Kecewa dengan Astra Credit Companies Soal Pembayaran Cicilan

Saya merupakan debitur ACC (Astra Credit Companies) dengan nomor kontrak 01100192002330443 yang terdaftar di cabang ACC Cideng Jakarta Pusat yang pada saat itu dibantu oleh representatif bernama Se*** Fir**** (SF).

Saya melakukan pengajuan fasilitas dana pertama kali pada bulan Mei 2023 dengan tenor 12 bulan, dan kemudian melakukan top up pada bulan Juli 2023. Proses pengajuan sampai dengan pencairan dana relatif cepat dan lancar tanpa ada kendala berarti. Pihak representatif sangat membantu saya dalam pengajuan tersebut, semua informasi disampaikan dengan jelas. Saya diinfokan bahwa nantinya pembayaran cicilan akan otomatis didebit langsung dari rekening BCA saya yang sudah didaftarkan sejak pertama kali saya melakukan pengajuan fasilitas tersebut (bulan Mei 2023).

Tiba saatnya pada saat pembayaran cicilan pertama yang jatuh tempo tanggal 3 Agustus 2023. Pagi harinya saya melakukan konfirmasi melalui WhatsApp terkait pembayaran yang akan dilakukan melalui auto-debit rekening BCA. Pak SF menginformasikan bahwa auto-debit akan dilakukan pada jam 2 atau 3 sore hari. Dikarenakan kesibukan saya pada hari tersebut, saya tidak melakukan pengecekan lagi di siang-sore hari.

konfirmasi autodebet di pagi hari, 3 Agustus 2023.

Esok hari, 4 Agustus 2023 pagi hari saya ditelepon oleh pihak penagihan ACC terkait cicilan yang belum saya bayarkan. Saya coba jelaskan bahwa seharusnya sudah ter-autodebit tanpa melakukan pengecekan (karena saat itu posisi saya sedang menyetir, dan berdasarkan informasi dari Pak SF tanggal 3 Agustus 2023 bahwa seharusnya auto-debit berjalan pada hari tersebut).

Setelah saya sampai kantor, saya melakukan pengecekan terhadap rekening BCA saya dan ternyata memang tidak ada pendebitan untuk cicilan pertama saya. Sembari menunggu jawaban dan konfirmasi dari Pak SF, saya pun menghubungi customer service ACC, dan mendapati informasi bahwa ternyata auto-debit saya belum diaktifkan di sistem.

Saya diarahkan untuk melakukan pembayaran cicilan secara manual (melalui transfer), tetapi ketika saya ingin melakukan pembayaran melalui mobile banking, terlihat bahwa tagihan yang ada sudah dikenakan denda keterlambatan. Nominal cicilan seharusnya: Rp8.190.000

Tagihan bulan Agustus 2023:

Karena keterlambatan pembayaran ini disebabkan oleh kelalaian Pak SF dalam melakukan pendaftaran auto-debit, saya pun meminta pertanggung jawaban beliau untuk membayarkan denda tersebut.

Saya mentransfer kepada beliau sejumlah nominal cicilan yang harus saya bayarkan agar beliau dapat membantu membayarkan tagihan + denda saya. Hal ini saya lakukan karena saya tidak dapat melakukan pembayaran dengan nominal cicilan Rp8.190.000 melalui mobile banking.

 

Beliau melakukan pembayaran hanya cicilan pokok saja (tanpa denda) yaitu sebesar Rp8.190.000, saya pun memastikan agar beliau tetap bertanggung jawab atas kelalaian beliau tersebut yang kemudian diarahkan agar dapat melakukan pembayaran manual untuk cicilan berikutnya.

 

Saat ini, mendekati pembayaran cicilan bulan September 2023, saya coba melihat tagihan yang ada dan mendapati bahwa denda keterlambatan saya masih ada dan saya tidak dapat melakukan pembayaran sesuai dengan nominal yang seharusnya.

Dengan surat ini, saya mohon pertanggung jawabannya kepada Pak SF untuk dapat membayarkan denda keterlambatan tersebut yang disebabkan oleh kelalaian beliau dalam melakukan pendaftaran auto-debit sebelumnya.

Terima kasih.

