Kompor Tanam dari Fotile Indonesia Tidak Bisa Langsung Mati

Tanggal 8 Desember 2023, saya ke Mitra 10 Daan Mogot untuk membeli kompor tanam dan chimney merek Fotile. Lalu dilakukan pemasangan pada bulan Februari 2024. Namun sampai sekarang itu kompor tidak bisa digunakan dengan maksimal. Karena setiap dimatikan, api tidak langsung mati, tapi meninggalkan bunyi blup lalu api mati dan menyala kembali, baru mati total.

Saya komplain ke Mitra10, tapi dilempar disuruh komplain Fotile. Lalu dari Fotile dilempar lagi ke Mitra10, sampai akhirnya datanglah teknisi 1 sampai teknisi ke-3. Namun sampai hari ini masalah tersebut belum terselesaikan.

Di sini saya selain membeli kompor, saya juga harus membeli 3 regulator baru, yang menghabiskan biaya tidak sedikit. Karena atas saran teknisi 1 dan teknisi 2, saya harus mengganti regulator ke merk Winn Gas W900 yang tekanan rendah. Langsung saya ganti, tapi kompor masih blup juga.

Saya minta ganti unit baru beberapa hari lalu dengan tipe yang sama dan dibawakan regulator Winn Gas, sama persis dengan yang saya pakai, tapi masih blup juga.

Hari ini didatangkan teknisi dari China dan dia memasang regulator yang dari awal pemasangan kompor saya pakai. Namun masalah tidak selesai. Kompor dibongkar lagi sama seperti teknisi ke-3 lakukan, tetapi sama juga masih blup. Mungkin karena sudah tidak ada solusi lagi, teknisi dari China ini mengatakan bahwa blup masih dalam tahap wajar.

Yang ingin saya tekankan di sini adalah, jika blup yang mengeluarkan api setelah kompor dimatikan lalu api menyala kembali lalu baru mati dikatakan wajar, maka:

  1. Saya tidak akan komplain;
  2. Fotile tidak akan mendatangkan 3 teknisi dengan penanganan yang berbeda;
  3. Fotile tidak akan menyetujui permintaan saya untuk mengganti unit baru.

Percakapan dengan CS Fotile Indonesia juga banyak mis komunikasinya. Yang disampaikan beliau apa nanti yang sampai di rumah saya berbeda, dan ini sudah kejadian kedua kalinya.

Jadi saya minta tanggung jawab Fotile Indonesia di sini, agar bisa me-refund kembali uang saya, berikut dengan kerugian yang sudah saya keluarkan seperti pembelian 3 regulator. Serta biaya yang saya bayarkan ketika ada teknisi berkunjung, karena seharusnya biaya tersebut saya bayarkan jika tidak ada kendala. Namun kenyataannya setiap kedatangan teknisi, ya masalahnya di kompor blup itu saja, tidak ada yang lain.

Jika kalian menganggap ini adalah hal yang wajar, saya terima. Namun jika ada kejadian yang merugikan saya dan keluarga ke depannya yang berakibat fatal karena kompor blup ini, saya tidak akan segan untuk menuntut Fotile Indonesia.

Demikian surat pembaca ini saya buat, terima kasih Media Konsumen.

Maria
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

12 komentar untuk “Kompor Tanam dari Fotile Indonesia Tidak Bisa Langsung Mati

    • 25 Maret 2024 - (15:36 WIB)
      Permalink

      normal mgkn utk anda, tp tdk utk saya krn api sblm mati total itu blupnya besar bkn kecil. merk2 lain ga ada yg begitu berarti linea dan fotile hrs diwaspadai!

      3
      3
  • 25 Maret 2024 - (15:59 WIB)
    Permalink

    engga besar, letupan kecil saja sisa gas
    kadang istri saya suka lebay juga kaget
    pada B aja, letupan kecil.

    1
    5
    • 25 Maret 2024 - (18:07 WIB)
      Permalink

      kl letupan kecil msh amat sangat wajar dan bs dimaklumi, disini letupannya agak besar bos. Saya ga mgkn jg buang2 wkt urusin beginian sampe 2 bulan kl msh dalam yg namanya wajar, apalg sampe hrs ketik panjang2 ke Media Konsumen sampe hrs memberikan bukti2 jg 😂

      Pas ganti unit baru jg letupannya kecil kok makin lama kelamaan setelah diatas 15 menit ya balik lg ke letupan besar dan ini sdh di konfirmasi sendiri jg sama teknisi Fotile 🤭

      1
      2
      • 25 Maret 2024 - (21:27 WIB)
        Permalink

        Tentulah tidak wajar ada letupan kecil.
        Target standard pembuat kompor antara lain: api biru, mati-nyala smooth (tidak ada flashback), pengapian stabil, dsb… dsb
        Kompor harga ratusan ribu saja bisa kok membuat seperti ini.
        Kalo pembuat mobil target standardnya gak brebet (salah satunya).
        Bukan yang asal bisa jalan dan ngebut doank.

        0
        3
  • 26 Maret 2024 - (12:18 WIB)
    Permalink

    Harusnya ngasih video juga biar yg punya kompor merk ini bisa menilai.Kalo hanya foto kompornya,cuma bisa mengira2

    • 26 Maret 2024 - (14:48 WIB)
      Permalink

      Bs lsg wa ke cs Fotile ya krn video sudah direcord lsg oleh 3 teknisi dan dlm durasi yg sangat lama 😊

  • 26 Maret 2024 - (23:58 WIB)
    Permalink

    kelebihannya cuma 1: “mahal”
    semoga cepet dapet solusinya ya gan
    mnurut saya sih otomatis penutup kran gas enggak normal atau katup klep kran gasnya kurang rapet saat proses mematikan kompor.mkanya sisa gasnya membuat api blup gitu

    46

 Apa Komentar Anda?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Kompor Tanam dari Fotile Indonesia Tidak Bisa Langsung Mati

oleh M P dibaca dalam: 2 menit
12