Komplain Layanan TikTok Shop dan J&T Express

Terima kasih kepada Media Konsumen, yang selalu ada saat konsumen (seller dan buyer/partner) mendapat ketidakadilan, atas dimuatnya surat ini.

Berawal dari pesanan COD dari TikTok Shop (yang sekarang nebeng nama Shop by Tokopedia, tapi CS dan aturan serta layanannya tetap made by TikTok), dengan nomor orderan: 576888982512240573, nomor resi J&T Express: JX0441204520 dan nomor laporan: 202405310512300394. Laporan tersebut selalu ditutup, dengan alasan sedang dalam pengiriman. Sampai 5 – 6 kali membalas, jawabannya selalu sama (copy paste template) sebagai berikut (cuma bedanya penambahan kata sedang dikirim dan sedang dikirim ke alamat):

Padahal yang saya tanyakan adalah kenapa pengiriman dari Jakarta ke Pangandaran, Jawa Barat menggunakan J&T, dari tanggal 25 Mei hingga 1 Juni 2024 (surat ini ditulis) stuck di JKT Gateway? Sejak tanggal 26 Mei 2024 tidak bergerak. Kalau dikomplain akan dijawab, sedang dalam pengiriman dan estimasi, sementara yang saya tanya itu kenapa selama 6 hari di gudang Jakarta terus dan gak bergerak ke tujuan?

Saya komplain ke drop point @Wahana (salah satu drop point J&T cabang Daan Mogot Tampak Siring), dengan supervisor-nya, hasilnya tidak ada chat yang dibalas. Lalu saya chat WA kurir yang pickup, ada respons dan bantuan, katanya menunggu hasil konfirmasi ke J&T Gateway Jakarta.

Kemudian saya komplain melalui CS TikTok Shop. Ya itu tadi, estimasi yang sangat lama untuk pengiriman yang bermasalah. Padahal untuk pengiriman ke konsumen, penjual di-push secepat mungkin untuk mengirim pesanan dalam waktu 1×24 jam (aturan yang baru). Namun giliran pengiriman dalam masalah begini, berubah jadi 3 minggu lebih estimasi layanan mereka ke kami. Ini estimasi saja. Pembeli dan penjual sama-sama disuruh menunggu selama itu dan ini belum jelas hilang atau tidaknya.

CS TikTok Shop membuat kesimpulan sendiri, bilang bahwa dari tanggapan J&T sedang dalam pengiriman ke alamat penerima. Padahal jelas-jelas itu barang belum jalan, masih di Jakarta. Investigasi saja belum dimulai, CS TikTok Shop malah nyatut jawaban CS J&T, bilang paket sedang dikirim ke alamat pembeli. 😒

Jauh banget dibanding cara penanganan CS Tokopedia dalam menghubungi ekspedisi, yang benar-benar ikut kroscek investigasi juga. Bahkan CS Tokopedia punya akses positif yang kalian tidak duga, yang menurut saya “WOW”, dalam penyelesaian masalah.

Yang bikin kesal, di TikTok Shop setiap komplain dibalas selalu diakhiri dengan ditutupnya laporan. Nanti kalau kita reply baru kita klik buka kembali. Sungguh gak sopan, komplain belum selesai, bisa-bisanya selalu ditutup. Sistem dan SDM semua lini berkualitas rendah.

Akhirnya saya komplain J&T via telepon 021-8066-1888, disuruh menunggu batas estimasi 31 Mei 2024 pukul 00:00 berakhir, baru bisa dibantu laporkan! What? Ada kejanggalan di awal selama itu pun masih disuruh menunggu sampai batas estimasi? Lagi-lagi batas estimasi antara CS J&T katakan dengan CS TikTok Shop berbeda, yang mana CS TikTok Shop bilangnya sampai 13 Juni 2024 seperti screenshot di atas tadi, sementara CS J&T sampai tanggal 31 Mei 2024.

Kemudian saya komplain J&T via WhatsApp (+62 811-8466-188), lebih parah lagi. Antara robot dan orang beneran saya gak bisa bedakan . Bikin emosi, sama seperti komplain via call center J&T, cuma lebih robotik, hasilnya nihil gak ada jawaban. Untuk lapor harus menunggu estimasi selesai.

Saya chat ke pembeli, menceritakan ini semua, tanggapannya baik. Mungkin dia agak tenang karena kan COD ya, yang gak tenang justru saya selaku seller. Skip skip skip..

Sampai saya minta tolong ke kurir yang dulu pernah pickup (dari agen J&T cabang cabang lainnya yang 1 kawasan Jakarta Barat juga), tapi tetap mesti pihak J&T yang mem-pickup yang bertanggung jawab membantu.

