Paket Shopee via JNT Disita oleh Angkasa Pura Padahal Sudah Mencantumkan Benda Mengandung Gas

Transaksi 230524JP9GUYT2, di mana ada buyer dari luar pulau yang membeli 2 pilok melalui Shopee. Di Shopee, untuk pilok sudah diberi tanda “barang berbahaya”. Secara otomatis mereka akan memilih jasa pengiriman yang cocok untuk pengiriman melalui jalur laut ke luar pulau. Salah satunya yang sering terpilih adalah JNT Economy.

Namun, kenyataan yang terjadi adalah banyak transaksi saya yang gagal dikirim keluar pulau dan dikembalikan oleh JNT Economy. Kasus terbaru saya adalah barang saya disita oleh Bandara Angkasa Pura Kupang.

Sungguh kocak kan, seharusnya Shopee mengirim via darat melalui JNT Economy. Namun, JNT Economy mengirim melalui udara dan lucunya barang saya disita. Padahal cuma 2 pilok LOL.. Jadi ketika barang dikembalikan kepada saya, bukan berupa barang tapi kertas di atas.

  1. Kepada pihak Shopee, bagaimana SOP Anda bekerja sama dengan pihak JNT? Sistem Anda mengatur bahwa JNT wajib mengirim melalui jalur darat karena barang saya sudah ditandai mengandung gas. Namun, kenyataannya JNT melanggar perjanjian tersebut, mereka sering menggunakan jalur udara. Banyak paket saya yang tidak sampai dan dikembalikan dengan alasan tidak bisa mengirimkan benda gas. Ya, saya juga tahu. Oleh karena itu saya menandai. Seharusnya Shopee memilih jasa kirim yang tidak berbohong kepada Anda dong, yang merugikan konsumen. Sebelumnya ketika Anda bekerja sama dengan Sic***, barang selalu sampai keluar pulau. Sejak Anda memilih yang murah, jadilah begini. Bagaimana pertanggungjawaban Anda terhadap barang saya yang disita? Barang saya dikirim dengan resi Anda. Isi jelas. Sekarang disita, rugi saya. Bagaimana ini?
  2. Kepada JNT, terutama petinggi JNT. SOP Anda dengan Shopee bagaimana? Anda menerima barang berbahaya yang dikirim dengan menggunakan jasa kirim Anda. Seharusnya Anda sudah tahu harus menggunakan jalur laut. Namun, kenyataannya Anda menggunakan jalur udara untuk menghemat. Mengapa Anda berbohong kepada pihak Shopee? Lihat hasilnya, barang saya tidak berhasil dikirim keluar pulau dan yang ini disita. Di mana pertanggungjawabannya? Jika Anda merasa tidak mampu menggunakan jalur laut ke luar pulau, seharusnya Anda memberi tahu Shopee sejak awal ketika membuat perjanjian. Jangan akhirnya Anda mengembalikan barang penjual Shopee seenak udel Anda pikir ini barang nenek moyang Anda.
  3. Kepada Angkasa Pura, apa hak Anda menyita barang saya? Barang tersebut jelas tertulis pada resi Shopee dan resi JNT sebelum pengiriman. Dan Anda menyita di Kupang. Seharusnya sebelum naik pesawat Anda melarangnya, bukan malah tembus dulu di pesawat baru disita. Bagaimana pengawasan yang dilakukan? Saya tahu aturan tentang barang gas yang dilarang. Namun dalam kasus ini, perjanjian JNT menggunakan jalur laut dilanggar oleh mereka sendiri. Karena saya sudah mencantumkan barang berbahaya di Shopee. Kembalikan barang saya saja. Jika Anda mau, tidak perlu mengambil paksa karena bukan kesalahan penjual.
  4. Sebagai bukti kepada Shopee ini, lihat jalur JNT Economy jika keluar pulau.

