uda di awal kontrak cashless tiba2 rubah reimberse somasi aja pengadilan… Gugat kerugian sama gugat penyalahan kuasa dalam etika bisnis

      Ingat looo tiap bulan byr premi pake duit bukan daun

  • 10 Juni 2023 - (19:06 WIB)
    Permalink

    prinsip utmost good faith dr hongkong.
    Nasabah sah teriak haknya ditelantarkan baru direspon. 😑😑😑

  • 10 Juni 2023 - (19:15 WIB)
    Permalink

    Allianz asuransi hebat ko,,klo udh ada berita keluar d MK,,pasti asuransi Allianz gercep ko,, coba AZ liat,, klo ga 2 tau 3 hari pasti klaiman trun dh,,pasti itu,
    Udh sebulan ini,sya liat berita lebih dri 3 atau 4 brita masalah Allianz yg nasabahnya d persulit,nanti ga lama,pasti klaiman keluar dh,,

    • 11 Juni 2023 - (10:27 WIB)
      Permalink

      Betul… Karena tahun lalu di asuransi no. 1 looooooo…..

      Ya dia harus jaga image donk… Ya ga sapa taon ini dapat award lagi jadi the number one of insurance of asiaaaaaa

  • 10 Juni 2023 - (19:46 WIB)
    Permalink

    Ini lah yg Saya maksud, dari CARA PEREKRUTAN AGEN saja Mereka sudah salah! Salahnya dimana? Lihat bagaimana mereka merekrut Agen, dirayu bahwa KALIAN BISA FINANCIAL FREEDOM, lalu dipamerkan lah Harta-harta para Agen, sehingga banyak yg akhirnya Tergiur untuk menjadi Agen Mereka. Bukan untuk menolong, tapi untuk apa? Benar, ‘FINANCIAL FREEDOM’ (Kebebasan Finansial).

    Berarti secara ga langsung sebenarnya Mereka ingin berkata “gw butuh lu agar gw kaya”.

    Jangan sebut ucapan ini karangan, Saya pernah kok ikut perekrutan Mereka di Kuningan dulu. Namun, untungnya Saya batalkan. Kenapa? Lah, masa gw kaya gara2 berhasil membuat orang lain terayu dengan Trik gua? Setiap senin, rutin loh Mereka kumpul, untuk apa? Diajarkan Trik + Flexing. Supaya semakin banyak agen yg Kaya.

    Semua akan terlihat dengan sendirinya, ini buktinya. Ini bukti, bahwa ucapan Saya dan yg lain itu benar. Ada yg salah dengan Mereka, Mereka ingin kaya, bukan menolong.

    Ga usa marah duhai agen, lihat lah bukti di sekitarmu. Berapa banyak protes dalam 1 Bulan ini kepada Allianz? Masih kurang bukti bahwa ucapan Saya ini benar adanya?

    9
    1
  • 11 Juni 2023 - (09:51 WIB)
    Permalink

    Katanya CASHLESSS…. TENANG AJA… Masuk IGD pkknya cashless melalui ADMEDIKA… Cashless… Gw heran kena allianz BISA IKUT CAMPURNYA…. bukankah konfirmasi pada saat masuk IGD pihak RS konfirm melalui Admedika… Jadi Admedika yg cuma bisa mutusin 2 hall… Approve ( cashless) atau tolak ( alasan masa tunggu sama ada precondition penyakit)
    Reimbrest/ klaim itu adalah 30 sebelum di rawat dan 90 hari setelah di lawat melalui allianz. . Tapi ini yg di komplain RAWAT INAP… Aneh c… Berarti ini ada ikut campur sales agent ya yg tidak mau melaporkan ke Admedika…. Yg dimana pasien menyerahkan semua ke agent untk pengurusan

    Nih ya ku kasih tau ya

    Kalo asuransi kalian ada ADMEDIKA… Lsg aja masuk IGD lsg rawat inap… Setelah keluar dari RS baru pangill agent untuk urus pasca dari rawat inap untuk klaim

    Kecuali pada saat masuk RS anda di reject/ di tolak baru panggil agent… Jika tidak… Tidak perlu kasi tau

    Kalian jg harus us ADMEDIKA itu apa c? Cari di google buat asuransi yg pake third party Admedika

  • 14 Juni 2023 - (08:48 WIB)
    Permalink

    Hallo semua. Mungkin aku cuma mau meluruskan aja.
    Selama aku belajar dan jadi agent Prudential. Biaya – biaya seperti opname, operasi, dan 90 hari setelah keluar dari rumah sakit bisa dilakukan secara cashless. Kan sebelum masuk rumah sakit biasanya ada konsultasi ke dokter, nasabah bayar secara mandiri dulu, setelah itu bisa dilakukan reimbursement tapi dengan syarat dari dokter harus menginap di RS.

    Selama ini aku membantu nasabah, biasanya tahap pertama yang aku lakukan adalah mengeluarkan bukti nyata bahwa selama nasabah di RS semua di cover. Dan aku langsung bantu followup lewat WA

 Apa Komentar Anda mengenai Tanggapan Resmi Allianz Indonesia?

Ada 39 komentar sampai saat ini..

Tanggapan Resmi Allianz Indonesia terkait Pengajuan Klaim Nasabah Atas…

oleh Corporate Communications Allianz Indonesia dibaca dalam: 1 menit
39