3 Bulan Transaksi Pembayaran Pajak Tahunan STNK via Aplikasi Signal Tidak Kunjung Selesai

Bermula ketika pajak tahunan STNK motor saya akan habis dan saya sedang stay berada di luar kota domisili, tepatnya 21 Agustus 2023, maka saya mencoba mengurusnya secara online melalui layanan Aplikasi Signal setelah melihat video-video rekomendasi dari YouTube tentang kemudahan mengurus pajak tahunan menggunakan aplikasi tersebut.

Tetapi ternyata tidak semudah dan semulus itu proses ketika saya mengaplikasikannya masalah proses yang macet di 51% (dengan keterangan Pembayaran Anda telah terverifikasi sistem transaksi dalam proses Bapenda) no registrasi transaksi (202308215038964) kode bayar (0830102108230257).

Selama hampir 1 bulan saya sabar menunggu kelanjutan proses 51% ini, sampai akhirnya saya buat pengaduan lewat email ke customer support-nya, dan mereka menyuruh saya cek mutasi rekening saya apakah ada refund (padahal proses 51% di Aplikasi Signal artinya mengatakan Pembayaran Anda telah terverifikasi sistem, transaksi dalam proses Bapenda). Dan saya pun juga telah mendapatkan struk sebagai bukti pembayaran saya berhasil dari pihak bank.

Setelah saya lakukan cek mutasi, ternyata memang benar pembayaran berhasil, tetapi berapa menit kemudian ada pengembalian atau refund (di sini saya tidak bisa mengetahui secara langsung waktu itu karena mbanking saya tidak menggunakan fitur notifikasi transaksi, dan saya jarang cek mutasi rekening). Tetapi di keterangan mutasi selanjutnya, selang kurang lebih 2 minggu, ada keterangan bahwa saldo rekening saya otomatis terdebit sejumlah yang sama dengan tagihan dari aplikasi Signal dan dengan nomor transaksi/kode bayar yang sama dari aplikasi Signal sebelumnya (kode bayar 0830102108230257).

Saya pun membalas kembali pertanyaan dari customer service tersebut sesuai fakta yang saya temukan dan saya sertakan bukti-buktinya.

Dan setelah itu, kekecewaan saya bermula dari sini setelah email terakhir itu (bukti bahwa bahwa pembayaran saya sudah masuk ke pihak mereka) customer service hanya membalas:

Baik Bapak, sebelumnya mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Terkait kendala tersebut saat ini sedang kami bantu tindaklanjuti kepada pihak terkait. Maka mohon ketersediaan Bapak untuk menunggu, jika sudah ada informasi dari pihak terkait akan segera kami informasikan kembali kepada Bapak.

Saya tunggu 4 hari ke depan setelahnya tidak ada kabar apapun ataupun perubahan status progres di aplikasi, saya pun coba bertanya kembali kepada mereka bagaimana kelanjutannya? Tetapi mereka hanya menjawab dengan jawaban template (copy paste dari jawaban sebelumnya, bahkan typo-typo nya pun sama) tanpa memberikan kejelasan kapan akan diselesaikan.

Karena saya sudah lelah menunggu dan serasa hanya seperti dipermainkan dan dianggap remeh sebagai konsumen, saya pun mencoba mendatangi Samsat domisili saya, Depok, dan saya diarahkan ke bagian online, tetapi lagi-lagi kekecewaan yang saya dapatkan.

Mereka mengatakan karena saya bertransaksi melalui aplikasi Signal dan memilih bukti pembayaran pajak STNK nya dikirim ke alamat rumah, maka tunggu saja sampai dikirim, kami tidak bisa dua kali mencetak/print. Kenapa pelayanan pajak di negara ini seperti ini modelnya semua dipersulit?

Setelah kejadian itu, saya kembali mengirim email terakhir kalinya ke bagian customer service sebagai upaya terakhir saya untuk menyelesaikan baik-baik karena jika tidak ada itikad baik, maka saya berniat menulis surat keluhan di media konsumen. Tetapi apa daya, jawaban/balasan yang saya dapatkan lagi-lagi hanya jawaban template, sama seperti sebelumnya, disuruh menunggu tanpa ada kejelasan kapan masalah ini selesai…

Baru pada tanggal 25 September 2023, tanpa ada email balasan atau pemberitahuan tiba-tiba status progres di aplikasi Signal saya berubah menjadi 75% (dengan keterangan Sukses Konfirmasi Bapenda silahkan cek dokumen digital).

