Penipuan Paket COD

Pada hari Rabu siang, saya dihubungi oleh nomor yang mengaku sebagai kurir ID Express, untuk mengkonfirmasi alamat untuk antar paket. Karena saya merasa gak pesan apa-apa, saya tanya paket dari mana, COD atau tidak, isi paket berupa apa? Orang tersebut menjawab bahwa paket tersebut Non COD dan berisi kemeja.

Kemudian saya konfirmasi patokan alamat saya, karena mungkin itu paket dikirim oleh teman saya sebagai gift. Saya tidak merasa memesan paket, tetapi karena sesuai info dari kurir bahwa paket tersebut Non COD, akhirnya saya izinkan paket tersebut dikirim. Nomor resi: IDE702609832279.

Namun betapa kaget saya, ketika paket diterima oleh ibu saya, ternyata paket tersebut adalah COD seharga Rp70 ribu. Kurir bilang bahwa di aplikasi dia, itu paket COD. Namun setelah dicek, tidak ada informasi mengenai COD/Non COD di label resi. Apa memang pelayanan ID Express gak jelas seperti itu??

Ternyata itu paket dikirimkan oleh seller fraud. Isi paket ternyata mukena bekas, tapi di label paket berisi kemeja. Apa memang ID Express biasa sekongkol dengan fraud seller seperti ini? Waduh harus hati-hati nih sama pelayanannya yang minus kayak gini. Saya komplain baik-baik tapi tidak ditanggapi. Ya udah, diviralkan aja biar gak ada korban lain! Hati-hati ya gaes dengan jasa kirim ini.

Isti Kartika
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

36 komentar untuk “Penipuan Paket COD

  • 14 Oktober 2023 - (09:27 WIB)
    Permalink

    Kena bom COD gini salah satunya adalah kita pernah bikin seller jengkel/marah,nah dia bales tuh pake orderan fiktif dengan mengantongi alamat dan no hp kita.Kemungkinan bakal terima lagi paket ginian tapi pengirim beda.

    9
    7
    • 16 Oktober 2023 - (05:09 WIB)
      Permalink

      sy pernah alami demikian karena sy tdk pernah cod maka sy pesen sm org2 rumah / anggota keluarga kalau ada pesanan olshop apa sj kalau cod jgn diterima, selanjutnya sy laporan ke agen kurir terdekat agar nama seller tsb di black list.

  • 14 Oktober 2023 - (13:12 WIB)
    Permalink

    Ga semua paket cod itu ada tulisan harganya di label boss… Kadang harganya hanya muncul di aplikasi kurir..
    Dan ini jg yg membuat banyak kurir kesel, krn sering kali cod nya lolos, lupa ditagih…

    Nah solusi untuk masalah ini ya gampang.. Jgn beli paket dengan cara cod.. Kan ada shopee pay, ada ovo, ada gopay…. Knp jg hrs cod, padahal anda jg sering ga di rmh….

    12
    8
    • 16 Oktober 2023 - (00:30 WIB)
      Permalink

      inti permasalahan bukan itu. inti permasalahan dari pembicaraan kurir yang menelepon ke korban kalau paket itu non cod. tapi kurir tersebut menagih ke ibunda korban biaya cod 70rb. sebenarnya permasalahan ada di kurirnya karena tidak di tanggapi oleh si jasa pengiriman akhirnya di viralkan oleh korban. Jangan mentang2 kau kerja di ekspedia membela total yang salah. Saya ex korban kurir maling harga paket saya kirim 5 juta. di gondol sm kurirnya. jasa pengiriman saya pakai waktu itu pakai T*K*

      • 16 Oktober 2023 - (10:12 WIB)
        Permalink

        Karena saya kerja dibagian pengiriman, saya paham sebagian besar masalah yg dialami pengiriman, apalagi paket COD.

