Shopee Memblokir Akun dan Memotong Dana Hasil Penjualan

Sebelumnya saya sampaikan terima kasih kepada tim Media Konsumen, yang telah memuat tulisan Saya ini. Saya sebagai penjual kecewa dengan Shopee.

Pada tanggal 30 Oktober 2023 akun Shopee saya diblokir dengan dalih kejanggalan aktivitas akun pada beberapa pesanan. Padahal saya melakukan penjualan seperti biasanya, yang mana ada pembeli yang membeli dan memesan barang. Kemudian saya melakukan pengaturan pengiriman dan melakukan proses pengiriman, serta tidak ada keluhan dari pembeli atas produk yang saya kirimkan.

Saya pun tidak melakukan apa itu istilahnya yang dinamakan gestun, karena pembayaran yang dilakukan adalah secara tunai. Akibat dari hal tersebut, saya tidak dapat mengakses akun Shopee saya. Padahal di akun saya masih terdapat beberapa pesanan yang masih berjalan. Meskipun keanggotaan atau membership dari akun Shopee saya sudah Platinum/Premium, tetapi percuma. Ternyata meskipun kita loyal di Shopee, tetapi Shopee dengan mudahnya memblokir tanpa mempertimbangkan loyalitas.

Selanjutnya sesuai dengan informasi dari berbagai sumber, saya mengajukan pemulihan akun. Setelah itu akun saya dapat diakses kembali, meskipun tidak dapat lagi berjualan dan berbelanja. Saya juga tidak dapat menarik sepenuhnya dana dari hasil penjualan. Saya hanya bisa menarik sebagian, karena sebagian dana saya ditahan.

Dana hasil penjualan (Saldo Penjual) saya ditahan kurang lebih Rp1,6 juta dan tidak dapat dilakukan penarikan. Saya sudah berupaya untuk mengajukan agar dana saya dapat ditarik sepenuhnya. Namun hal tersebut nihil dan tidak ada penanganan lebih lanjut.

Parahnya lagi, saat ini ada keluhan dari pembeli saya, bahwa pesanannya dengan nomor 231015035M75PV terbatalkan atau dikembalikan oleh jasa kirim. Saya sebagai penjual pun belum menerima barangnya yang dikembalikan tersebut, meskipun status dari jasa kirimnya sudah dikembalikan.

Faktanya, Shopee tidak mengembalikan dana dari pesanan yang telah terbatalkan tersebut, senilai kurang lebih Rp1,6 juta kepada pembeli. Meskipun pembeli tidak sengaja telah menyelesaikan pesanan dan katanya dana telah dilepaskan kepada saya sebagai penjual. Namun pada dasarnya dana penjualan saya telah dipotong atau disesuaikan oleh Shopee senilai Rp1,6 juta. Pihak Shopee malah lepas tangan, seolah saya sebagai penjual yang harus mengembalikan dana pelanggan saya.

Saya mendapatkan informasi dari pihak pembeli, bahwa pembeli kabarnya telah berkali-kali melakukan komplain ke pihak Shopee. Namun komplain tersebut ditutup secara sepihak CS Shopee dengan nickname Romeo, sekalipun itu komplain keras. Pembeli pun komplain kembali dan jawabannya tetap sama. Yang pada intinya Shopee lepas tangan dan menyarankan pembeli untuk melakukan kesepakatan dengan saya sebagai penjual.

Sampai kapan pun tidak akan ada kesepakatan jika seperti ini, karena saya sebagai penjual merasa dana hasil penjualan saya sudah dipotong atau disesuaikan oleh Shopee. Saldo penjualan Saya sudah menjadi 0, bukan karena berhasil ditarik oleh saya sebagai penjual, melainkan dipotong atau disesuaikan oleh Shopee.

