Terlambat 41 Hari Kendaraan Ditarik Leasing, Saat Mau Tebus Unit Malah Dipersulit

Saya Arunia Putri, 28 tahun, tinggal di Depok. Saya mengalami keterlambatan pembayaran selama 41 hari, dan ketika itu unit sudah dibawa oleh pihak kolektor lapangan atas nama Erwin. Angsuran saya kurang 5 bulan lagi.

Beberapa hari kemudian, tepatnya tanggal 14 September 2023 malam, saya mendapat rezeki dan berniat menebus unit dengan membayar keterlambatan 2 bulan ke kantor Adira cabang Margonda Depok. Saya mengirim pesan WhatsApp ke Pak Erwin, tetapi tidak ada balasan, hanya dibaca saja.

Pada Jumat, 15 September 2023, orang tua saya pergi ke kantor Adira cabang Margonda dengan niat menebus unit. Namun pihak Adira menolak dan mengatakan bahwa tidak bisa hanya membayar cicilan, harus dilunasi sekitar Rp4,3 juta berserta denda.

Pada hari Sabtu, 16 September 2023, adik dan sepupu saya pergi ke kantor dengan membawa uang pelunasan. Namun lagi-lagi ditolak oleh pihak Adira, dengan alasan sedang ada acara dan nomor sudah diblokir.

Saya hanya ingin menebus unit saya, dan saya sudah mencari dana pelunasan sesuai ketentuan pihak Adira Margonda, tetapi seakan-akan pihak Adira mempersulit.

Arunia Putri
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Terlambat 41 Hari Kendaraan Ditarik Leasing, Saat Mau Tebus Unit Malah Dipersulit”

Menanggapi permohonan Arunia (“Konsumen”), yang disampaikan melalui website mediakonsumen.com (18/09/2023) dengan judul “Terlambat 41 Hari Kendaraan Ditarik Leasing, Saat Mau...
Baca Selengkapnya

49 komentar untuk “Terlambat 41 Hari Kendaraan Ditarik Leasing, Saat Mau Tebus Unit Malah Dipersulit

    • 18 September 2023 - (12:57 WIB)
      Permalink

      Biasanya permainan oknum Adira bekerja sama dengan depkolector….laporin polisi aja

      18
      • 20 September 2023 - (11:29 WIB)
        Permalink

        Itu mah permainan DC sama orang kantor nya
        Itu sudah di back up oleh DC nya dan unit fi jual kembali lagi
        Cuma harus nya pengambilan BPKB kalo gak atas nama yg punya kendaygak bisa tapi ya kembali lagi ke orang kantor nya ya kalo dah amplop yg bicara beda lagi apalagi tinggal 4jutaan lagi waduhh gurihh banget
        Saya aja kmren unit telat 3 bulan angsuran baru bayar 2x karena saya sudah tidak mampu lagi saya kembalikan ke leasing fif dan Dateng kolektor kantor masih dikasih 3 pilihan bayar angsuran yg telat beserta denda unit ditarik atau unit mau dibackup atau dibayarin pribadi oleh kolektornya..
        Kalo yg bayar kolektor nanti data aman dan saya masih dapet dari dya 1.5juta cuma persyaratan BPKB tetep saya yg ambil..
        Padahal tagihan masih 28x total masih 21juta lagi tapi saya masih dapet dwit apalagi ini yg tinggal 4.5juta lagi gurihh bangett..

    • 19 September 2023 - (06:49 WIB)
      Permalink

      Itu permainan dc, makanya jgn sampe kendaraan lepas kunci, klo bisa dipertahanin pertahaninlah. Dan bayar angsuran tepat waktu. Masalahnya klo sudah ditarik dc alamat ga akan balik lg kendaraannya. Banyak dc nakal kerjasama dgn leasing.

      3
      1
    • 19 September 2023 - (20:46 WIB)
      Permalink

      Aku kmrn telat 3 bln ditarik fif dijalan mo bayar 1 bln gak bs 2 bln gak bs akhirnya disuruh bayar 3 bln langsung. Mana motor buat ngojek kan. Nunggak krn hbs kena phk september 2022 lalu keuangan hancur. Kmrn jg nebusnya hari itu jg lama bgt nungguin org gudangnya gila mang mo ambil kuncinya aja nunggu 5 jam. Skrg udh tgl 4 lg. Yg vario tgl 2 bln lg ja blm lunas di wa katanya mo ditarik. Hadehh. Sm ja leasing dimana2 mau lunas ya begitu akal2an nya biar dpt untung unitnya jg. Jahat bgt. Jd bikin kapok.

    • 14 Oktober 2023 - (13:17 WIB)
      Permalink

      Uda permainan itu.
      Mereka tau bener itu tinggl sedikit lagi lunas.4,5 juta lunas.

