Miris! Tokopedia Care Peraih Banyak Penghargaan Customer Care Tapi Malah Gagal Pahami Masalah Komplain Pelanggan

Pada tanggal 7 Oktober 2023, saya belanja di Tokopedia dengan nomor invoice INV/20231007/MOL/3496674850. Pesanan terkonfirmasi dan dikirim dengan kurir rekomendasi Tokopedia nomor resi TKP01-E1Y5U8J2.

Pesanan tidak saya terima sampai batas estimasi paket harusnya diterima tanggal 14 Oktober 2023. Setelah dilacak, ternyata status barang retur ke penjual. Dalam perjalanan, barang sempat keluar dari Jakarta ke kota Jambi, tetapi dari Jambi kembali lagi ke Jakarta tanpa pernah tiba di kota tujuan Pekanbaru. Akhirnya, saya ajukan komplain ‘belum terima barang’ di aplikasi Tokopedia tanggal 14 Oktober 2023.

Tahap awal komplain berjalan normal. Penjual dikonfirmasi apakah sudah menerima barang retur? Diberikan waktu respons 2 hari, dan langsung direspons bahwa belum menerima. Karena itulah admin Tokopedia memberikan waktu 7 hari kepada kurir untuk proses investigasi internal.

Tanggal 21 Oktober, saat batas waktu kurir habis, tim Tokopedia Care hanya meneruskan info awal dari kurir ke penjual dan pembeli bahwa status barang sudah retur ke penjual, tanpa meminta foto bukti barang diretur. Setelah penjual mengonfirmasi lagi bahwa belum menerima, tim Tokopedia Care kembali memberikan waktu 7 hari kepada kurir untuk investigasi internal lagi.

Terlihat jelas bahwa tim Tokopedia Care tidak paham apa permasalahannya dan tidak melakukan proses investigasi dengan benar. Mereka hanya berfungsi sebagai penerus info saja, tanpa pernah meminta dari pihak kurir rekomendasi Tokopedia.

Tanggal 23 Oktober, tim Tokopedia Care melanjutkan proses klaim dengan memberikan waktu 7 hari untuk investigasi atas jawaban penjual bahwa barang retur tidak diterima oleh penjual. Ada informasi tambahan dari kurir lewat tim Tokopedia Care bahwa pengiriman gagal karena ada barang berbahaya (saya beli pengharum ruangan di toko resmi Tokopedia yang sudah berhasil menjual dan mengirim banyak barang).

Selain itu, jika klaimnya gagal kirim, di tracking jelas terlihat bahwa barang ini sudah pernah keluar dari Jakarta ke Jambi dan kembali lagi ke Jakarta.

Gagal paham masalah sehingga proses investigasi tidak beres dan solusinya pun jadi buang-buang waktu dengan hasil yang tidak jelas. Apakah ini cara kerja layanan yang dibanggakan mendapatkan banyak penghargaan Customer Care?

Rio Charly
Pekanbaru, Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

6 komentar untuk “Miris! Tokopedia Care Peraih Banyak Penghargaan Customer Care Tapi Malah Gagal Pahami Masalah Komplain Pelanggan

  • 25 Oktober 2023 - (12:42 WIB)
    Permalink

    Tokopedia, Shopee, dan Marketplace lain sama saja.

    Kalau shopee batal otomatis pesanan Sampai 4 hari, jika penjual belum menyerahkan pesanan ke kurir. Pengajuan batal pesanan otomatis 24 jam. Sekelas tokopedia emang lemot kalau tindak lanjut laporan, bisa sampai 2 bulan. Hahahaha

    Memang bagi mereka waktu itu “nanti dulu, besok aja, tunggu dulu sampai 7 hari”

  • 25 Oktober 2023 - (16:21 WIB)
    Permalink

    Saya udah dari 2014 berlangganan tokopedia dan alhamdulillah tak pernah mengalami itu, tak pernah barang return dijalan. Klau barang rusak karena pengiriman pernah. Dengan mengirim video kerusakan sya return dan alhamdulillah uang kembali. Setiap taun akun saya selalu antara platinum dan gold saking sering dan besarnya belanja di toped dan selalu aman.

    3
    1
  • 25 Oktober 2023 - (21:24 WIB)
    Permalink

    Wkkwkwkwk yg bilang 2 bln mah lebay banget. Gw langganan udah dari dulu ga pernah komplain Ampe segitunya.

    • 26 Oktober 2023 - (16:06 WIB)
      Permalink

      Kalo fanboy gausah terlalu fanatik, faktanya banyak kasus tokped berlarut2 sampe berbulan2.

  • 26 Oktober 2023 - (05:18 WIB)
    Permalink

    Ngak usah memuji2 setinggi langit langsung saja ke pokok masalahnya, ngak ada nilai tambah kamu memuji mau dapat 1000 penghargaan intinya karna servis bagus tapi ada kegagalan dalam prosesnya itu saja pokoknya.

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia Care?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Miris! Tokopedia Care Peraih Banyak Penghargaan Customer Care Tapi Mal…

oleh Rio dibaca dalam: 1 menit
6