Minta Kejelasan Informasi dari Pabrikan Mesin Cuci Electrolux, Selama Hampir Selalu Dijawab Asal-Asalan Saja

Hi. Berikut versi singkat dari keluhan yang mau diposting di sini. Intinya sih, mesin cucinya error tanpa penyebab yang jelas, dan mendapat informasi dari customer service Electrolux sulit sekali. Jadi, mesin cuci saya, model unit EWF8024P5WB, penggunaan hampir setahun ketika awal mulai bermasalah. Dari Desember 2022 hingga November 2023 normal, masalah baru mulai muncul Desember 2023.

Masalah mesin cuci saya ini tidak selalu terjadi. Kalau mencuci 5 kali, terjadi 2-3 kali. Ketika di siklus Pencucian atau Pembilasan, tiba tiba mesin cuci berhenti, dengan keterangan yang paling sering E10 (artinya air kurang tekanan), maupun E40 (Artinya pintu kurang rapat). Terkadang tidak ada kode error, hanya berhenti saja seakan-akan ter-pause. Ketika dicek, tidak ada pintu terbuka, air mati, dan lain lain dan dilanjutkan pun, berjalan lagi biasa. Sehingga masalah mesin cuci ini bukan rusak total. Namun lebih ke ada error yang tidak jelas penyebabnya. Sehingga ketika terjadi, berhenti sendiri tanpa penyebab yang jelas, dan bisa dilanjutkan.

Mengingat mesin cuci salah satu kegunaan utamanya adalah untuk mempermudah pekerjaan kita, bukan mempersulit, sehingga kalau saya harus menunggui mesin cuci selama siklus pencucian 1-4 jam, rasanya kok percuma ya beli mesin cuci kalau harus ditunggui juga, sekalian saja cuci pakai tangan.

Sejauh ini saya sudah mengajukan servis garansi ke Electrolux, dan saya sangat apresiasi teknisi Electrolux yang sangat ramah dan bahkan sampai menunggui 1 siklus pencucian secara penuh (30 menitan). Namun masalahnya masih berlangsung, dan penyebabnya tidak jelas.

Terakhir, teknisi mengarahkan untuk ganti merk sabun saja (saat ini saya sudah pakai attack sensor matic), dan diarahkan tanya ke pusat untuk merek sabun yang direkomendasikan. Namun karena respons pusat itu sering mengawang-awang, tidak nyambung. Bahkan termasuk yang terakhir ini, walau disebut merk tapi kok jawabannya sering agak gantung, saya jadi ragu, dan saya harapkan ada pihak Electrolux resmi bisa membantu saya.

Baik sekarang saya ceritakan runut secara detail kronologinya:

Saya awalnya membeli mesin cuci ini Desember 2023, karena mesin cuci lama saya bukaan atas, agak kejam terhadap pakaian, sehingga saya butuh yang kurang kejam dan kurang merusak pakaian. Kebetulan saya sempat 1 tahun menggunakan jasa laundry ketika kerja di luar kota, dan tidak satupun kaos saya rusak walau dicuci bareng celana resleting, baju berkancing, dan lain lain. Sehingga saya terinspirasi untuk membeli mesin cuci serupa, bukaan depan.

Awalnya saya beli mesin cuci ini, saya gunakan deterjen Attack Matic bubuk untuk mesin cuci bukaan depan. Kemudian selama pemakaian, tidak ada masalah pada mesin cuci. Paling hanya bingung untuk mode pencucian yang sangat banyak pilihannya saja.

Pada akhir November, saya mencuci celana yang agak tebal, sehingga saya pilih siklus pencucian yang agak lama. Saya cuci di sore hari, lalu saya tinggal. Malamnya, saya cek, rupanya pencucian belum selesai, dan ada error kode E10 (artinya tekanan air kurang).

Listrik kondisi menyala, tidak mati lampu, sehingga pompa air yang memompa dari tandon saya (saya punya pompa 2, untuk memompa ke tandon, dan memompa dari tandon ke rumah), tentunya masih menyala normal. Saya cek keran keran air, pancarannya juga normal. Keran yang ke mesin cuci juga menyala terbuka maksimal. Karena bingung, ya sudah saya klik tombol Play (>), dan ternyata siklus pencucian berjalan, dan sudah masuk siklus pembilasan. Artinya, selama pencucian, tidak ada error tersebut saat itu dan pencucian berlangsung sampai selesai, tidak ada masalah.

