Pelayanan Lazada Sangat Tidak Memuaskan! Sudah Seminggu Orderan Tidak Ada Kejelasan

Berikut ini kronologi yang saya alami:

Pada hari Senin, 14 Agustus 2017 pukul 1 siang saya melakukan pembelian dengan kartu kredit sebuah Refurbished Apple iPhone 6 128GB – Gold – Grade A (Order ID: 3744121272) di website www.lazada.co.id seharga Rp 4.444.400. Saya memilih jasa pengiriman dengan Go-Jek yaitu SAME DAY PROCESS, yang artinya produk akan saya terima pada hari yang sama. Namun hingga pukul 3 sore status pemesanan saya masih MEMPROSES, belum juga dikirim. Jadi ada 3 tahap status pemesanan di Lazada, yaitu MEMPROSES – DIKIRIM – DITERIMA.

Senin 14 Agustus 2017 pukul 3 sore saya live chat dengan CS Lazada untuk menanyakan status pemesanan saya. Namun diinfokan sedang ditindaklanjuti oleh tim terkait mereka dan nantinya saya akan dihubungi via email oleh mereka, paling lambat esok hari. Oke, saya coba menunggu. TapiSsenin malam saya mencoba bertanya ke seller melalui kolom komentar di halaman produk mengenai kejelasan status pesanan saya, dan besoknya Selasa 15 Agustus 2017 dijawab oleh seller bahwa ADA KETERLAMBATAN PICK UP DAN BARANG AKAN DIKIRIM BESOK (RABU). Oke, hal ini saya tanyakan lagi kepada Lazada melalui live chat pada 15 Agustus, tetapi hanya mendapat jawaban TIM TERKAIT KAMI MASIH MENUNGGU KONFIRMASI PIHAK SELLER. Sampai di situ saya cuma mendapat informasi dari pihak seller, BUKAN DARI PIHAK LAZADA.

Rabu 16 Agustus 2017 saya kembali live chat dengan CS Lazada untuk menanyakan kejelasan status pesanan saya, tetapi jawabannya masih menunggu konfirmasi seller dan dijanjikan akan segera dihubungi paling lambat 2 x 24 jam. Yang saya heran sebenarnya mereka nunggu apa sih? Masa iya saya sendiri aja bisa dapet konfirmasi seller, tetapi mereka selaku wadah dari seller gak dapet info apa-apa? Saya sudah mulai marah dan kecewa dengan pelayanan Lazada, apalagi dengan agent live chat, karena setiap hari saya live chat dengan mereka dengan orang yang berbeda-beda tetapi jawaban komplain saya selalu sama, yaitu terpaku dengan draft. Mereka gak ada empati sedikitpun sebagai customer service. Sekeras apapun komplain saya, mereka hanya akan jawab itu-itu saja sesuai draft yang sudah dibuat oleh leader mereka.

Kamis 17 Agustus 2017 saya masih kembali live chat dengan mereka untuk menanyakan status pesanan saya dan jawabannya masih sama yaitu MENUNGGU KONFIRMASI SELLER DAN AKAN DIHUBUNGI 2 x 24 JAM. Padahal dari Hari Senin saya selalu dijanjikan akan dihubungi 2 x 24 jam. Astaga, saya kesel banget, rasanya pengen saya samperin ke kantornya langsung Lazada. Saya coba komen di Instagram mereka perihal keluhan saya, dan dijawab untuk diminta mengirimkan DM via Twitter Lazada untuk detail pesanan saya. Tetapi saya pikir itu tidak ada gunanya karena pasti akan dapat jawaban yang sama itu-itu aj,a sedang difollow up tim terkait dan menunggu konfirmasi pihak seller. Akhirnya saya komplain di kolom produknya seller dan berharap dijawab oleh pihak seller.

