Paket Kiriman Hilang, Shopee dan JNE Tidak Mengganti Sama Sekali Klaim Barang Hilang kepada Penjual

Terima kasih kepada Media Konsumen, yang telah menerbitkan surat pembaca ini. Kami adalah penjual di Shopee, yang mengirimkan pesanan Shopee berupa 1 unit sepeda lipat senilai Rp1.825.000, dari Kabupaten Sidoarjo menuju alamat penerima di Kabupaten Surabaya, dengan ekspedisi JNE. Namun mengalami kegagalan pengiriman, karena paket hilang di pusat sortir Sidoarjo.

Berikut informasi nomor resi Kargo JNE Trucking (JTR): JT08485821914, nomor pesanan Shopee: 231218GC0KJWSC, dan nomor pengajuan pengembalian dana: 2312270BC4RT8F4.

Berikut adalah foto paket yang hilang:

Dan berikut bentuk paket yang hilang berukuran besar, berbobot berat dan harusnya sangat susah untuk hilang kecuali tindakan pencurian.

Kronologi:

Pada tanggal 18 Desember 2023, pembeli melakukan pembayaran, dan kami memproses pesanan tersebut. Pesanan telah diserahkan ke kurir pada tanggal 18 Desember 2023 pukul 20:50. Kemudian pembeli mengajukan komplain pada tanggal 27 Desember 2023 pukul 22:43, karena barang dinyatakan hilang oleh JNE, setelah kami menghubungi JNE pusat Sidoarjo via WhatsApp.

Kami kemudian menolak klaim pengembalian dana dari pembeli, karena barang sudah dikirimkan ke JNE dan masalahnya telah diangkat ke Shopee pada tanggal 28 Desember 2023 pukul 13:32. Shopee memutuskan bahwa pengembalian dana disetujui untuk pembeli, dan kami tidak menerima saldo penghasilan dari pesanan tersebut.

Kami diminta menunggu, karena barang akan dikirimkan kembali ke alamat penjual. Padahal kami telah memeriksa resi yang menunjukkan adanya masalah pengiriman dan telah dijelaskan oleh JNE Sidoarjo bahwa paket hilang, serta JNE menyarankan klaim kepada Shopee.


Lalu kami cek pada rincian penjualan dan sama sekali tidak ada hasil penjualan yang kami terima dari Shopee. Padahal kami sudah mengirim pesanan barang senilai Rp1.825.000 kepada pembeli. Jujur saya sangat kecewa dengan pelayanan Shopee dan JNE terutama JNE yang sudah menghilangkan barang kiriman pada pusat sortir Sidoarjo sehingga masalah ini timbul.

Kami sangat mempertanyakan keamanan dan tanggung jawab atas kiriman barang pada pihak JNE, bagaimana bisa barang hilang di pusat sortir kiriman barang? Padahal kami sangat mempercayai pengiriman JNE dibanding ekspedisi lain. Namun dengan kejadian ini terlihat buruknya dan betapa bahayanya mengirim barang dengan ekspedisi JNE.

Kami menunggu tanggapan dari Shopee dan JNE untuk segera memberikan hasil penjualan barang kepada kami. Pesanan telah dibatalkan, dan barang sudah kami kirimkan kepada pembeli. Kami berharap ada itikad baik dari Shopee dan JNE untuk bertanggung jawab atas biaya ganti rugi kehilangan barang kiriman ini senilai Rp1.825.000.

Sekali lagi, terima kasih kepada Media Konsumen karena surat pembaca ini dapat sampai dan ditanggapi oleh pihak terkait. Mohon surat pembaca ini segera ditindaklanjuti.

