Penipuan Penjualan Corkcicle Promo 50% via Instagram

Artikel ini akan bercerita secara singkat bagaimana skema penipuan penjualan Corkcicle dengan iming-iming promo 50% karena merupakan jastip langsung dari US.

Bermula dari keinginan saya untuk membeli Corkcicle dengan model tertentu. Kebetulan model yang saya inginkan tidak available di website resmi/ecommerce, jadilah saya sourcing melalui Instagram Account yang saya sourcing dan akhirnya menipu saya adalah @jastipidaman.

1. Menanyakan Availability Model yang Saya Inginkan (17 Januari 2023):

Ini tahapan dimana saya menanyakan availability model yang saya inginkan dan pelaku menyebutkan model yang saya inginkan ada dengan syarat PO selama 8 hari.

2. Proses Pembayaran:

Setelah merasa yakin akhirnya saya lakukan pembayaran karena mereka ini punya bukti pembayaran dan testimoni dari pembeli-pembeli mereka di IG highlight mereka yang cukup meyakinkan dan di-update setiap hari.

Saya juga sudah cek ke web KOMINFO apakah no rek atas nama DERIS – 092001073635***(BRI). Di web KOMINFO, no rek tersebut tidak memiliki record issue (namun saat postingan ini diunggah, saya sudah submit laporan ke web KOMINFO agar menindaklanjuti no rek atas nama DERIS – 092001073635*** (BRI) atas dasar kasus penipuan saya ini).

3. Kejanggalan mulai terjadi:

Tepat 1 hari setelah pembayaran (18 Januari 2024), masuklah sebuah chat dari nomor 0822923403** yang mengaku sebagai pegawai bea cukai (sepertinya) dan bilang kalau barang saya ditahan karena tidak memiliki kelengkapan PPN dan PPH dan melampirkan foto barang (box-nya).

Di sini saya sudah sadar bahwa saya sudah tertipu karena jelas sebelumnya via DM IG pemilik account bilang kalau barang saya butuh PO selama 8 hari tapi ini kok 1 hari saja barang sudah sampai di bea cukai :)) Lagian pengiriman mana sih yang bisa mengirim barang dari US <1 hari? Haha sungguh tidak masuk akal.

Walaupun saya sudah yakin tertipu disaat ini, saya tetap DM account @jastipidaman ini hanya untuk melihat bagaimana respon penipu ini (dan tentu saja sebagai evidence saya bila diperlukan nantinya). Conversation antara saya dan akun @jastipidaman dapat dilihat sebagaimana di atas.

Singkat cerita, disaat itu juga account saya langsung diblok oleh pemilik account @jastipidaman:

Buat konsumen-konsumen lainnya, harap waspadai account @jastipidaman, no rek atas nama DERIS – 092001073635*** (BRI), dengan no WhatsApp 0859407014**. Mungkin bagi beberapa orang bisa jadi nominal barang di sini murah, bisa jadi juga mahal bagi beberapa orang. Tapi yang perlu kita cermati, penipuan ini sudah memakan banyak korban dan memberikan mereka banyak uang panas. Mohon kepada pihak berwajib dapat menangkap pelaku-pelaku penipuan seperti ini.

Aldo
Indramayu

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

12 komentar untuk “Penipuan Penjualan Corkcicle Promo 50% via Instagram

  • 23 Januari 2024 - (14:04 WIB)
    Permalink

    Ini macam Stanley cup yang lagi viral di kalangan Gen Z ya ?
    Jmn saya dulu pake wadah minum yang model telpon, sedotannya dari antenanya 🤣🤭

    1
    1
  • 23 Januari 2024 - (14:14 WIB)
    Permalink

    itu seller lumayan aneh,
    Kalau bilangnya JASTIP : biasanya handcarry
    dan kalau handcarry (dibawa langsung), tidak akan kena bea cukai, selama barang dibawah 500USD harusnya.

    trus dari timeline juga mencurigakan
    curiga yang ngaku dari beacukai itu komplotan disuruh bayar lagi, nanti barang ga dikirim juga.

    semoga cepet terselesaikan

    2
    1
    • 23 Januari 2024 - (14:42 WIB)
      Permalink

      bener bgt om. makanya itu setelah ada chat yg ngaku bea cukai ga saya lanjutkan karna tau pasti ada permintaan transaksi lain2nya.

      Amin makasih doanya om, Duit saya nanti jd tabungan di hari akhir aja om hehe, thread ini dibikin supaya no HP dan no rek mereka terrecord kalau di google dan bisa ditindak sama yang berwajib.

      1
      1
    • 23 Januari 2024 - (20:51 WIB)
      Permalink

      Makasih telah berbagi pengalaman, saya pribadi “ANTI” transfer langsung tanpa rekber kalo belanja online..

    • 23 Januari 2024 - (14:39 WIB)
      Permalink

      sebelumnya saya sudah minta transaksi via ecommerce, tp mereka ga menyanggupi. Sebelum transfer pun saya sudah coba cek no HP dan rekening di beberapa platform penipu seperti getcontact, https://cekrekening.id/cek-rekening (punya nya KOMINFO), kredibel.com dan diplatform2 tersebut no hp dan no rek mereka no issue.

      Pembelajaran juga sih ini udh sedefensive apa pun, ttp transaksi via IG sangat2 berbahaya kalau ga tau atau kenal betul siapa pemiliknya.

      1
      1
      • 24 Januari 2024 - (00:13 WIB)
        Permalink

        @Aldo
        Mereka ganti2 no tlp. Makanya no issue.
        Lagipula sudah rahasia umum deh, si para pelaku ini klpun ketangkep dan diadili, mereka bisa praktek di dalam lapas!. Pusing gak tuh!!? Law enforcement negeri kita 100% kacau balau !!!

        Ini saya kasi tau (bukan endorse ya). Kalau mau barang dr luar, mending pakai jasa perusahaan yg emang bener2 handling barang2 dr luar.
        Misalnya titipbeliin, indoshopaholics, mte.
        Nah mereka ini diawasi dan diasistensi oleh ditjen bc. Mana berani macem2?

        Udahlah untuk kedepan jgn beli di platform IG/FB 100% penipuan kalau mereka gak mau ada sang penjamin rekber marketplace.

  • 23 Januari 2024 - (14:40 WIB)
    Permalink

    Penipuan modus lama, jaman e-commerce belum booming penipuan model gini (yg bawa² nama beacukai) sudah banyak. Next belanjalah di toko online yg pasti² aja.

    1
    1
  • 23 Januari 2024 - (21:25 WIB)
    Permalink

    Nomor hpnya disembunyikan di get contact, pasti ada apa2. Kalo org jualan jujur, malah seneng nomornya pas di-search keluarnya tag yg sesuai biar org makin percaya buat transaksi. Untung TS gak kepancing buat transfer ini itu lg, karna biasanya bakalan ada lagi ada lagi tuh biaya ini itunya.

    1
    1
  • 24 Januari 2024 - (15:04 WIB)
    Permalink

    Penipu dan anteknya gentayangan di mari juga nampaknya. Beberapa komen ada yang dapat jempol nyungsep. Kayaknya bisa nih TO akun Instagram yang beginian. 👹

 Apa Komentar Anda?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Penipuan Penjualan Corkcicle Promo 50% via Instagram

oleh aldo dibaca dalam: 2 menit
12