Isi Paket Berbeda dengan Pesanan

Saya melakukan pemesanan 4 box vitamin kecantikan di Shopee, pada tanggal 20 Oktober 2023. Nomor pemesanan: 231020DNQ9V6A5 dan nomor resi pengiriman J&T: JP4934758363.

Paket sampai pada tanggal 21 Oktober 2023. Yang mengagetkan adalah pada saat saya menerima barang, ukuran paketnya sangat mencurigakan. Saya order 4 box vitamin kecantikan, tetapi yang saya terima paket tipis seperti berisi tissue. Ternyata saat saya buka isinya adalah test pack kehamilan sebanyak 1 pcs. Berikut bukti video unboxing-nya:

Setelah saya komplain ke penjual, konfirmasi dan hasil pengecekan dari penjual, bahwa barang yang dikirim sudah sesuai dengan pesanan. Namun anehnya barang yang sampai ke saya (sebagai pihak pembeli) bisa berbeda. Kemungkinan paket tertukar/ditukar oleh pihak J&T.

Setelah saya komplain kepada pihak Shopee, saat ini proses keluhan dibuat sangat berbelit-belit, seolah kami sebagai pembeli yang salah atau membuat kebohongan. Saya merasa dipersulit dengan adanya permintaan-permintaan dari Shopee dan J&T yang tidak masuk akal, sehingga mempersulit penyelesaian kasus saya. Kecurigaan saya adalah nantinya saya sebagai pembeli yang akan disudutkan dan disalahkan. Padahal dari awal sayalah pihak yang sangat dirugikan.

Melalui surat ini saya ingin menyampaikan kekecewaan saya yang sangat dalam kepada Shopee dan J&T yang tidak ada penyelesaian yang cepat dan tanggap atas kesalahan ini. Mohon bantuan penyelesaian kasus ini. Terima kasih.

Jafit Lie
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

19 komentar untuk “Isi Paket Berbeda dengan Pesanan

  • 29 Oktober 2023 - (11:21 WIB)
    Permalink

    Makanya kak ribet kalau ada yg salah dengan barang yg dikirim dan bisa kalah juga di mediasi,mending kedepan untuk lebih ada masalah beli langsung ke toko

    6
    2
    • 29 Oktober 2023 - (15:48 WIB)
      Permalink

      Kasihkan aja no resinya apa susahnya, yg penting ada bukti jelas Insyallah akan dimenangkan anda, selanjutnya pasti Shopee mnta penjual krim bukti video packing,. Ini bisa tertukar bisa pula sheler manipulasi barangnya

      8
      2
  • 29 Oktober 2023 - (11:22 WIB)
    Permalink

    Belanja online adalah proses dimana konsumen secara langsung membeli barang-barang, jasa, dan lain-lain dari seorang penjual secara interaktif dan real-time tanpa suatu media perantara melalui Internet. Ketika konsumen tidak mendapatkan barang sesuai spesifikasi yang ditawarkan, maka menurut Undang-Undang No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen Pasal 4 huruf H yang berbunyi “hak untuk mendapatkan kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian, apabila barang dan/atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya”.

    Jadi, ketika saudara mendapatkan barang yang tidak sesuai, Saudara berhak menuntut ganti rugi kepada si penjual dengan mengajukan komplain. Jika penjual yang menjual barang tak sesuai spesifikasi tersebut tidak beritikad baik untuk ganti rugi, maka penjual tersebut dapat dipidana penjara paling lama 5 tahun atau pidana denda paling banyak Rp 2.000.000.000,00 (dua miliar rupiah) menurut Pasal 62 ayat (1) Undang-Undang No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

    9
    5
  • 29 Oktober 2023 - (14:51 WIB)
    Permalink

    Wajar saja shopee minta resi karena mereka curiga paket tertukar dgn orderan lain .ikuti aja sesuai permintaan jangan lebay belum apa2 sudah curiga

    6
    2
    • 29 Oktober 2023 - (15:59 WIB)
      Permalink

      Anda yang bilang wajar mungkin belum pernah kena hal yang sama , mudah2 an anda coba kena hal yang sama dan merasakan bagaimana pihak shopee dan expedisi J&T berbelit belit dalam menangani kendala yang dialamai , meminta bukti pengiriman berkali kali dan memntta anda bongkar resi yang sudah tertempel dengan kuat , kalau baru 1-2 hari kami masih sabar , tapi kalau sudah lebih dari 1 minggu ini sudah terlalu bertele tele mengambil sebuah keputusan shopee dan j&t padahal uang sudah kami bayar tapi penyelesaiannya cukup bertele tele. Terima kasih

