Beli Baru iPhone 14 Pro di iBox, tapi Produknya Cacat Fisik

Pada tanggal 20 Juli 2023, saya datang ke iBox Jogja City Mall dan membeli unit baru iPhone 14 Pro dengan harga Rp17.999.000. Ketika unboxing, terdapat cacat fisik, yaitu retak kecil di bagian ujung kiri atas. Saat itu saya langsung minta ganti dengan unit baru. Namun ditolak oleh sales yang menangani saya, dengan alasan unit telah diaktivasi.

Padahal proses aktivasi dilakukan tanpa persetujuan saya terlebih dahulu dan ketika cek fisik, saya tidak dijelaskan apabila unit telah diaktivasi maka tidak bisa ditukar unit. Saya merasa dicurangi. Alasan saya datang dan membeli langsung ke iBox agar bisa mendapatkan iPhone baru tanpa cacat.

Dikarenakan ketika itu saya membawa anak dan kebetulan anak saya rewel minta pulang, akhirnya saya memutuskan pergi dari store, setelah melalui perdebatan yang panjang dengan sales iBox Jogja City Mall. Sesampainya di rumah, saya mengirim keluhan melalu email customercare@erajaya.com.

Saya diminta menunggu selama 3 hari kerja. Akan tetapi setelah 4 hari menunggu, saya tidak mendapatkan informasi apa pun dari Erajaya. Hingga akhirnya saya menghubungi CS melalui WhatsApp. Akhirnya saya tetap diminta untuk menunggu lagi, terkait dengan pemeriksaan ke tim yang terkait.

Yang saya sayangkan, bagaimana quality control yang ada di iBox hingga ada barang cacat produksi seperti ini? Ketika saya minta untuk ditunjukkan mengenai SOP yang menolak penukaran unit baru apabila telah diaktivasi, pihak sales maupun CS tidak bisa menunjukkan dasar SOP-nya.

Saya juga tidak menandatangani pernyataan yang menyatakan bahwa saya tidak bisa menukar unit baru yang cacat produksi. Lantas apa alasan iBox tidak mau mengganti unit yang cacat produksi ? Bukankah di klaim garansi juga dicantumkan bahwa unit yang rusak bukan karena kesalahan customer/karena binatang bisa diganti dengan yang baru ?

Sungguh sangat mengecewakan sekali pelayanan di iBox Jogja City Mall. Bahkan ketika saya meninggalkan store, tidak ada ucapan terima kasih, apalagi permintaan maaf dari sales yang melayani saya.

Aditya Mila Susanti
Sleman, DIY

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Ibu Mila telah Menyambut Baik Penjelasan dan Solusi yang Diberikan terkait Produk iPhone 14 Pro

Sehubungan dengan dimuatnya surat pembaca dari Ibu Aditya Mila Susanti dari Sleman, DIY, pada mediakonsumen.com tertanggal 31 Juli 2023 berjudul...
Baca Selengkapnya

27 komentar untuk “Beli Baru iPhone 14 Pro di iBox, tapi Produknya Cacat Fisik

  • 31 Juli 2023 - (14:29 WIB)
    Permalink

    kalo beli di ibox itu harus spg yg aktivasi apa gmn ? Kalo tdk diminta tapi inisiatif spg jelas salah dia beli hp baru kok cacat

    • 31 Juli 2023 - (20:13 WIB)
      Permalink

      Mungkin SPG nya sdh tau barang nya cacat, jd diaktivasi diam² tanpa info ke pembeli. Kecurangan tingkat dewa …

      10
  • 31 Juli 2023 - (17:47 WIB)
    Permalink

    Wah jangan2 ada permainan tuh bekas orang ganti unit juga. Parah banget sih hape premium pelayanan kaya begitu. 🥲

  • 31 Juli 2023 - (19:06 WIB)
    Permalink

    Dah jadi rahasia umum kok apple authorized distributor diindonesia mafia semua.. seandainya apple mau buka apple store diindonesia pasti juga dijegal sama mereka dg lobi pemerintah dg alasan melindungi entitas bisnis lokal… halaah.. preeet..

    10
    • 1 Agustus 2023 - (08:18 WIB)
      Permalink

      Wkwkwk salah, aturan kominfo soal tkdn ponsel dibuat di dlm negeri yg bikin apple ngga bisa masuk. Kalo apple bikin pabrik disini baru noh apple store bisa masuk jualan disini. Sampe sini paham antum?

      2
      1
      • 1 Agustus 2023 - (12:02 WIB)
        Permalink

        Mas Samsung tuh pabriknya gede banget di jababeka, xiaomi pabriknya gede banget di batam, tapi silahkan mas ke outlet authorized distributor mereka ke mall” itu g dipegang samsung atau xiaomi.. tapi dibawah erajaya… jadi g da hubungannya sama TKDN.. TKDN itu hubungannya sama apakah boleh sebuah ponsel dijual dan diedarkan dalam negeri buktinya Iphone dijual di ibox dll.. karena apple dah lolos TKDN dengan ngebuat pusat pengembangan dan pelatihan developer yang bekerja sama sama binus.. jadi g ada hubungannya… kalo dia nggak lolos TKDN kaya google pixel noh..

        3
        1
    • 2 Agustus 2023 - (02:01 WIB)
      Permalink

      @Chairul
      Wah sepertinya enggak begitu mas.
      Kalau authorized distributor itu justru ditunjuk oleh prinsipal Apple, dan pihak Apple sudah punya kantor sendiri di gedung world trade center, sudirman. Jadi semuanya ikut prosedur yang sudah ditetapkan prinsipal.