Christian
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Paket Kiriman Hilang, Shopee dan JNE Tidak Mengganti Sama Sekali Klaim Barang Hilang kepada Penjual”

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Media Konsumen pada tanggal 30 Desember 2023 berjudul “Paket Kiriman Hilang, Shopee...
Baca Selengkapnya

34 komentar untuk “Paket Kiriman Hilang, Shopee dan JNE Tidak Mengganti Sama Sekali Klaim Barang Hilang kepada Penjual

    • 30 Desember 2023 - (19:16 WIB)
      Permalink

      Barang Segede gitu hilang..? Itu mah dicuri, kok Langganan banget ya…tiap hari ada laporan hilang dlm pengiriman…padahal Dari Sidoarjo ke Surabaya dekat saja….semoga para pencuri segera sadar dg perbuatannya…

      11
      13
    • 31 Desember 2023 - (18:11 WIB)
      Permalink

      sebagai seller itu hak anda untuk menolak klaim pengembalian dana, tapi sebagai buyer punya hak untuk mengajukan klaim pengembalian dana, karena buyer sudah memesan dan membayar tapi pesanan tak kunjung diantar sampai batas waktu estimasi , jadi yg kau kejar itu exspedisi yaitu jne..

      3
      8
      • 1 Januari 2024 - (23:59 WIB)
        Permalink

        SHOPEE gudangnya penjahat dan sindikat kalo ada masalah ya saling lempar tanggung jawab,agen dan cs sama aja tidak bisa bekerja secara maksimal hanya bisa jawab copy paste,jawaban dan pertanyaan sama sekali tidak nyambung

        1
        2
      • 3 Januari 2024 - (08:44 WIB)
        Permalink

        Anda salah.Kita Sebagai Seller tidak tau menau tentang expedisi.yg kita tau itu adalah kita jualan dishopee dan jika ada apa2 dgn paket kita. Yg paling harus bertanggung jawab adalah pihak shopee.karna kita berjualan di felporm shopee buka di felpiem expedisi

      • 1 Januari 2024 - (11:32 WIB)
        Permalink

        Persis dgn yg saya alami.beli treadmill ,tgl 16 des itu barang sdh di gudang sortir JNE trucking,ga jalan2 tuh paket saya sampai tgl 21.saya datangin ke Gudangnya.disuruh ke CS JNE,dibilang paket saya ilang.masa barang segede itu bisa ilang.saya minta pengembalian dana.dan alhamdulillah dana balik lg.begitu dana balik ehhh JNE ke rumah,katanya apa mau di beli lg treadmillnya.ternyata paket saya ada cuma ketindih2 alasannya.mending pihak toko datangin dah ke gudangnya.ambil lg tuh barangnya

  • 30 Desember 2023 - (19:33 WIB)
    Permalink

    Kurir Jne prayitno trkenal dgn ksus “jne tidak professional,Paket gagal diterima”

    8
    2
    • 2 Januari 2024 - (19:17 WIB)
      Permalink

      Sama berbagi pengalaman..pernah saya order barang senilai 1jt lebih…barang lama sekali tidak datang…sampai saya tanyakan ke pihak shopee.dan ternyata di nyatakan hilang oleh jne saat pengiriman.akhirnya saya minta balikin dana dong…dan akhirnya di setujui…di keterangan sih ganti rugi untuk pihak penjual sudah di bayar kan juga..jadi masalah clear…nah..gak di sangka sih..1 minggu kemudian barangnya di antar sama kurir jne nya…hahaha.sekali kali perlu di kasi pelajaran sih untuk pihak ekpedisi& market place nya… Barang tidak saya kembalikan…

    • 31 Desember 2023 - (11:13 WIB)
      Permalink

      Shopee kalau masalah begini sering kali lepas tangan masalah barang hilang..saya jualan receh aja barang hilang itupun udah buat laporan nunggu cairnya lama bener sampai sekarang belum cair buat laporan tanggal 26 nunggu maksimal 4 Januari batas maksimal pencairan

      1
      6
      • 31 Desember 2023 - (18:22 WIB)
        Permalink

        Wkwkwk JNE gitu. Kurir nya ada pencuri. Paket besar gitu bisa hilang. Di curi di truk nya atau di gudang?

        2
        4
  • 30 Desember 2023 - (22:08 WIB)
    Permalink

    Kasus terbanyak bermasalah di marketplace di shopee. Kacau nih shopee dari banyak seller ngeluh masalah asuransi, banyak banned akun, dan masalah potongan yg sadis..mending marketplace sebelah banyak ongkir dan imbang terhadap seller dan pembeli

    2
    6
    • 31 Desember 2023 - (09:37 WIB)
      Permalink

      Kasus ginian memang banyak terjadi dan gak ada etikat baik dari, ecomerse, ekpediasi dan pemerintah..orang indonesia itu takitnya hnu sama hukum..klo dibiarkan ya begini nih..

