Traveloka Mempersulit Refund Batik Air

Melalui surat pembaca ini, saya ingin menyampaikan keluhan saya terkait refund Batik Air yang dipersulit oleh Traveloka. Batik Air mengubah jam penerbangan saya secara sepihak pada H-1. Yang mana pada jadwal baru tersebut, saya tidak bisa terbang, sehingga saya harus menggunakan maskapai lain untuk penerbangan saya.

Dari Traveloka kemudian mengungkapkan, bahwa saya ada 2 opsi, yaitu:

  1. Reschedule dengan jadwal H-3 hingga H+3. Yang mana saya tidak bisa, karena perubahan jadwal baru diinformasikan pada H-1, sedangkan saya harus terbang pada jam itu, karena saya ada penerbangan lanjutan setelahnya. Penerbangan sebelumnya tidak bisa, karena masih terhalang kerja.
  2. Full refund.

Saya menghendaki opsi (2), tetapi kemudian ditolak oleh Traveloka, dengan alasan saya menggunakan gift voucher (bukan kode kupon promosi, tapi voucher dari perusahaan). Pihak customer service sangat tidak kooperatif untuk membantu refund. Padahal saya minta refund dilakukan ke Traveloka Points, sehingga nantinya bisa saya gunakan untuk produk Traveloka lain dan tidak merugikan Traveloka sama sekali.

Karena menemui jalan buntu, maka saya mengirimkan surat pembaca ini. Semoga para pembaca sekalian berpikir ulang sebelum melakukan pembelian di Traveloka, agar tidak terjebak seperti saya. Berikut saya sertakan tampilan layar:

Besar harapan saya agar surat pembaca ini dapat dimuat oleh Media Konsumen dan direspons Traveloka. Terima kasih.

Peter Alimin
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

3 komentar untuk “Traveloka Mempersulit Refund Batik Air

  • 6 Juni 2024 - (21:06 WIB)
    Permalink

    Voucher itu tidak bisa diuangkan atau dikonversi. Sekali dipakai tidak bisa direfund.
    Kalau Traveloka points diperoleh dari setiap transaksi tunai atau program welcome bonus kerjasama dengan bank.

    Reschedule jam penerbangan menjadi lebih awal 1 jam dan diinformasikan 1 hari sebelumnya sebenarnya masih dalam batas toleransi. Apalagi sesua dgn kondisi anda yang memiliki penerbangan lanjutan. Tinggal anda aja yang pintar2 nego dgn kantor tempat bekerja kalau alasannya karena pekerjaan.

    • 8 Juni 2024 - (09:47 WIB)
      Permalink

      err.. kenapa tidak traveloka/batik air-nya yang bantu nego dengan tempat kerjanya? kan mereka yang mengubah jadwal?

      menurut saya ketika membeli barang, lalu penjual barang mengubah barangnya padahal sudah terjadi transaksi, itu salah penjualnya. namanya ingkar/tidak amanah.

      jangan diwajarkan perilaku ubah2 jadwal seperti ini. dan jangan pembelinya yang disalahkan karena ada banyak faktor waktu memutuskan beli di jam awal dan anda tidak tahu itu. tentu tidak hanya “nego saja ke tempat bekerja” dan semuanya selesai.

 Apa Komentar Anda?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Traveloka Mempersulit Refund Batik Air

oleh peter alimin dibaca dalam: 1 menit
3