Jumat 18 Agustus 2017 saya buka email dan ada notifikasi kalo komen saya dijawab oleh seller, dan sangat mengecewakan saya, yaitu SEMENTARA KAMI SEDANG CLOSE ORDER DAN PESANAN AGAN AKAN REFUND OTOMATIS. Saya mendapat jawaban dari pihak seller sementara pihak Lazada TIDAK MEMBERIKAN INFORMASI APAPUN KEPADA SAYA.

Akhirnya jawaban seller tersebut saya capture dan saya kirim melalui email ke Lazada, namun tidak ada tanggapan hingga detik ini. Pukul 11 siang saya menghubungi Lazada melalui telepon dan menanyakan kebenaran dari jawaban pihak seller, namun agent CS tidak bisa menjawab dan hanya menginformasikan akan di-follow-up kepada tim terkait mengenai hal tersebut. Saya mengatakan kepada CS tersebut jika memang tidak bisa dilanjutkan, y asudah silakan proses refund pesanan saya agar saya bisa belanja di tempat lain. Tapi lagi-lagi saya hanya diinformasikan untuk menunggu konfirmasi via email.

Pukul 2 siang saya mencoba melihat status pesanan saya di website dan mencoba untuk membatalkan pesanan tersebut, tetapi ada pop up yang bertuliskan PESANAN INI SEDANG DIPROSES OLEH SELLER, JIKA INGIN DIBATALKAN SILAKAN HUBUNGI CUSTOMER SERVICE KAMI. Dan pukul 3 sore saya kembali menghubungi CS Lazada melalui telepon untuk membatalkan pesanan saya, tetapi CS bilang harus menunggu email konfirmasi karena sedang di-follow-up oleh tim terkait.

Yang saya tanyakan sebenarnya apa yang lagi di-follow-up sama tim terkait mereka?? Sementara saya sendiri pun sudah mendapat informasi langsung dari pihak seller bahwa pesanan saya dibatalkan. Saya tau kalau customer Lazada ada ribuan dan bukan hanya saya yang komplain, tetapi untuk kasus seperti ini saya merasa Lazada AMAT SANGAT TIDAK MEMPERHATIKAN KELUHAN PELANGGANNYA. Padahal sudah sangat jelas kalau mereka berbohong kepada saya perihal menunggu jawaban seller, sementara saya sudah mendapat jawaban dari seller itu sendiri.

Akhirnya saya bilang kepada CS di telepon untuk segera di-follow-up karena saya tidak ingin menunggu lagi 2 x 24 jam hanya untuk kejelasan status pesanan saya, dan saya minta pukul 5 sore dihubungi oleh tim terkait mereka apapun hasilnya. Tapi hingga detik ini tidak ada itikad baik dari pihak Lazada untuk menghubungi saya.

Sabtu, 19 Agustus 2017 pukul 10 pagi, saya kembali menghubungi Lazada melalui telepon untuk menanyakan kelanjutan keluhan saya ini, dan lagi lagi hanya diinformasikan bahwa sedang ditangani oleh tim terkait. Saya marah dan saya tidak ingin menunggu terus dan saya tanyakan perihal jam kerja tim terkait Lazada yang menangin keluhan saya, dan CS menginformasikan bahwa tim terkait sedang libur di hari Sabtu Minggu yang artinya saya mau tidak mau harus tetap menunggu sampai hari Senin.

Senin, 21 Agustus 2017, saya kembali menghubungi pihak Lazada melalui telepon, live chat, DM Twitter, tetapi masih tidak membuahkan hasil. Saya amat sangat kecewa dengan pelayanan Lazada dan saya putuskan untuk membuat surat laporan di Media Konsumen ini. Walaupun keluhan saya akan tetap berlanjut, saya hanya ingin orang orang tau perihal pelayanan customer service Lazada seperti apa!

Aldi Saputra
Jakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Lazada Indonesia:
[Total:4    Rata-Rata: 1.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

 Apa Komentar Anda mengenai Lazada Indonesia?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Pelayanan Lazada Sangat Tidak Memuaskan! Sudah Seminggu Orderan Tidak …

oleh aldi saputra dibaca dalam: 4 min
0