      Jadi nnti oknum pihak leasing dg DC itu kerja sama dan bagi hasil.
      Mereka lunasin itu motor dpt BPKB nya trus meraka jual lagi di atas uang melunasin tadi.bisa 8 juta bisa d jual 10 juta tergantung unitnya .jd kelebihan itu untung buat mereka.makan uanh harap untuk isi perut anak istri.PARAH.
      jadi buat para konsumen leasing.hati2 dg modus2 org2 yg tidak takut dosa seperti ini.j g di biarkan harus di lawan kapan perlu laporkan.jika anda d zolimi

  • 18 September 2023 - (09:56 WIB)
    Permalink

    Kemungkinan besar unitnya sudah di over-credit atau dijual seken. Ibarat cicilan kredit seperti ongkos sewa pakai. Ini memang resiko kalau unit ditarik tapi terlalu lama nggak ditebus (mis. lewat seminggu).

    • 18 September 2023 - (11:34 WIB)
      Permalink

      Saya juga adira telat 1xlbh 29hr kok aman aja y, semoga jenengan segera selesai mslhnya mbk eman2 kurang 5x..itu kayaknya akal2an mereka deh

      • 18 September 2023 - (22:29 WIB)
        Permalink

        Adira emang begitu
        Apalagi DC lapangan sok arogan,
        Mending di sniper aja itu DC nya sekalian

        4
        1
      • 18 September 2023 - (16:24 WIB)
        Permalink

        Sekedar informasi. 99% saya yakin bahwa motor mbak sudah dijual oleh pihak kolektor. Ini saya jelasin sederhana yah.
        Sisa hutang 700rb x sisa 5 cicilan = 3.500.000
        Harga motor mbak dijual 8.000.000
        Lalu dilunasi hutangnya mbak ke Adira 3.500.000
        Kolektor untung 4.500.000
        Ini hanya ilustrasi ya hehe
        Kalau mau diperpanjang, hubungi saya aja mbak. Mbak pihak yg amat sangat dirugikan karena manipulasi oknum (memang oknum karna biasanya leasing ga tau masalah ini). Semoga ada jalan yah aamiin

        6
        1
      • 18 September 2023 - (11:38 WIB)
        Permalink

        Itulah licik nya leasing,mau untung segunung tnpa memikirkan kreditur.ada aturan nya, telat sebulan dpt peringatan lewat tlp, tlat 2 bln dpt surat peringatan, tlat 3 bulan baru unit bisa ditarik.bawain tentara atau polisi saja mbak

        • 18 September 2023 - (12:23 WIB)
          Permalink

          Laporin aja tuh ke polisi , sama saja uang anda dibawa kabur mereka, kalau unit sudah di lelang gugat aja sampé pengadilan biar diganti unit yg baru

      • 18 September 2023 - (22:32 WIB)
        Permalink

        Sebelum ditarik,
        Mending diajak duel sekalian itu leasing ama DC lapangannya
        Jadi geregetan coba di kampung saya kaya gitu,
        Bisa pulang mampir ICU itu DC

    • 18 September 2023 - (12:48 WIB)
      Permalink

      Kalo sdh dtarik dianggap galbay dan nnasabah pasrah unit dikembalikan ke pihak leasing. Unit udh pindah tangan. Makanya yg ditarik ampe ribut2 ama dc krn bakal kesulitan untuk ambil kembali. Smoga pihak adira msh bijak lihat postingan ini

      • 18 September 2023 - (21:49 WIB)
        Permalink

        Persis yg aku alami. Telat 20 hari langsung di tarik sma Dc. Lalu saat penebusan dipersulit dan harus bayar 5 angsuran ke depan plus denda. Akhir nya aku bayar. Untung unit ku belum di lelang.

  • 18 September 2023 - (11:57 WIB)
    Permalink

    Lapor polisi saja. Gratis kok melapor. Karena uang kita sama dengan di bawa lari itu, karena kita sudah beli motor bukan sewa.

  • 18 September 2023 - (12:06 WIB)
    Permalink

    Kalau sdh ditarik mah susah. Blm tentu unitnya masih ada tuh. Harusnya jgn sampai ditarik apalagi ud mo lunas

    2
    1
  • 18 September 2023 - (12:22 WIB)
    Permalink

    Ya kalo udah ditarik mah susah lah biarpun mau dilunasin juga karena barang diamankan di gudang nya
    Dan malah kalo maksa Nebus nanti ada biaya biaya siluman dari oknum kolektor nya
    Mendingan uangnya dipake buat beli motor seken aja tambah dikit doang dapet tuh

  • 18 September 2023 - (12:31 WIB)
    Permalink

    Kyknya cuma akal2an dr dc lapangan atau leasingnya.motor mbak udah di jual kembali.apalagi udah mau lunas.seharusnya diusahakan jgn sampe ditarik apalagi udah mau lunas.

  • 18 September 2023 - (13:02 WIB)
    Permalink

    Sudah di lelang itu, atau jangan2 sudah dipindah tangan.
    Makanya kenapa kalau mau membeli segala jenis kendaraan itu bagusnya dengan uang cash, kalau setengah2 ujung2nya rugi banget.