Sejak banyaknya berita PHK masal di Shopee, dan banyak CS yang diambil alih pihak ketiga (yayasan atau OS), banyak rekrut CS baru di kabupaten/kota dengan UMK minimal. Sehingga kualitas pelayanan CS Shopee dan SOP-nya menjadi memburuk. Jawaban dan solusinya cenderung seperti robot dan tidak solutif.

Sementara itu, Shopee bisa mengadakan program penjualan HP pPhone yang harganya puluhan juta dan mobil yang harganya ratusan juta menjadi hanya seharga beli bakso semangkuk (Rp10.000 atau Rp11.000). Namun Shopee malah tega memotong dana hasil penjualan dari penjual dan member-nya.

Belum lagi banyak potongan-potongan lainnya di Shopee, seperti biaya admin saat menjadi star/star+ dan atau Mall seller. Potongan juga jika penjual terdaftar menjadi seller Gratis Ongkir Xtra, potongan jika penjual terdaftar seller Cashback Xtra. Bahkan, penjual yang tidak ingin terkena potongan itu semua pun tetap dikenakan potongan biaya admin dari Saldo Penjualannya jika penjualannya lebih dari 50 pesanan sejak bergabung di Shopee.

Harapan saya dengan dimuatnya tulisan ini, tolong kembalikan dana pembelian dari pembeli/pelanggan saya yang pesanannya dibatalkan jasa kirim. Shopee jangan lepas tangan. Dana penjualan Saya sudah dipotong oleh Shopee. Silakan teruskan atau kembalikan kepada pembeli yang pesanannya terbatalkan.

Saya tidak berharap lagi tentang dana penjualan saya, meskipun barang yang terbatalkan belum saya terima kembali. Namun setidaknya pembeli saya menerima kembali haknya atas pesanan yang terbatalkan tersebut dari saldo penjualan yang telah dipotong Shopee. Demikian keluhan yang dapat saya sampaikan kepada tim Media Konsumen, mengingat tidak ada penyelesaian lebih lanjut dari CS Shopee.

Mia Nihayatun Nisa
Kab. Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Jualan online di Shopee:
[Total:60    Rata-Rata: 2.4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

51 komentar untuk “Shopee Memblokir Akun dan Memotong Dana Hasil Penjualan

  • 27 November 2023 - (08:55 WIB)
    Permalink

    Nama tokonya di blur. Kenapa ya kebanyakan yg nulis di mk masalah marketplace tidak berani menyebut nama tokonya? Bukankah dengan menuliskan dengan jelas tokonya itu malah bisa untuk promosi? ๐Ÿ˜€

    4
    3
    • 27 November 2023 - (10:05 WIB)
      Permalink

      Terima kasih atas ketertarikannya Mas. Hanya saja Saya berfikir kembali untuk berjualan di Shopee. Banyak sekali biaya admin dan potongan-potongan sesuai yg Saya sampaikan pada tulisan Saya.

      3
      3
      • 27 November 2023 - (11:28 WIB)
        Permalink

        Memangnya ditempat lain tidak ada potongan? Kalau begitu tutup saja jualan ditempat lain yg tidak ada biaya potongannya ๐Ÿ˜€

        2
        5
        • 30 November 2023 - (09:41 WIB)
          Permalink

          Terima kasih saran dan masukkannya Mas. Saya sudah mendapat inspirasi usaha baru, budidaya jamur dan ternak lele.

          • 30 November 2023 - (16:47 WIB)
            Permalink

            Ketara seller curang , pembohong

          • 4 Desember 2023 - (03:04 WIB)
            Permalink

            @Andreas: Saya hanya menjawab dan menjelaskan kronologi. Kalaupun tidak percaya, itu urusan Anda, bukan urusan Saya. Saya cukup mendo’akan semoga UMK Solo, Yogya, Magelang, Semarang dsk. bisa setara dgn UMK Ibukota sehingga tidak ada kesenjangan antara karyawan di Ibukota dgn yg d luar Ibukota.

