Pembayaran KSM Mandiri yang Macet Tidak Transparan dan Merugikan Saya

Salam hangat,

Saya memiliki kredit di KSM (Kredit Serbaguna Mandiri) Bank Mandiri, pinjaman Rp157.000.000 dan dicicil 10 tahun sebesar Rp3.140.000 setiap bulannya. Saya telah mencicil selama kurang lebih 15 bulan. Namun sejak tahun 2020 mengalami kemacetan.

Saya bukan tidak mencicil sama sekali, tetapi pembayarannya selalu kurang, karena terdampak covid pada saat itu. Beberapa kali saya mencoba meminta restrukturisasi, tetapi selalu ditolak oleh pihak Bank Mandiri. Dengan alasan tempat saya bekerja harus dinyatakan pailit dulu baru bisa restrukturisasi. Padahal perusahaan tempat saya bekerja masih berjalan

Pada tahun 2021, saya ditelepon oleh pihak kolektor yang mengatakan bahwa saya dapat mencicil hutang pokoknya saja, dengan cara transfer ke GNC Mandiri. Setelah saya cicil selama kurang lebih 1 tahun, akhirnya pada bulan Oktober 2022 sisa utang pokok saya Rp138.597.985.

Namun pada bulan Oktober 2023, sisa utang pokok saya malah bertambah menjadi Rp140.265.984. Padahal setiap bulan (dari Oktober 2022 sampai dengan Oktober 2023), saya setor Rp500.000 – Rp750.000 ke GNC Mandiri. Anehnya lagi, pada awalnya angka hutang pokok terdapat pada tulisan “Saldo sekarang”, tetapi saat ini pindah kebagian “Biaya Lain-lain”. Lalu uang yang saya setor ke GNC Mandiri ke mana? Bahkan bunga berjalan dan denda pun turut bertambah seperti pada gambar yang saya lampirkan. Tentunya hal ini sangat merugikan saya.

Hal ini terjadi setelah akun saya di pegang oleh leader DC yang bernama Pak N***. Sebelumnya akun saya dipegang oleh 2 orang leader DC lain. Pada saat itu hutang pokok saya selalu turun, karena saya terus mencicil. Namun setelah di ganti oleh DC Pak N***, hutang pokoknya malah berubah menjadi biaya lain-lain dan jumlahnya bertambah.

Harapan saya:

  1. Mohon dana yang telah saya setor sejak awal meminjam hingga saat ini agar dapat mengurangi hutang pokok. Karena dari awal pembayaran hingga saat ini total kurang lebih sudah Rp45.000.000.
  2. Mohon agar semua denda dan bunga agar dapat dihapus, karena info dari DC sebelumnya seperti itu. Saya berniat baik untuk menyelesaikan hutang, baik dengan cara mencicil atau pelunasan dipercepat apabila ada dana lebih ke depannya.
  3. Mohon agar diberikan keringanan, karena dari kedua leader DC sebelumnya pernah info, bahwa pelunasan percepatan hutang pokok bisa diberikan potongan (diskon 25% – 35%) dari sisa pokok dan denda serta bunga apa pun dihapus.

Demikian surat dari saya, semoga bisa ada solusi terbaik yang sesuai dengan kemampuan saya.

Salam hormat,

Agus Tarpindo
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Pembayaran KSM Mandiri yang Macet Tidak Transparan dan Merugikan Saya”

Menanggapi pengaduan Bapak Agus Tarpindo melalui mediakonsumen.com pada tanggal 6 November 2023 terkait dengan KSM Mandiri. Pada tanggal 6 Desember...
Baca Selengkapnya

17 komentar untuk “Pembayaran KSM Mandiri yang Macet Tidak Transparan dan Merugikan Saya

  • 6 November 2023 - (09:11 WIB)
    Permalink

    Semoga segera ada solusi.. berkaca dari pinjaman hanya 157juta, tpi total pembayaran ke bank sebesar 300juta, saya harap peminjam bijak jg ke pinjamannya. karena itu bunganya besar sekali.. kalau sekiranya tidak bisa dbayar, segera jual aset yg ada untuk menutupi.. karena sejauh pengalaman saya, kalau bayar bunga saja tidak sanggup, hutang pokok apalagi.. segera bebaskan dari lingkaran setan hutangnya.

    • 6 November 2023 - (20:33 WIB)
      Permalink

      KSM ini kredit tanpa agunan khusus pegawai yang payrollnya Mandiri…
      ga ada hubungannya sama Usaha.

