Menunggu Tindak Lanjut Pihak Kantor PLN UPL Daya

Bismillah, semoga melalui surat ini pihak pimpinan PLN UPL Daya-Makassar bisa segera memberikan respon terkait keluhan saya sebagai konsumen.

Kronologi, untuk kali kedua, pada tanggal 13 Juli 2023 sekitar pukul 22 WITA, kabel PLN di atas KWH meter mengeluarkan bunyi letusan berkali-kali serta api yang lumayan besar. Hal ini membuat panik seluruh warga Perumahan Budi Daya Permai-Tamalanrea Makassar, terutama penghuni ruko (karyawan saya) di TKP yang notabene semuanya perempuan, berjumlah 5 orang. Mereka dalam kondisi panik menelepon saya yang baru saja ingin tidur.

Saya lalu menghubungi call center PLN 123 dan melaporkan kejadian tersebut. Dari rumah, saya menuju lokasi yang berjarak sekitar 15 km. Saat tiba di lokasi, petugas dari PLN sudah ada dan sedang bekerja mengerjakan kabel yang putus. Kurang lebih satu jam pengerjaan telah selesai.

Pada tanggal 19 Juli 2023, saya kembali menghubungi call center PLN 123 untuk melaporkan kembali perihal adanya kabel yang belum terbungkus dengan rapi, hasil dari pengerjaan di malam kejadian tanggal 13 Juli. Saya juga meminta agar dilakukan pemeriksaan untuk mencari penyebab sebenarnya, karena sudah terjadi 2 kali kejadian di tempat yang sama.

Pada hari yang sama, tanggal 19, sekitar pukul 18.20 WITA, petugas atas nama saudara Asdar datang untuk melakukan pengerjaan seperti yang saya laporkan.

Setelah dilakukan pemeriksaan, menurut petugas tersebut, kemungkinan penyebabnya adalah masih adanya jalur kabel berukuran kecil dari PLN yang belum dilakukan pergantian dengan ukuran yang lebih besar. Oleh karena itu, petugas tersebut meminta waktu sekitar seminggu dan akan mengajukan kepada pimpinan untuk dilakukan pergantian.

Namun, sampai tanggal 28 Juli, belum ada tindakan seperti yang dijanjikan. Lalu saya menghubungi petugas saudara Asdar untuk menanyakan kembali terkait waktu realisasi pengerjaan, namun dikatakan bahwa pimpinan belum memberikan jawaban.

Tanggal 02 Agustus 2023, saya kembali menghubungi call center PLN dan melaporkan perihal tersebut, berharap agar keluhan saya bisa segera ditindaklanjuti. Pada hari yang sama, sekitar pukul 12.30 WITA, petugas atas nama saudara Rusli menghubungi saya untuk menanyakan perihal masalah yang saya laporkan.

Saya lalu menyampaikan keluhan saya dan mengatakan bahwa akan berkoordinasi dengan saudara Asdar yang sebelumnya menangani keluhan saya. Ia akan ke lokasi ruko (TKP) untuk melihat kondisinya agar segera bisa diambil tindakan. Namun, sampai surat ini saya tulis, belum ada petugas PLN UPL Daya yang menghubungi saya kembali.

Padahal saya sudah menyampaikan bahwa ini terkait dengan nyawa manusia yang ada di sekitar, terutama yang tinggal di ruko tersebut, mengingat kejadian yang sama sudah terjadi 2 kali. Apakah harus menunggu sampai ada kejadian berikutnya? Mohon perhatian Bapak Pimpinan PLN UPL Daya.

Terima kasih & salam hangat.

Firdaus Arsyad
Makassar, Sulawesi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

2 komentar untuk “Menunggu Tindak Lanjut Pihak Kantor PLN UPL Daya

  • 16 Agustus 2023 - (12:35 WIB)
    Permalink

    Itu lah negara kita, laporan tdkndg diangap sepele, klo sdh viral dan makan korban baru gercep penangananya… Biasa klo sdh masuk media konsumennya cepat direspon

  • 16 Agustus 2023 - (12:55 WIB)
    Permalink

    Saya pernah ngalamin hal yg serupa kabel terbakar karna kabel kecil ketemu kabel rumah yg besar arusnya tidak kuat jadi kebakar , waktu itu saya bayar ke teknisinya langsung suruh ganti biar cepat dari pada nunggu gak jelas . Kabel besar 1-2 meter kalo gak salah kena 50 rb . Dari pada nunggu lama .

    Saran saya suruh teknisinya ganti aja , beli kabel baru , tanya aja teknisinya sekalian suruh aja dia yg beli karna dia yg tau jenis kabel apa , saya dlu gitu sih.

 Apa Komentar Anda mengenai PLN?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Menunggu Tindak Lanjut Pihak Kantor PLN UPL Daya

oleh Firdaus Arsyad dibaca dalam: 2 menit
2