Merasa Ditipu oleh Program Yaypoints Kartu Kredit BTPN Jenius

Salam,

Saya ingin berbagi pengalaman yang sangat mengecewakan dari bank Jenius BTPN. Saya akan berbagi beberapa poin saja agar mudah dibaca dan tidak terlalu panjang. Nomor Pengaduan: CAS-24-BG9560

Beberapa periode lalu, tepatnya Desember 2023, Jenius BTPN mengadakan program yang sempat viral, yaitu Yaypoints. Program ini menawarkan konversi Yaypoints yang cukup baik, sehingga sempat viral termasuk membuka banyak booth di Surabaya. Calon pelanggan disuruh untuk mengajukan Kartu Kredit. Setelah disetujui dan dikirim, kartu dapat diaktivasi dan wajib melakukan pembelanjaan Rp 20 juta dalam satu bulan untuk mendapatkan 20 ribu Yaypoints.

Kronologi:

  1. Saya yang sebelumnya tidak pernah menggunakan Kartu Kredit (KK) Jenius tertarik mencoba program ini. Saya sempat bingung mengenai syarat dan ketentuannya, sehingga beberapa kali saya mengunjungi booth BTPN Jenius Pakuwon Mall di Surabaya untuk bertanya kepada customer service.
  2. Customer service (dua orang yang berbeda dari periode berbeda) menjelaskan hal yang sama, yaitu setelah pengajuan KK via aplikasi disetujui, saya akan mendapatkan email bahwa KK disetujui. Setelah itu, saya disuruh menunggu email lanjutan bahwa saya diterima oleh program Yaypoints. (Karena jika tidak diterima, tidak bisa mengikuti program ini).
  3. Tanggal 9 Desember saya mengajukan, tanggal 11 saya terima email bahwa saya berhak mengikuti program Yaypoints. Tanggal 15 saya terima kartu KK yang berisi kode aktivasi untuk dimasukkan di aplikasi Jenius.

Berikut flow email-nya:

Kemudian, sesuai dengan omongan CS beserta info dari ketentuan Jenius, akumulasi transaksi dihitung satu bulan sejak aktivasi Kartu Kredit. Hal ini saya tekankan kepada CS pada saat itu karena saya sendiri tidak jelas dengan ketentuan ini. Saya tanya ke CS, “Pak, ini maksudnya kalau saya aktivasi tanggal 30 Desember, berarti saya ada waktu akumulasi belanja sampai 30 Januari 2024?” “Iya, betul,” katanya seperti itu. Saya sudah tanya dua kali ke dua orang CS yang berbeda di booth yang sama yaitu Pakuwon Mall Surabaya.

Saya memutuskan untuk aktivasi pada tanggal 18-19 Desember 2023 (lupa tepatnya), kemudian saya lakukan akumulasi transaksi sampai 20 juta pada tanggal 12 Januari 2024. Jadi hitungannya masih tersisa satu minggu sebelum tanggal aktivasi, tetapi saya sudah tepat untuk jaga amannya.

Tanggal 15 Februari, saya sudah excited karena ini hari dimana saya seharusnya mendapatkan 20 ribu Yaypoints sesuai janji dari BTPN Jenius. Saya kaget ketika saya hanya mendapatkan 10 ribu Yaypoints (TIDAK SESUAI JANJI).

Saya komplain ke CS, dan CS menginfokan bahwa saya sudah aktivasi KK nya pada tanggal 9 Desember 2023. Sehingga sampai pada 9 Januari 2024, akumulasi saya belum sampai 20 juta. Saya kecewa banget, mana bisa saya aktivasi KK nya kalau KK nya sendiri saya baru terima tanggal 15 Desember 2023. CS nya bilang di KK nya nanti ada kodenya yang dimasukkan ke aplikasi untuk diaktifkan. Dan setelah diaktifkan, baru nanti dalam satu bulan pakai KK nya untuk belanja.

Saya tidak tahu apakah banyak yang kena kasus seperti ini atau hanya saya yang bodoh. Pengalaman saya, aktivasi KK harus menunggu fisiknya dulu, baru nanti dihitung akumulasinya. Bukan diaktivasikan otomatis dari pihak bank sepihak.

Ya sudahlah, rencana ini saya segera tutup KK-nya, cari bank yang lebih peduli dan transparan sama nasabahnya. Terima kasih sudah membaca surat ini.

Vigor
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Merasa Ditipu oleh Program Yaypoints Kartu Kredit BTPN Jenius”

Dengan hormat, Dalam rangka menanggapi surat pembaca dari Bapak Vigor Hogiono berjudul “Merasa Ditipu oleh Program Yaypoints Kartu Kredit BTPN...
Baca Selengkapnya

11 komentar untuk “Merasa Ditipu oleh Program Yaypoints Kartu Kredit BTPN Jenius

  • 27 Februari 2024 - (17:40 WIB)
    Permalink

    Waktu anda menekan tombol setuju limit yg d tawarkan itu sdh aktif Dan bisa dipakai transaksi online tanpa kartu datang. Kartu fisik datang itu cm transaksi offline..

