Kapok Menggunakan WiFi IndiHome, Tagihan Berubah-Ubah

Saya merupakan pengguna WiFi IndiHome sejak bulan Maret 2024. Pada bulan Mei 2024, saya sempat menulis artikel di Media Konsumen berjudul “Arogansi Tarif IndiHome yang Tidak Sesuai Janji Sales”, di mana saya mengeluhkan sales IndiHome yang menipu saya dengan mendaftarkan paket internet 30Mbps dengan biaya Rp310.800 per bulan. Tentunya hal tersebut sangat memberatkan dan tidak sesuai dengan kebutuhan saya dan suami karena rumah jarang dihuni.

Kemudian, atas surat keluhan saya tersebut, pada tanggal 10 Mei 2024 saya dihubungi pihak IndiHome cabang Sidoarjo. Saya dijanjikan untuk dibantu menyesuaikan tarif sesuai dengan budget dan kebutuhan. Saya setuju pada pilihan paket 10Mbps biaya Rp170.000 per bulan (belum termasuk PPN) seperti berikut:

Di sini jelas disampaikan bahwa tagihan sudah disesuaikan menjadi Rp170.000 per bulan belum termasuk PPN 11% dan saya bayar sehingga total tagihan WiFi bulan April 2024 berkisar Rp188.000. Namun, alangkah terkejutnya saya setelah muncul tagihan bulan Mei 2024 yang akan saya bayar saat ini (16/06/2024). Tagihan berubah menjadi Rp224.000 (termasuk PPN).

Akhirnya saya komplain baik kepada CS IndiHome maupun ke petugas cabang S*do*rjo. Pihak CS menyatakan bahwa tagihan sebenarnya adalah Rp200.000 belum termasuk PPN dan di bulan sebelumnya saya terkena prorata sehingga membayar Rp170.000. Sementara pihak cabang S*do*rjo beralasan bahwa Rp170.000 adalah harga diskon dan selanjutnya normal.

Yang saya sayangkan adalah kenapa dari awal diinfokan Rp170.000 per bulan? Berarti selama ini brosur paket WiFi IndiHome yang seperti gambar berikut tidak sesuai realita?

Akhirnya karena saya sudah terlalu malas berdebat saya putuskan untuk copot pemasangan WiFi IndiHome saja. Tunggakan bulan Mei Rp224.000 juga sudah saya bayar. Saya juga sudah mengisi data untuk pencopotan WiFi.

Dan lucunya, pihak CS IndiHome meminta saya untuk mempertimbangkan kembali keputusan bahkan menanyakan kebutuhan paket apa dan budget bulanannya berapa. Bukankah sebelumnya saya sudah melakukan penyesuaian paket internet dan justru ini yang terjadi?

Oh iya, berikut saya sertakan juga chat WA saya dengan petugas cabang IndiHome:

Jujur, hanya dalam waktu sekitar 4 bulan pemakaian, saya kapok memakai IndiHome untuk kebutuhan paket WiFi. Sudah pas awal kena tipu paket yang mahal, terus dijanjikan penyesuaian paket yang baru, baru sebulan ternyata tarifnya naik lagi. Belum lagi pencopotannya ribet sekali, banyak data yang diisi dan diminta untuk mempertimbangkan berkali-kali. Sangat tidak worth it apalagi rumah kondisi jarang ditempati.

Sangat berbeda dengan WiFi produk lain yang sebelumnya saya pakai, yang per bulan flat tidak berubah-ubah. Hanya saja di rumah yang sekarang tidak ter-cover. Dari tulisan ini saya berharap IndiHome bisa meningkatkan layanan dan profesionalismenya. Apalagi sebagai provider terkenal. Saya juga berharap semoga pencopotan WiFi di rumah saya bisa diproses dengan lancar tanpa ada drama-drama lagi. Terima kasih.

Asri Anggun
Sidoarjo, Jawa Timur


Update (21 Juni 2024): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak IndiHome sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Kapok Menggunakan WiFi IndiHome, Tagihan Berubah-Ubah”

Merujuk pada surat pembaca di Mediakonsumen.com pada tanggal 16 Juni 2024 oleh Ibu Asri Anggun mengenai tagihan IndiHome yang berubah-ubah....
Baca Selengkapnya

11 komentar untuk “Kapok Menggunakan WiFi IndiHome, Tagihan Berubah-Ubah

  • 17 Juni 2024 - (08:31 WIB)
    Permalink

    “Sangat tidak worth it apalagi rumah kondisi jarang ditempati.”

    rumah jarang dihuni dipasangin wifi aja udah diluar nurul itu, duh..

  • 17 Juni 2024 - (13:50 WIB)
    Permalink

    Aku sebagai pengguna IndiHome harga tidak pernah berubah dan harga flat pemakaian hampir 3 tahun bahkan

  • 17 Juni 2024 - (14:04 WIB)
    Permalink

    Nebeng kafe aja.

    Jangan ikut suatu kaum yang disuruh potong sapi ujung-ujungnya malah ribet sendiri kudu nyari sapi super langka.

  • 17 Juni 2024 - (14:07 WIB)
    Permalink

    Memang ngak transparan dan banyak jebakannya. Saya juga kalo ngak terpaksa ngak mau pake Indihome.

  • 19 Juni 2024 - (04:19 WIB)
    Permalink

    bukan promosi, hanya berbagi pengalaman pribadi saja, saya pengguna internet kabel Oxygen dari Mora Telematika beberapa tahun terakhir, overall layanannya bagus, dan untuk harga dan kualitas termurah dan terbaik di kota saya, walaupun tanpa promo.
    saya langganan paket up to 50 Mbps dengan harga Rp. 242.000 perbulan harga asli Rp. 275.000 saya dapat diskon karena pelanggan setia, dan unlimited tanpa fup, walaupun pakai embel2 up to, ternyanta speed upload dan download sama, alias 1:1 dan speednya ternya lebih dari 50Mpbs, rata2 di 55-60Mpbs realnya.

    • 20 Juni 2024 - (07:55 WIB)
      Permalink

      tidak semua area tercover pak..contoh daerah rumah saya, mau gak mau harus pake plat merah karena yang lain gak tercover, yaa solusinya pake punya mas elon kalo gak mau pake plat merah

 Apa Komentar Anda?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Kapok Menggunakan WiFi IndiHome, Tagihan Berubah-Ubah

oleh asri anggun dibaca dalam: 2 menit
11