Di sini saya coba menahan kembali niat saya untuk menulis keluhan lewat media konsumen, saya berharap progres bisa segera sampai 100%, dan bukti pembayaran pajak saya dikirim ke alamat rumah. Tetapi sampai detik ini, 1 November 2023 (artinya sudah 1 bulan lebih sejak progres terakhir 75%), saya menulis keluhan di media konsumen tidak juga ada penyelesaian atas masalah ini dari pihak Aplikasi Signal dan Bapenda.

Saya berharap itikad baik dari pihak-pihak terkait masalah ini untuk segera menyelesaikan dengan segera. Lembar pengesahan tersebut sangat penting sebagai bukti saya telah melakukan kewajiban saya membayar pajak tahunan STNK, dan juga sebagai bukti untuk syarat pembayaran pajak tahun depan.

Aji K.M.
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

23 komentar untuk “3 Bulan Transaksi Pembayaran Pajak Tahunan STNK via Aplikasi Signal Tidak Kunjung Selesai

  • 2 November 2023 - (17:03 WIB)
    Permalink

    Pertamax. Wih kemarin saya mau bayar aplikasi signal, dan error terus untuk pembayaran. Dan ternyata ada yang muat surat, kesimpulan: saya tidak mau pakai aplikasi signal karena banyak biaya admin gono gini dan ya ini terjadi error terus. Kwkwkw

    • 3 November 2023 - (07:49 WIB)
      Permalink

      Kwkwkw lah, ternyata ada sales signal. Kata-kata template sales signal bilang saya sudah pakai 2 tahun. Kwkwkw kwkwk dan banyak lagi.

  • 2 November 2023 - (19:32 WIB)
    Permalink

    Padahal saya hari Minggu kemarin pake SIGNAL buat bayar pajak motor di kampung.STNK atas nama ibu saya,bayar pake Aplikasi Gopay dan pembayaran berhasil.

  • 3 November 2023 - (07:29 WIB)
    Permalink

    Udah 2 tahun bayar pajak via signal, sementara belum ada kendala cuma emang lama aja prosesnya. Kurleb 7 – 10 hari kerja untuk bukti bayar sampai ke rumah

    • 3 November 2023 - (08:22 WIB)
      Permalink

      Sudah 3 bulan lamanya semenjak saya melakukan transaksi/pengesahan, dan pihak mereka tidak ada yg bisa kasih kejelasan lamanya sampai kapan. Apa ini normal?

  • 3 November 2023 - (07:46 WIB)
    Permalink

    saya juga pakai signal, dan gak ada masalah, hanya lama saja prosesnya, saya juga begitu pantau terus, kalo pending di 75% apa mentok di pengiriman dari posnya ?

    • 3 November 2023 - (08:19 WIB)
      Permalink

      Kan digambar jelas pak, proses 75% itu belum sampai tahap pengiriman. Dan yg mentok di 75% itu sudah sebulan lamanya makanya saya tulis keluhan disini, karena saya tanya ke cs juga cuma dijawab pakai template copy paste jawaban sebelumnya

  • 3 November 2023 - (08:14 WIB)
    Permalink

    Yang sering bermasalah biasanya di pengiriman dari Samsat-nya. Sebelum SIGNAL, dulu ada aplikasi apa sih lupa namanya SAMOLNAS apa ya yg masa-masa COVID. Udah bayar nih, kan katanya nanti STNK dikirim, nyatanya sampe sebulan lebih nggak juga dikirim, akhirnya dateng ke Samsat yang untung lokasinya deket, dibilangnya nggak ada kurir, wah kocak. Kalau untuk SIGNAL sudah 2x bayar pajak tahunan selalu sukses terkirim oleh Pos, tapi memang hanya lembarnya aja sih, yang stiker pengesahan katanya dulu dikasih tapi nggak pernah dapet, jadi mesti datang ke Samsat buat minta cap pengesahan.

