Bank BRI Memblokir Dana Saya Tanpa Konfirmasi dan Informasi

Terima kasih sebelumnya sudah memuat surat saya. Semoga Bank BRI bisa merespons dan menjelaskan, sekaligus klarifikasi.

Tanggal 18 November 2023, saya mengetahui bahwa di salah satu akun rekening BRI saya ternyata ada hold dana senilai Rp9 juta oleh Bank BRI. Terlihat ada sejumlah saldo yang tidak bisa ditransaksikan untuk transfer maupun transaksi lainya.

Saya adalah agen BRILink yang terdaftar resmi di Bank BRI, dengan TID 262983** dan MID: 600001370293***. Banyak transaksi masuk dan keluar ke akun rekening BRI, dengan tujuan kirim ataupun tarik ATM melalui mesin EDC dan juga aplikasi.

Sebenarnya hold dana bukanlah hal yang awam buat saya, khususnya sebagai agen bank. Namun cara dan tindak lanjutnya yang membingungkan, serta terkesan merugikan, yang saya sesalkan. Awalnya saya menghubungi CS agen BRILink pada tanggal 21 November 2023 melalui telepon bebas pulsa yang disediakan, bermaksud membuat laporan menanyakan kenapa dan solusinya apa? Namun CS call center tidak bisa menjelaskan, karena tidak punya kewenangan dan data, serta hanya menanyakan apakah saya punya pinjaman di bank BRI. Kemudian CS menyarankan saya untuk menanyakan ke cabang terkait.

Tanggal 22, pas kebetulan petugas yang biasa handle pinjaman menghubungi saya, sekaligus saya tanyakan. Bukti percakapan terlampir:

Intinya cabang Bank BRI yang ada pinjaman menyampaikan tidak melakukan pemblokiran dana saya, dan menginformasikan bahwa yang memblokir adalah Bank BRI unit Cengkareng. Kemudian saya mencoba telepon call center Bank BRI di nomor 14017. Jawaban yang saya dapatkan, petugas call center meminta menanyakan ke cabang pembuka rekening. Lalu saya minta tolong ke petugas agen BRILink (PAB) selaku pendamping kami dan diinformasikan sama.

Saya menghubungi call center Bank BRI lagi, dibantu oleh CS bernama W***** dan saya rekam sebagai bukti tindakan yang saya lakukan. Jawaban yang didapat tetap sama.

Saya inisiatif membuka data transaksi di tempat usaha saya (kebetulan kami menggunakan sistem pencatatan, jadi semua transaksi terekam). Apakah ada riwayat penarikan dana sejumlah Rp9 juta, pada bulan November, Oktober, September, kami search untuk nama yang disebu, tapi tidak ditemukan. Jika diblokir sebesar cicilan saya juga tidak mungkin, karena besar cicilan saya ke Bank BRI sebesar Rp13 jutaan per bulan.

Yang menjadikan saya bingung dan kesal, kenapa BRI memblokir dana tanpa konfirmasi dan informasi? Hal ini memosisikan saya jadi korban penanganan Bank BRI yang terkesan semaunya. Saya justru diminta aktif bertanya sana-sini, bahkan diarahkan untuk cari informasi ke unit yang memblokir. Dipikir logika saja, alamat saya di luar daerah dari Bank BRI yang memblokir, artinya saya harus meluangkan waktu, biaya, pikiran dll.

Apakah tidak seharusnya pihak bank BRI atau pihak berwajib (polisi) yang lebih aktif mencari informasi kebenaran jika memang ada laporan korban yang dirugikan? Jika saya tidak inisiatif cari informasi, mau sampai kapan uang saya ditahan? Selanjutnya siapa yang akan rugi? Siapa yang jadi korban?

Saya bangga dan senang jika Bank BRI berniat untuk membantu nasabahnya yang mungkin menjadi korban kejahatan. Namun ya tidak dengan begini caranya, dengan didiamkan malah nambah orang lain yang dirugikan. Modal Rp9 juta untuk saya sebagai agen BRILink bisa menghasilkan berapa rupiah, kali transaksi dalam sehari, dikalikan berapa hari dana saya ditahan.