        Seperti yg saya bilang, ga semua harga COD itu muncul di label krn ada sebagian kecil yg ada di aplikasi kurir. Jadi bisa aja pada saat itu kurir menelepon buyer, yg dia liat itu adalah hanya label di barang, tapi pada saat dia menyerahkan paket, yg dia lihat itu adalah harga yg di aplikasi.

        Nah kemungkinan ini buyer sering menggunakan pembayaran COD, maka krn terbiasa dengan cod, ibu dari buyer ini langsung membayar tanpa bertanya kepada anaknya… Jadi supaya kejadian ini ga berulang, mending pake cara pembayaran selain cod, aman kan

        Mengenai masalah lo pernah dirugikan oleh oknum kurir,itu lain cerita….
        gue juga pernah dirugikan oleh oknum penjual yg kirim barang rusak sehingga hrs gue ganti paketnya senilai harga paket dan buyer yg asal komplen paket ga nyampe padahal dia sendiri yg asal nulis alamat.

        Yg pasti setiap complainan anda adalah kerugian bagi kurir.

        1
        1
  • 14 Oktober 2023 - (14:15 WIB)
    Permalink

    Maaf nih ya, bukannya dari awal TS salah juga ya? Walaupun paket bukan COD tapi kalo nda merasa ada pesanan ya jangan diterima. Kalau merasa itu dari teman, tanyakan lagi nama pengirim nya siapa trus pastikan lagi ada nda “teman” anda yg bernama seperti itu. Karna yg saya temukan hal” begini nda jarang, bahkan saya sendiri pernah terima paket yg pengirimnya nda tau siapa (COD sama non COD), teman/keluarga/saudara juga nda ada yg konfirmasi ada kirim barang, saya bilang langsung ke kurir kalau saya nda menunggu paket apapun, tolong dikembalikan.

    Jangan” TS punya pikiran “saya nda pesan apa apa kok ada paket, ini paket nyasar kah? Bilang kurir juga non COD, ambil aja lah. Lumayan barang gratis”

    24
    4
    • 14 Oktober 2023 - (14:34 WIB)
      Permalink

      ngarep give away malah give ke penipu, kalo dicermati awal orang ketipu memang berharap sesuatu yg FREE misal dpt chat pemenang undian, gift vcr, dll yg berlanjut ke modus penipuan

      15
      2
      • 15 Oktober 2023 - (16:04 WIB)
        Permalink

        Biasa nya oknum pengiriman juga sekongkol dengan seller penipu gitu. Biasanya yg sekongkol itu pegawai input paket nya bukan kurir pengantaran nya. Saya dapat info ini dari kurir di daerah tangerang sana klo memang hal tsb lumrah ada nya. Saya dua kali kena penipuan paket yg pertama 200rb tertera di paket gelang kesehatan, pas dibuka ternyata itu cuma tasbih plastik kecil.

        • 15 Oktober 2023 - (22:02 WIB)
          Permalink

          Kalo cm “katanya” ya jgn lgsg di percaya. Mana ada maling mau ngaku maling. Petugas input itu menginput sesuai dgn paket yg datang. Tar kalo ada yg blg sodara anda di tangkap polisi lgsg percaya gitu?

          • 15 Oktober 2023 - (22:13 WIB)
            Permalink

            Mohon maaf tapi saya sudah pernah kejadian paket palsu ini sudah sampe 3x. Nah darimana seller penipu ini tau data2 alamat pemesan. Klo soal dibandingkan dengan sodara saya ketangkep polisi itu udah beda persoalan ya. Satu lagi, memang petugas input itu menginput sesuai paket datang, tapi mereka juga punya bagian mengetahui data2 penerima paket yang ada di sistem komputer nya. Klo kurir kerja nya memang hanya mengantar saja, untuk database alamat penerima paket mereka kurang lebih tidak ada andil untuk mengetahui nya. Mohon maaf saya juga mantan karyawan front office pengiriman paket JN* selama kurang lebih 5than jadi lebih kurang nya saya mengetahui alur jalan nya paket yg akan dikirim. Mungkin dahulu blm ada sistem cod seperti ini.

