Tidak Pernah Berurusan dengan Pihak Bank, tapi Tercatat Ada Tunggakan Macet di SLIK OJK

Terima kasih kepada Media Konsumen, yang telah memberikan saya ruang untuk menyampaikan keluh kesah saya.

Terkait permasalahan ini, pada tanggal 2 Agustus 2023, saya mengajukan permohonan data Ideb/SLIK OJK melalui website Idebku. Pada tanggal 3 Agustus 2023, saya mendapatkan data informasi saya. Yang membuat saya kaget dan juga kesal adalah adanya tunggakan sebesar Rp304.010 dari Bank Permata. Menurut catatan dari SLIK, saya melakukan akad kredit pada tanggal 3 Juli 2022 .

Karena saya merasa tidak puas, pada hari Jumat 11 Agustus 2023 saya datang ke kantor cabang PermataBank di kota Batam yang letaknya di Nagoya, untuk menanyakan terkait adanya tunggakan saya tersebut. Setelah saya bercerita tentang permasalahan ini kepada CS, CS pun menjawab bahwasanya itu adalah pinjaman saya di aplikasi pinjaman online yang belum terbayar.

Saya pun heran mendengar itu. Saya langsung mengecek semua aplikasi tersebut dan saya tidak ada tunggakan di aplikasi mana pun. Bahkan SLIK OJK saya hancur hanya karena tagihan tidak jelas dari PermataBank yang nominal pinjamannya tidak masuk akal, hanya sebesar Rp300 ribuan.

CS itu pun bilang, kalau memang sudah lunas dan tidak ada tunggakan lagi, mungkin dari pihak aplikasi pinjaman online yang belum membayar sisa bunga PermataBank. Lah itu bukan urusan saya sebenarnya, karena sudah menghancurkan kredit skor saya di SLIK.

Namun karena saya gak mau ribet, saya bilang ke CS-nya bahwa saya mau bayar tunggakan tersebut, walaupun saya tidak pernah ada urusan sama sekali dengan perbankan mana pun. Namun dari CS-nya bilang tidak bisa menerima pembayaran tersebut kalau bukan dari pinjaman online-nya. Lah yang dirugikan saya, data saya, saya sudah baik biar gak ribet mau bayar, tapi malah gak bisa . Saya minta tolong kepada PermataBank agar nama saya dibersihkan dari SLIK OJK .

Vivi Tri Lestari
Batam, Kepri

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Tidak Pernah Berurusan dengan Pihak Bank, tapi Tercatat Ada Tunggakan Macet di SLIK OJK”

Berkenaan dengan Surat Pembaca yang ditulis oleh Ibu Vivi Tri Lestari, berjudul “Tidak pernah berurusan dengan pihak Bank, tapi tercatat...
Baca Selengkapnya

34 komentar untuk “Tidak Pernah Berurusan dengan Pihak Bank, tapi Tercatat Ada Tunggakan Macet di SLIK OJK

  • 15 Agustus 2023 - (15:29 WIB)
    Permalink

    solusinya ya km kirim email satu per satu pinjol yg pernah kamu pakai, tanya apakah masih ada sisa hutang kamu di pinjol tsb.

    7
    1
    • 15 Agustus 2023 - (15:53 WIB)
      Permalink

      Makanya sebelum komen di baca lagi . Saya ga punya tagihan di pinjol manapun . Logikanya pinjol mana yg minjamin 300 ribu . Saya sudah pergi ke bank permatanya mereka juga tidak tahu kan aneh .

      7
      4
      • 16 Agustus 2023 - (12:00 WIB)
        Permalink

        saranku bikin surat ke Bank BI , ama OJK
        ceritakan permasalahannya dan minta klarifikasi.. jgn sampai ada pihak ke 3 melakukan hal yg di luar sepengetahuan kita dan Bank BI maupun OJK melakukan pembiaran tanpa melindungi kita sbgai nasabah

        • 16 Agustus 2023 - (20:04 WIB)
          Permalink

          Itu di keterangan nya PayLater mungkin aja ada blanja online atau apa gitu yang belum lunas, dan sumber Uang nya itu yg mungkin bekerja sama dengan Bank Permata,

      • 16 Agustus 2023 - (14:59 WIB)
        Permalink

        ga punya tunggakan sama ga pernah daftar pinjol itu 2 hal yg berbeda. kalo memang ga pernah daftar, ya katakanlah tidak pernah daftar. kalo ga punya tunggakan artinya pernah daftar, pernah pinjam, tp udah merasa terlunasi semua. Di sisi kamu merasa udah lunas, tp di pencatatan pinjol belum, itu yg perlu direkonsiliasikan. Jd sy ga salah baca kan?

