Tegangan PLN di Sintang Kalimantan Barat yang Menyiksa Rumah Kami

Saya adalah pelanggan PLN yang sudah sekitar 4 Bulan melakukan pemasangan baru untuk rumah kami di Kota Sintang, saya melakukan pasang baru di alamat Jl. Hj.Fatimah Gg Swadaya 5, Desa Sungai Ana, Kab. Sintang Kalimantan Barat. Awalnya saat mengajukan pemasangan baru semua nya tampak normal dengan pemasangan awal di daya 900 VA. Waktu itu listrik hanya digunakan untuk pembangunan seperti mesin air, bor dll.

Saat rumah selesai kita coba gunakan listrik untuk peralatan elektronik rumah seperti AC, Kulkas, TV, Mesin air dan lain-lain. Karena saya paham bahwa daya listrik yang digunakan lebih besar, maka saya menaikkan daya hingga 4.400 VA.

Alangkah kecewanya saya ternyata aliran listrik saya tegangannya rendah dan tidak mampu mendinginkan AC dan Kulkas. Setelah saya cek melalui tombol 41, rupanya tegangan listrik saya hanya menyentuh 180 V saat siang dan 130-140v saat maghrib hingga menjelang malam. Tidak pernah sekali pun tegangan listrik menyentuh angka 200v

Saya sudah mencoba melapor lewat kantor PLN di Sintang ternyata tidak ada solusi dikarenakan daerah saya sangat minim gardu dan rumah saya terletak di ujung gang. Saya juga sudah pernah melapor ke PLN Pusat lewat aplikasi PLN Mobile yang saat petugas datang juga tidak ada solusi selain memasang stabilizer.

Saya coba pasang stabilizer 10KVA tipe SKD yang harganya lumayan hingga 12 Jutaan, saya pasang di bawah KWH akhirnya saya bisa dapatkan tegangan yang normal. Namun saat hidup 2 AC saja dan mesin air, tegangan melemah melebihi batas input stabilizer yang menyebabkan aliran listrik terputus di MCB stabilizer. Saya coba menambah daya lagi menjadi 5.500 VA, Ternyata tidak bertambah baik, sama saja.

Stabilizer 10KVA
Daya sudah 5.500VA

Beberapa teman petugas PLN menyarankan untuk coba ganti kabel PLN yang besar dan mengganti kabel dengan yang lebih besar dan mengambil langsung dari tiang besar. Akhirnya saya turuti dan menarik kabel baru hingga 200m dan menambah tiang sendiri sebanyak 2 buah, ternyata itu juga tidak membantu sama sekali.

Kabel listrik standar PLN

Akhirnya saya hanya bisa menyiasati dengan menghemat penggunaan perangkat elektronik. Mesin air hanya hidup di dini hari, AC hanya hidup 2 saja yang sebenarnya ada 4 AC yang mana ada di 3 Kamar tidur dan 1 ruang kerja.

Sangat disayangkan setelah mengeluarkan biaya yang besar ternyata layanan PLN disini sangat tidak bisa dinikmati. Ruang kerja saya tidak berfungsi, heatwater juga tidak bisa berfungsi, dispenser air panas juga tidak kami gunakan. Setiap hari setidaknya ada 3-5 kali listrik kami jeglek dari stabilizer dikarenakan tegangan yang sangat-sangat rendah.

Satu-satunya solusi adalah dengan pemasangan gardu baru di komplek atau di daerah kami yang mana itu sudah pernah diajukan dulu dan belum di tanggapi. Masalah ini juga ternyata merupakan masalah umum di sekitaran daerah saya. Cuma karena mereka hanya menggunakan peralatan listrik yang seadanya, jadi mungkin tidak terlalu pengaruh untuk mereka yang daya listrik nya 900-1300 kva.

Mohon untuk PLN cabang Sanggau diupayakan untuk gardu baru di daerah kami. Terima kasih.

Eka Saputra
Sintang, Kalimantan Barat

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

7 komentar untuk “Tegangan PLN di Sintang Kalimantan Barat yang Menyiksa Rumah Kami

  • 3 Agustus 2023 - (08:39 WIB)
    Permalink

    Berbahaya sekali tegangan rendah itu, bisa merusak peralatan listrik di rumah. Tapi itu beli stabilizer mahal tetep tidak bisa stabil juga voltage-nya? Kalau ada dana, mungkin opsi membangun sistem PLTS lebih bisa diandalkan pak. Mulai nyicil aja dulu, tidak sekaligus karena pasti akan sangat mahal.

  • 3 Agustus 2023 - (22:16 WIB)
    Permalink

    Semoga terselesaikan uLp disana,jarak 200m masih normal seharus y tegangan sekitar 195,mungkin gardu bermasalah kabel terlalu kecil.

    • 6 Agustus 2023 - (06:10 WIB)
      Permalink

      Dengan dana yang dikucurkan seharusnya bisa membuat PLTS offgrid sendiri yg mampu menyuplai listrik 24jam

  • 4 Agustus 2023 - (06:05 WIB)
    Permalink

    Kalau petugas lapangan aja nggak bisa apa-apa, apakah berarti ada “OKNUM” Atasan yg “bermain”!???
    Jika disekitaran anda semua bermasalah, minta tolong pada mereka untuk membuat Laporan semuanya, Semoga dg banyaknya laporan yg masuk, masalah akan segera di atasi!

  • 5 Agustus 2023 - (19:28 WIB)
    Permalink

    Solusinya pasang PLTS Pak, pasang yg 10.000watt murni yg pakai travo beli 2 ( siang pakai yg 1 malam ganti yg 1nya , lifepo4 pakai yg 48v 100ah X 10buah panel surya 500WP x 21 biji biaya sekitar 350jt pasti mengatasi masalah tidak perlu PLN punya saya pakai 6 ac 1/2pk dan alat listrik lainnya yg total daya + – 4000watt aman sudah berjalan 4 tahun dulu biaya cuma sekitar 250jt

  • 5 Agustus 2023 - (19:34 WIB)
    Permalink

    1lagi tambah genset minim beli yg 20.000watt u tuk cadangan dipadukan dengan ats plts jadi kalau mendung sampai 2 hari bisa ganti genset kalau battry nya habis.

 Apa Komentar Anda mengenai Kualitas listrik PLN?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Tegangan PLN di Sintang Kalimantan Barat yang Menyiksa Rumah Kami

oleh Eka Saputra dibaca dalam: 2 menit
7