Kemudian, saya menggunakan seperti biasa. 1-2 pencucian berikutnya tidak masalah. Namun saat yang ketiga atau kelima, saya lupa pastinya, muncul kembali kode error tersebut. Saya lanjutkan pencucian, lagi-lagi berjalan seperti biasa. Setelah mencuci selesai, saya cek pipa yang ke mesin cuci, tidak ketemu kotoran, sumbatan lumut, dll, yang biasanya di internet ada. Saya semprot semprot air dari selang juga tidak keluar lumut atau semacamnya, semburan airnya juga kencang, jadi misterius.

Berikut berikutnya, saya amati, rupanya tiap 5-6 kali pencucian, ada 2-3x muncul error tersebut. Namun tidak selalu E10, terkadang E40 (pintu tidak rapat), tetapi aneh juga. Karena jika pintu tidak rapat, harusnya berhenti dari awal, atau ada air yang tumpah dari mesin cuci. Ini kok tidak ada jejaknya sama sekali dan kalau dilanjutkan juga bisa.

Pernah juga, tapi jarang sekali, error-nya tanpa kode. Jadi mesin cuci nya berhenti di tengah proses pencucian, hanya muncul menitannya saja, berkedip, seakan akan ada yang mem-pause pencucian, padahal saya sendirian di rumah. Saya jadi merinding, masa ada setan yang mem-pause mesin cuci saya? Namun selama 5 tahun saya tinggal disini tidak pernah ada aneh-aneh jadi saya tenang dan yakin itu bukan ulah makhluk halus.

Akhirnya saya hubungi customer service untuk ajukan servis.

Permintaan saya disetujui, saya tinggal menunggu teknisi. Teknisi datang mengecek pada 28 Desember, dan dihubungi dahulu. Jadi benar benar berbeda dari teknisi lain yang kadang tidak jelas kapan datangnya, datang atau tidak, dll.

Teknisi mengecek, lengkap sekali, dari pancaran air, kondisi selang, kondisi pemasangan, dan dicoba coba cuci kosong, katanya mesin cuci normal. Namun jika error lagi, silahkan direkam kode errornya dan dikirim via WhatsApp. Ada kemungkinan dari sabun yang menimbulkan busa, sehingga dikurangi saja sabunnya.

Kebetulan besoknya pas waktu saya mencuci, dan kebetulan juga kode erornya pas muncul. Jadi saya kirimkan rekamannya via WhatsAp seperti permintaan teknisi.

Yang kemudian dibalas dengan cukup aneh oleh customer service tersebut. Ketika kode error E10 (tekanan air masuk), dan ditanyakan tentang air keluar, jauh sekali.

Karena pengalaman sebelum sebelumnya, customer service Electrolux tersebut nyaris selalu asal asalan merespons, saya forward juga video tersebut ke WA teknisi yang digunakan menelpon saya.Pada hari yang sama juga, karena disinggung masalah sabun, saya komunikasikan juga ke pihak deterjen yang saya gunakan saat itu (Attack), kami bertelepon dan di WA. Inti percakapannya, takaran yang saya gunakan (1 sendok makan =10 ml) itu sudah paling minimal, dan kalau dikurangi lagi seperti dikatakan teknisi, nanti baju nya bisa tidak bersih.

Lagipula, 10 ml itu sudah nyaris tidak terlihat di laci sabun mesin cuci. Agak kejauhan kalau dibilang kebanyakan sabun, batas bawahnya saja 60 ml, sabun saya 10 ml, lalu kelebihan. Luar biasa sekali customer service-nya. Berikut percakapan saya dengan pihak deterjen (Attack) paska telepon tersebut, yang saya lampirkan juga ke pihak Electrolux:

Terlihat di atas, ajaib sekali kan customer service Electrolux? Deterjen yang 10 ml itu dibilang jangan sampai melebihi garis maksimal. Tolong jelaskan ke saya, bagaimana caranya 10 ml bisa melebihi 12 0ml garis maksimal? Atau tidak usah 120 ml deh, garis minimal saja, 60 ml. Ahli matematika dari mana yang bisa menjelaskan bahwa 10 ml itu melebihi 60 ml? Luar biasa sekali pelayanan customer service Electrolux.

Kemudian lebih hebat lagi, customer service tersebut menanyakan apa saya tidak berkenan dikunjungi teknisi? Tolong dijelaskan ya, bagaimana caranya seseorang yang meminta mesin cucinya diperiksa teknisi, tidak berkenan dikunjungi teknisi? Kok makin ajaib ini. Saya minta bukti kalau saya tidak berkenan dikunjungi pun tidak bisa memberikan. Waduh, terlalu hebat ini customer service-nya.