      • 16 Agustus 2023 - (15:06 WIB)
        Permalink

        siapa bro yg malas baca? sudah jelas ini permainan pinjol kok. Menurut TS sudah lunas semua, tp menurut pinjol belom. nah ini yg perlu direkonsiliasi.

  • 15 Agustus 2023 - (15:41 WIB)
    Permalink

    **Saya minta tolong kepada PermataBank agar nama saya dibersihkan dari SLIK OJK**
    –>> Salah alamat, minta tolongnya sm pinjol.

    3
    2
    • 15 Agustus 2023 - (15:53 WIB)
      Permalink

      Makanya sebelum komen di baca lagi . Saya ga punya tagihan di pinjol manapun . Logikanya pinjol mana yg minjamin 300 ribu . Saya sudah pergi ke bank permatanya mereka juga tidak tahu kan aneh .

      • 16 Agustus 2023 - (09:54 WIB)
        Permalink

        Mba saya jg lagi bermasalah nih sama akulaku dan neo cuman beda nya sama mba nya ,saya meman ada pinjaman tapi nda pernah nunggak ,kalau mba nya merasa dan tidak pernah menyerahkan data buat pinjaman akulaku ,silahkan lansung laporkan ke ojk ,atau mba email Akulaku selaku fintech dan pihak akulalu nanti akaan berkordinasi dengan neo bank untuk penyelesaian meman sangat di rugikan mba ,saya aja nda pernah nunggak di lapor kol 2 total 17 slik,agak laeng meman neo ini

  • 15 Agustus 2023 - (16:00 WIB)
    Permalink

    Hati-hati jangan mengumbar data diri ke Internet terutama KTP, apabila penulis tidak sama sekali berurusan dengan pinjol, bisa jadi data diri di Duplikat diganti foto sama penipu lalu dijadikan bahan mengajukan pinjol.

    Tapi TS bisa tau slik jelek, awalnya berniat mau ….

    • 15 Agustus 2023 - (16:14 WIB)
      Permalink

      Dari pihak bank permata suruh saya coba cek lagi di aplikasi spay , aku sama kre . Tapi sudah saya cek dan sudah saya tunjukin ke csnya bahwa saya tidak ada tunggakan . Yang jadi masalah pihak bank permata ga bisa kasih tau dimana saya ada tunggakan 300 ribu itu . Saya niat mau bayar walaupun bukan saya yg pakai . Tapi dari pihak bank permata tidak bisa harus dari pihak pinjolnya .

      • 15 Agustus 2023 - (16:20 WIB)
        Permalink

        Ya hati hati jangan mengumbar foto KTP di internet kak, siapa tau data diri KTP di ganti foto sama penipu

      • 17 Agustus 2023 - (19:19 WIB)
        Permalink

        klo dr SLIK diatas tanggal akad awal di Juli 2022, mgkn coba dicek lg pd tgl tsb pernah pakai paylater yg mana atau tagihan di bulan tsb yg mirip2 dgn angka 300rb, lalu ngototin ke penyedia paylater tsb utk mengecek dan membereskan status pembayaran mba yg tampaknya lupa diupdate ini, soalnya pernah baca komplenan sejenis yg ternyata berasal dari paylater akulaku dan kredivo, krn tidak memaintain slik customernya alias melaporkan update pembayaran yg sbnrnya ngga ada tunggakan gtu..

  • 15 Agustus 2023 - (16:22 WIB)
    Permalink

    Oh berarti dl penulis pernah ada sangkut paut dengan Akulaku, Shopeepay & Kredivo ya kak..

    Semoga masalahnya cepat selesai kak

  • 15 Agustus 2023 - (16:36 WIB)
    Permalink

    Iya kak tapi semuanya sudah saya lunasin . Dari Bank permata bilang kalo itu tunggakan bunganya . Saya jadi bingung padahal sudah lunas tapi masih ada lagi . Saya sudah chat dari 3 pinjaman itu tapi belum ada kelanjutan

    • 16 Agustus 2023 - (15:04 WIB)
      Permalink

      menurut TS sudah lunas, menurut pinjol belum. makanya sy bilang di awal komentar: “solusinya ya km kirim email satu per satu pinjol yg pernah kamu pakai, tanya apakah masih ada sisa hutang kamu di pinjol tsb.”
      malah direply sebelum komen dibaca lagi. duhh. dikira sy ga baca main langsung komen ya. sy baca dgn teliti justru. km nya kali yg ga baca bener2 komentar sy

      • 18 Agustus 2023 - (17:22 WIB)
        Permalink

        Ts ny udh keburu emosian om, padahal udh d jelasin sma cs nya, dr pihak ts sudah melunasi, tpi g tau dr pihak pinjol/paylater apakah meneruskan/tdk k bank permata. Pdhal SLIK itu bkn krna besarnya nominal, mau itu 10rb pun bisa jd bkin SLIK jelek. Emg harus sabar ts nya nanyain satu² pinjol/paylater barangkali klau pernah pakai, buat mastiin pembayarannya udh d terusin k pihak permata, klau trnyata ts g da pinjol/paylater kemungkinan ada indikasi penyalahgunaan data.