Candra
Jakarta Barat

Catatan redaksi (diperbarui 1/9/2023): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

14 komentar untuk “Kecewa dengan Astra Credit Companies Soal Pembayaran Cicilan

  • 30 Agustus 2023 - (14:46 WIB)
    Permalink

    maaf bukan membela SF, tp SF sudah beritahu bahwa autodebit dilakukan sekitar jam 2-3 sore, bila sampe jam 4 belum terautodebit hub beliau. Autodebet gagal krn belum aktif & TS tidak memberitahu SF. Ini ada unsur kelalaian TS juga

    4
    3
  • 30 Agustus 2023 - (19:35 WIB)
    Permalink

    Anda fokus pada kelalaian orang lain tetapi mengabaikan dengan kelalaian sendiri. seharusnya jika sadar kalau masing2 ada kelalaian, ya dibicarakan saja baik2 antar pribadi sampai ada solusi terbaik bersama, tidak perlu sampai ke MK.

    6
    1
    • 31 Agustus 2023 - (05:11 WIB)
      Permalink

      Hatusnya si SF sdh tau prosedur2nya, kan dati awal mau auto debit hatusnya saat urus berkas sdh di setting autodebit, koq ini ngak di setting, ini kelalalian dia, kejar terus pak, sambangi kantornya kalau perlu dan bicara dgn spvnya, si SF ngaku bisa koq artinya dia cuman bikin memo penghapusan denda dst. Kan dia yg lalai, langsung saja ke kantornya dan kejar si SF

      3
      2
  • 30 Agustus 2023 - (19:38 WIB)
    Permalink

    Aneh orang ini, yang lupa siapa yang di suruh bayar siapa, bayar aja lah gak sampe seratus ribu, hidup bikin ribet amat

    9
    2
    • 30 Agustus 2023 - (20:19 WIB)
      Permalink

      Sepemikiran gan, singkat, padat jelas, nominal nya juga relatif kecil, agak ribet nih penulis

      1
      2
      • 31 Agustus 2023 - (15:49 WIB)
        Permalink

        sdh dibantu proses pencairan cepat,denda 60rb aja minta tanggung jawab sampe ke MK pa 🤦‍♂️ kelalaian sendiri dilimpahkan ke orang ,membagongkan 😆

  • 30 Agustus 2023 - (21:22 WIB)
    Permalink

    Gimana ya…kan dah dibilang klo blm terdebet hubungi dia lgi,ini ga ada dihubungi sampe dah beda hari mlh myalahin org..ya org itu mna tau udh terauto atau belum ga ada info jga dri anda

    2
    0
  • 31 Agustus 2023 - (09:34 WIB)
    Permalink

    Lebih baik dibayar saja, niatkan sebagai sodakoh, insha allah mendapat ganti yang lebih besar.

    3
    1
  • 1 September 2023 - (04:48 WIB)
    Permalink

    Acc memang begitu hitungannya agak bingung.akan tetapi konsepnya kalo berhutang ya dibayar.pastikan tau kapan angsuran pertama jatuh tempo.download aplikasi acc one utk mengetahui kapan akan jatuh tempo dan kapan bisa mulai bayar.jangan sampai transfer ke marketing acc nya.bayar juga bisa melalui tokopedia,blibli,dan mobile banking lainnya

  • 1 September 2023 - (08:41 WIB)
    Permalink

    Halah ribet amat cuma segitu bayar aja bos dr pada lo ribet sendiri, dr pada ngetik panjang lebar kronologi gak sebanding dgn lo byr dendanya. klo saya jadi pihak marketingnya udah pasti tak tombokin selesai urusan segitu rame nya sampe ke media konsumen.

  • 1 September 2023 - (12:09 WIB)
    Permalink

    Ya..bayar saja mas …..cuman 68 rb saja….bukan itu saja mas ben g ribet sampeyan dikemudian hari……itu saja..apalagi anda top up pinjamannya……
    jadi g usah ngotot mas

  • 2 September 2023 - (19:43 WIB)
    Permalink

    Lha itu dari jam 4 sore mpe 11 malam ngapain aja, kalo blm ter autodebet ya bayar sendiri, gitu koq repot.. Itu kan sdh online gak mngkn dobel bayar..
    Tagihan 8jt byr denda 68rb berat amat, jadikan itu pelajaran utk ke depan nya, juga sependapat dgn yg lain : sbg sodaqoh

 Apa Komentar Anda?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Astra Credit Companies Soal Pembayaran Cicilan

oleh Candra dibaca dalam: 2 menit
14