Lebih hebat lagi, tanggal 30 Desember 2023, tiba-tiba servis dinyatakan selesai, diminta isi angket kuesioner.

Padahal di sisi lain, dengan teknisi ini masih proses. Bahkan teknisinya sendiri sudah merencanakan akan datang untuk mengecek lagi.

Terlihat customer service Electrolux ini sangat kebelet untuk menutup segala sesuatu. Mau itu pertanyaan, urusan servis, info, dan lain lain, semuanya, pokoknya ditutup, selesai! Untung pihak teknisi tersebut cukup bertanggung jawab. Beliau tetap kunjungan walau dinyatakan selesai oleh Electrolux. Setelah kunjungan terakhir, kebetulan error-nya tidak muncul.

Jadi, di sini saya sebagai konsumen, mau menyampaikan beberapa poin penting ke Electrolux:

  1. SOP customer service/aftersales-nya apakah memang begitu? Pokoknya tutup sesegera mungkin, sehingga jawaban-jawabannya asal-asalan saja? Jika demikian, harusnya diperbaiki, ngeri sekali kalau SOP nya begitu, layanan aftersales-nya nyaris nol (tidak ada).
  2. Apresiasi terhadap teknisi yang sering dijadikan tong sampah oleh customer service. Masa tiap nanya, hampir selalu diarahkan teknisi menelepon untuk menjawab. Lantas, apa gunanya customer service? Juga teknisi tetap kunjungan walau Electrolux menyatakan selesai, ini patut diapresiasi sekali.
  3. Saya sebagai konsumen, sangat kooperatif. Electrolux mau kunjungan, saya kosongkan jadwal. Teknisi minta video, saya beri. Teknisi minta foto air buangan pertama ketika cuci kosong, saya beri juga. Jadi Electrolux seharusnya juga kooperatif dan menangani dengan serius.
  4. Buku manual Electrolux juga. Jika memang mesin cuci Electrolux ini membutuhkan deterjen khusus, ya ditulis dong di buku manual.

Hingga kini saya masih tidak jelas kenapa error error tersebut muncul dan hilang. Saya butuh bantuan dari Electrolux, bukan hanya disuruh ini itu tanpa solusi. Kalau begini terus, lama-lama saya disuruh mencuci kosong seribu kali sampai habis listrik dan air melebihi harga mesin cuci kan repot.

Terakhir, berikut lampiran, tambahan bagaimana customer service Electrolux ini begitu asal asalan. Ini beberapa sampel saja, kalau semua sih banyak, bahkan anda bisa coba sendiri nanya ke sana.

Ditanya Garansi, dijawab teknisi, padahal teknisinya sendiri pun jelas jelas sudah kunjungan 2 kali.

Abraham
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

4 komentar untuk “Minta Kejelasan Informasi dari Pabrikan Mesin Cuci Electrolux, Selama Hampir Selalu Dijawab Asal-Asalan Saja

  • 9 Januari 2024 - (21:51 WIB)
    Permalink

    punya saya 3thn jarang dipakai kode² terus, sampai akhirnya gak mau nyuci padahal nyala. Manggil teknisi lokal pada nyerah semua, panggil teknisi rekanan bilang modulnya yg kena, kl diganti harga 1,5jt. Jujur harga segitu udah gak worth it buat diservis thn 2017, akhirnya mangkrak sampai awal thn 2023. saya Ambil lagi terus benerin Cuman abis 20k, akhirnya jadi spin/ pengering. Punya saya Electrolux tahun 2014, buat Build quality Electrolux bagus bahkan gak ada karat samsek, tapi kalo modulnya No.

  • 10 Januari 2024 - (13:47 WIB)
    Permalink

    Terlalu canggih ya gitu kebanyakan sensor sering error. Coba pakai stabilizer mungkin listriknya gak stabil. Kalau error kayak gitu emang sulit. mending rusak sekalian ya jd ketahuan

  • 11 Januari 2024 - (07:23 WIB)
    Permalink

    sampai sekarang kulkas saya gk bener2. udh dtg teknisi tapi masih aja mbulet gk jelas. masalahnya apa muter2 aja. surabaya juga. senior teknisi dan anak buahnya sama aja. biasa ya satu area dipegang satu team itu. makanya byk juga yg daerah saya komplain tapi ya gtulah manis2 di mulut doang.

 Apa Komentar Anda mengenai Electrolux?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Minta Kejelasan Informasi dari Pabrikan Mesin Cuci Electrolux, Selama …

oleh Abraham dibaca dalam: 6 menit
4