      Yang mafia ini justru yang suka masuk-masukin barang apple non-region ID. Itu yang merusak semuanya yang sudah diatur prinsipal. Penegakan hukumnya juga sampai sekarang enggak ada dan serba salah, karena negara kita butuh dana pemasukan dari bea impor. Selama HS-Codenya sesuai ya rilis gitu aja oleh BC. Tapi jangan harap bisa masuk ke e-catalog, makanya mereka si oknum2 ini merambah ke end user dengan modus “garansi internasional kalau ada masalah bisa dibantu”. Padahal kalau ada masalah pada unitnya, pada kabur, sudah pasti dikerjain AASP.

      Pemerintah sudah benar, rujukannya dari UU anti monopoli., gitu mas.

      @muhammad gamal nasser
      Meski Apple buat pabrik di Indo, tetap ndak bisa buka store. Terbentur UU anti monopoli. Revisi dulu UU nya, baru bisa, itupun harus berjibaku dulu dengan “perwakilan” kita di DPR 😁

      • 3 Agustus 2023 - (12:17 WIB)
        Permalink

        dah banyak kasus kok mas yang mau beli iphone di authorized disuruh bundling paksa ambil barang tertentu.. saat viral mereka bilangnya itu bukan kebijakan mereka bukan kebijakan mereka kok seragam… terus banyak juga kasus mau service berbelit”.. bayar biaya pengecekan.. dll.. ada yang pecah layar malah disuruh ganti unit baru dg harga unit baru… akhirnya terbang ke singapore dan disana emang ganti unit baru tapi dg harga ganti layar.. ada yang baru 2 hari beli error perbaikannya 2 bulan g kelar.. padahal di apple store kebijakannya ganti unit baru gratis..

  • 31 Juli 2023 - (20:20 WIB)
    Permalink

    Aguran penulis jgn mau terima2 aja dan bawa pulang tuh iphone, kl saya beli di ibox atau toko offline, saya cek fisik, aktivasi, test charging, baru bayar, kl ada cacat saya ga mau bayar, mau diancem bawa ke polisi jg ga usah takut

  • 1 Agustus 2023 - (07:01 WIB)
    Permalink

    Di akhir mei pun saya mengalaminya🥲 Salah saya jg sih pertama, tidak detail cek body hp. Iya iya aja pas sales unboxing hp nya.. Dan baru sadar waktu udh sampai di rumah. Kok ada kaya kertas/cacat si ujung kiri atas, rasanya tadi di store mulus2 aja. Agak kecewa sih, sekelas ibox/apple ko bisa ada unit yang tidak mulus dalemnya?😥 Buttt sejauh ini HP nya aman si, cuma memang blm bisa cek IMEI, khawatirnya ternyata hp yg dibeli ini ilegal 🙁

  • 1 Agustus 2023 - (11:33 WIB)
    Permalink

    Masih di toko saja sudah ditolak garansi nya, tapi kok katanya ada yang langsung tukar unit jika ada kerusakan setelah dipakai beberapa waktu.
    Aku belum nemuin konsepnya kayak apa.

  • 1 Agustus 2023 - (20:52 WIB)
    Permalink

    kok begini pelayanannya sekrang IBOX , padahal Hp Premium , seharusnya 1×24 ganti untit baru

  • 2 Agustus 2023 - (02:23 WIB)
    Permalink

    @Mila
    “Ketika unboxing, terdapat cacat fisik, yaitu retak kecil di bagian ujung kiri atas. Saat itu saya langsung minta ganti dengan unit baru. Namun ditolak oleh sales yang menangani saya, dengan alasan unit telah diaktivasi.”

    Kalau melihat dari keterangan anda, mustahil sudah diaktifasi. Karena untuk mengaktifasi itu harus memasukan Apple ID. Username & passwordnya hanya anda yang tahu.
    Saya tidak melihat keterangan anda waktu yang bersamaan tersebut proses unboxingnya apakah anda sendiri yang memasukan Apple ID?

    Tapi bagaimanapun juga, jika unboxing mulai dari pembukaan segel plastik & green peel dan ditemukan cacat produk, itu bukan salah ibox. Tapi yang salah adalah orang QC manufakturnya. Kecuali bila kemasan segel sudah terbuka sebelumnya, itu beda cerita.

    Ibox salah satu authorized reseller, seharusnya bisa ngurus ini semua dan replace unit baru. Tinggal isi formulir ke prinsipal “defect item”. Dah beres. jangan dibikin sulit.

  • 2 Agustus 2023 - (22:56 WIB)
    Permalink

    Tapi sewaktu beli ke 2 belah pihak sudah tanda tangan dan itu ada kuasa hukumnya jadi sewaktu membeli pembeli ini lalai kurang perhatikan 😅.

  • 3 Agustus 2023 - (14:16 WIB)
    Permalink

    Lagi apes itu. Saya beli iphone 14 pro max sama jg di ibox JCM, begitu box dibuka, saya langsung minta dan saya yang pertama kali pegang hp nya. Cek fisik semuanya. Udah oke, baru salesnya ngecek fisik. Udah sama2 oke, baru dinyalain.

 Apa Komentar Anda mengenai iBox?

Ada 27 komentar sampai saat ini..

Beli Baru iPhone 14 Pro di iBox, tapi Produknya Cacat Fisik

oleh MM dibaca dalam: 1 menit
27