Penagihan Pinjol yang Memaksa Bayar Sebelum Jatuh Tempo

Saya Ami, salah satu pengguna aplikasi pinjol UATAS beberapa bulan ini, nomor kontrak: 281577551826360. Memang salah sih, mencoba menggunakan pinjol. Selama ini saya tidak pernah telat atau menunggak pembayaran pinjaman yang saya lakukan. Saat ini tagihan saya jatuh tempo tanggal 31 Juli 2023, tim penagihan UATAS melakukan penagihan sejak H-2, baik melalui WA maupun telepon.

Pada hari Minggu, 30 Juli 2023, saya kembali ditelepon sejak pagi oleh tim UATAS dan saya pun menginformasikan bahwa pembayaran akan dilakukan tanggal 31 Juli 2023, karena menunggu gajian pagi hari. Sampai pukul 17.27, saya kembali dihubungi oleh tim UATAS,  yang memaksa untuk melakukan pembayaran hari ini juga dan menyuruh meminjam uang ke orang lain untuk membayarkan tagihan.

Pukul 17.43, saya menerima WA dari tim UATAS yang menurut saya tidak sopan (entah itu CS atau DC), seakan-akan saya menunggak bayar lewat dari jatuh tempo. Dia menyuruh mencari dana talangan, jika tidak ada itikad baik data akan diberikan ke tim penagihan.

Apakah tidak bisa dilihat dari scoring credit saya? Tagihan tidak pernah terlambat bayar dan kebetulan saat ini pembayaran yang akan dilakukan bertepatan dengan jatuh tempo dan gajian. Setiap telepon yang masuk hingga 8 kali dari UATAS saya selalu angkat, menginformasikan dan konfirmasi pembayaran yang akan dilakukan.

Tagihan saya saat ini sudah lunas. Saya kecewa, karena katanya diawasi OJK, tapi yang dilakukan pada H-2 bukan pengingat pembayaran, melainkan pemaksaan pembayaran. Belum lewat jatuh tempo, tapi sudah diintimidasi. Padahal saat perjanjian awal, dicicil sebanyak 3x dalam waktu 70 hari.

Rachmi Fauziani
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Penagihan Pinjol yang Memaksa Bayar Sebelum Jatuh Tempo”

Kepada Yth. Ibu Rachmi Fauziani, Menanggapi keluhan Ibu Rachmi Fauziani di Redaksi Media Konsumen pada tanggal 14 Agustus 2023 dengan...
Baca Selengkapnya

47 komentar untuk “Penagihan Pinjol yang Memaksa Bayar Sebelum Jatuh Tempo

  • 14 Agustus 2023 - (11:31 WIB)
    Permalink

    Klo penagihan blum jatuh tempo udah di telponin, mending galbay sekalian mba,… Tlponnyablokir smua

    51
    1
    • 15 Agustus 2023 - (06:44 WIB)
      Permalink

      Pinjol itu RENTENIR ONLINE,DC nya juga memang di tugaskan menagih macam itu karena pinjaman yang tidak ada agunan otomatis galbay juga banyak,dan kalo ada laporan konsumen ke pihak pinjol atas penagihan DC nya dan bilang akan di proses itu OMONG KOSONG,kantor aja gak jelas dmn

      14
      • 15 Agustus 2023 - (14:40 WIB)
        Permalink

        Tolong gimana ini .. Saya mempunyai pinjaman yg jatuh tempo tgl 16 agustus akan tetapi sudah d teror perhari ini dengan menyebarkan data diri

        • 15 Agustus 2023 - (20:59 WIB)
          Permalink

          Hampir semua pinjol baik legal taupun ilegal sebelum jatuh tempo selalu mendesak ingin segera dibayar belum lagi pas nasib lagi apes limit tak sesuai dengan perjanjian banyak dikebiri sana-sini sehingga bunga menjadi super parah (saya mengalami hal tsb, limit tak sesuai dengan yang diterima sehingga dihitung bunga-nya mencapai 0,72 % bukan mengatasi masalah tetapi menambah masalah, lalu OJK dimana…?! ) tapi itulah konsekwensi-nya namun saya akan menyelesaikan pinjaman saya di pinjol setelah itu saya tak ingin lagi berurusan dengan pinjol.

