Instruksi Penjual di Tokopedia Menyebabkan Saya Merugi dan Tidak Mau Bertanggung Jawab

Sebelumnya saya ingin bercerita, bahwa saya mempunyai headphone dengan merek Armageddon Nuke9 yang umurnya sudah hampir 2 tahun. Saya merasa kalau earpads-nya (setelah selama ini saya memakai headset tersebut). eErcups-nya sudah mulai kempes, bau dan kurang higienis (masih bisa dipakai karena earpads masih menempel).

Akhirnya saya mencari produk penggantinya di Tokopedia pada bulan Mei 2023. Kebetulan produk yang saya cari itu ketemu di toko dengan nama nyeleneh seperti gambar di bawah.

ini link tokonya biar gabisa kabur https://www.tokopedia.com/bijiunicorn?source=universe&st=product

Sebagaimana pembeli pada umumnya, saya langsung tanya ke seller “Emang Armageddon Nuke9 earcups-nya bisa diganti?“. Kata seller-nya: “Bisa“. Lalu saya tanya “Ada video tutorialnya gak?” dan dibalas seller  “Untuk video kami belum ada ya“. Saya terus balas dengan “Yah percuma saya beli produk kalau gak ngerti cara pakainya dong?“. Seller membalas dengan “Untuk pelepasan earcups bisa dilepaskan dengan hati-hati“.

Kemudian saya tidak balas lagi dan merasa bahwa saya sebaiknya tunggu dulu saja sampai ada videonya baru saya beli. Akhirnya kita lompat deh ke bulan Juli 2023, yang mana saya mengontak kembali toko dengan nama nyeleneh tersebut.

Saya tanya lagi “Positif bisa dipasang di Armageddon Nuke9???“(posisi earpads bawaan saya masih terpasang di headset saya). Seller-nya dengan yakin menjawab “Bisa ya kak.”. Ya udah, setelah saya dengar bahwa seller-nya lumayan besar tokonya, saya percaya saja walau masih ada sedikit keraguan.

Akhirnya saya beli produk dia yang varian “stitched black” dengan catatan ke seller, “Kalau pas barang sampai, pemasangannya dibantu ya.”, seller selalu membalas dengan “baik kak.” dan pas barangnya sampai saya lepaskan earpads bawaan saya dengan hati-hati dan ternyata pas ditarik sedikit demi sedikit earpads bawaannya tetap keluar dengan kondisi tidak bisa dipasang kembali.

Kemudian saya coba ambil earpads pengganti yang dikirim oleh penjual tersebut dan mencoba menyelipkannya ke sela-sela headset saya(sesuai dengan arahan seller). Jadi ini seller selalu ngomong “untuk pemasangan, bisa diselipkan ke sekeliling headphonenya”. YA SAYA NGERTI DISELIPIN, TAPI GIMANA CARANYA? (Ini seperti ada orang nanya “bagaimana makan buah durian?” dan dijawab “ya dimakan aja”).

Pada akhirnya saya ukur barang(earpads) yang dikirim seller, dan ternyata oh ternyata ukurannya 9cm diameter diameternya dan bentuknya adalah bulat sempurna, sedangkan tempat earcups Armageddon Nuke9 itu bentuknya oval 9.5cm horizontal serta 9cm vertikal(secara otomatis ini bentuknya lonjong).

Akhirnya saya komplain ke tokopedia buat retur dan ganti barang, akhirnya seller ganti barangnya dengan yang lebih besar. Sebelumnya saya sudah wanti-wanti ke seller kalau bentuknya itu lonjong tapi seller bersikeras ngomong “dari kami earpadsnya bulat ya”.

Saya sebagai buyer tidak peduli lagi, karena seller-nya ngotot, saya hanya peduli kalau produk bisa dipakai atau tidak, yang penting saya sudah kasih tau ke seller-nya.

Kita lompat ke 3 hari kemudian, produk baru dari seller sudah datang, dan bentuk produknya itu masih tetap bulat sempurna (seller benar-benar menghiraukan informasi yang saya berikan). Akhirnya saya coba lagi dong, untuk dipasangkan, dan sesuai perkiraan saya, tetap tidak pas, padahal sebelumnya sudah saya tawarkan solusi gampang ke seller yang tidak pake ribet, seller hanya perlu video call whatsapp/zoom terus menuntun saya bagaimana cara memasang earcups tersebut.

Seperti yang saya katakan sebelumnya “pas sampai untuk pemasangan dibantu ya.” seller membalas dengan “baik kaka” berarti setuju dong?…….

Pada akhirnya saya komplain ke seller, kenapa saya tiap kali kasih solusi selalu dihiraukan, saya rasa ini sangat-sangat tidak sopan, setelah saya komplain seller membalas dengan “mohon maaf belum bisa kak, untuk solusinya, atau bisa datang saja ke warehouse kami untuk bantu pasang”.