        • 15 Oktober 2023 - (22:20 WIB)
          Permalink

          Mana ada petugas input mempunyai data2 konsumen, kalo seller yg jd member baru ada. Ngadi2 anda ini.

          • 16 Oktober 2023 - (08:45 WIB)
            Permalink

            Ya benar kejadian nya persis seperti itu. Nah yg ketiga kali nya kurir konfirmasi ke saya merasa pesan paket tsb tidak. Dan kurir memberitahu ciri2 nomer resi paket bodong. Karena sudah ada puluhan orang tertipu juga. Thx you 🙂

    • 14 Oktober 2023 - (18:36 WIB)
      Permalink

      Mungkin perasaan dia yaa ambil aja lah gak taunya orang serumah yang bayarin😁😁

      5
      1
      • 15 Oktober 2023 - (22:23 WIB)
        Permalink

        Pak, saya sudah berkecimpung di dunia pengiriman paket sudah lama. Komputerisasi itu ada data based pengirim nama dan nomer telepon beserta alamat nama dan nomer telepon penerima. Dan itu bisa dibuka dan diketahui oleh petugas penginputan paket. Yang ngadi2 anda dijelaskan baik2

        • 15 Oktober 2023 - (22:44 WIB)
          Permalink

          Dmna2 paket ya ada detail pengirim dan penerima dan sdh pasti tersimpan di data base (skrg data base ga bisa di simpan lama alias ada waktu sampe data itu hilang karena di reset). Dan lagian, data konsumen pun tdk bisa asal di cari kalo tdk ada nomer resinya. Mgkn anda punya niat ga baik ya sampe2 nyimpan data konsumen yg anda input?

          • 16 Oktober 2023 - (07:45 WIB)
            Permalink

            Astaghfirullah fitnah sekali

        • 15 Oktober 2023 - (22:48 WIB)
          Permalink

          Dan lagian, petugas input data itu tiap hari input paket yg berbeda-beda (kecuali kalo sellernya punya langganan tetap). Dan satu lg, paket dari marketplace itu skrg sdh otomatis dpt nmr resinya, petugas input tinggal tembak kode barcodenya dan selesai. Ngakak

          • 15 Oktober 2023 - (23:03 WIB)
            Permalink

            Halo pak, seperti nya paket yg bermasalah tsb bukan dari market place seperti shopee ataupun Tokopedia. Itu murni langsung dari pengirim dan dikirim kan langsung melewati id ekspress. Coba di lihat resi nya. Jadi kena penipuan cod gini akan lebih mudah kalau seller palsu tsb tidak melalui marketplace. Oke sekian dan terimakasih. Baca telaah dan dimengerti. Saya juga punya pengalaman kena tipu online shop cod ini udah ketiga kali nya. Mungkin pas waktu saya kerja di JNE belom ada sistem cod gini, tapi klo untuk alur input data sampai pengiriman saya paham.

        • 15 Oktober 2023 - (23:17 WIB)
          Permalink

          Bu, walaupun itu bkn resi MP, tp yg namanya petugas itu kerjanya ya input paket yg dia terima. Mau itu paket fraud ataupun bukan (kebanyakan mereka ga tau kalo itu paket fraud) ya tetap di input. Dan dia tdk akan menyimpan data2 konsumen dari paket yg dia input. Diperusahaan ekspedisi itu banyak devisinya, dan hampir semua karyawannya paham itu sistem yg mereka gunakan. Anda bgtu yakin sekali dgn hal tsbt pdhl anda cm tau info tsbt dari org. Jgn2 anda pernah ya memperjualbelikan data konsumen ke org lain?

