BRI Ceria Menolak Memberi Keringanan

Saya adalah nasabah BRI Ceria. Karena saya kehilangan pekerjaan di akhir tahun 2023, akhirnya saya mempunyai tunggakan Ceria sebesar 3,6 juta rupiah. Saya juga kehilangan HP dan nomor saya sehingga tidak bisa membuka aplikasi saat itu.

Lalu, pada tanggal 22 Juni 2024, rekening BRI atas nama anak saya dengan NIK saya saldonya berkurang. Saat itu, sisa saldo hanya 23 ribu rupiah. Saya melihat mutasi repayment Ceria, padahal bukan rekening yang terdaftar di Ceria. Saat itu, saya menghubungi CS karena saya ingin membuka aplikasi Ceria saya.

Lalu, ada uang masuk ke rekening tersebut untuk biaya sekolah sebesar 350 ribu rupiah. Sepuluh detik kemudian, terjadi autodebit repayment Ceria juga, berapapun uang yang masuk tidak disisakan 50 rupiah pun.

Saya memutuskan untuk menghubungi CS via WA Sabrina BRI. Saya ingin meminta keringanan atau restrukturisasi. Bagaimanapun, saya punya hak untuk mengajukan keringanan. Saya ingin mengajukan keringanan saldo yang diautodebit oleh BRI Ceria dengan nominal yang jelas. Saya mengajukannya melalui email.

Saya mendapatkan balasan email yang mengatakan bahwa keringanan yang saya ajukan tidak disetujui karena mungkin tunggakannya sudah lebih dari setahun. Pihak Ceria menyarankan untuk melakukan pembayaran rutin setiap bulan dengan kesanggupan bayar yang disetor ke rekening yang terdaftar di Ceria.

Kenyataannya, Ceria terus menautodebit sampai habis saldo rekening yang bukan terdaftar di aplikasi Ceria. Memang saya sudah wanprestasi sebagai debitur karena mempunyai tunggakan. Apakah itikad baik saya untuk melunasi dengan kesanggupan saya dengan Ceria menautodebit saldo saya dengan nominal yang jelas tiap bulannya tidak bisa diterima?

Saya bisa saja menutup semua rekening BRI saya sehingga pihak Ceria tidak bisa mengautodebit lagi, tapi hal tersebut tidak ingin saya lakukan karena tabungan BRI Junio atas nama anak saya tersebut saya gunakan untuk keperluan membayar sekolah.

Apakah saya harus menutup saja semua rekening BRI agar pihak Ceria tidak bisa mengautodebit rekening saya lagi?

Soraya Febrina
Bandung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “BRI Ceria Menolak Memberi Keringanan”

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada BRI dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Ibu Soraya...
Baca Selengkapnya

8 komentar untuk “BRI Ceria Menolak Memberi Keringanan

  • 2 Juli 2024 - (19:31 WIB)
    Permalink

    Yang namanya pengajuankan bisa disetujui ataupun enggak Kak, mungkin pengajuan Kakak enggak disetujui karena tidak sesuai dengan kriteria. Kewajiban emang harus kita tuntaskan. Namanya sistem ya Kak, kalo ada rekening disaldo, pasti akan didebet sampe tagihan lunas.

  • 2 Juli 2024 - (20:34 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya simpel saja kalau tunggakannya dilunasin sdh pasti gak akan auto debet lagi, mending diangsur saja tunggakannya sesuai arahan banknya, namanya hutang berapapun harus di bayar…
    Semoga diberi kemudahan…

  • 3 Juli 2024 - (06:55 WIB)
    Permalink

    30/60 hari tunggakan berarti ini udah nunggak lebih dari waktu yang di tentukan ya……

    Baik banget ini ceria kalo ampe di setujuin cm gara2 masuk kesini.

    wkwkwkwkwkkw

  • 3 Juli 2024 - (08:29 WIB)
    Permalink

    Kalau belum bisa lunasi..cukup kosongkan saja saldo rekening bri nya…percuma komplen saldo di debet nyatanya emang ada tagihan…mending buka rekening bank lain biar gak resah uang berkurang…sambil kumpulkan uang buat lunasi tagihan dan tenangkan pikiran…dan tinggal laporan pihak sekolah mengenai pergantian rekening sekolah…

  • 3 Juli 2024 - (10:08 WIB)
    Permalink

    Kalau tidak mau di auto debet, ditutup saja rekening BRI nya. Buka rekening bank lain. Terlepas dari hak, kewajiban, itikad untuk menyelesaikan tanggungan. Oh ya, disini anda menyebutkan hak dan itikad, tapi tidak menyebutkan kewajiban

  • 3 Juli 2024 - (13:46 WIB)
    Permalink

    sebelum menyetujui atau mengikuti komen diatas alangkah bagusnya tanyakan apakah bayar dengan kesanggupan tiap bulan akan tetap dapat bunga tambahan, jika mendapat bunga alangkah bagusnya disegerakan pinjam dulu kesiapa saja atau kalo gak ada yang mau bantu jual dulu saja barang berharganya karna menurut saya nominalnya masih kecil tidak 2 digit, dari situ kan bisa dibayar tiap bulannya. semoga membantu.

 Apa Komentar Anda?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

BRI Ceria Menolak Memberi Keringanan

oleh soraya febrina dibaca dalam: 1 menit
8