Saya akan siap bantu jelaskan sejelas-jelasnya jika diminta, tapi jangan saya direpotkan dan ikut dikorbankan dalam masalah ini. Saya menunggu kabar investigasi baik dari unit Bank BRI yang hold dana saya ataupun pihak berwajib yang ditugaskan mengusut perkara ini

Atas perhatian dan dimuatnya surat saya ini, saya ucapkan terima kasih.

Tri Winarno
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank BRI:
[Total:27    Rata-Rata: 2.3/5]
Tanggapan perihal “Bank BRI Memblokir Dana Saya Tanpa Konfirmasi dan Informasi”

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Bank BRI dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak...
Baca Selengkapnya

12 komentar untuk “Bank BRI Memblokir Dana Saya Tanpa Konfirmasi dan Informasi

  • 26 November 2023 - (08:56 WIB)
    Permalink

    Daripada ke medkon, lebih baik coba minta bantuan dari kantor bri tempat ngajuin pinjamannya pak supaya bisa dihubungkan ke kantor BRI yg hold dananya. Mungkin bisa jelas solusi dan alasan pemblokirannya. Semoga segera ada titik terang ya

    1
    7
    • 26 November 2023 - (10:21 WIB)
      Permalink

      Terimakasih sarannya, hanya tidak fair saja jikalau kita yang tidak tau duduk permasalahanya diminta aktif kesana kemari, saya sudah mencoba menghubungi petugas bank BRI cabang pinjaman maupun cabang pembuka namun informasinya tidak mengena
      Jikalaupun butuh informasi dibicarakan saya siap memberi keterangan, namun caranya
      Seyogyanya pihak nasabah atau bank BRI yang ingin membantu lebih aktif untuk kejelasannya
      Saya menuunggu

      7
      2
    • 26 November 2023 - (10:30 WIB)
      Permalink

      Turut prihatin atas kejadian tersebut yg sedang menimpa ke BPK.. baiknya jika sudah dicoba komunikasi oleh pihak bank melalui tingkatan paling awal, dr calon center, melalui pab, dan media konsumen. Baiknya lanjut ke cabang terkait lalu naik eskalasi ke kanwil Jakarta 3. Jika memang mentok dan blm ada solusi yg fair. Maka naik ke BRI pusat yg ada di jakarta. Smoga bisa bantu atas solusi saat ini…

      2
      3
  • 26 November 2023 - (23:08 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah sudah ada petugas yang menghubungi dan siyap akan membantu menyelesaikan permasalahan saya
    Terimakasih media konsumen, terimaksih bank BRI

  • 27 November 2023 - (17:49 WIB)
    Permalink

    Nih kejadian kaya gw beberapa waktu lalu di salah satu bank swasta ada org salah trf ke rek gw karen katanya reknya beda tipis…eh maen langsung blokir aja itu bank ga ada konfirmasi apapun dulu atau tlp,wa,sms dll….Org lain yg salah gw yg kena…pertanyaannya gimana jika saat itu saya sedang dalam keadaan darurat???

    • 29 November 2023 - (08:18 WIB)
      Permalink

      bukannya bank gak bisa main sepihak blokir transfer yaa pak, karena banyak yang salah transfer , sduah disertakan laporan polisi namun bank tidak bisa memblokir rek tsb tanpa ada putusan pengadilan atau pihak berwajib (kasus besar)

    • 29 November 2023 - (14:59 WIB)
      Permalink

      Blokir dana mungkin ada beberapa macamnya pak
      – Blokir karena punya pinjaman
      – Blokir sementara karena dicurigai ada terkait masalah kejahatan
      – Blokir permanen/bekukan karena memang dana bermasalah

      Ini merupakan penafsiran saya saja kurang paham yang sebenernya

      Mungkin yang komen dibawah saya bisa menjelaskan detailnya

  • 28 November 2023 - (08:04 WIB)
    Permalink

    Senin pagi 2 petugas perwakilan unit BRI Cengkareng sudah mendatangi kantor saya untuk menyampaikan permintaan maaf dan dana saya yang terblokir sudah dibuka.

    Masalah blokir dana berarti sudah terselesaikan

    Meskipun kurang puas sebenernya karena belom mendapatkan informasi dan alasan yang reliable langsung dari petugas yang memblokir dana saya

    Terimakasih untuk media konsumen tolong ditutup, case closed

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BRI?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Bank BRI Memblokir Dana Saya Tanpa Konfirmasi dan Informasi

oleh Tri dibaca dalam: 2 menit
12