Sorry?, bro, udang saja punya otak masa ini seller tidak? Rumah saya di Jakarta Barat, disuruh ke Jakarta Timur, ini zaman sudah serba modern bukan zaman batu lagi, sudah serba canggih, masa saya harus ke sana???????

Itu tanggapan pertama saya, tapi saya tidak terlalu marah dengan solusi yang tidak masuk akal tersebut, saya langsung membalas dengan “bagaimana kalau headphone-nya saya kirimkan ke seller dan seller kirim balik saja nanti?”. Seller membalas dengan “kami diskusikan dulu dengan atasan”.

Karena sudah keburu kesal karena lama menunggu keputusan (dari jam 09:58 pagi disuruh tunggu sampai 15:20 sore, untuk keputusan yang mengecewakan), Earpads diretur ke seller dan full refund dan TIDAK JADI DIBANTU DIPASANGKAN .

Saat saya bertanya “tidak jadi dibantu dipasangkan gan?”, seller membalas dengan “untuk pemasangan masih kami pelajari kaka, mohon maaf atas ketidaknyamananya, boleh diretur kemabali barangnya ya kak”

SAYA JELAS KECEWA. Bagi Anda yang bertanya-tanya kenapa saya kecewa?, saya sudah jelaskan sebelumnya kalau earcups bawaan headset saya masih terpasang di headset dan masih bisa dipakai sebagaimana harusnya, dan sesudah mengikuti segala arahan seller, akhirnya terlepas dan tidak bisa dipasang kembali. YA JELAS, SAYA KECEWA dengan solusi seller, barang saya sudah rusak karena seller yang banyak memberi harapan palsu.

Setelah barang dikomplain kan tokopedia hanya ada opsi untuk “selesaikan komplain” saya pencet lah terus saya akhirnya kasih komen/review jujur di post jualan seller, bintang 1 dan reviewnya kurang lebih sama dengan yang saya ceritakan di atas dan tiba-tiba saya lihat kalau seller menghapus halaman penjualan produk yang saya gunakan untuk membeli produk tersebut dan menggantinya dengan halaman produk baru. Ini maksudnya apa?  Mau lempar batu sembunyi tangan kah????  Layak kah seller tingkahnya kayak begini?

Saya sekarang sudah kontak CFS tokopedia tapi disuruh diskusi dengan seller yang bahkan tidak mau merespon chat saya lagi. Saya akhirnya bales dengan “NGOMONG SAMA SIAPA?, SAMA TEMBOK?????”

Saya tanya nih ke agan-agan sekalian yang baca surat ini, harusnya saya terima saja ngak solusinya? Atau ini seller nya harusnya memberi kompensasi juga terkait produk saya yang sudah rusak karena arahan seller yang sesat ini?

Di surat ini saya cantumkan semua foto yang berhubungan dengan toko tersebut, semua yang saya ceritakan itu fakta dan agan-agan nilai saja dari foto yang akan saya cantumkan di sini.

Vincent Firstian
Jakarta Barat

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

49 komentar untuk “Instruksi Penjual di Tokopedia Menyebabkan Saya Merugi dan Tidak Mau Bertanggung Jawab

  • 31 Juli 2023 - (20:20 WIB)
    Permalink

    Mau minta kompensasi bagaimana caranya ya? Dulu pernah mengalami hal mirip-mirip tapi hasilnya tetap ga bisa dpt kompensasi yang ada abis waktu dan tenaga mikirin masalah komplain.
    Terserah agan mau bagaimana tapi kl saya pribadi terima solusi dan lupakan saja drpd membuang waktu dan tenaga.

    • 2 Agustus 2023 - (10:51 WIB)
      Permalink

      iy sudah saya terima solusinya, dan tidak ada kontak dengan seller, udah males saya

    • 2 Agustus 2023 - (11:29 WIB)
      Permalink

      saya lupa bilang kalau komentar konstruktif bro @elyos sangat saya hargai karena tidak ‘aneh-aneh’ seperti “rata-rata” komentar lainya wkwkwk, sukses terus broh

  • 31 Juli 2023 - (21:42 WIB)
    Permalink

    Udang aja punya otak masa seller tidak??….
    Definisi buyer ga ngaca Ama diri nya sendiri

    Untung aja seller nya sabar Ama modelan buyer kaya gini ga bales dengan kata kasar!

    5
    1
  • 31 Juli 2023 - (22:45 WIB)
    Permalink

    eadphone murah meriah ratusan ribu gitu emang jarang sih yang jual printilannya. Saran saya sih next TS kalo mau beli headphone mending yang udah jelas kualitasnya kayak Bose, Sony atau minimal JBL lah, jadi someday kalo ada yang mau diganti gak ribet. Kasian juga sellernya cuma gara2 duit receh 50 ribu jadi ribet.

