Saran Pengembangan Sistem Tokopedia

Cerita komplain saya ini untuk pihak Tokopedia, tujuannya agar Tokopedia bisa membuat perubahan pada sistemnya menjadi lebih baik. Saya tidak akan mendetailkan toko yang dimaksud, karena kompensasi bukan tujuan utamanya.

Kurang lebih, minggu lalu saya checkout belanjaan kosmetik dari toko official brand tersebut. Belanjaan saya mendapat total promo yang cukup besar, hampir Rp50.000 dalam bentuk GoPay coins, free ongkir, dan diskon Tokopedia.

Ditunggu 3 hari, belanjaan saya masih dalam status proses (belum terkirim), padahal kurang lebih 12 jam lagi akan dibatalkan oleh sistem Tokopedia (karena sudah mencapai batas waktu respons penjual). Pada siang hari itu saya sudah menghubungi CS toko official tersebut, dan dijawab bahwa sedang menunggu kurir. Tapi ternyata sampai malam barang belum dikirim atau ada resi sehingga dibatalkan oleh sistem.

Sangat menjengkelkan. Tengah malam, saya langsung menghubungi CS lagi, dan direspons dengan jawaban standar dan tidak ada solusi dari mereka, padahal belanjaan saya dibatalkan oleh sistem karena toko juga tidak melayani tepat pada waktunya. Kecewa. Karena saya sedikit mengejar jawaban dari mereka, kurang lebih mereka memberikan alasan terlambatnya pemrosesan dari toko itu karena “proses sesuai antrean, sehingga kehabisan waktu dari sistem.”

Oke, saya coba berpikiran positif pada toko tersebut, walaupun saya juga terpikir kemungkinan semacam “diskon yang saya dapat cukup besar, mungkin ada sesuatu karena itu,” hehe. Karena itulah, protes utama saya adalah ke sistem Tokopedia saja. Sebagai pengguna, kejadian seperti ini sangat merugikan.

Solusi bagi pembeli hanya punya 2 pilihan, order ulang (secara MANUAL, mengisi setiap barang satu per satu) atau menarik/menggunakan saldo refund dari akun Tokopedia kita. Semua hal itu “didelegasikan” lagi kepada pembeli, yang sebenarnya bukan “kesalahan” pembeli. Belum lagi promo yang didapatkan di awal belum tentu akan bisa didapatkan lagi saat order ulang.

Maka untuk Tokopedia, beberapa saran yang saya buat untuk peningkatan sistem:

*Seller punya opsi menambah waktu pemrosesan.

*Seller punya opsi untuk MEMBUAT ORDER ULANG bagi pembeli, dan pembeli diberikan tombol konfirmasi untuk menerima.

*Jaminan kompensasi/promo yang sama saat order awal, dst.

Terakhir, saya cukup menghargai respons dan layanan CS toko tersebut (juga sepertinya online 24/7), walaupun tidak selalu membantu.

Mentari
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

6 komentar untuk “Saran Pengembangan Sistem Tokopedia

  • 14 September 2023 - (23:58 WIB)
    Permalink

    Masalah waktu gtu sih tanggung jawab penjual. Penambahan waktu juga kan bisa sudah ada sistemnya, jika tak diminta sama penjual berarti ada faktor kesengajaan.

    Lagian jika sudah lama jualan harusnya mereka juga sudah tau batas waktu.

    Ini kemungkinan barangnya ga ready dan baru dipesan jadi nunggu barangnya datang. 3 hari masih belum terkirim sudah aneh.

    3
    2
    • 15 September 2023 - (05:11 WIB)
      Permalink

      Sepertinya itu sih produk kosong, lagi order tapi Ga yakin bakal datang sesuai tenggat waktu di toped. semestinya info ke pembeli Bukan dicuekin. Seller official tapi kualitas dropshipper.

      2
      1
    • 15 September 2023 - (13:06 WIB)
      Permalink

      Ini mah jelas kesalahan penjual, ga ada sangkut paut dgn sistem tope (bukan bela toped) tp kayanya penjual sengaja membuat batal order penulis. Saya aja pernah begitu, tp saya komolain ke penjial, tanya knapa ga dikirim2, akhirnya mereka ngaku kalau stok tinggal 1 dan ada cacatnya. Aneh kan? Knapa penjual ga kasih tau dr awal, kan mereka tau siapa pembelinya.

      • 15 September 2023 - (13:37 WIB)
        Permalink

        Itu dia… kemungkinan sengaja dibiarkan dgn tujuan pembeli yg membatalkan order jadi mereka ga kena pinalti.

        Klo mau profesional ga ada alasan antri atau apa, karena penjual jg sudah paham cara kerjanya gmn. Klo ga sanggup harusnya tutup toko dulu jgn terima order.

        Ini kan jadinya mengerjakan sesuatu tapi melebihi kapasitas kemampuan.

  • 15 September 2023 - (08:54 WIB)
    Permalink

    Perpanjang waktu proses order ada kok, kebetulan sy seller toped jg. Jd sblm cetak resi, ada pilihan batal, cetak resi, atau perpanjang waktu proses order.

  • 15 September 2023 - (09:09 WIB)
    Permalink

    Kayaknya 3 hari cukup, masa anda minta tambah waktu lagi apalagi sepihak, artinya toko ngak siap jualan kalau 3 hari ngak bisa penuhi permintaan, kalau peak season kayak lebaran mungkin wajar tapi kalau bulan2 biasa ngak adalagi yg namanya tambahan waktu, antara dua, sellernya ngak profesional atau barangnya ngak ready, dia reseller atau lainnya.

 Apa Komentar Anda?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Saran Pengembangan Sistem Tokopedia

oleh Mentariii dibaca dalam: 1 menit
6