      1
      4
  • 31 Desember 2023 - (07:24 WIB)
    Permalink

    Saya juga jualan di marketplace shopee dan tokopedia. Yg aneh itu kenapa di shopee tdk menyediakan layanan asuransi secara otomatis seperti tokopedia. Kalau bisa mengaktifkan asuransi secara otomatis, kita sebagai seller tentunya merasa nyaman ketika berjualan produk yg nilainya diatas 10xongkir. Kalau barang yg dikirim besar itu mah bukan hilang,dicuri oleh oknum 😂

    3
    5
  • 31 Desember 2023 - (18:36 WIB)
    Permalink

    saran saya, sebisa mungkin hindari pakai JNE. apalagi yg kargo-nya itu. bikin jengkel aja.

    3
    5
  • 31 Desember 2023 - (18:43 WIB)
    Permalink

    Sengaja dicuri kali tuh, logika aja barang segede gaban bisa ilang apalagi yang kecil

    3
    6
  • 31 Desember 2023 - (19:05 WIB)
    Permalink

    HILANG???? 🤔🤔🤔 Kok bisa barang seGEDE itu hilang??? Bilang aja ada pegawai yg menggelapkan Paketnya. Udah tahu pegawainya MALING, kok pihak ekspedisi nggak berani melaporkan ke kepolisian??? Apa takut nama baik tercemar???

    1
    7
  • 31 Desember 2023 - (23:49 WIB)
    Permalink

    Tapi memang benar, anehnya barang gede bisa hilang. Saya juga mengalami. Seller yg rugi kalau barang hilang, ke konsumen biasanya diganti 100%, kalau seller maksimal 10x ongkir atau senilai barang (mana yang lebih murah).
    aneh aja sih, barang ilang sama jne, yang dirugiin seller

    1
    2
  • 1 Januari 2024 - (05:17 WIB)
    Permalink

    Kurir indo memang banyak yg jadi maling. Seharusnya ada rekaman CCTV sih kalau si usut dengan serius.

    1
    3
  • 1 Januari 2024 - (05:38 WIB)
    Permalink

    JNE dan J&T sama buruknya… paket kecil aja bisa tertahan sampai dua minggu di kantornya baru di antar ke coutumer… apalagi ini paket besar bisa2 tertahan 1 atau 2 bulan bahkan dihilangkan… hadeeehhh…. saya kalu pesan barang online kalu liat jasa pengirimnya JNE atau J&T saya lgsg batalkan pesansn.

    2
    2
  • 1 Januari 2024 - (18:16 WIB)
    Permalink

    Sama kak, pesanan saya juga dinyatakan hilang hari ini sama pihak JNE kargo sidoarjo. Sda sortir sidoarjo. Paket besar

  • 1 Januari 2024 - (20:08 WIB)
    Permalink

    Kalo boleh saran, mulai sekarang gk usah jualan barang yg harganya diatas 10x ongkir di shopee, lebih baik di Tokopedia aja yg bisa auto wajib asuransi, mending jual barang receh aja di shopee.

    1
    1
  • 2 Januari 2024 - (14:38 WIB)
    Permalink

    belum ada respon dan itikad baik dari shopee maupun JNE, benar benar tidak proffesional, barang kiriman malah dihilangkan

    1
    1
  • 10 Januari 2024 - (10:41 WIB)
    Permalink

    expedisi terburuk di tahun 2023= JNE.
    Ayo tingkatkan hilangnya biar jadi terburuk di 2024 😂 . ayo buzzer jne unlike komen ini 😎

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir JNE Express di Shopee?

Ada 34 komentar sampai saat ini..

Paket Kiriman Hilang, Shopee dan JNE Tidak Mengganti Sama Sekali Klaim…

oleh rudi dibaca dalam: 2 menit
34