        • 16 Agustus 2023 - (23:47 WIB)
          Permalink

          Semisal anda sudah kesal ataupun geram dengan dc yg menagih dan mengatakan akan datang kerumah,bayarkan aja setengah nya dari pinjaman tersebut,misal pinjam 500rb bayarkan saja 250/300rb,sisanya galbay

      • 15 Agustus 2023 - (23:08 WIB)
        Permalink

        Iya kalo gue solusiku H-7 udah ditagih habis itu foto gue disebar seakan gue gak bayar. Ya gue galbay aja sekalian eh dia masih nagih terus gue bales suruh pulihin nama gua atau gua tuntut baru gua bayar abis itu gak dibales lagi

      • 21 Agustus 2023 - (11:34 WIB)
        Permalink

        Memang benar kejadian yang sama dengan kawan saya belum jatuh tempo sudah di tagih, terus kirim pesan WhatsApp berupa ancaman sebar data dan juga hubungi kontak darurat, parahnya lagi di pinjol langit takdir nagih dua hari sblm jatuh tempo sudah nagih dan paksa harus bayar jam di tentukan ya, lewat dari jam itu sudah di maki maki gak sopan cara nya nagih, apalagi klo lewat tempo

    • 17 Agustus 2023 - (20:49 WIB)
      Permalink

      Abaikan saja pembayarannya jika kelakuan dc seperti itu, memangnya bisa apa kaum lintah itu

      • 23 Agustus 2023 - (06:35 WIB)
        Permalink

        Iya media seperti ini yang kita butuhkan sebahagian besar masyarakat untuk curhat dan cari perbaikan dan solusi madalah

    • 22 Agustus 2023 - (13:53 WIB)
      Permalink

      Sama sya juga kaya gitu belum jtuh tempo udah di tagih,mana ga sopan cara ngomongnya nyesel pinjam di pinjol UATAS

    • 15 Agustus 2023 - (03:24 WIB)
      Permalink

      Hempaskan pinjol ilegal..bila perlu pinjam sebanyak² nya sampai mereka miskin.lalu kemudian galbay…
      Ga usah takut ga bakalan DC datengin kok..
      Aku galbay hampir 25 juta lebih..sampai saat ini amantu billahi aje…

      16
  • 14 Agustus 2023 - (12:19 WIB)
    Permalink

    Bila cuma mengingatkan itu wajar utk jaga2 bila kita lupa,tapi kalau maksa bayar sebelum jatuh tempo,emang dc siapa? Yg punya modal cuma Tampang/suara serem,laporin ke YLKI dan Email pinjol ybs biar dipecat dc2 arogan di bumi ini

    15
    • 14 Agustus 2023 - (13:47 WIB)
      Permalink

      Ayuk kita kerjain pinjol ilegal yg mengutus dc-dc non sekolah sampai lulus. Biar dcnya kelimpungan nyari2 alamat tau2nya fiktif. Mereka DC itu tidak pakai tidur, matanya beroperasi 24jam, udah pagi buta sudah telp-telp minta ini itu, lu kalau cari kerja yg baik2 aja kenapa, masak lu dibegokin pinjol suruh nagih pagi2, memang kerjaan pemalas DC.

      21
      1
    • 14 Agustus 2023 - (18:39 WIB)
      Permalink

      Kejadiannya sama dgn yg saya alami sekarang, mulai tadi pagi tim dri Apk. DANA RAJA menelpon dan kirim WA yg intinya memaksa utk melunasi tagihan yg jatuh temponya tgl 20 Agustus ini dgn alasan sistim nya akan diservice sehingga memaksa banget utk dilunasi.

