Kredivo Score Diturunkan Walaupun Rutin Melakukan Transaksi dan Bayar Angsuran Tepat Waktu

Saya, Anthony Dio Wijaya, telah secara rutin menggunakan Kredivo untuk pembelian barang-barang, baik di marketplace online dan offline dalam kurang lebih 1 tahun terakhir. Selama pemakaian fasilitas Kredivo, saya selalu melakukan pembayaran tepat waktu dan tidak pernah melewati tanggal jatuh tempo angsuran.

Namun tanggal 1 Agustus 2023 lalu, Kredivo Score saya diturunkan oleh pihak Kredivo dari A menjadi B. Walaupun saya rutin bertransaksi menggunakan Kredivo dan selalu membayar angsuran dan tagihan tepat waktu, tidak pernah melewati tanggal jatuh tempo.

Saya kemudian menanyakan CS Kredivo melalui aplikasi live chat. Namun CS tidak dapat memberikan alasan penurunan Kredivo Score tersebut, hanya mengatakan “berdasarkan penilaian tim terkait”.

Penurunan Kredivo Score tersebut menyebabkan saya tidak dapat memakai beberapa fasilitas Kredivo seperti Infinite Card dan Flexi Card. Namun saat itu saya tetap legowo, saya pikir ya sudahlah tidak bisa menggunakan fasilitas-fasilitas tersebut, tapi masih bisa menggunakan fasilitas lainnya.

Walupun dengan pemblokiran beberapa fasilitas tersebut, pada bulan Agustus hingga September 2023 saya tetap rutin bertransaksi menggunakan Kredivo, dan dengan jumlah yang cukup besar, untuk menaikkan level “Kredi Klab” agar saya dapat mendapatkan benefit-benefit-nya.

Per tanggal 31 September 2023, Kredi Klab saya di level 4 “Bintang Olimpiade”. Pada bulan Agustus 2023 hingga September 2023, ini saya juga tetap rutin melunasi angsuran-angsuran dari transaksi di bulan-bulan sebelumnya secara tepat waktu dan tidak melewati tanggal jatuh tempo.

Namun pada tanggal 1 Oktober 2023, saya kaget melihat level Kredi Klab saya oleh Kredivo diturunkan menjadi level 1 “Pemula”, lagi-lagi dengan alasan oleh karena Kredivo Score saya yang tidak A.

Saya merasa sangat kecewa karena seakan-akan pihak Kredivo memancing saya sebagai konsumen untuk menggunakan fasilitasnya secara rutin dengan iming-iming benefit-benefit. Namun di saat pihak Kredivo harus memberikan benefit tersebut kepada saya karena saya telah rutin menggunakan fasilitasnya dan telah rutin melunasi angsuran-angsuran secara tepat waktu, Kredivo memblokir benefit yang seharusnya saya dapat.

Melalui surat pembaca ini saya mengajukan permohonan kepada Kredivo, untuk meninjau kembali penggunaan Kredivo saya, dan agar Kredivo Score saya sepatutnya dapat dikembalikan ke A. Dapat dilihat bahwa saya rutin melakukan transaksi menggunakan Kredivo dan saya tidak pernah melakukan pembayaran angsuran melewati tanggal jatuh tempo, sesuai dengan aturan yang Kredivo tampilkan di halaman cara meningkatkan Kredivo Score.

Atas perhatian dan kerja samanya saya ucapkan terima kasih.

Anthony Dio Wijaya
Surabaya, Jawa Timur


Update (16 Oktober 2023): Surat pembaca di atas kembali mendapat tanggapan dari pihak Kredivo sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Kredivo Score Diturunkan Walaupun Rutin Melakukan Transaksi dan Bayar Angsuran Tepat Waktu”

Terima kasih atas informasi yang Bapak Anthony Dio Wijaya sampaikan di website MediaKonsumen.com pada tanggal 7 Oktober 2023 pada kolom...
Baca Selengkapnya

28 komentar untuk “Kredivo Score Diturunkan Walaupun Rutin Melakukan Transaksi dan Bayar Angsuran Tepat Waktu

  • 7 Oktober 2023 - (18:44 WIB)
    Permalink

    Sama…akun kredivo saya udah level olimpiade turun jd pemula. Aneh emang hahaaa jd kesel..

    • 7 Oktober 2023 - (21:33 WIB)
      Permalink

      uninstall kredivo repot amat, mau ganti nasabah belum tentu bayar tepat waktu atau bertanggung jawab melunasi semua tagihannya..

      9
      1
  • 7 Oktober 2023 - (18:53 WIB)
    Permalink

    Kalau level pemula itu setara PON mungkin ya, diatasnya mungkin ada SEA GAMES, ASIAN GAMES dan lebih tinggi lg ya itu OLIMPIADE. 😀

    1
    2
    • 7 Oktober 2023 - (20:31 WIB)
      Permalink

      Samaaa…parah kredivo, score sy jd b, temenku yg baru pk kredivo malah a score nya…Anehhh..pdhal sll transaksi dan gak prnh telat bayar

    • 12 Oktober 2023 - (12:19 WIB)
      Permalink

      Jangan percaya iklan dan janji manis pinjaman online, karena sesungguhnya pinjaman online hanya akan menyengsarakan termasuk Kredivo dan pay later sejenisnya.