          • 16 Oktober 2023 - (07:44 WIB)
            Permalink

            Astaghfirullah fitnah sekali anda

        • 16 Oktober 2023 - (08:12 WIB)
          Permalink

          Lah, itu knpa anda lgsg percaya ada yg blg petugas inputnya yg mainin data org? Trus anda semakin kekeuh dgn pendapat anda karena anda mantan front office J*E.

  • 14 Oktober 2023 - (18:39 WIB)
    Permalink

    Sya pernah kejadian kyk gni.paket dr toko orange.ketika kurir Dateng kasih paket dengan nama,alamat dan no TLP sya.tp di app shopee sya dengan akun no tsb gak ad mesen apa2.alhasil sya bicara dengan baik2 dengan kurir dengan memberikan bukti di app dengan no alamat tsb gak memesan apa2.dan berakhir damai dengan paket sya tolak .sampe sekrng sya dengan kurir tsb aman2 aj setiap paket sya selalu dianter.intinya kalo bukan barang kita yang mesen sebaiknya ditolak saja apapun barnag nya.kalo Maslah cod saya sering pake metode cod.dan selalu aman kena emg dari awal gak pernah bikin masalah.kira2 barang dah mau dianter dan kebetulan gak dirumh.bisa minta tolong tetangga dan konfirmasi ke kurir nya minta tolong dikasih ke tetangga sebelah rumah

  • 14 Oktober 2023 - (21:19 WIB)
    Permalink

    Udah tau bukan paketnya malah terima, haduuhh. Klo pun dari teman, kan bisa dilihat pengirim siapa. Beda cerita lagi klo hadiah iphone nyasar, undian iphone nyasar, lumayan nih, mungkin TS berharap gitu kali ya?

    4
    1
  • 14 Oktober 2023 - (21:38 WIB)
    Permalink

    Ini yang disebut mau untung malah buntung…. Berharap dpt kemeja gratis eh jadinya malah beli mukena bekas…..

    2
    1
  • 14 Oktober 2023 - (22:13 WIB)
    Permalink

    Wahh hati-hati guys ini modus baru yg dilakukan oleh seorang Kurir. Klo biasanya kan barang mahal misal, HP Laptop dll di malingin sama si Kurir, nahh ini modus terbaru dri mereka yaitu paketan COD. Hati-hati lohhh guys, klo emng bneran gak pesen paket COD langsung aja tolak. Atau pastiin paketnya dri mana dan untuk siapa. Auto duit banyak ini guys KURIR nya klo dia Terima COD dri konsumen dodol seperti ini terus 😆😂

    1
    3
  • 14 Oktober 2023 - (23:18 WIB)
    Permalink

    sy jg pernah seperti ini..gak serapa si cuma 28 ribu tp tetep gak ikhlas karena merasa ditipu,pernah ada pket dgn nama & alamat lgkp sy kbtulan yg menerima mba rewang,karena wktu itu sy jg merasa ada pesanan jd sy lgsg kasih duit aja suruh bayar,eh gataunya bukan barang yg sy pesan melainkan berisi jambu air 4biji & pengiriman dari jatim,yakali sy di jateng pgn mkn jambu aja hrs jauh2 beli di jatim,lgsg sy wa seller awalnya dia fast respon begitu sy bilang penipu eh lgsg auoto diblokir nomor sy,heran sy seller model begitu udh brp yg dia tipu krna sy cari ig & fb nya juga ada,sy amat heran dpt alamat lgkp & no hp sy darimana karena sy bnr2 tdk memesan di aplikasi jg tdk ada,sy tny anggota kluarga jg tdk ada yg memesan di aplikasi shope,akhirny skrg bgtu ada paket lgsg sy sobek2 data diri sy wktu itu via ekspedisi ante*aja..hati2 jaman skrg segala cara dihalalkan

  • 15 Oktober 2023 - (04:53 WIB)
    Permalink

    Playing victim akhirnya kena jebakan batman, kan kalau cod juga masih bisa di tolak kalau ngak mau terima barang.