  • 14 Agustus 2023 - (13:59 WIB)
    Permalink

    “Jatuh tempo bukanlah jadwal pembayaran anda”, lahhh tol*l bet noh penagih, ngarti definisi “Jatuh Tempo” kgk noh??.. 😅

    9
    1
  • 14 Agustus 2023 - (15:42 WIB)
    Permalink

    OJK cuma mengawasi uang saja. Kalau masalah pelanggaran sama pinjol mana mau di urus

    14
    2
  • 14 Agustus 2023 - (17:21 WIB)
    Permalink

    Sama aj ne modelnya kek rupiah cepat….bangke semua karyawannya…baru jg jth tempo udh tlp sana sini.ngancam2..lewat 30menit ga bayar sebar data…ojk ada jg ga guna….

  • 14 Agustus 2023 - (17:56 WIB)
    Permalink

    UATAS masuknya semi legal, kl penagihan udh d luar SOP digalbay aja, aman g ada DC lapangan, cm diganggu smp kondar..

  • 14 Agustus 2023 - (19:09 WIB)
    Permalink

    Kita pinjol boleh..tapi kalo jatuh temponya cuma 1 minggu.mending gak usah pinjol.seperti di bantu saku.pinjol dcnya gila gila semua..jangan sekali kali pinjol di bantu saku.

  • 14 Agustus 2023 - (20:00 WIB)
    Permalink

    Pertama, saya ucapkan selamat kepada anda krn telah berhasil melunasi hutangnya. Saran saya, jangan pernah coba2 tarik pinjaman lagi di situ, dan di pinjol2 lainnya. Bener2 deh… jadikan pelunasan pinjol sebagai prioritas utama, atau mereka akan menggerogoti semua aspek kehidupan anda.

    Saya sdh merasakan betapa lega dan tenangnya hidup setelah 10 bulan berjibaku dgn lebih dari 10 pinjol legal, dgn total pinjaman lebih dari 120jt. Ughhh …that was crazy as hell. Semoga kita semua bisa selalu bersyukur, dan menjalani hidup dengan tenang dan damai.

    18
    1
      • 17 Agustus 2023 - (10:07 WIB)
        Permalink

        Pertama, jangan buang2 waktu dan energi utk minta kebaikan mereka dgn melihat track record dll, they don’t care. Sy pernah nonton berita, disebutkan bahwa 1 org internal dc itu menghandle hingga 200 tagihan per hari. Jd jgn harap mereka akan peduli ttg perasaan.

        Bikin list kewajiban. Urutkan tanggal jatuh tempo. Asumsikan mereka akan koar2 3 hr sebelum tanggal jatuh tempo. Nanti akan kebayang ‘big picture’ nya, dan mdh2an akan muncul ide ttg solusi.

        Setelah punya list, uninstall semua aplikasi pinjol. Tp sebelumnya catat dulu username dan password di masing2 akun. Mereka mentracking dan ngumpulin data dari aplikasi yg terinstall, jadi hapus saja. Nanti download dan log in lagi tiap mau melakukan pembayaran, trus hapus lagi.

        Fokus aja pada penghasilan tambahan, sebanyak-banyaknya. Gpp klo memang harus jungkir balik nyari penghasilan.

        Terakhir, ibadah dan doa. Yakinlah, ada banyak org yg mendoakan kita sukses, tp itu percuma klo kita nya sendiri jauh dari Tuhan.

    • 23 Agustus 2023 - (09:46 WIB)
      Permalink

      MasyaAllah Alhamdulillah, smoga kita semua juga di lancarkan terus rezekinya dan dijauhkan dari perpinjolan

    • 3 November 2023 - (17:54 WIB)
      Permalink

      bagi caranya dong… saya juga lg otw janji untuk tidak berhubungan dengan pinjol niih. Tobat daah

  • 14 Agustus 2023 - (20:52 WIB)
    Permalink

    Wah iya.. H-2 hari Uatas sudah ditelpon n tim penagihan beberapa kali chat WA dengan nomer berbeda. Yg paling parah itu dari Piniol Singa.. itu H-4 sudah mulai di hubungi2. Memaksa bayar segera. Kalau belum ada, pinjem sama teman/saudara ktanya gitu..

