Pelayanan Buruk Gara-gara Gratis Ongkir?

Tanggal 16 Oktober 2023, saya memesan produk sepatu untuk konsumen saya lewat Shopee. Karena lagi promo, saya pakai jasa gratis ongkir J&T Economy, dengan nomor resi: JP8191408092. Sempat ada status pengiriman akan dikirim oleh kurir pada tanggal 30 Oktober 2023. Namun ternyata ada pembatalan oleh kurir pada tanggal yang sama.

Tanggal 31 Oktober 2023, barang itu dikembalikan ke penjualnya. Ironis, karena promo ongkir gratis, pelayanannya sangat buruk. Tolong pihak Shopee untuk lebih selektif memilih pengiriman barang, karena ini mengurangi kredibilitas dari Shopee.

Jeremy Pakan
Kab. Morowali Utara, Sulawesi Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

21 komentar untuk “Pelayanan Buruk Gara-gara Gratis Ongkir?

  • 2 November 2023 - (16:25 WIB)
    Permalink

    Gagal kirim tidak ada hubungannya dengan gratis ongkir (2)

    Logika aja, ada kah yg namanya pihak expedisi mau kirim barang ke pulau lain tanpa ada ongkirnya? Memang namanya “gratis ongkir” di pihak pembeli maupun penjual, tapi di pihak expedisi itu bukan bener bener gratis melainkan ongkir ditanggung pihak e-commerce (dalam hal bpk/ibu/mas/mba/apapun panggilan yg ente mau, yg dimaksud adalah shopee). Kalau masalah pelayanan kurang, mungkin memang begitu. Yg mau membayar lebih mahal di jasa expedisi mereka pasti akan jadi prioritas, expedisi manapun begitu (mau expedisi kecil sampai expedisi besar seperti pengiriman kontainer), tapi perlu diingat saya nda memukul rata semua expedisi begitu, mereka pasti punya SOP masing”

    4
    3
    • 5 November 2023 - (08:34 WIB)
      Permalink

      Bukan itu memang dikembalikan, klo dkirim besoknya kata kata re scejul/kirim ulang besok,saya mantan kurir biasa saya hubungi via WA/by phone bahwa waktu nya gak cukup/cuaca buruk,ini kan lagi masuk musim penghujan

  • 3 November 2023 - (07:41 WIB)
    Permalink

    Gagal kirim banyak penyebabnya. Kebanyakan karena alamat tidak jelas, titik lokasi map tidak sesuai dengan alamat, buyer tidak bisa dihubungi atau tidak ditempat, atau buyer sudah terkenal dikalangan kurir sebagai orang yang “menyebalkan” sehingga di”blacklist” oleh kurir. Paket dikembalikan ke seller jika sudah 3 kali usaha pengiriman gagal. Tidak ada hubungannya dengan gratis ongkir. Catatan buat para buyer. Alamat harus jelas, titik map harus akurat, cantumkan no hp yang bisa dihubungi lewat WhatsApp dan segera direspon jika dihubungi kurir. Dan yang paling penting, buyer bukanlah raja yang selalu benar dan kurir bukanlah kacung.

    12
    1
  • 3 November 2023 - (07:46 WIB)
    Permalink

    Mengenai Ini juga pernah di tanyakan pembeli saya, dia chat ” Kok pengiriman Gagal kak, padahal di rumah 24 jam, ga kemana mana, kok bisa ada status dikirim gagal sampai 3 kali, orangnya bilang butuh barangnya, dan ini tidak hanya dari satu orang saja, Baik J&T COD maupun Shopee express COD juga sama ! Salah satu pembeli ini coba ulang belanja tanpa menggunakan COD, di cek paketnya sampai ke tujuan … Semoga kedepannya Sistem COD semakin baik..

  • 3 November 2023 - (08:13 WIB)
    Permalink

    Jangan salahkan konsumen untuk masalah pengiriman gagal…penyebab No telpon gak aktif alamat gk jelas…gk mungkin konsumen ngasih Alamat gk jelas….kurir kalau sudah kirim ke Alamat konsumen pasti tanya2 ke tetangga…apa betul namanya si.A…..
    Memang Shopee sama jasa pengiriman KINERJANYA BURUK……CARI JASA PEMBELIAN ONLINE LAINYA…

    • 3 November 2023 - (11:59 WIB)
      Permalink

      Kalo anda artis, atau orang terkenal, mungkin banyak tetangga yg kenal bos ku… Tapi banyak dalam kenyataan nya pembeli merasa terkenal tpi ternyata ga terkenal di lingkungan nya.. Jadi paketnya gagal kirim

      Jadi usahakan tulis alamat secara lengkap dengan WA yg aktif…
      Krn percaya deh kurir bakal lebih mendahulukan mengantar yg alamat lengkap dan WA aktif dari pada alamat yg ga jelas atau cuma sepotong 2

      Karena Salah kirim paket itu resiko nya ga sebanding dengan upah mengantar paket yg alamat nya asal2 an atau ga lengkap….

