Kekecewaan Berulang Saat Pembelian XL Prioritas via Online dan e-Commerce

Terima kasih kepada Mediakonsumen.com yang telah menerbitkan surat saya. Mohon kepada XL Axiata untuk menindaklanjuti keluhan saya.

Melalui surat ini saya ingin mengajukan komplain ke XL Axiata, terkait sistem IT mereka. Karena hal ini sudah beberapa kali saya alami dan bukan hanya terjadi ke saya saja. Banyak review jelek yang diterima produk mereka di e-commerce, terkait XL prioritas yang dibeli konsumen tidak bisa aktivasi, tidak ada sinyal dan belum terdaftar di sistem.

Berikut ini adalah kronologi yang saya alami. Pada tanggal 25 Oktober 2023 pukul 15.47, saya membeli XL Prioritas Bronze 3 bulan melalu aplikasi Shopee. Saya baru dapat mengisi form dan pilih nomor pada pukul 17.00. Selesai mengisi form, QR Code eSIM berhasil saya terima melalui email saya pada jam 17.03, masih pada hari yang sama.

Namun kendala terjadi pada malam hari sekitar pukul 20.00. Saat saya akan aktivasi nomor dan scan QR eSIM di ponsel Samsung S22 Ultra saya, ternyata nomor tersebut tidak bisa ditambahkan ke ponsel saya dan tidak terhubung ke XL.

Kemudian saya menghubungi 817 dari nomor XL yang lain untuk mengajukan komplain dan dilayani oleh customer care XL atas nama Ibu Lia. Diinfokan ternyata nomor yang saya beli tersebut 08787777**22 belum terdaftar di sistem mereka. Lah, belum terdaftar kenapa sudah terbit QR-nya?

Akhirnya saya dibuatkan pelaporan dan diinstruksikan untuk mengirimkan screenshot bukti pembelian di Shopee ke email customercare@xl.co.id, dan akan diproses dalam waktu 3×24 jam. Di sini saya keberatan, karena pengalaman kasus sebelumnya, menghabiskan waktu 1 minggu baru selesai.

Dapat saya sampaikan, bahwasanya saya memesan eSIM karena saya butuh untuk segera dipakai. Jika harus menunggu 3×24 jam lebih baik saya pesan USIM. Pesan melalui web XL prioritas ribet, karena pengiriman kartu lama dan susah minta nomor resi pengiriman. Chat ke +62 818-800-055 untuk menanyakan nomor resi selalu ditolak, karena nomor tersebut hanya untuk daftar nomor prioritas.

Intinya semua serba ribet. Hanya daftar saja yang dipermudah dan difasilitasi. Sedangkan setelah daftar, Anda akan merasa seperti anak ayam kehilangan induknya. Berikut ini saya lampirkan bukti pembelian saya melalui Shopee, email terima laporan, screenshot bukti pembelian dari email XL, QR ESIM dan nomor XL Prioritas.

Mohon kepada XL Axiata untuk segera menindaklanjuti masalah saya segera dan ke depannya agar dapat diperbaiki sistem IT-nya, agar hal yang sama tidak terjadi berulang kali. Terima kasih.

Sofian
Kab. Asahan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Kekecewaan Berulang Saat Pembelian XL Prioritas via Online dan e-Commerce”

Jakarta, 6 November 2023 Ref.CM/CU/E/013/1023/MR Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Berikut tanggapan kami atas keluhan Bapak Sofian melalui Media...
Baca Selengkapnya

Satu komentar untuk “Kekecewaan Berulang Saat Pembelian XL Prioritas via Online dan e-Commerce

  • 30 Oktober 2023 - (09:13 WIB)
    Permalink

    Terima kasih saya sampaikan kepada Mediakonsumen.com yang telah menerbitkan keluhan saya, dan XL Axiata yg telah menfollow up masalah saya.

    melalui surat ini saya ingin menyampaikan bahwa per tanggal 28 October 2023 masalah pembelian eSIM XL Prioritas saya telah terselesaikan dengan baik dan XL Prioritas tersebut telah dapat saya gunakan.
    Penyelesaikan pembelian kartu baru tersebut harus menghabiskan waktu 2.5 hari dan 5x telepon ke 817 untuk menyelesaikan kendala saya. padahal saya membeli eSIM dengan maksud agar kartu dapat digunakan hari itu juga.

    kepada XL Axiata agar dapat lebih di tingkatkan lagi system IT dan applikasinya agar kendala yang sama tidak terjadi lagi kedepannya.

    terima kasih. Salam
    Sofian

 Apa Komentar Anda mengenai XL Axiata?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Kekecewaan Berulang Saat Pembelian XL Prioritas via Online dan e-Comme…

oleh Sofian dibaca dalam: 2 menit
1