      16
      • 29 Oktober 2023 - (16:28 WIB)
        Permalink

        Kasus belanja online selesainya ada yg sampai berbulan2 loh untuk refund uang dll mediasi dari market place jadi di sabar2 aja ini resiko jual beli online dan ikutin setiap SOP yg di minta marketplace mudah2an masuk MK bisa lebih cepat selesainya

        4
        3
      • 30 Oktober 2023 - (05:20 WIB)
        Permalink

        Jadi pembeli gini terlalu banyak curigaan, kalau ikut prosedur harusnya anda tetap akan di menangkan shopee hanya ingin memastikan kesalahan di pihak penjual atau expedisi, biar investigasi cepat, kalau di minta memastikan lagi resinya ikuti saja prosesnya kan ngak ribet. Dari pada anda rugi.

        7
        3
    • 29 Oktober 2023 - (18:30 WIB)
      Permalink

      Kwkwkwkw perasaan itu video unboxing ada resinya. Tinggal tekan tombol pause. Wkwkwk jelas kok itu resi di video.

      2
      4
  • 29 Oktober 2023 - (16:48 WIB)
    Permalink

    sedari awal kalo sdh curiga pkt tdk sesuai langsung chat seller/komplen gak usah dibuka dulu kecuali memang disuruh adm Sope

    5
    2
  • 29 Oktober 2023 - (17:22 WIB)
    Permalink

    Untuk pengembalian paket bila tidak sesuai atau rusak di app shopee itu 3 x 24 jam
    Seharusnya kalau ada video unboxing saya buka paket.dan bila paket tidak sesuai.dan langsung dikembalikan pada hari itu juga.proses pengembalian paket pasti langsung kelar.dan saya yakin kak pasti dimenangkan oleh shopee
    Cuma kalo selang beberapa hari atau lewat estimasi pengembalian paket baru kak ajukan pengembalian .pasti orang bertanya “ada apa ini”

    • 29 Oktober 2023 - (18:30 WIB)
      Permalink

      COD cek dulu pak, supaya ga was-was. Kan di SHOPEE sekarang sudah ada tuh fitur COD cek dulu, setiap pengguna SHOPEE dapat melakukan unboxing paket di depan kurir jika tidak sesuai tidak perlu dibayar. Namun Bapak transaksi nya sayang tidak pakai COD cek dulu. Aku do’akan semoga masalah Bapak dapat titik temu dan diselesaikan dengan baik ya

      5
      4
  • 29 Oktober 2023 - (18:32 WIB)
    Permalink

    Kalau toko tidak ada fitur COD cek dulu nya cari toko yang ada fitur COD, aku yakin dan percaya semua pasti aman.

    1
    3
  • 29 Oktober 2023 - (19:02 WIB)
    Permalink

    Ikuti aja yang diminta cs shopee. Kadang ada penjual yang tidak print label hanya di tulis pakai tulisan tangan di kertas kecil. Itu label suruh di buka untuk memastikan mungkin no resi nya beda. Kalau beda berarti admin jnt salah tempel resi. Atau coba di terawang pakai center ada tulisan spidol atau ada kertas kecil di bawah label resi. Itu bukan mempersulit tapi untuk memastikan, bukannya cs tidak percaya. Tapi mereka meng ACC harus ada data.

    5
    3
  • 30 Oktober 2023 - (08:39 WIB)
    Permalink

    Kalo tertukar mah g mungkin sih, no AWB paket sesuai soalnya. Tokonya ini mah yg bermasalah.

    • 30 Oktober 2023 - (13:38 WIB)
      Permalink

      penjual yang salah tempel print label bisa aja ketukar.. ikuti aja prosedur di shopee, aman kok apalagi bukti unboxing sudah jelas.

  • 30 Oktober 2023 - (09:00 WIB)
    Permalink

    Ikutin aja prosedurnya kan bukti2 ud jelas…
    Pembeli gak bisa semaunya.

    Ikutin aturan yg ada hrus sabar, paling cepet 1minggu beres.

    Mau yakin sambil cek lngsung ya belinya offline aja.

    1
    3

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir J&T Express di Shopee?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

Isi Paket Berbeda dengan Pesanan

oleh jafit lie dibaca dalam: 1 menit
19