      • 27 November 2023 - (19:48 WIB)
        Permalink

        Ga papalah banyak biaya karena saya sudah naikkan harganya sesuai margin biaya layanan, jadi sebenarnya pembeli yg bayar semuanya

        • 30 November 2023 - (09:43 WIB)
          Permalink

          Ya itu pun salah satu cara untuk menutupi biaya dan potongan admin Mas. Namun kita pun perlu mempertimbangkan bahwa jualan d marketplace terdapat persaingan harga.

      • 29 November 2023 - (23:06 WIB)
        Permalink

        Di mana2 kebanyakan kalo Jualan ya jelas ada biayanya, itu masih untung harus 50x pesanan baru ada admin, ente jualan di offline pun harus nyewa tempat, di grab dan gojek aja buka warung ada admin juga, jualan di rumah pun juga bayar, lah itu tanah dan bangunan yg di pake jualan apa gak dr uang?

        • 30 November 2023 - (09:44 WIB)
          Permalink

          Alhamdulillah Saya sudah menemukan perbandingan yg lebih baik. Bjaya admin yg lebih ringan. Total free admin yg bisa sampai 100x pesanan. Yg pastinya bukan d Shopee.

      • 30 November 2023 - (09:43 WIB)
        Permalink

        Ya betul, memang tokonya sudah dibatasi oleh Shopee dgn tuduhannya.

  • 27 November 2023 - (13:38 WIB)
    Permalink

    resiko jualan di lapak orang lain,lebih baik anda hanya promosi,sarankan pembeli agar menggunakan cod ,dan kayak saudara gw buka toko offline tapi bnyk customer dan hanya menggunakan paltform untuk iklan saja ,arahkan Calon pembeli ke cod atau di toko offline anda ,atau menggunakan jasa kirim yg terpercaya

  • 27 November 2023 - (13:55 WIB)
    Permalink

    apa yg beli pake vcr sope video ? kalo iya mungkin penyebabnya, sy pun coba pake vcr itu tp casbek tdk cair karna bkn seler yg buat videonya

  • 27 November 2023 - (18:49 WIB)
    Permalink

    Akun anda ada indikasi kecurangan itu di sistem shopee.entah main cashback atau gestun.kalau jualan normal2 aja gk mungkin di blok.

    • 28 November 2023 - (21:29 WIB)
      Permalink

      Banyak yg jualan normal keblok kak. Karena kedeteksi area kayaknya. Padahal pembeli real

    • 29 November 2023 - (22:51 WIB)
      Permalink

      Saya jadi curiga kalo pembeli itu kenalan nya atau akun dia sendiri, karena kalo penjual ngapain ngurusin dana pembeli sampe lapor ke MK? Kenapa gak pembeli sendiri aja yg lapor?

      • 30 November 2023 - (09:50 WIB)
        Permalink

        1. Wujud kepedulian kepada customer
        2. Pembeli pribadi sudah komplain k Shopee
        3. Jika Sdra/i CS Shopee, selamat atas pencapaian CSAT nya ya.

        2
        1
  • 28 November 2023 - (01:18 WIB)
    Permalink

    Sekarang emang ngeri kalo jualan lewat marketplace… Kalo ada apa2 komplainnya sulit apalagi kalo soal saldo penjualan yang ditahan karena betul kata ts yang jawab rata2 bot, dan sekalipun cs beneran yg jawab, jawabannya kadang ngaco…

    • 30 November 2023 - (09:52 WIB)
      Permalink

      Untuk terhubung dgn CS Shopee melalui fitur Chat pun sekarang musti ngaler-ngidul dulu. Haru pilih sub menu ini-itu dulu. Baru deh bisa terhubung. Setelah terhubung, jawabannya template banget, tdk memuaskan, dan kaku. Belum lagi kalau customer nunggu jawaban, tiba-tiba malah diakhiri sepihak chat nya, mulai lagi dari awal deh menjelaskan kronologi/ kendalanya.

    • 30 November 2023 - (09:53 WIB)
      Permalink

      Terima kasih atas tuduhannya. Selamat atas pencapaian CSAT nya.