  • 15 Oktober 2023 - (09:40 WIB)
    Permalink

    Kebiasaan nya itu paket, kalau COD, gara2 nanya2 di sosial media,. Baik di Facebook, Instagram, maupun langsung di watsaapp, si costumer baru tanya2, langsung di kirim barang tanpa persetujuan costumer atau si penanya maupun si pembeli, jadi si kurir jadi salesman dadakan, yang harus menjual barang tersebut, ke pembeli, jadi kayanya pemaksaan penjual untuk menjual barangnya lewat kurir, dan si kurir pun harus menjual barang tersebut, untuk mencapai target pengantaran, pemaksaan secara halus, lewat kurir, yang kasian si kurir, di gagalkan target tak tercapai, di anter sampai sukses, si pembeli jadi kasian sama kurir, penjualnya enak duduk santai di depan meja kantor,. 🤦🤦🤦 Karena saya pernah kejadian baru nanya barang, malah 2 hari sudah di antar ke rumah, 🤦🤦🤦, si kurir jadi kambing hitam si penjual,. Barang yang di antar tak sesuai, si pembeli jadi rugi, barang tak sesuai si kurir jadi kambing hitam, kalau si kurir mempermainkan barang si penjual, dengan dugaan, menukar isi barang,.

  • 15 Oktober 2023 - (10:58 WIB)
    Permalink

    Sama nih sya jga dapat telpon.bukan WA ya tapi telpon langsung dia tanya nama anak saya tanya no telp nya lalu sayatanya kamu dpt nomer sya dari mana,di jawab ini ada paket pak sudah di bayar tinggal akasih alamat dan nomer telp yg jelas kata dia terus anakku kasih no tel yg sudah g aktif tapi WA masih pungsi dia g mau telpon lagi

    • 15 Oktober 2023 - (13:10 WIB)
      Permalink

      Saya selalu berpesan kepada orang rumah, jgan pernah trima paket dr mana pun, apa lagi jika kita tidak merasa pesan, masih untung cuma paket berupa mukena atau pun kemeja bekas, andai klo TS menerima paket sebuah narkoba, ga sampai 10menit auto datang gerebek, nach kaya gini siapa yg mau disalahkan??
      Berfikir bijak dalam ambil keputusan, jangan sampai merugikan kita atau pun keluarga kita demi barang gratisan yg akhirnya merugikan
      Note: kasus sperti ini pengalaman kawan yg akhirnya berurusan dengan hukum, dan bukan uang kecil untuk menyelesaikannya,
      Saling berbagi agar kita semua terhindar dr masalah yg seharusnya bisa kita hindari
      Salam hangat.

  • 15 Oktober 2023 - (20:30 WIB)
    Permalink

    Udh banyak di sharing di grup wa RT sy, di grup fb, sama di media konsumen. Modus ini kalo sy dtlpn kurir dan ga merasa.. sy tolak. Kalo barang tiba2 dtg minta cod. Kalo ga ngrasa p3sen sekeluarga dicek dlu. Kalo gada mending sy tolak. Klo cod kurir ga pernah maksa, lebih baik kata kurir paket ditolak, tinggal dia retur. Drpd udh dibuka trus ditolak.kurir yg tanggung jawab..

  • 15 Oktober 2023 - (23:31 WIB)
    Permalink

    Kegeeran dapat gift random dari teman. Haree geenee ada teman ngasi hadiah. Teman dari Engkong atau dari Hong Kong.
    Valid banged firasat nya.

  • 16 Oktober 2023 - (09:40 WIB)
    Permalink

    Itu mungkin paket dari orang yang sakit hati karena tahu nomor telepon penerima. Jangan asal menuduh ekspedisi dan kurir, kalau kalah adu bukti nanti buntutnya nggak senikmat sop buntut. Sedari awal TS memang niatnya tak terpuji, AJI MUMPUNG.

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 36 komentar sampai saat ini..

Penipuan Paket COD

oleh Isti dibaca dalam: 1 menit
36