    • 15 Agustus 2023 - (16:47 WIB)
      Permalink

      Ngga ngingetin, tapi nyusahin ya
      Ganggu foang pinjol tuwh,
      Orang telat yg pinjem kena denda kok ya bingung
      Mau pinjam terus gg bisa ya gg masalahlah, malah dari pihak pinjol rugi sendiri karena gg da cuatomer
      Adhek saya pernah sampai fotonya ditawar tawarin Kak….
      Bangmat beneran owk,
      Waktu pihak pinjol telfon lagi, gue bentak bentak langsung dimatikan,
      Kemudian besoknya gg WA atau telfon lagi

  • 14 Agustus 2023 - (22:02 WIB)
    Permalink

    Pinjol kok di bayar .. justru para joki pinjol sedang memberantas biar pada bangkrut .ini malah bayar …..hadehhh

    6
    1
  • 15 Agustus 2023 - (06:32 WIB)
    Permalink

    Aku malah sebelum jatuh tempo udh d maki2 DC UATAS. Smpe d blg sy maling uangnya, smpe dia pake wa menggunakan foto sy. Blg mau sebar data. Pdhl jatuh tempo aja baru besoknya. Berharap uatas dan finplus d tutup resmi sm OJK. Karena mmg bunganya besar sekali dan jg DCnya amit2 gk ada sopan2nya.

    • 15 Agustus 2023 - (17:42 WIB)
      Permalink

      Mohon kepada pihak OJK, untuk menindaklanjuti, membersihkan pinjol ilegal, meneror yang sangat meresahkan.. lebih baik, tidak ada lagi pinjol di Indonesia.

      Terimakasih

  • 15 Agustus 2023 - (09:35 WIB)
    Permalink

    Saya seteju dengan dengan mbak ami, lunasi dulu baru tutup aplikasinya, karna dari segimanapun dan dilihat dari sisi manapun yg nama nya hutang harus di bayar, jangan menggiring opini karna itu pinjol hutang seakan2 halal tidak di bayar.
    Saya juga tidak munafik sampe skrg masih gunain Shopee paylater atau S pinjam, tapi saya usahakan yg namanya pinjam ya harus di kembalikan.

    • 17 Agustus 2023 - (09:18 WIB)
      Permalink

      Ini Pengalaman Saya…

      GAK NGARUH PINJOL ILEGAL ATAU TIDAK ILEGAL (BERBASIS OJK).. PENAGIHNYA SAMA AJA NASABAH DIPERLAKUKAN KAYAK MALING…..!!!!
      Ada Tuh Aplikasi PINJOL berlogo ” Binatang ” dimana Berbasis OJK, H-3 Nasabah udah di tlp2 dan di WA sehari bisa belasan kali..udah gitu Maksa lagi suruh cari dana Talangan demi penagih dapet reword..Dilaporkan ke OJK pun via email gak ada efeknya dan Respons nya ampe saat ini tindakannya seperti Apa gak Tau..? Udah Banyak Email2 pelaporan saya masuk ke OJK terhadap Pinjol2 berbasis OJK yang kelewatan..Gak ada tindakannya tuh..masih aja sama ke nasabah..!!!

      Ada Juga Pinjol OJK saya lakukan Gablay udah 2 minggu ampe sekarang, BUNGANYA PARAH..PARAH…PARAH… Ngalahin LINTAH DARAT atau BUAYA DARAT Cuy..!!! saya kirim email ke aplikasi dan saya Tembuskan ke pihak OJK dan Instansi Lainnya dengan niat baik saya dan tanggung jawab saya agar diberikan keringanan cicilan pembayaran Ringan bertahap sampai Lunas dgn bunga berjalan di Stop… Hasilnya pun gak di Respons dan ada juga dijawab tidak di setujui..Aplikasi sampaikan harus bayar lunas..Jka tidak bisa bayar lunas BUNGA JALAN TERUS. ada Bunga berjalan yang TEMBUS sampai 2 jt Gablay 2 Minggu… PINJOL OJK SAMA SADIS…SADIS….SADIS…SADIS NYA Dengan ILEGAL.