Dulu saya pernah komplain soal sistem TikTok Shop dalam hal pelanggaran yang sering terjadi, tak terduga dan aneh. Ditambah aturan makin gak jelas dan pelayanan masalah yang gak bermutu. Sampai surat ini dikirim, belum jelas barang itu hilang atau gimana.

Sekian dan terima kasih.

Handy
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

11 komentar untuk “Komplain Layanan TikTok Shop dan J&T Express

  • 2 Juni 2024 - (12:28 WIB)
    Permalink

    Sampe surat ini dimuat pihak kurir yg pickup itu ga bales respond utk jawab gimana kondisi barangnya hilang / tidak. Kalo hilang ya harus segera nyatakan hilang utk segera ganti rugi. Karen ditiktok itu mesti nunggu estimasi lama sekali kalo ga ada jawaban soal barang nya.

    Pihak supervisor nya yg bernama pal abdil pun ga pernah respond sama sekali sejak chat dimulai lebih parah lagi. Ini bene bener amatir sekali penanganan case seperti i i

  • 2 Juni 2024 - (12:31 WIB)
    Permalink

    Apalagi pihak tiktok shop … Cs nya bener2x malah nutup laporn saya loh . Ga membantu biarin penjual dan pembeli hadapin sendiri kendala ini.

    Blum ada etikat baik dari pihak tiktok shop utk mengganti barang tsb yg saya kira kemungkinan hilang sblum di berangkatkan ke tujuan kirim.

  • 2 Juni 2024 - (12:39 WIB)
    Permalink

    Pak abdil ini supervisor dari jnt nya. Bisa bisa nya ga ngerespond. Yg kasih no supervisor itu dan suruh padahal pihak kurir yg pickup nya si zakaf (kurir yg pickup) nah ini para petugas J&T nya.

    Kalo emang nyatakan hilang. Ya nyatakan hilang biar cepet proses pergantian barang hilang nya ke Seller. Karens ini sisten COD jd ganti nya ya jelas ke SELLER (PENJUAL).

    Padahal pihak kurir katanya sudah wa saya awal awal chat saat masih mau respons soal bungkusnya spt apa, warna apa, isinya apa?

  • 2 Juni 2024 - (12:48 WIB)
    Permalink

    Saya sampe pontang panting urusin ini. Mereka pihak tiktok shop dan J&T seolah olah menghilang gitu aja. Karena kasian pembelinya butuh banget utk anak nya kompetisi tanggal 9 Mei. Pembeli jg responsif dan cukup sabar ..

    • 2 Juni 2024 - (12:49 WIB)
      Permalink

      Koreksi maksudnya butuh bgt 9 JUNI utk anaknya kompetisi. Ralat BUKAN 9 mei

  • 2 Juni 2024 - (15:26 WIB)
    Permalink

    Begitulah, kalo lancar2 aja ngak berasa. Sekalinya ada masalah, berasa dah bobroknya CS marketplace2 dan kurir2 pengiriman.

    • 3 Juni 2024 - (15:55 WIB)
      Permalink

      Drop off Pihak JNT di wahana (rekanan J&T cabang daan mogot tampak siring) tiap mau kirim J&T sekarang bilang scan error mulu sejak dimuat surat ini. Bener2x pelayanan amatir Drop off J&T.

      Bukannya memperbaikin diri..

      • 3 Juni 2024 - (16:16 WIB)
        Permalink

        > sekarang bilang scan error mulu sejak dimuat surat ini

        Iya, malah ditarget. Saya juga begitu. Madesu memang.

        • 3 Juni 2024 - (16:19 WIB)
          Permalink

          @bob
          Padahal langganan sebelumny.
          Dan tiktok shop ini cm monopoli J&T itu yg bikin kesel. 100% gue selalu J&T mulu. Antareja enak komplen gampang. Pickup pula cm 1 doang bisa.

  • 2 Juni 2024 - (19:06 WIB)
    Permalink

    Sampe sekarang tracking masih sama dan kondisi barang blum diketahui curi pihak kurir J&T Sejak kapan nya .

    Dan pihak tiktok pun tidak ada tindakan apapun.

  • 3 Juni 2024 - (12:52 WIB)
    Permalink

    Khusus penjual di tik tok
    Metrik perhitungan yg aneh ini harus kalian hati hati dan pertimbangnan juga

    Jika penjual punya niat baik sbg tanggung jawab untuk retur / pengembalian dana ke si pembeli karena misal barang ada cacat. sbg bentuk tanggung jawab itu masuk pelanggaran perhitungan rating toko juga. Yang Nilai nya sama dengan jika kalian tidak mau ganti dan diberi rating buruk (1 atau 2)

    🥴.

 Apa Komentar Anda?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Komplain Layanan TikTok Shop dan J&T Express

oleh Power Glue dibaca dalam: 2 menit
11