  • 7 Oktober 2023 - (20:19 WIB)
    Permalink

    Kredivo saya hanya telat bebrapa hari trs tidak bisa dipakai lagi meskipun limit kredit masih banyak, saya tanya ke CS katanya todak di blokir, suruh tunggu beberapa hari, samapi 2 minggu pun teteap demikian sehingga saya ambil keputusan bayar kredivo juga suka suka ajaaa, payahhhh kredivo saat ini, jalo udah lunas cicilan sebelumnya mau saya tutup aja , aplikasi Payah pelayanan jelek

    4
    1
  • 7 Oktober 2023 - (20:48 WIB)
    Permalink

    Aku pengguna sudah 2 tahun lebih dan sudah klas premier dan score A tapi minta kenaikan limit gak pernah disetujui. Udah males ngajukan kenaikan limit. Terasa di PHP. 🤣🤣🤣🤣

    • 7 Oktober 2023 - (21:38 WIB)
      Permalink

      Sama kita om.gk prnh telat byr.slalu tpt waktu.rutin gunakan kredivo.skrg udh limit 30 jt dari awal limit 500 rb

      • 8 Oktober 2023 - (14:10 WIB)
        Permalink

        Sama..saya juga bayar nggak pernah telat tau2 diturunkan dari B ke C..bodo amat sih kl saya. Lagian nggak penting2 banget. Udah enough sama kredivo, lunasi semua lalu uninstall..muak banget pokoknya. Sekarang pakai shopee aja lebih rendah bunganya.

  • 7 Oktober 2023 - (21:03 WIB)
    Permalink

    Emang aplikasi dajal kredivo, aku tadi y scor b, gara gara telat bayar sekali dan sekarang sudah lunas, malah sekarang kaya aplikasi mati suri buat belanja lima ribu perak aj g bisa, udah bunganya selangit. Pidah ke Shopee aj lah bunganya jauh lebih murah…

  • 7 Oktober 2023 - (22:36 WIB)
    Permalink

    Saya malah turun jadi C 😁 padahal udah 3th saya premium 30jt gak pernah telat seharipun..tapi ya bodo amat sekarang malah enak paylater yup

    • 8 Oktober 2023 - (02:01 WIB)
      Permalink

      percuma orang indo yg udh pakai model ginian dibilangin gini, udh kya soal perokok aja
      mending diem aja dah kita mah

      3
      1
  • 8 Oktober 2023 - (00:28 WIB)
    Permalink

    sama..sy juga begini..tinggal 1x lg cicilan hbs itu un instal..murahan mana emang bang shope atau kredivo?

    • 8 Oktober 2023 - (22:58 WIB)
      Permalink

      Kredivo lebih murah, klo emg udah ga bisa pake mending tutup aj klo udah ga punya tunggakan, klo hanya unistal ngeri ke hack

  • 8 Oktober 2023 - (02:04 WIB)
    Permalink

    Sama punya sy juga limit gede dipke g bisa ky aplikasi mati ky bangke g bisa digunakan payah

  • 8 Oktober 2023 - (02:56 WIB)
    Permalink

    sama bng, scor ku mlah jd c, beli pulsa 5 rb aja kaga bisa, malah bilang transaksi tidak sah, tapi semenjak di update, kredivo jd g waras kya gtu, kayaknya kredivo udah miskin, dan di ambang kebangkrutan,bner” g waras, yg bner” byar dan tepat waktu, malah di kecewakn, sdangkan yg baru” malah d percaya,🤦🤦🤦🤦.G WARAS.

    • 8 Oktober 2023 - (07:01 WIB)
      Permalink

      Jangan jadi budak rentenir hingga mati, karna amal ibadah akan sia sia jika gak taubat, ingatlah anda gajian hanya cuma bayar riba doank, dimana kualitas hidup yg berkah dan dirahmati, jika anda muslim buanglah semua aplikasi riba itu mumpung blum telat ke alam kubur

  • 8 Oktober 2023 - (21:49 WIB)
    Permalink

    sama banget dg pengalaman saya, udh bertahun2 pke kredivo, utang cicilan udh pd lunas dipercepat malahan ee malah skor diturunin skor dari B ke C, jd pada ilang benefit .. lama2 nyebelin nch aplikasi. sprtinya stlh perpindahan management krdvo dari sblmnya makin ga jls aturan dlm assessment pengguna nya.. hrs nya bisa diliat track record nya ..

  • 9 Oktober 2023 - (05:38 WIB)
    Permalink

    Tanggal 1 Oktober sekitar jam 1 atau 2 malam, Krediklab saya dari level “bintang olimpiade” juga turun jadi “pemula” padahal Kredivo score masih A. Tapi saat siang atau mungkin tanggal 2 Oktober Krediklab saya sudah balik jadi bintang olimpiade lagi.

  • 12 Oktober 2023 - (07:54 WIB)
    Permalink

    Saya juga sama di turunin ke c, biasa buat beli pulsa, bayar bpjs, dan isi token ,ehh pas awal bulan kemaren ada yg jatuh tempo tgl 1 saya bayar, pas saya mau pake lagi malah gak bisa, transaksi tidak sah.. ya udh sisa jatuh tempo yg lain bayarnya jd suka2 ajalah, nunggu ada duit lagi.. masih sisa 400rban bekas buat token,blm saya bayar, kesel tu da, pernah pinjam tunai juga udah lunas, malah skor kredit turun..

 Apa Komentar Anda mengenai Kredivo?

Ada 28 komentar sampai saat ini..

Kredivo Score Diturunkan Walaupun Rutin Melakukan Transaksi dan Bayar …

oleh Anthony dibaca dalam: 2 menit
28