      • 1 Agustus 2023 - (12:49 WIB)
        Permalink

        iya, Marshall earpad nya plug n play. earpad-nya juga diproduksi oleh pabriknya (ori). Rata2 headphone level high-end kayaknya memang gampang diganti (emang sudah desainnya).

      • 1 Agustus 2023 - (12:55 WIB)
        Permalink

        Sepertinya TS gak familiar dengan brand sejenis Marshall, Bose gitu2 tapi lebih ke brand2 ajaib macam Armageddon, Titanic, Oppenheimer, Barbie dan brand2 ajaib lainnya wkwkwkwk

        1
        1
        • 2 Agustus 2023 - (11:24 WIB)
          Permalink

          tentu familiar broh, tapi kan kita pilih brand sesuai dengan kebutuhan, saya sih bukan tipe yang nyari yang top brand, sama aja kayak beli mobil antik eh nyicilnya butuh 50 tahun, ngelawak dong nnti wkwkwk, alias bukan tipe yang suka ngutang sayasih, gatau kalau org lain wkwk

    • 2 Agustus 2023 - (11:47 WIB)
      Permalink

      @nando putra, 80rb sih dangak salah, kan sebelumnya memang kita gak ngerti gituan, mknya tanya ke seller, jujur aja sih emang kalau dri sudut pandang orang lain seller emang kasihan, tapi sama aja kasusnya kayak orang lempar batu ke buaya trus diterkam, pasti kasihan juga kan orang yang lempar batu itu?, tapi ada faktanya dia lempar batu kan?, itu gan maksud saya, saya gak ada masalahin soal nominal uang kok.., yang saya permasalahkan ya cara seller menghadapi saya yang memang dari awal sudah sopan dan mulai emosi karena pelayanan seller yang kurang “profesional” di sektor “product knowledge”

  • 31 Juli 2023 - (23:07 WIB)
    Permalink

    Udah ikhlasin aja. Masa gara2 duit 50rb jadi penyakit hati.

    Hati2, salah satu penyebab kanker adalah penyakit hati.

    • 2 Agustus 2023 - (11:20 WIB)
      Permalink

      80rb sih, tpi tentu pas gw nulis artikel ada unsur emosi sedikit, makasih bro @firman atas kekhawatiranya, cuman ya duitnya yang bukan masalah, saya hanya kesal sama perilaku seller, kalau seller bisa memberi solusi yang masuk akal jelas, saya tidak bakal sampai bikin artikel

  • 1 Agustus 2023 - (05:26 WIB)
    Permalink

    Lu yang ngeyel tong.
    Padahal seller udah ada itikad baik dengan minta lu dateng ke warehousenya langsung.
    Ya udang aja punya otak, tapi lu kagak.
    Dari jakarta barat ke Jakarta timur deket tong, masih satu provinsi juga.
    Ini jaman modern, apalagi di jakarta, lu hidup di jaman batu kah yang ga ada transportasi kesana?
    KRL ada.
    Busway ada.
    MRT ada.
    Sampai ojol pun ada.
    Kenapa? Males?
    Ya mending retur lah, kalau gue jadi seller pun udah gue blokir pembeli macem lu.
    Beli barang harga ga seberapa, udah merasa jadi “raja”, memperlakukan seller layak budak yang bisa lu perintah ini itu, dan mesti nurut semua kemauan lu.

    7
    1
      • 2 Agustus 2023 - (11:17 WIB)
        Permalink

        Oh, nyari hak sebagai pembeli itu namanya merasa raja?, ok noted makasih sudut pandangnya, agak aneh tp gpp

        1
        2
    • 2 Agustus 2023 - (10:59 WIB)
      Permalink

      nice try, mungkin anda orang dalem sana jg y?, coba dibaca baik” sy udh nawarin bwt ngirim pake ekspedisi, ada yang ngeyel? ya si seller, kok saya perlu dateng sendiri kalau ada ekspedisi?

      1
      2
  • 1 Agustus 2023 - (06:48 WIB)
    Permalink

    TS kan tinggal di Jakarta Barat, coba ke ruko sekitaran Glodok/Senen/M2 yang biasa jahit pouch, tas laptop, dsb. Minta dibuatkan (fitting) foam ear pad yang pas dengan Nuke9. Headphone 200 ribuan sih kalau dipakai 2 tahun sudah balik modal banget tuh. Jangan sayang keluar biaya lebih untuk ongkos bikin ear pad demi headphone antik kesayangan. 🙂

    • 1 Agustus 2023 - (07:54 WIB)
      Permalink

      Nah bener nih idenya @madman , atau coba ke tukang jok motor, nanti minta tolong skalian tambahin busa trus tinggal dilobangin deh tuh pake obeng panas biar suaranya kedengaran. Duh makin tambah antik deh tuh headphone dan tinggal dilelang di Christie bisa laku milyaran.

