Pembukaan Rekening BRI Secara Online Berbeda dengan Saat Pengambilan Buku Tabungan dan Kartu Debit di Bank BRI

Sebelumnya, terima kasih kepada Media Konsumen yang sudah menayangkan surat saya. Di sini saya akan menyampaikan keluhan saya kepada Pihak Bank BRI terkait “Perbedaan Jenis Rekening Saat Pembukaan Online dan Saat Pengambilan Buku Tabungan Beserta Kartu Debit di Bank BRI Terdekat.”

Untuk kronologinya sebagai berikut:

  • Pada hari Kamis sore, 12 Oktober 2023, saya melakukan pembukaan rekening BRI secara online di situs resmi BRI (https://bukarekening.bri.co.id/digital-saving/info_open). Dan dari beberapa jenis tabungan yang ada, saya memilih membuka Tabungan BRI Britama Pro dengan setoran awal Rp. 100.000, biaya kartu gratis, dan biaya admin bulanan Rp. 6.000. Saya lakukan semua proses step by step hingga pendaftaran dan pembukaan rekening berhasil, dan sudah terdaftar di Brimo juga.
  • Pada hari Jumat pagi, sekitar jam 09.00 WIB, 13 Oktober 2023, saya menuju ke Bank BRI KCP Mojokerto Jl. Bhayangkara Mojokerto untuk melakukan pencetakan Buku Tabungan dan ATM Debit BRI MasterCard. Dikarenakan setelah itu saya akan keluar kota.
  • Pada hari Jumat siang, 13 Oktober 2023, saya mengonfirmasi ke CS Center untuk memastikan bahwa Buku Tabungan dan Kartu Debit saya sesuai dengan apa yang saya pilih saat pembukaan rekening online. Di sana, CS menyampaikan bahwa Buku Tabungan saya adalah Buku Tabungan BRI Britama Regular, yang mana biaya kartu dan biaya administrasi bulanan lebih mahal dibanding BRI Britama Pro yang saya pilih saat pembukaan rekening online (dan sudah berhasil).

Apakah ini pihak BRI memang salah dalam memberikan buku tabungan dan kartu debit? Atau Pihak BRI memang dengan sengaja merubah yang mana awalnya saya membuka rekening online dengan BRI Britama Pro, namun saat pengambilan Buku Tabungan dan Kartu Debit dirubah ke BRI Britama Regular?

Ini pertama kali saya membuka rekening BRI, dan first impression saya di sini cukup buruk.

Prinanda Bintang
Jombang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Pembukaan Rekening BRI Secara Online Berbeda dengan Saat Pengambilan Buku Tabungan dan Kartu Debit di Bank BRI”

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Bank BRI dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak...
Baca Selengkapnya

14 komentar untuk “Pembukaan Rekening BRI Secara Online Berbeda dengan Saat Pengambilan Buku Tabungan dan Kartu Debit di Bank BRI

  • 14 Oktober 2023 - (19:00 WIB)
    Permalink

    Mungkin stock buku tabungan dan kartu debit nya lagi kosong kali kak jadi dikasih yg reguler, menurutku sih gada masalah ya kak klo kakaknya di awal emang buka yg britama pro.

    0
    2
    • 17 Oktober 2023 - (09:59 WIB)
      Permalink

      Selama saat pengambilan buku rekening dan kartu debit saya mendapatkan penjelasan yang jelas dan clear saya tidak ada masalah. Namun disini biaya bulanan saya sedikit naik dikarenakan kartu debit mengikuti kartu debit yang tersedia dan saya tidak mendapat penjelasan tentang hal itu saat pengambilan kartu debit maupun buku tabungan. 🙂
      Dan saya menghubungi CS Pusat informasi yang saya dapat justru membingungkan, saya menanyakan 2 pertanyaan yang sama secara jelas dan detail tapi jawaban yang saya dapat berbeda.

      Namun masalah ini sudah clear dikarenakan sudah mendapat penjelasan dari pihak Bank tentang total biaya bulanan yang sedikit berbeda dengan Britama Pro, dikarenakan ketersediaan jenis kartu debit. 🙂

  • 15 Oktober 2023 - (05:26 WIB)
    Permalink

    Apakah sudah sampai ke kantor cabang, klo sudah langsung minta ganti saja, klo di persulit baru muat di MK

  • 15 Oktober 2023 - (06:41 WIB)
    Permalink

    Sama juga pengalaman saya di bank bni promonya buka rekening online tanpa ribet, proses sudah selesai nomor rekening sudah jadi sudah setor tunai tapi tidak bisa di pakai, ujung2nya nelp ke CS suruh ke cabang, di cabang di buatkan rekening offline tapi nomor rekening sama dapat buku dan kartu atm, biaya bulanan jadi naik. Kayaknya sama semua bank pemerintah hanya gembar gembor buka rekening online ujung2nya urus ke kantor cabang.