    • 17 Agustus 2023 - (07:27 WIB)
      Permalink

      Itu sih bukan dari diri sendiri, liat deh data keluarga saudara atau teman, pasti ada yang sisa belum di bayar

  • 15 Agustus 2023 - (16:38 WIB)
    Permalink

    Saat pinjaman di pinjol dilunasi, SLIK tidak otomatis di update saat itu juga. Butuh waktu beberapa bulan tergantung sistem dan “good will” dari pinjol bersangkutan. Ini pentingnya harus ngotot minta surat tanda lunas ke pinjol untuk bukti dan dokumentasi jika terkendala masalah ke depannya. Perubahan SLIK lebih mudah diurus jika cuma berurusan dengan bank dan badan keuangan yang DIDUKUNG PENUH oleh negara.

    1
    1
    • 15 Agustus 2023 - (16:42 WIB)
      Permalink

      Iya bener juga itu . Dari pihak bank permata katanya kalau saya sudah melunasin pinjolan tersebut tetapi masih belum terupdate berarti dari pihak pinjolnya yang belum bayar bunganya ke bank . Aneh banget kan yang belum bayar pinjolnya ke bank tapi nama saya jadi tumbalnya

    • 16 Agustus 2023 - (12:03 WIB)
      Permalink

      Sabar mbak kalau banyak komentator yang berperan sebagai Intel perusahaan2 pinjol jadi mereka tanpa melihat permasalahannya langsung memberikan statement seolah olah kita yang salah padahal mereka itu sedang berupaya membersihkan diri agar publik mudah dikelabui dan mau ramai ramai pinjam sama pinjol, saran saya terus kejar sampai kebenaran terkuat jelas dan bagi kalian yang punya masalah lebih baik cari jalan lain jangan setiap kesulitan keuangan langsung ke pinjol itu jelas haram sama dengan minum darah sendiri.

  • 15 Agustus 2023 - (18:04 WIB)
    Permalink

    Dari pihak bank ga tau itu dari mana katanya . Sedangkan saya sudah cek semuanya dan ga ada tunggakan .

  • 15 Agustus 2023 - (21:41 WIB)
    Permalink

    Iya gan ini yg saya mau tau . Akulaku/kredivo gitu. Kalo di kasih clue-nya kan saya pasti akan menanyakan hal ini.

    • 15 Agustus 2023 - (21:45 WIB)
      Permalink

      Kak cba di SLIK DIsamakan nomor Akadnya sama di Aplikasi (Jika ada) soalnya sy pernah collect 3, di Bank Permata setelah ditelusuri itu dari Kredivo pdbal sy gaprnh telat bayar.. saya cek 1 persatu diaplikasi nomor akad/kontraknya ada yg sama

  • 15 Agustus 2023 - (22:13 WIB)
    Permalink

    Terimakasih kepada Media Konsumen yang telah memuat surat keluhan saya . Sekarang masalah ini sedang di tangani oleh Bank Permata Cabang Nagoya Batam . Dengan ini saya menyatakan permasalahan ini Sudah Selesai . Dan saya dengan Bank Permata akan melakukan pertemuan untuk menyelesaikan permasalahan ini . Dan saya juga berterima kasih buat temen” MK yang sudah bantu up dengan menjawab keluhan saya 🙏👍

  • 23 Agustus 2023 - (10:31 WIB)
    Permalink

    klo menurut saya pihak pinjol males update data nasabah, saya juga kena kasus begini setelah di cek dari pihak paylater shopee, rp.789 rupiah. untung nya di slik status lancar, status di paylater ga nunggak, ga ada hutang. di slik tercatat hutang 🤣

 Apa Komentar Anda mengenai PermataBank?

Ada 34 komentar sampai saat ini..

Tidak Pernah Berurusan dengan Pihak Bank, tapi Tercatat Ada Tunggakan …

oleh Vivi Tri Lestari dibaca dalam: 1 menit
34