    Teman saya banyak yang kena, uang DP dan cicilan semua hangus gak tersisa

    2
    2
  • 18 September 2023 - (13:41 WIB)
    Permalink

    Kayaknya mobilnya sudah di lelang, atau dipindahtangankan oleh oknum leasing, lapor polisi mbak apalagi kalau mbak ada bekingan lebih bagus, secara teori walaupun di lelang mbak kan ada hak karna sdh hampir lunas harusnya biaya lelang menutupi sisa tunggakan.

  • 18 September 2023 - (14:01 WIB)
    Permalink

    Kejamnya leasing ini…masa baru telat 41 hari main tarik aja….mending jauhin saja leasing² jahat ni

  • 18 September 2023 - (14:15 WIB)
    Permalink

    Semoga semua karyawan Adira finance beserta orang orang yg zolim
    Kelak matinya langsung di hempasan
    Ke neraka lapis paling bawah
    #ngeri

    15
  • 18 September 2023 - (16:16 WIB)
    Permalink

    Laporkan penggelapan, pasti adira ngak mau disalahkan alasan oknum padahal walau oknum juga dia kerja sama adira lanjutkan saja mba, laporkan

  • 18 September 2023 - (16:18 WIB)
    Permalink

    Klo ga sampai di kembalikan unitnya.
    Bikin rame aja..
    Bawa polisi biar tuh para preman berkedok perusahaan di amuk..

    • 18 September 2023 - (19:00 WIB)
      Permalink

      Mhon maaf KK mbak lain kali jika KK ada itikad baik buat bayar sisa sangkutan mau DC lapangan ke rumah mau matel mbak pertahankan unit kendaraan nya bicarakan baik” dngan janji kapan mbak mau ngurus sisa unit kekurangan nya soalnya klw sudah di tangan DC antara DC nya melalang klw gak atasan DC nya yg melelang itu juga proses nya lama dan belum tentu unit terjual cepat tpi ttp unit sudah dipihak DC bgaimanpun susah kecuali KK punya pendamping orang yg berpengaruh dibidang kreditur macet lebih aman lgi polisi media kreditur klw udah yg nangain DC pihak lissing sudah tidak bertanggung jwb cmn klw mbak ada itikad baik temui atasan DC nya jngan si Erwin nya datangi kantor Adira cabang yg mbak kredit itu gak usah TLP atau konfirmasi si Erwin yg narik unit mbak langsung temuin atasan si Erwin nya smga bermanfaat silahkan KK coba mudah”an ada jln keluarnya sayang itu tinggal 5 kali lgi kk

  • 18 September 2023 - (17:58 WIB)
    Permalink

    BAKAR AJA KANTOR NYA. BARU 2BLN AJA MAIN TARIK . KALAU MEMANG BENAR2 SUDAH TIDAK MAMPU BAYAR . BARU BOLEH DITARIK. DAN ITU PUN HARUS ATAS PERSETUJUAN 2 BELAH PIHAK.

  • 18 September 2023 - (18:02 WIB)
    Permalink

    jadi bahan sandra itu motornya pastu minta biaya ini itu buat tebus mungkin karna yg kredit cew jadi dikerjain harusnya kalo nunggak msh 1 bln jgn mau ditarik teriak aja maling biar digebukin warga atau bawa ke kantor polisi

  • 18 September 2023 - (18:03 WIB)
    Permalink

    Kadang kadang debt colector juga menipu customer. Pasaran motor kalau dijual cuma laku Rp. 6 juta, disuruh bayar Rp. 10 juta. Hal ini terjadi pada mertua. Saya bilang sama mertua kenapa gak dikasihkan saja unit motornya sekalian, daripada bayar Rp. 10 juta. Mertua menjawab, malu sama tetangga.

  • 18 September 2023 - (21:00 WIB)
    Permalink

    Semoga terselesaikan masalahnya . . Ngomong ngomong kenapa tidak konfirmasi langsung ke pimpinan pusat kantor leasing tersebut. .?

  • 19 September 2023 - (11:12 WIB)
    Permalink

    Laporin si erwin dc nya ke polisi aja biar dia masuk penjara. Jangan ngambil kendaraan ke leasing adira mending leasing yg lain aja

  • 19 September 2023 - (16:04 WIB)
    Permalink

    Daging itu mah…mana sisa angsurannya tinggal dikit pula…yg pasti kalo udah di handel pihak DC sekelas matel…ya alamat susah dah…kecuali Anda punya kenalan head col lising dan head matelnya…karena orang lising sendiri juga ribet kalo motor dah d tangan matel

  • 19 September 2023 - (20:06 WIB)
    Permalink

    Laporin polisi aja mbak, tapi hati hati kalau gk di proses kadang banyak DC yg bermain sama oknum polisi. Kalau gk di proses lapor propam

 Apa Komentar Anda mengenai Adira Finance?

Ada 49 komentar sampai saat ini..

Terlambat 41 Hari Kendaraan Ditarik Leasing, Saat Mau Tebus Unit Malah…

oleh Arunia dibaca dalam: 1 menit
49