Banyak kasus mereka yang gagal dikirim ke luar pulau karena mereka memaksa jalur udara. Jadi kepada Shopee, tolong cabut opsi JNT Economy pada barang berbahaya. Karena mereka tidak pernah menggunakan jalur laut sesuai dengan SOP yang Anda berikan kepada mereka.

  1. Kepada penjual di Shopee, hati-hati jika mengirim barang ke luar pulau, barang Anda yang tidak sampai bisa tiba-tiba berubah menjadi surat sita. Barang Anda tidak balik, penghasilan Anda tidak didapat. Apalagi jika menggunakan JNT, keluar pulau, barang Anda berupa cairan dan gas. Sudah pasti Anda hanya membuang-buang waktu dan akan dimarahi oleh pembeli Anda. Karena mereka hanya mengirim ke pusat, didiamkan, dikembalikan lagi. Silakan lihat gambar pelacakan di saya, ada kali lebih dari 4 transaksi saya begitu semua.

Terima kasih kepada Media Konsumen, mohon ditayangkan karena ini adalah kasus yang dialami banyak pihak yang dirugikan.

Terima kasih.

Dicky Tanuwijaya
Cianjur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

15 komentar untuk “Paket Shopee via JNT Disita oleh Angkasa Pura Padahal Sudah Mencantumkan Benda Mengandung Gas

  • 17 Juni 2023 - (13:03 WIB)
    Permalink

    Ini yg salah dr tim operasional ekspedisinya kenapa memaksakan diri memakai udara.

    Kemungkinan sdh saking seringnya kejadian ini, pihak otoritas bandara menyita brg2 yg dilarang naik meski legal.
    Kalau sering, pasti kesal dong ya?

    Ya yang harus disalahkan dalam hal ini bukan pihak angpur. Ya pihak operator kurirnya yang harus ganti rugi.

    Sebelum masuk Xray, petugas xray (regulated agent) minta dokumen manifes paket. Kalau ada barang yang tidak boleh naik ya pasti ditolak.

    Ini mah pasti ada orang iseng yang ngisi dokumen manifes sebelum masuk xray diketik/tulis bukan liquid/gas.

    Jd ya jgn disalahin si angpur nya 😁

    Dalam hal ini penilaian saya harus objektif meski males lihat marketplace ini.

    Yang salah: JNT dan harus ganti kerugian seller.

    6
    1
    • 17 Juni 2023 - (15:53 WIB)
      Permalink

      Seller mengira jnt economy itu lewat jalur darat. Yg saya tahu tdk aturan jnt exonomy harus lewat jalur darat-laut. Kecuali cargo besar, itu pakai jnt cargo.

      Jnt salah? Bisa iya bisa tidak. Kl itu barang sudah ditandai stiker tengkorak atau menggandung gas, saya kira jnt tidak mau menerima. Atau sudah diberitahukan di awal bahwa ini barang berbahaya mengandung gas, kemungkinan juga jnt menolak. Kl jnt sudah diberi tahu di awal secara gamblang, bukan cuma tulisan kecil nama barang di resi, dan masih mau menerima, bisa anda menyalahkan jnt.

      Kl saya lihat ya, penjual aki di marketplace itu pintar, tau aturan, tidak mau ambil resiko. Di deskripsi ditulis tidak melayani pengiriman luar pulau, kecuali biasanya lampung dan bali. Dan saya juga lihat ada penjual pilox yg cerdas, tau aturan juga seperti penjual aki. Nah ts kebalikannya mungkin 😀

      4
      7
      • 17 Juni 2023 - (16:20 WIB)
        Permalink

        Maaf y nak, lain kali coba menyimak apa yg saya tulis. Biar tidak disangka tidak cerdas.
        Sy uda tulis, klo di shopee. Brg ky aki dan pilok kita tau itu brg berbahaya, mkny pada opsi barang dicentang brg berbahaya. Biar si shopee bisa membedakan mana brg yg bisa dikirim pk pesawat mana yg tidak. Mkny sampe skrg sy ga pernah dpt shopee express karna SE tidak bs kirim brg berbahaya ke luar pulau (kerja sama dgn JNE alasanylny karna Jne ga ada jalur laut).

