Permohonan Keringanan Penyelesaian Tagihan Kartu Kredit Bank Mega

Saya adalah nasabah kartu kredit Bank Mega dengan nomor 4201-92**-****-1067. Saya sudah menjadi nasabah Bank Mega lebih dari 10 tahun. Kebetulan saat pandemi covid-19, saya terkena dampak pada pekerjaan saya. Sehingga mengakibatkan pembayaran kartu kredit Bank Mega mulai tersendat.

Pada bulan Agustus 2023, saya diinformasikan bahwa saya sudah tidak dapat melakukan pembayaran minimum tiap bulannya. Dikarenakan sudah memasuki macet, akibat bulan sebelumnya pembayaran saya tidak mencapai minimum pembayaran. Saat itu saya diberikan keringanan diskon, tetapi harus saya selesaikan pada bulan itu juga. Saya belum bisa memenuhi persyaratan tersebut, dikarenakan memang saya belum memiliki dana sebesar itu.

Pada bulan September 2023, saya mendatangi kantor penagihan Bank Mega untuk mendapatkan keringanan kembali untuk pembayaran kartu kredit saya. Saya diterima dengan baik oleh pihak penagihan dan kembali diberikan diskon hingga batas waktu di akhir bulan September. Dalam kurun waktu yang diberikan, saya hanya bisa menyetorkan kurang lebih 30% dari total diskon yang telah diberikan.

Akhirnya saya masih diberikan waktu hingga Oktober 2023. Akan tetapi hingga menjelang akhir Oktober saya baru bisa menambah sedikit pembayaran saya dan belum bisa menyelesaikan keseluruhan tagihan saya yang telah diberikan diskon.

Saya meminta untuk penambahan waktu lagi untuk menyelesaikan pembayaran saya secara bertahap. Namun diinformasikan sudah tidak bisa lagi, karena sudah akan masuk ke pihak lain dan harus langsung diselesaikan keseluruhan.

Saya mohon pihak Bank Mega bisa mengabulkan permintaan saya untuk menambah perpanjangan waktu pembayaran saya. Dikarenakan pemasukan saya masih belum terlalu stabil. Namun setiap ada dana, pasti saya akan setorkan untuk pembayaran tagihan saya.

Saya sangat berkeinginan untuk menyelesaikan kewajiban saya, dalam melunasi tunggakan tagihan saya secepatnya. Sehingga dari awal saya pun mendatangi kantor penagihan Bank Mega, karena saya sangat ingin menyelesaikan ini semua.

Demikian surat saya, semoga ada feedback baik dari Bank Mega. Karena saya ada itikad baik untuk menyelesaikan.

Danny Widyarso
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Permohonan Keringanan Penyelesaian Tagihan Kartu Kredit Bank Mega”

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Sehubungan dengan surat yang disampaikan oleh Bapak Danny Widyarso Nugroho di mediakonsumen.com pada Tanggal 27 Oktober...
Baca Selengkapnya

6 komentar untuk “Permohonan Keringanan Penyelesaian Tagihan Kartu Kredit Bank Mega

  • 28 Oktober 2023 - (20:36 WIB)
    Permalink

    Saya punya tagihan di bank cimb niaga dan danamon,macet gara gara pandemi,pihak bank dengan bijak memberikan penawaran cicilan setiap bulan dari saldo pokok ya,tdk ada bunga atau denda,akhirnya saya cicil hingga lunas,dan pembayaran terkahir di kembalikan ke rek saya,dan dibuatkan surat lunas secara otomatis,carilah bank yg bisa diajak bernego dalam hal ini๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ™

    • 31 Oktober 2023 - (17:47 WIB)
      Permalink

      Agustus bayar kurang dari minimum, September udah di diskon bayar kurang dari 30%, Oktober membayar sedit, seterusnya minta perpanjangan
      Udah 3 kali pasti tu bank dilempar ke DC alnya bank kan bukan badan amal, bank pasti cari untung,,,
      Ga ada pihak yg bisa di salahkan,
      Cuman bisa bantu doa gan semoga dapet rejeki terus bisa selesai…

  • 31 Oktober 2023 - (04:29 WIB)
    Permalink

    Kartu kreditnya buaaaanyak guys…resiko kalau macet semua… Kalau bisa jual asset yg ada biar meringankan utangnya.

    1
    1
  • 31 Oktober 2023 - (06:01 WIB)
    Permalink

    Iya coba aja minta penghapusan bunga atau diskon bunga. Kalau untuk pokok memang harus dilunasi (tidak bisa diskon) tapi setau saya bisa nego untuk cicilan lebih ringan. Semoga semuanya lancar yaa

  • 1 November 2023 - (07:09 WIB)
    Permalink

    Saya malah mau nutup kk mega yg blm diaktifin tpi tiap bln kena cas nmbah trs. dtg ke cabang bank mega g bs, kty hrs ke jkrta pusatnya. Akhirnya sy diksih jln tlp diktr bank mega itu. Tp cs nanya bertele2 seakan sengaja bgt biar sy g nutup. Dibilang tar dicek sana sni pdhl sy g ad tagihan pemakaian. Alasan bgt, Smp kesal sy blg sy byr tagihan cas admin, sy g mau bertele2, sy ttp mau nutup. Eh tiba2 tlp terputus. Akhirnya sy pulang tnp hasil. Kesalnya minta ampun. G ada penyelesaian apapun dari bank meganya.

  • 2 November 2023 - (17:54 WIB)
    Permalink

    Halo Pak, ini berbagi pengalaman atau pengetahuan aja ya, mungkin bisa membantu. Kalau dari penjelasan Bapak sebenarnya ada itikad baik untuk melakukan pembayaran dari pihak Bapak walaupun jumlah nya masih belum sesuai karena kondisi keuangan. Apabila memang sudah memberatkan lebih baik ditutup saja kartu kredit nya.

    Jika Bapak bisa lunasin dengan 1 kali bayar biasanya ada diskon besar dari pihak bank, tapi jika tidak sanggup kadang diberikan kemudahan cicil 2-3 bulan. Cara lainnya adalah minta keringanan bayar cicilan per bulan dengan tenor panjang (kekurangan nya tidak ada diskon) , tanyakan berapa cicilan yang tersedia yang sesuai kemampuan Bapak

    Cara diatas kalau hanya punya 1 kartu, kalau 3 kartu dan ada dana lebih bisa coba dilunaskan 1 atau 2 kartu dengan tagihan terkecil sesuai kemampuan dan kartu lainnya dicicil dengan tenor panjang. Kalau saat cicil ada dana lebih bisa dilunasi. Hal ini juga bisa dipakai kalau punya kartu dari bank lain.

    Satu hal yang penting sebelum Bapak mengajukan kesepakatan (win win solution) adalah Bapak harus tahu berapa pengeluaran dan penghasilan bulanan Bapak (harus ada catatannya bukan hanya perkiraan) , jadi Bapak tahu berapa cicilan per bulan yang Bapak sanggup bayar.

    Karena kalau Bapak sudah punya kesepakatan dengan pihak Bank ya harus ditepati karena pegawai banknya pasti ditanya atasannya kalau kesepakatan itu gagal, dan mengurangi kepercayaan pihak bank. Sisi negatif lainnya adalah tagihan Bapak akan bertambah karena bunga berjalan lagi.

 Apa Komentar Anda mengenai permohonan ini?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Permohonan Keringanan Penyelesaian Tagihan Kartu Kredit Bank Mega

oleh dannyso dibaca dalam: 1 menit
6