    • 3 November 2023 - (10:18 WIB)
      Permalink

      Saya kemarinnya juga sampai datangin Samsat karena jawaban cs aplikasi signal melalui email cuma template copy paste saja dr jawaban sebelumnya, namun pihak samsat cuma bisa menjawab “karena bapak transaksi melalui aplikasi signal dan pilih lembar nya dikirim maka tunggu saja sampai dikirim kami tidak bisa mencetak/print dua kali” saya tanya saya harus tunggu berapa lama tapi mereka gak bisa kasih kejelasan dan itu sudah 1 bulan lebih yang lalu.

      • 4 November 2023 - (16:37 WIB)
        Permalink

        Ada nomor resi kantor pos bisa dilacak pak, atau nggak tanya aja ke kantor pos. Memang sih kalau lokasi samsat dekat lebih baik ambil aja, lebih cepet daripada harus nunggu dikirim dan risiko hilang/tidak sampai. Anggap aja biaya SIGNAL ini sebagai ongkos ngantri bayar langsung di samsat, karena kalau bayar langsung harus bawa cash.

        • 4 November 2023 - (17:32 WIB)
          Permalink

          Anda gak nyimak pak cuma komen aja. Dibaca juga nggak artikel yg saya tulis, komen saya sebelumnya juga gak anda baca. Anda orang Samsat?

          • 4 November 2023 - (18:44 WIB)
            Permalink

            Bebas aja komen di sini, kalau nggak mau dikomentari jangan bikin surat pembaca. Lha ente maunya datang ke samsat minta dicetakin TBPKP padahal sudah milih dikirm ke alamat ente. Ya kocak namanya, ente mau punya 2 lembar TBPKP? Pengalaman ane pake SIGNAL dari Samsat Tangerang kirim ke Bogor aja nggak nyampe 2 hari dokumen nyampe, lha ente yang sewilayah Depok aja nggak nyampe-nyampe, alamat tujuan ente gaib kali.

        • 4 November 2023 - (19:04 WIB)
          Permalink

          Jadi nyolot? Sy nanya biasa aja klo anda orang Samsat? Klo iya silahkan bantu selesaikan masalah saya, gak usah komen gak jelas. Baca pake mata…. 75% itu belom sampe pada pencetakan dan pengiriman. Norak Lo.

          • 4 November 2023 - (19:25 WIB)
            Permalink

            Ane bukan orang samsat ngab. Kalopun iya, ogah ane bantuin, macam kurang kerjaan aja. Itu masalahmu bukan urusanku ngab.

          • 5 November 2023 - (09:16 WIB)
            Permalink

            Suka-suka ane mau komen mau kagak. Ente baru pertama kali nulis surat pembaca di MediaKonsumen ya. Kalo nggak mau dikomentari jangan nulis di sini ji, ente labrak sono polisi datengin langsung samsat depok, berani kagak?

          • 6 November 2023 - (16:29 WIB)
            Permalink

            Woi ji, ane nggak ada masalah tuh pake SIGNAL. Kok ente jangan-jangan nggak tahu cara pakainya kali makanya nggak nyampe-nyampe itu STNK. Belajar dulu sana ya nak.

        • 6 November 2023 - (17:13 WIB)
          Permalink

          Iye dah apa kata bacot lo aja… otak kosong emang cuma bisanya ngomong gak jelas dan ngebully doank, gak salah emang gw bales komen klo lo gak punya otak, gede bacot, dan cuma bisa nyampah dimedsos. Emang fakta semua yg gw omongin.

          • 11 November 2023 - (08:28 WIB)
            Permalink

            Jadi gimana ni ji, masalah ente dah kelar blom? Kocak ni orang remahan rengginang bikin keluhan nggak ada tanggapan. MK payah balasan ane sebelumnya nggak diapprove wkwkwkwk. Liat aja klo komen ini nggak approve artinya MK cuma mihak si TS Aji.

  • 12 November 2023 - (12:05 WIB)
    Permalink

    semoga lekas selesai masalahnya , padahal mau simple malah ribet , buat pelajaran aja , Jujur saja saya mending ke samsat langsung aja untuk bayar , biar tuntas di hari yang sama … Semangatt yaa

 Apa Komentar Anda mengenai Aplikasi Signal?

Ada 23 komentar sampai saat ini..

3 Bulan Transaksi Pembayaran Pajak Tahunan STNK via Aplikasi Signal Ti…

oleh aji dibaca dalam: 3 menit
23