        Mkny sy terima kiriman luar pulau karna sistem shopee lgs cari jasa kirim jalur laut. Jaman dulu wkt pk sicepot, slalu kekirim. Skrg2 sejak kerja sama dgn jnt, malah ngaco. Karna jnt bukanny pake jalur laut, tp maksa jalur udara, mkny kjadian lah ky gini . Paham anda nak?

        6
        2
        • 18 Juni 2023 - (00:15 WIB)
          Permalink

          Setau sy yg pake jalur darat itu trucking. Kalo ekonomy sama reguler ya jalur udara kalo keluar pulau. Cb deh tanya sama pihak ekspedisi

          • 19 Juni 2023 - (06:30 WIB)
            Permalink

            Ohh pantesan..saya jualan ditoko ijo barang2 groceries. Ada yg beli obat nyamuk aerosol 1 pcs ke padang pake jne reguler, pas sampe bandara, barang dikembalikan karena berbahaya. Sedangkan saya sebelumnya pernah juga kirim barang yang sama ke medan,sebanyak 12 pcs dan berhasil terkirim.Karena buyer pilih pengiriman jne cargo.

    • 17 Juni 2023 - (16:15 WIB)
      Permalink

      Jnt ny ga ada kabar berita.. Kabur kali. Pas di tanya, biasa janji janji doank. Mkny bingung, shopee bs kerja sama dgn pengiirman ini. Aneh.

        • 18 Juni 2023 - (07:56 WIB)
          Permalink

          Tiap tahun bray, wkwkwk, bukan kali pertama pula keluhan soal expedisi, pake ngomong biar disangka tidak cerdas, si paling pinter emang, ente kadang2 ente, awkawkawk..

          2
          1
    • 17 Juni 2023 - (23:50 WIB)
      Permalink

      Yang sabar ya mas Dicky…. dari narasinya Pastinya anda kesal banget ya…. semoga keluhan anda di dengar sama JNT dan Shopee serta ANGPUR

  • 17 Juni 2023 - (16:35 WIB)
    Permalink

    Harusnya tidak dilayani kalau pengiriman luar pulau, sy juga sering mesan di shopee, kalau barang berbahaya yg ngk bisa lewat pesawat ya sudah di cantumin seller tidak melayani luar pulau, mending ikut aturan penerbangan sipil. Bukan anda yg maksa expefisi harus lewat darat atau udara, expedisi yg penting bisa dikirim mau pakai teleport terserah dia, dia akan nyari yg paling mudah dan murah.

  • 18 Juni 2023 - (13:07 WIB)
    Permalink

    Semua ekpedisi di Shopee reguler dan hemat untuk pengiriman keluar pulau rata2 pakai jalur udara kecuali JNE tapi harus datang langsung ke counter minta jalur darat lalu diberi label atau packing plastic tersendiri

  • 19 Juni 2023 - (13:16 WIB)
    Permalink

    Semoga semua MarketPlace mengalami kehancuran supaya pasar konvensional kembali ramai biar ruko dan kios gw rame lagi yang nyewa. Klo pasar konvensional kembali ramai ekosiatem perekonomiannya kembali normal. Tukang parkir, tukang jajanan dan segalanya sampai ke tukang minta-minta. Hidup pasar konvensional enyalah pasar MarketPlace. Online ****.

  • 23 Juni 2023 - (00:31 WIB)
    Permalink

    Kalau produk berbahaya tapi memiliki material safety data sheet bisa pengiriman melalui udara saya pernah melakukan pengiriman aerosol produk perawatan otomotif ke bali bisa

 Apa Komentar Anda?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Paket Shopee via JNT Disita oleh Angkasa Pura Padahal Sudah Mencantumk…

oleh Dicky dibaca dalam: 2 menit
15