Paket XL Prioritas Hilang

Terima kasih kepada Media Konsumen, karena telah menjembatani keluhan saya.

Saya pengguna XL Prioritas, dengan beberapa nomor. Kronologinya, saya membeli paket perdana XL, dengan nomor 081999999**9 dan paket Upfront Silver x 2 bulan Rp 118.000, pada tanggal 04 Januari 2024 (nomor aplikasi: 4952905). Nomor tersebut saya aktifkan per tanggal 06 Januari 2024. Sejak tanggal 15 Februari 2024, saya kesulitan mengecek sisa kuota dan masa aktif kuota di aplikasi MyXL.

Tanggal 20 Februari 2024, saya mencoba menghubungi call center XL 817, untuk memastikan kenapa saya tetap tidak bisa mengecek masa aktif paket dan tanggal perpanjangan, mengingat banyak mengeluhkan pelanggan XL yang gagal perpanjangan saldo terpotong tapi kuota tidak masuk. Namun pihak XL 818 tidak dapat memastikan kapan untuk proses perbaikan dan mengiyakan memang terjadi gangguan massal untuk paket Upfront.

Saya juga menyampaikan keluhan saya terkait kekhawatiran saya terkait perpanjangan. Namun pihak XL menyampaikan bahwa tidak perlu khawatir, nanti sebelum perpanjangan akan ada SMS notifikasi.

Ternyata yang saya khawatirkan terjadi tanggal 04 Maret 2024, paket saya mati secara otomatis. Saya menghubungi XL kembali, tetapi hasilnya tidak memuaskan, hanya diinformasikan bahwa saldo tidak mencukupi perpanjangan. Padahal jika dihitung secara manual, jika aktivasi paket saya tanggal 06 Januari 2024, maka seharusnya tanggal perpanjangannya adalah tanggal 05 Maret 2024.

Namun tidak fair-nya, XL menghitung per tanggal pembelian dan komplain saya diabaikan. Sehingga saya tidak lagi bisa menikmati harga promo Rp118.000 dan tidak ada kompensasi untuk pelanggan. Menurut XL, yang salah tetap pelanggan. Padahal saya sudah menghubungkan dengan e-wallet kartu kredit untuk perpanjangannya (terlampir screenshot-nya). Saya juga mengisi ulang pulsa sejumlah Rp125.000 dan sudah mengaktifkan metode pembayaran cadangan. Namun untuk aktivasi paket di myXL tidak tersedia, jika melalui *808# hanya ada dengan harga Rp255 ribu.

Kemudian satu lagi nomor saya yang bermasalah 08785267**67. Saya menanyakan juga melalui call center XL. Pada tanggal 10 Maret 2024, saya membeli paket XL Prio Upfront Diamond x 3 bulan dengan harga Rp303.000, melalui aplikasi MyXL. dan berhasil. Sehingga paket saya sebelumnya masa aktifnya terakumulasi hingga 12 Agustus 2024 (terlampir screenshot-nya).

Namun hari ini 15 Maret 2024, saat saya membuka beberapa aplikasi, tidak bisa. Saya pikir sedang ada gangguan koneksi, karena di sini cuaca sedang mendung. Sampai beberapa kali saya mencoba mematikan, kemudian menyalakan kembali paket data, tetap tidak bisa terkoneksi.

Saya coba mengecek di aplikasi MyXL, ternyata kuota saya tidak muncul. Saya cek melalui *808#, keterangan menunjukkan bahwa kuota saya 0 semua. Kagetlah saya, padahal saya cek kemarin masih ada kuota. Ternyata semua paket yang aktif hilang, padahal sebelumnya terdapat 2 paket aktif dan masa aktifnya hingga 12 Agustus 2024.

Saya coba menanyakan kepada CS Maya di aplikasi, tapi responsnya hanya menyuruh menunggu untuk dilakukan pengecekan. Setelah saya tunggu, tiba-tiba pembicaraan diputus.

Tolong diberikan solusi, saya membutuhkan kuota untuk pekerjaan saya. Mohon Xl dapat menghubungi saya di nomor 08782828**67.

Ida Jayati
Jakarta Selatan


Update (8 April 2024): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak XL Axiata sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda mengenai XL Axiata?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Paket XL Prioritas Hilang

oleh IDA JAYATI dibaca dalam: 2 menit
0