    • 28 Februari 2024 - (00:48 WIB)
      Permalink

      Sayangnya hal tersebut tidak dijelaskan dari CS nya. Dan menurut sy ini cukup fatal. Karena spt yang sy infokan sebelumnya, 2x sy pastikan ke CS yang berbeda dan jawabannya sama yaitu akumulasi belanja 1 bulan setelah pihak nasabah aktivasi KK scr mandiri. Coba sy ada rekamannya, mungkin beda cerita.

      Sy juga sudah tanya rekan2 miles hunter yang ikut program serupa di bank lain, dan mayoritas blg akumulasi transaksi setelah KK fisik diaktifkan scr mandiri bukan virtual dan sepihak dari bank, memang punya Jenius BTPN ini aneh sendiri.

      Dan kalau anda lihat dari flownya, mulai dari menunggu acc program tsb barusaja tgl 11 dec dst, sy sbg nasabah yang tidak expert di bidang ini, seakan2 dijerumuskan supaya sy salah langkah dan tidak mendapatkan poin yg sesuai janjinya.

      • 28 Februari 2024 - (12:25 WIB)
        Permalink

        Jawaban CS tidak ada yang salah, “akumulasi belanja 1 bulan setelah pihak nasabah aktivasi KK scr mandiri”. Di jenius itu ketika anda terima penawaran kartunya sudah aktif secara digital karena kartu virtualnya sudah bisa digunakan untuk transaksi.

        Mungkin salahnya anda disini mengira kartu kredit Jenius ini sama seperti bank konvesional lainnya yang harus menunggu kartu dulu baru layanan kartu kreditnya aktif. Sedangkan Jenius sendiri sudah aktif sejak anda menerima penawaran kartu kreditnya sedangkan aktivasi yang dilakukan pada saat kartu datang hanyalah aktivasi fisik kartu dan pembuatan kartu.

        Menurut saya disini jenius nggak salah, anda bisa lihat konten email yang d-card sudah tersedia untukmu disitu sudah tertulis jelas bahwa kartu kredit sudah aktif dan dapat digunakan untuk transaksi. Saya sendiri juga mengikuti program ini dan sudah mempelajari mekanismenya sehingga bisa dapet bonus poin 20rb

        • 28 Februari 2024 - (16:59 WIB)
          Permalink

          Ya jelas salah donk, seharusnya pihak CS mengatakan seperti yang dikatakan Flayer di awal pembicaraan. Termasuk memberi penekanan khusus yaitu transaksi 1 bulan terhitung dari aktivasi KK online bukan fisik.

          Disini yang saya dapat informasi dari 2 CS tersebut pada saat itu adalah berdasarkan dari kartu fisik. Tidak diinfokan mengenai aktivasi KK online.

  • 27 Februari 2024 - (17:52 WIB)
    Permalink

    Limitnya gede banget ya. Aku yg udah 1 tahun lebih limit masih 2.5 JT padahal bayar lancar tidak pernah telat.

    1
    1
      • 28 Februari 2024 - (06:33 WIB)
        Permalink

        wkwkwk kegocek kalimat ini keknya “wajib melakukan pembelanjaan Rp 20 juta dalam satu bulan”

        langsung mikir limit dikasih gede, lah limit cuman 2 jt jg bisa, top up aja 20 juta, kelar itu barang, wkwkwk

  • 29 Februari 2024 - (00:27 WIB)
    Permalink

    Ko pda tertarik KK ya…. Mending pake KK dr tokpedCard…..
    Klo jenius enaknya pake flexycash nya ajaaa….. Mending ambil cash dr pda belanja….

  • 7 Maret 2024 - (16:03 WIB)
    Permalink

    Mau tanyaaa plis bantu pencerahan, aku punya juga kartu jenius. Dulu ga ngerti2 amat soalnya buka rekeningnya juga gegara di paksa sama spg yg di mal mal gitu taukan yg ngikutin sampe ngoceh ngoceh gitu:(

    Semenjak itu ya aku gapake kartunya dan saldonya dibiarin nol karna yaa aku punya kartu/rekening lain juga dan ga mau pake jenius. Tapi setelah 6bulan baru ngeuh ko ada notif fee sible gagal ditarik 60rb. Kek laahh ini adminnya makin guede:((

    Berhubung aku gamau pake lagi, apa gaakan kenapa napa kalo itu dibiarin begitu aja? Soalnya pas mau blokir tutup rekening belibet kalo harus ke bank, pas coba telp.cs nya juga di arahinnya ke bank. Jdi aku cuma bisa blokir sementara aja. Tp itupun tetep ada notif penarikan feesible yg trus nambah huhuuu

    Aku awam:( dan ga ngerti ini begimana wkwk takut banget kalo adminnya dibiarin bertaun taun jadi berakibat ke rekening aku yg lain. Itu ngaruh ga sii?
    Kalo gaakan ngaruh sih gapapa kali ya di biarin bertaun2 tanpa harus mengajukan penutupan rek Ke btpn nya.

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit BTPN Jenius?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Merasa Ditipu oleh Program Yaypoints Kartu Kredit BTPN Jenius

oleh Vigor dibaca dalam: 2 menit
11