  • 28 November 2023 - (06:48 WIB)
    Permalink

    Cara merampok sope kpd seller ya bgtu…..sope bermasalah tp byk yg msh gunakan itu sope….sope kan untung trilyunan krn salah 1 caranya bgtu NGERAMPOK seller

    2
    2
    • 30 November 2023 - (09:59 WIB)
      Permalink

      Sepertinya karena para investor d Shopee narik dana. CEO nya beli mansion seharga ratusan milyar di saat badai PHK massal. Terus juga Shopee sempat kecolongan sama karyawannya sendiri (Saya nemu d google, search saja d putusan MA: “ASG”).

  • 28 November 2023 - (07:39 WIB)
    Permalink

    Kalo Toko anda bukan Gestun,,, Spill Doong nama Tokonya,,,, masak iya niat buat toko profilnya pakek Duren

    4
    1
    • 30 November 2023 - (10:00 WIB)
      Permalink

      Terima kasih atas ke kepo-annya. Sayabsudah tidak berjualan lagi di Shopee. Mungkin Mba nya bisa bertanya ke tim Fraud nya jika masih penasaran.

  • 28 November 2023 - (11:11 WIB)
    Permalink

    Pasti ada kesalahan pertama
    #tidak berani munculkan nama tokonya
    #kedua tokonya belum di verifikasi emailnya dan verifikasi KTP kalau…emang penjual tokonya pasti sudah di verifikasi lengkap

    • 30 November 2023 - (10:02 WIB)
      Permalink

      Alhamdulillah toko Saya sudah terdaftar Gratis Ongkir, sudah upgrade Spay, dan semua itu verifikasi dgn KTP. Adapun untuk email, itu hak Saya pribadi, karena Saya regist dgn no HP, bukan dgn email.

  • 28 November 2023 - (11:43 WIB)
    Permalink

    Akun ini sering post di media konsumen, kemarin kemarin masalah kurir, wkww
    Maaf sepertinya banyak masalah,
    Akun sudah premium, tp email belum terverifikasi ??

    • 28 November 2023 - (11:51 WIB)
      Permalink

      Punyaku juga kena f02, alasannya ada kerjasama penjual dan pembeli. Gue mau kasi bukti penjualan aj ga mau diterima.. kyk takut banget ngaku kesalahan sistem. Jualan hp ga cuma di shopee, tokopedia juga ada udah power merchant pro, mana tokoku udah berumur 4 tahun. Gue berani banding soalnya toko shopee ku ga pernah gestun atau fo tp pihak shopee ga mau investigasi lebih mendalam

    • 30 November 2023 - (10:03 WIB)
      Permalink

      Alhamdulillah, , berartinakun Saya sudah terverifikasi di MK, dan verifikasi tersebut dgn KTP. Dibandingkan dgn yg tidak pernah posting tulisan, berarti itu dipastikan akun bayangan.

      Mohon maaf, Saya regist dgn no HP, bkn dgn email.

        • 5 Desember 2023 - (19:09 WIB)
          Permalink

          Iya dong, media konsumen memang untuk mengadukan masalah para konsumen, baik pembeli ataupun penjual.

          Dan untuk dapat memuat tulisan di MK itu perlu verifikasi KTP. Adapun bagi yg belum pernah memuat tulisan, mungkin sebatas tim hore atau akun bayangan, atau sebagai pembelajar dari pengalaman orang.

  • 28 November 2023 - (12:51 WIB)
    Permalink

    Apakah ini salah satu cara sopi mencari dana talangan untuk harga mobil yg dihargai seribu?

    1
    1
    • 30 November 2023 - (10:08 WIB)
      Permalink

      Shopee kebanyakan ngadain Flash Sale yg gk masuk akal. Yang menang pun cuma yg menggunakan bot dan rdp. CEO nya jg malah beli mansion ratusan milyar d tengah badai PHK masal waktu itu.