      • 7 November 2023 - (07:46 WIB)
        Permalink

        sepertinya gaji habis hanya utk angsuran, mungkin masih ada pinjaman lain, makanya doi coba minta restruk ke bank..

        besar pasak drpd tiang..

        • 7 November 2023 - (15:39 WIB)
          Permalink

          Sepengalaman saya bunga dan denda akan terus berjalan, karena membayar cicilannya dibawah angsuran yg sudah ditetapkan. Semoga cepat bisa dilunasi. Kalau ada tunggakan gitu, denda dan bungannya akan terus bertambah. Semoga hutangnya cepat lunas dan diberi kemudahan.

          • 9 November 2023 - (07:20 WIB)
            Permalink

            dapet limit pinjaman ratusan juta.
            slip gaji pasti 10an juta lebih…
            kok ga bsa bayar kan autodebit cicilannya pak?

          • 9 November 2023 - (07:30 WIB)
            Permalink

            Izin pak Tito, sejak nov 2019 sy sudah tidak bekerja lagi

  • 6 November 2023 - (13:49 WIB)
    Permalink

    Setahuku, ketentuan nasabah bisa mengajukan program restru Covid yang berlaku April 2020 di semua bank/lembaga keuangan saat mulai pandemi covid 2020 : posisi pinjaman nasabah per tgl 31 Maret 2020 statusnya adalah Lancar (Kolektibilitas 1) alias tidak menunggak.
    Pinjamanmu posisi tgl segitu lancar atau sudah mulai nunggak? Kalau sudah mulai nunggak berarti penyebabnya bukan karena pandemi covid dan gak bisa ikut program restru covid.
    Anda bayar angsuran 3.140.000 yang katanya udah 15x itu ada porsi untuk bayar Pokok & Bunga, bukan semuanya untuk mengurangi Pokok. Kalau pakai bunga Annuitas, paling porsi utk bayar Pokok di awal2 periode pinjaman gak sampai 500 ribu, sisanya porsi untuk bayar bunga dulu yang lebih besar di awal.
    Kalau gak ingin kena beban bunga, sebaiknya pinjam ke saudara dekat, jangan pinjam ke bank/lembaga keuangan.

  • 6 November 2023 - (20:23 WIB)
    Permalink

    SOLUSI JUAL RUMAH & MOBIL SEKARANG JUGA DIMULAI DARI SEKARANG ATAU HUTANG ANDA AKAN MENUMPUK SAMPAI ANAK CUCU MU

    • 7 November 2023 - (08:12 WIB)
      Permalink

      Terima kasih atas sarannya Pak, maaf untuk hutang piutang perbankkan setahu saya ada asuransi, Insha Allah tidak sampai turun menurun. Apalagi saya sudah berniat untuk mencicil hanya saja kemampuannya tidak besar, terima kasih sekali lagi

        • 7 November 2023 - (11:22 WIB)
          Permalink

          Izin Pak Muhammad, terima kasih responnya. Untuk KTA/KSM dari mandiri itu berbasis Payroll (penggajian melalui Bank Mandiri). Sedikit share info, jadi pada saat pengajuan saya masih berstatus karyawan dengan income yang cukup untuk membayar cicilan dan hidup sekeluarga, karena itulah saya mengajukannya. Namun ada kendala yang membuat saya tidak bekerja dan harus berhenti, saat itulah perekonomian keluarga mulai terganggu. Terima kasih, sehat selalu..

        • 7 November 2023 - (19:16 WIB)
          Permalink

          Transfer ke GNC ndk akan mempengaruhi utang, saya prnh dl krn ndk bs angsur normal jd ngangsur semampunya tp ternyata ndk mengurangi hutang malah menambah krn bunga dan denda.

          • 9 November 2023 - (07:28 WIB)
            Permalink

            Mohon izin pak Damris, boleh sy kenal lebih dekat dengan pak Damris kah? Mohon japri nomor kontak ke email saya di tarpindoita@gmail.com

            Saya ingin diskusi perihal pengalaman pak Damris, siapa tau bisa ada pencerahan buat saya. Terima kasih sebelumnya

 Apa Komentar Anda mengenai Kredit Serbaguna Mandiri?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Pembayaran KSM Mandiri yang Macet Tidak Transparan dan Merugikan Saya…

oleh Agus dibaca dalam: 2 menit
17