      SEPERTI INI MANA PERANAN OJK dan SATGAS OJK..Terhadap pinjol OJK yg Ngancem2..Bunga MELEBIHI PINJAM DI RENTENIR / LINTAH DARAT…Bahkan saya pastikan juga pihak Aplikasi berbasis OJK Adanya JOKI DATA NASABAH ke PIHAK KE 3 (DC Gak Jelas / Abal2) melakukan Penagihan..Juga gak ada Tindakan dr OJK..

      Tolong Pihak OJK dibutuhkan Tindak Lanjut dan tindakan TEGAS ke Aplikasi berbasis OJK yg Sudah Gak Bener..Jika Perlu Cabut Ijin Operasinya dan Apus/block di Appstore.. Berikut Aplikasi OJK yang Harus Kalian Wanti2..Aplagi GABLAY..bunganya PARAH..Gak ngaruh anda nasabah baru atau Nasabah VIP.
      Berbasis OJK :
      1. Pi… Du…
      2. Ad… Mo…..
      3. Pi….. Yu….
      4. Mo… Na….
      5. Ba…. Sa…
      6. Si… id

      • 2 Februari 2024 - (08:34 WIB)
        Permalink

        Saya pernah diancam mau dibunuh malah sama DC uatas via sms, itu H -3 dari jatuh tempo, dikata pelacur pun pernah, sayangnya sms itu ss nya sudah saya hapus, ada juga yang make poto profil wa saya, padahal waktu itu belum lewat dari tanggal jatuh tempo. Sekarang sudah bulan ke 5 pinjamannya belum saya bayarkan, karna mereka tidak sopan dalam penagihan bahkan mengancam nyawa orang lain. Apakah uatas juga menghubungi diluar kontak darurat?

    • 17 Agustus 2023 - (09:27 WIB)
      Permalink

      Ada gak email yg bisa sirespons cepat dari pihak terkait jika bukti2 pelanggaran lengkap.. mudah2an bisa membantu kawan2 lainnya yg mengalami tindakan intimidasi dr pihak Aplikasi.

  • 15 Agustus 2023 - (22:02 WIB)
    Permalink

    Mana mungkin ojk mau awasi keluhan peminjam dr ratusan pinjol yg ada,, luuuh yg pinjam, gua yg repot, begitu kura2 ojk bilang. Pinjol boleh dibilang rentenir legal, blum jatuh tempo, kaya setan nagih nya. Klo telat, bahasa mahluk halus dan binatang liar kluar semua

  • 17 Agustus 2023 - (11:51 WIB)
    Permalink

    Saya beberapa kali laporin uatas, karena nagih 5 hari mau jatuh tempo,, trus 3 hari mau jatuh tempo nge wa sambil nakut2in pake senjata api,,saya langsung telpon ojk dan masnya baik bantu saya suruh kirimin bukti wa2 ancaman, penagihan ga sopannya,, kemudian saya cc juga ke AFPI kemudian ada wa dari cs uatas katanya itu bukan dari uatas dan tidak ada nama dc ato karyawan dengan nama trsbt poto dan no wa itu, saya bilang saya bukan orang bodoh, pasti nama dan potonya kalian palsukan,, trus ga lama dari uatas kirim email ke AFPI dengan tertulis ngelak kalo itu bukan karyawannya, bukan intruksi dll,,, emangnya mau dibodoh2in,,ahirnya saya ga pake lagi uatas dan saya di blacklis uatas,,, padahal saya sellu bayaf full dibulan Pertama wlpun angsurannya 3x bayar dengan bunga 400-700 sekali transaksi, itu udah berjalan mau setaun,,

  • 19 Agustus 2023 - (15:53 WIB)
    Permalink

    Awal minjol solusi.tapi kemudian jadi petaka.pinjol jadi subur yang menyuburkan adalah nasabah yang selalu membayar.atas ijin OJK

 Apa Komentar Anda mengenai UATAS?

Ada 47 komentar sampai saat ini..

Penagihan Pinjol yang Memaksa Bayar Sebelum Jatuh Tempo

oleh Rachmi dibaca dalam: 1 menit
47