  • 28 November 2023 - (19:28 WIB)
    Permalink

    Sama korban penyesuaian.
    Toko mati akun mati tidak bisa melakukan check out. Uang diambil ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ
    Semoga yang mengalami mendapat rejeki melimpah.

    • 30 November 2023 - (10:10 WIB)
      Permalink

      Aamiin, masih banyak marketplace lain dan calon pembeli lainnya d toko lainnya Mas.

  • 29 November 2023 - (03:58 WIB)
    Permalink

    Maen VC wkkwkw, masa pembeli tbtb ngajukan pengmbalian setelah tau saldo di tahan ๐Ÿ˜‚

    • 29 November 2023 - (23:08 WIB)
      Permalink

      Iya ini kek nya memanfaatkan voucher shopee kalo yg gw amati, pertama masa’ pembeli tiba2 klik pesanan selesai pdhl ada bbrpa langkah baru bisa selesai pencet, kalo pendapat saya akun pembeli itu juga kenalan dia atau dia sendiri dan kena blokir, karena belum verif shopeepay jadi nya gak bisa tarik saldo shopeepay, yg ke dua kenapa dia repot2 ngurusin dana si pembeli sampe lapor ke MK seharusnya ya pihak pembeli yg buat laporan bukan penjual, justru yg seharusnya dia repotin itu barang yg belum dia terima bukan ngurusin saldo pembeli

    • 30 November 2023 - (10:15 WIB)
      Permalink

      Itu namanya kronologi Mas, bukan tiba-tiba. Hanya sebatas urutan saja.

  • 29 November 2023 - (13:09 WIB)
    Permalink

    apa lah dayaku yg tokonya masih kecil..baru jg sie,better aq jualan offline krn untung besar dan gk ribet.os hnya buat bukti ke ayank aja yg LDR bhwa i kerja๐Ÿ˜

  • 30 November 2023 - (10:26 WIB)
    Permalink

    Terima kasih atas tuduhannya. Semoga Shopee hal serupa tidak terjadi ke penjual d Shopee lainnya. Adapun barang Saya yg belum diterima, merupakan keluhan Saya kpda pihak jasa kirim, bukan kepada Shopee, dan bukan urusan Anda juga.

    Kepedulian kepada pembeli ternyata didutuduh jg sebagai kerjasama oleh pihak-pihak tertentu ya. Selamat atas pencapaian CSAT nya Mas/Mba.

    Semoga Shopee tidak kecolongan lagi seperti putusan MA berikut:

    https://putusan3.mahkamahagung.go.id/direktori/putusan/zaed359c2f164b0eab7f313534373233.html

    Putusan PN JAKARTA SELATAN Nomor 30/Pid.Sus/2022/PN JKT.SEL

  • 30 November 2023 - (21:57 WIB)
    Permalink

    Dri kacamata sesama seller, koq janggal ya ts nya. Ah sudahlah.

    Btw, shopee bisa akses hasil scan/dokumentasi kurir bersangkutan perihal paket seller ๐Ÿ˜‚. Melacak posisi akun pembeli & penjual aja bisa berikut jaringan kontaknya. ๐Ÿ˜œ

    • 4 Desember 2023 - (03:09 WIB)
      Permalink

      Ya betul Mas, itu tuduhan Shopee kepada penjual. Semoga Mas nya sebagai penjual tidak mengalami hal yg sama.

      Jika Mas nya sebagai karyawan, semoga netah dan tidak di-mutasi ke luar Ibukota yg notabene upahnya setengah dari upah Ibukota.

      Betul Mas, sangat mungkin Shopee bisa melakukan pelacakan dan tidak menutup kemungkinan jg Shopee atau oknum karyawan meng-kepoin foto-foto selfie customer nya.

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Shopee?

Ada 51 komentar sampai saat ini..

Shopee Memblokir Akun dan Memotong Dana Hasil Penjualan

oleh Mia Nihayatunnisa dibaca dalam: 3 menit
51