      Hargai paket anda dengan menulis alamat secara lengkap dengan WA yg aktif…

      2
      1
      • 4 November 2023 - (06:47 WIB)
        Permalink

        Gak ada hubungannya gratis ongkir dengan pengiriman gagal, kasih nomor WA yg aktif di alamat tujuan, COD itu hanya di dukung ekspedisi tertentu dan sistem yg menentukan gak bisa dirubah.. Kalo non COD sebelum pesanan diproses penjual kita bisa ganti atau ubah ekspedisi nya, males saya malahan COD harus nyiapin uang tunai, saya lebih suka non COD kalo pas lagi gak dirumah paket bisa ditaruh di dalam pagar.. Lagian pas traking nya gagal kirim kenapa gak langsung telpon agen ekspedisi tersebut atau datengin kantornya kalo memang paket tersebut penting buat anda, saya belanja online pake gratis ongkir di e-commerce apapun bahkan di e-commerce luar negeri pun lancar lancar saja, cantumkan nomor WA yg aktif di alamat, biasanya info kurir nama kurir dan nomor HP kurir akan terkirim di WA

    • 3 November 2023 - (13:52 WIB)
      Permalink

      Shopee express hemat dan J&T ekonomi memang parah. Mana di shopee Ga Bisa dimatikan itu expedisi.

      1
      1
    • 3 November 2023 - (23:35 WIB)
      Permalink

      Jadi kuriri om biar tau kejadian di lapangan seperti apa gk malah bisanya omong kosong

  • 3 November 2023 - (09:41 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami terakhir dengan ekspedisi j&t… Padahal sebelumnya lancar. Via ekspedisi lain semua order sampai.
    Malah saya dapat WA dari j&t untuk ambil paket di gudang karena order COD padahal bukan.
    Maka saya agak males order kalo ekspedisi j&t… Kapok

    • 5 November 2023 - (07:54 WIB)
      Permalink

      kalau saya sih paket besar pun sy angkut, kecuali kalo melebihi kapasitas motor, seperti kemarin ada paket SmartTv 42 inc gk sya bawa karena berisiko tinggi akhirnya sya tlp orangnya suruh ambil ke kantor pakai mobil..ohya kami di Jnt paket isi pensil satu biji pun akan tetap dikirim jadi gak semua kurir J&T buruk ya kerjanya.

  • 4 November 2023 - (04:32 WIB)
    Permalink

    Ini kurirnya yg kurang ajar….Krn sy pernah mengalami hal serupa, Krn tidak hapal jln, gang….dengan berbagai alasan, status shiping pesanan lsg dikembalikan ke seller, sy sempat datangi kantornya, dan sempat ngamuk, dan dijawab enteng, Khan blm byr (cod), pesan ulang lagi ajj, dan jg sy komplain ke CS Shopee hemat, dan hny permohonan maaf, atas ketidaknyamanannya….

  • 4 November 2023 - (08:36 WIB)
    Permalink

    Bukan masalah gratis ongkir sih,,, Mangkanya jangan pilih sistem COD,, gmana susahnya kurir,, udah susah nyari alamat nomor juga susah dihubungi, begitu ketemu sampe barang, malah ngajak ribut ga mau bayar, dah gitu malah nyalahin kurir tentang barangnya. COD Cash Or Duel

    • 4 November 2023 - (12:07 WIB)
      Permalink

      saya cuman kasih saran aja yaa mbak jangan salahkan kurir, saya sebagai kurir J&t kadang kesal klau dihubungi pasti gk diangkat dan biasa cust klau kasih nomor hp sembarangan dan tak terdaftar di WA

      • 5 November 2023 - (07:58 WIB)
        Permalink

        mana gk ada tetangga yg mau nalangin dulu ya bang, mereka hanya nyalahin kurir mereka gak tau keselnya paket sisa banyak karena customer pada gak ada dirumah bahkan minta retur, cekout elit bayar sulit. upppsss… wkwkwk

  • 4 November 2023 - (18:38 WIB)
    Permalink

    Banyak yg senasib kyk nya. Aku jg gt. Sistem COD juga. Brg yg aku order dg ekspedisi JNT SPX biasanya selalu sampai bahkan kurir2 itu hafal bgt rumah aku krn paling bnyak order brg. Yg jd masalah adalah paket dikembalikan ke penjual gara2 paketnya agak besar.kurir SPXnya males anter deh. Lrn paket kecil2 mah selalu sampai. Klo jnt sicepat anter aja paket agak besaran mrk anter kok.jd klo ada yg blg gara2 alamat ga jelas BIG NO!!!!! Alamat sangat sangat jelas. Kurir udah biasa nganter. Jd alasan apalagi knp dibalikin ke penjual???? Ga mau COD. Ga mau anter brg lg. Ga usah buka jasa ekspedisi. Ga perlu monopoli ekpedisi pakai SPX dan mnutup utk ekspedisi lain.

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir J&T Express di Shopee?

Ada 21 komentar sampai saat ini..

Pelayanan Buruk Gara-gara Gratis Ongkir?

oleh Maestro dibaca dalam: <1 menit
21