Kode Booking Tiket Kereta Sudah Dibayar, tapi Dinyatakan “Timeout”

Kepada Media Konsumen, terima kasih telah menerbitkan keluhan saya. Perkenalkan, saya Arif Padilah. Saya ingin menyampaikan keluhan kepada PT KAI.

Pada tanggal 24 Februari 2024 pukul 00.00, saya melakukan pemesanan tiket KA Kahuripan dari Stasiun Kiaracondong tujuan ke Blitar, untuk 5 orang. Kursi sudah saya dapatkan dan sudah saya bayar lunas lewat QRIS, dengan sumber dana rekening Neo Bank (Bank Yudha Bhakti).

Namun setelah saya bayar, e-tiket belum muncul juga di aplikasi KAI Access. Saya memaklumi, mungkin delay dikarenakan banyaknya calon penumpang yang juga mengincar tiket untuk mudik. Pagi harinya, saya kembali cek kembali aplikasi KAI Access saya, tetapi e-tiket belum muncul juga. Alhasil saya menanyakan status tiket saya melalui DM Twitter KAI121, karena tidak biasanya e-tiket gak muncul setelah terbayar.

Ternyata, balasan dari akun Twitter KA121 menyatakan bahwa pesanan saya dinyatakan timeout dan gagal, padahal saya telah bayar. Ini balasan admin Twitter KA121:

Lalu saya cek di aplikasi KAI Access setelah mendapatkan jawaban di Twitter dan terlampir bukti pembayaran melalui QRIS:

Saya yakin sekali pas saya bayar, masih ada waktu kurang lebih 3 menitan. Kepada PT KAI, saya mohon bantuannya untuk segera mengembalikan uang saya yang terpotong untuk pembayaran tiket.

Arif Padilah
Cimahi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

16 komentar untuk “Kode Booking Tiket Kereta Sudah Dibayar, tapi Dinyatakan “Timeout”

  • 2 Maret 2024 - (16:44 WIB)
    Permalink

    Sisa waktu 3 menit itu jam berapa? Jam 00 kah? Itu anda bayar jam 00.07 kan ya? Ya terlambat. apalagi jam segitu bayarnya.

    2
    1
  • 2 Maret 2024 - (16:47 WIB)
    Permalink

    Setau saya batas waktu pembayaran via qris hanya 5 menit, setelahnya hanya bisa dibyr via channel lain..

  • 2 Maret 2024 - (19:18 WIB)
    Permalink

    Ya jelas time out…mungkin TS terlalu santai atau ngantuk jam segitu, sedangkan system biasanya batasi wktu pembayaran kurang lebih 5 menit,sisa 3 menit itu perasaan TS saja padahal pembacaan system sudah time out..

    3
    1
  • 2 Maret 2024 - (21:48 WIB)
    Permalink

    Bayarnya sudah jam 00 pake qris dari maaf bank yang notabenya sistemnya masih ya gitu.dan jam segitu rata rata bank pada cut off sistem . Ya selamat dech time out

  • 3 Maret 2024 - (13:31 WIB)
    Permalink

    Lebih di sarankan jangan pake neo bank proses masuk ke merchant nya lama nunngu sejam lebih,sistem KAI padat merayap mending pake QR bank lain….akibat nya tiket gk ke bayar saldo hangus gak di refund,ini berdasarkan pengalaman saya pake QR neo bank.

  • 3 Maret 2024 - (18:01 WIB)
    Permalink

    Itu karena anda bayar qris di Neo bank pakai diskon, jadi nominal pembayaran tidak sesuai disistem KAI, tidak terbaca sistem

    • 3 Maret 2024 - (18:51 WIB)
      Permalink

      Ga gitu kali.. meski dapet diskon dari Bank Neo merchant nerima full.. sy merchsnt qris kalo ada Cs bayar qris dia dpt potongan kekita tetap full payment

      • 3 Maret 2024 - (18:54 WIB)
        Permalink

        Kalau gak percaya coba aja, persen tiket KAI bayar tu pakai neobank yg pakai diskon langsung pasti kejadian, kalau bank lain biasanya cashback

        • 3 Maret 2024 - (18:56 WIB)
          Permalink

          Jelas gak percaya, orang saya suka beli tiket via kai akses dan baysr qris bank neo.. gaada masalah tuh, karna merchant nerima full meski kita dpt diskon

  • 3 Maret 2024 - (18:24 WIB)
    Permalink

    Saya pernah kejadian dengan bank Neo transaksi pembayaran Ceria BRI, di sisi bank Neo bilang sudah sukses, namun dari sisi Ceria BRI gagal dan tidak ada transaksi masuk, saya komplain ke bank Neo tetep kekeh kalo sudah sukses, dan saya komplain ke ceria juga sama kekeh kalo belum masuk, akhirnya saya ikhlaskan uangnya, karena tak tau nyangkut dimana, dan mulai hari itu saya kapok TRX via bank Neo.

    Karena dari sisi Neo bilang sukses namun belum oleh lawan transaksinya.

  • 3 Maret 2024 - (19:37 WIB)
    Permalink

    Mmg waktunya parah ini kai, masa cuma brapa menit, gila mmg, di perbaiki lagi systemnya dan rekanan bayarnya, sdh waktu terbatas, rekanan bayar sedikit, pernah co, jaringan lemot, lah sdh Time out… punya pemerintah tapi,kualitas ngontrak…dan ga ada CS online parah kwalitasnya

    1
    1
  • 4 Maret 2024 - (19:05 WIB)
    Permalink

    Semoga bisa kembali lagi uang tiket nya ya.
    Kenapa sistemnya begitu ya. Harusnya kalo sudah time out udh ga bisa dibayar ya ? 🧐

 Apa Komentar Anda mengenai KAI Access?

Ada 16 komentar sampai saat ini..

Kode Booking Tiket Kereta Sudah Dibayar, tapi Dinyatakan “Timeou…

oleh Acil dibaca dalam: 1 menit
16