Solusi Pengembalian Barang Blibli.com Tidak Sesuai dengan Ketentuan di Website

Tanggal 16 Mei 2018 saya membeli jeans size 34 di Blibli.com nomor order 12014473699. Pesanan saya terima pada tanggal 17 Mei 2018. Barang yang dikirim sesuai dengan pesanan saya. Tetapi setelah saya coba, ternyata kebesaran. Jadi saya tukar ke ukuran yang lebih kecil (ukuran 33). Nomor pengembalian RMA 114266. Tapi dikarenakan barang pengganti tidak tersedia, pihak Blibli.com mengembalikan dana saya dalam bentuk voucher.

Saya menghubungi pihak Blibli.com via telepon (CS a.n. Wanda, telepon tanggal 19 Mei pukul 13.32) meminta pihak Blibli.com untuk mengembalikan dana saya dalam bentuk refund. Sesuai ketentuan di website blibli.com yang menyatakan kalau barang pengganti tidak tersedia maka dana dikembalikan dalam bentuk refund. Berikut link-nya: https://www.blibli.com/faq/topic/pengembalian-produk/solusi-pengembalian/.

Tapi pihak Blibli.com menolak untuk refund (dijawab via email oleh Adit [Ticket#2018051909004019])
dan tetap memberi voucher. Alasannya karena barang yang dikirim sudah sesuai pesanan saya. I think they missed the point. Komplain saya bukan karena barang salah kirim, tetapi ketidaktersediaan barang pengganti yang diganti voucher, bukannya refund dana, seperti yang tertera di website.

Yang membuat saya sangat kecewa, Blibli.com tidak hanya melanggar ketentuannya sendiri yang tertulis di website, tapi juga berlaku tidak adil pada customer. Mereka menjual fashion item dan menyediakan opsi penukaran barang bila item fashion kebesaran atau kekecilan. Ketersediaan barang pengganti sebenarnya adalah tanggung jawab pihak penjual (Blibli.com/supliernya). Jika tidak sanggup mendapatkan barang pengganti, seharusnya dana customer dikembalikan dalam bentuk refund, sehingga customer bisa membeli barang tersebut di olshop lain, misalnya. Bukannya menerima voucher untuk belanja lagi di Blibli.com. Ini ibaratnya, mereka yang tidak bisa menyediakan barang pengganti, lalu customer dipaksa beli barang lain dari Blibli.com agar voucher/uangnya tidak hangus.

Meskipun nilai voucher pengganti sama dengan dana yang dibayarkan, tapi kalau tidak ada produk yang ingin dibeli, maka voucher itu akan sia-sia. Bayangkan kalau baju yang anda tukarkan ukurannya harganya jutaan rupiah, lalu barang penggantinya tidak ada, dan uang anda hanya diganti voucher yang hanya bisa dipakai belanja di Blibli.com. Rugi sekali kan?

Dengan kata lain, setiap kali customer beli baju di Blibli.com mereka akan beresiko kehilangan NILAI uangnya kalau ternyata bajunya kebesaran/kekecilan dan tidak ada barang penggantinya.

Dimana-mana olshop besar yang menjual produk fashion seperti: MatahariMall, Zalora, BerrryBenka, VIP Plaza, selalu me-refund dana bila tidak ada barang pengganti.

Mohon tanggapan pihak Blibli.com (lagi) untuk masalah ini. Saya harapkan pihak Blibli.com mematuhi apa yang telah dicantumkan sendiri di websitenya dan me-refund dana saya.

Wahyu Wulandari
Bandung – Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Blibli.com:
[Penilaian Rata-rata: 3.3]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda mengenai Blibli.com?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Solusi Pengembalian Barang Blibli.com Tidak Sesuai dengan Ketentuan di…

Wahyu wulandari 2 menit
0