      1
      1
    • 2 Agustus 2023 - (11:15 WIB)
      Permalink

      mksih loh @madman bwt sarannya yang konstruktif gak kayak yang “rata-rata” orang yang komen dan bela seller entah apa mereka emang kawan sellernya kali wkkwwk, sudah benar headphonenya 3 hari yang lalu dengan cara ke glodok itu wkkwwk, saya sih bkn permasalahin harga headphonenya, hanya mempermasalahkan kejujuran penjual tersebut, sama cara menyikapinya, soalnya emang pada akarnya masalahnya cuman
      seller ngiklanin produk->buyer nanya bisa/gak->seller yakin bisa->buyer percaya->beli->tidak sesuai deskripsi dan bikin ribet jatohnya-> seller responsya lelet->ngasi solusi aneh-aneh

      tentu pas saya ngetik artikel ada dipengaruhi emosi sedikit, tapi yah kalau udah balik santai yasudah, sangat saya hargai komentar anda bro madman

  • 1 Agustus 2023 - (08:28 WIB)
    Permalink

    Duh kasian Koh Vincent jadi rugi gitu padahal kalau mau repot dikit tinggal melipir ke toko2 gadgets di Central Park Mall dan tinggal tambahin beberapa juta dapat headphone baru dan lumayan bagus. Sayang lho udah keluar duit banyak belanja online malah rugi gede bukan cuma materi tp penyakit gangguan mental Koh Vincent jadi kumat lagi.

    1
    1
    • 2 Agustus 2023 - (11:08 WIB)
      Permalink

      yah kalo kumat knp emg?, emang gw schizo tuh? wkwkwk, jokes asides mksi solusinya, tpi headphone jutaan bwt apa tu? wkkwkw bwt pamer?

    • 2 Agustus 2023 - (11:16 WIB)
      Permalink

      semoga kita dijauhkan dari seller lepas tanggungjawab dan orang” yang tidak bisa membaca

      1
      1
  • 1 Agustus 2023 - (09:36 WIB)
    Permalink

    Cuma gara2 headphone yang seharga semangkok mie ayam lu olang tega ngatain dan ngerendahin seller pake istilah otak udang ckckck. Saran gw mending lu olang dari sekarang nabung deh trus puasa juga atau makan bubur aja kek nenek moyang lu di zaman Dinasti Ming dulu, mudah2an taon depan bisa kekumpul duitnya buat beli headphone baru.

  • 1 Agustus 2023 - (10:27 WIB)
    Permalink

    Kalau gue sellernya udah diblokir dah. Ribet amat hidupnya. Kayaknya ngga bahagia deh. Banyakin healing yah TS.

    • 2 Agustus 2023 - (11:04 WIB)
      Permalink

      mending ngaku aja kalau u sellernya sekalian?, ngapain pake “kalau” lg?, healing aja sana sendiri, gw bkn tipe” buang duit buat “healing” sering”

  • 1 Agustus 2023 - (10:37 WIB)
    Permalink

    Buat Koh Vincent aka 文森特 coba ke Glodok atau Roxy deh, banyak kok headphone murah gocap ribuan sekelas Armageddon itu bahkan ada yang dijual kilon juga kok.

    1
    2
    • 2 Agustus 2023 - (11:42 WIB)
      Permalink

      iya gw nya aja yang bego, kemarin sempet liet mobil kiloan jg sih, mau nitip g lu?

  • 1 Agustus 2023 - (12:10 WIB)
    Permalink

    Udah coba dilas belum Nder? Atau coba bawa ke bengkel ketok magic biasanya mereka ada solusi. Semoga masalahnya cepat selesai yaa

    • 2 Agustus 2023 - (11:40 WIB)
      Permalink

      ya pencerminan warga negara konoha yang merupakan user media konsumen wkkwkw, kan di sebuah masalah pasti ada akar masalahnya yang dibahas sama mereka tentu saja batang/daun/bunganya, pdhal di artikel masalah paling awalnya sudah jelas, salut saya pada @soni chan yang bisa mengerti kalau komenya sudah “tidak fokus ke permasalahan”

    • 4 Agustus 2023 - (03:54 WIB)
      Permalink

      udah kasih bintang 1,beli barang receh minta solusi kalau gw jd seler biarin ja..ga pnting..kaya jutaan ja

      • 7 Agustus 2023 - (10:22 WIB)
        Permalink

        pantes banyak seller yang gak bisa maju, orang yang jualan tipikal kayak gini, gabisa paham akan inti masalah

 Apa Komentar Anda?

Ada 49 komentar sampai saat ini..

Instruksi Penjual di Tokopedia Menyebabkan Saya Merugi dan Tidak Mau B…

oleh Vinz dibaca dalam: 4 menit
49