    1
    1
    • 17 Oktober 2023 - (09:54 WIB)
      Permalink

      Disini seharusnya pihak Bank menjelaskan kepada nasabanhnya. Entah karena ketersediaan stock kartu debit.
      Biasanya buku tabungan sudah sesuai, namun kartu debit yang kita dapat berbeda (karena ketersediaan stock) dan pasti untuk biaya bulanan juga akan berubah. Disini seharusnya nasabah mendapat penjelasan dari pihak Bank yang bersangkutan. 🙂

    • 17 Oktober 2023 - (09:52 WIB)
      Permalink

      Saat itu saya lagi diluar kota, sehingga saya menanyakan ke CS Pusat.
      Namun setelah mendapat penjelasan dari Pihak BRI, poin yang saya dapat CS Pusat yang terhubung dengan saya saat itu untuk penjelasan tidak clear, dan terkesan tidak begitu paham tentang produk ataupun layanan dari pihak BRI.
      Karena 2 kali saya menanyakan pertanyaan yang saya dan jelas, jawabannya berbeda. 🙂

      • 17 Oktober 2023 - (09:57 WIB)
        Permalink

        Kalo saya kebalikan dr anda pak, daftar yg regular malah jadinya pro 😊🤣🤣.
        Begitulah bank BRI. Di bank lain notmal2 aja.

        • 17 Oktober 2023 - (10:02 WIB)
          Permalink

          Karena ketersediaan kartu biasanyaa Pak, namun buku tabungan seharusnya tetap sama saat pembukaan rekening. 😀 😀
          Ada juga saya lihat yang daftar Britama Pro dapatnya Debit GPN di threads lain. Disinilah pentingnya penjelasan CS kepada nasabah.

          (Kecuali memang nasabah Britama Pro meminta sendiri untuk jenis kartunya, kartu debit jenis black, ataupun silver)

  • 15 Oktober 2023 - (08:02 WIB)
    Permalink

    Ya emang begitu kak, kadang buku sama kartu ATMnya dikasih sesuai yg ada di stok, tapi kan sekarang untuk buku rekening britama pro atau britama X tidak ada tulisan britama Pro/Britama X di bukunya hanya ada tulisan Britama aja, dan itu gak ngaruh ke jenis rekening dan tidak merubah biaya admin juga…

    • 17 Oktober 2023 - (09:49 WIB)
      Permalink

      Menurtut informasi yang saya dapat, Jika anda membuka Britama Pro, namun kartu debit yang anda dapat bukan Britama Pro, Biaya layanan kartu debit pasti berbeda, tergantung kartu debit yang anda dapat, yang seharusnya anda diberi penjelasan saat pengambilan kartu debit. 🙂

  • 16 Oktober 2023 - (15:39 WIB)
    Permalink

    Update 16/Oktober/2023.
    Saya telah dihubungi oleh Pihak BRI dan telah menyampaikan permohonan maaf beserta penjelasan.
    Dan masalah ini sudah clear, ada perbedaan informasi yang saya dapat dari pihak Customer Service Pusat dan Cabang.
    Namun saya sampaikan untuk hal ini informasi yang saya dapat dari CS KCP Mojokerto (tempat saya membuka rekening) sudah jelas dan clear.

    Terima Kasih untuk media konsumen.

  • 16 Oktober 2023 - (18:45 WIB)
    Permalink

    Harusnya ditunggu terdebet biaya admin dulu, agar tidak berapi api mencari kesalahan pihak bank, jelas jelas rek britama pro buku britama reguler tidak mempengaruhi admin, bikin orang lain repot aja

    • 17 Oktober 2023 - (09:47 WIB)
      Permalink

      Ujungnya biaya admin memang berbeda dari Britama Pro, (sedikit lebih mahal dibanding britama Pro)
      Namun saya sudah dapat penjelasan dan permintaan maaf dari Bank BRI, dikarenakan tidak ada penjelasan kepada saya sebagai nasabah saat pengambilan buku tabungan dan kartu debit.

      Yang saya dan nasabah lain butuhkan pasti komunikasi pihak bank yang jelas dan clear. saya juga nasabah di bank lain, dan di bank lain yang saya dapat pasti informasinya jelas dan clear kepada nasabahnya.

      Saya rasa anda jika cerdas dan bijak, paham.
      Semoga anda paham aja ya. 🙂

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BRI?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Pembukaan Rekening BRI Secara Online Berbeda dengan Saat Pengambilan B…

oleh Prinanda Bintang dibaca dalam: 1 menit
14