Pengiriman Sudah Dinyatakan Selesai, Bukalapak Menyatakan Barang Hilang, Dana Penjualan Ditahan

Pada tanggal 9 Juni 2018, saya selaku penjual di platform e-commerce Bukalapak telah mendapat pesanan barang senilai Rp1.770.000 dengan transaksi 180921632420. Jasa pengiriman kurir yang dipilih pembeli menggunakan Ninja Xpress dan barang dinyatakan sampai pada tanggal 12 Juni 2018. Menurut aturan dari Bukalapak sendiri, dana secara otomatis akan diteruskan paling lambat maksimal dua hari setelah barang dinyatakan sampai sesuai dengan resi yang valid dari jasa pengiriman.

Kemudian 2 minggu setelah itu, tanggal 29 Juni 2018 ternyata dana tertahan akibat adanya laporan dari pembeli yang menyatakan barang belum diterima. Kami sebagai penjual langsung melakukan konfirmasi ke pihak Ninja Xpress dan dinyatakan bahwa sesuai resi valid barang sudah sampai di tujuan dan kami pun sampai mencari tahu kurir yang mengantarkannya. Kemudian hal tersebut sudah kami sampaikan ke pihak Bukalapak dan pembeli.

Seiring berjalannya waktu pihak pembeli tidak ada keluhan kepada kami, tetapi masalahnya dana penjualan kami masih ditahan oleh pihak Bukalapak. Seharusnya masalah sudah bisa selesai, tetapi tiba-tiba Bukalapak menginformasikan bahwa barang tersebut hilang oleh Ninja Xpress. Kami konfirmasi ulang ke pihak Ninja Xpress dan dinyatakan kembali barang tidak hilang dan tidak ada satu laporan pun masuk dari pihak Bukalapak.

Puluhan kali kami menginformasikan hal ini dan dari pihak Bukalapak memang tidak bisa memberikan nomer laporan kehilangan yang kami minta jika memang benar hilang. Semua bagian tidak ada yang bisa mengambil keputusan hal yang sederhana ini, yang ada kami hanya dijanjikan waktu yang tidak jelas. Kami minta dihubungi oleh pihak Manajer pun tidak digubris sama sekali.

Sampai hari ini sudah hampir 3 bulan masalah ini tidak kunjung selesai. Padahal semua bukti kuat kami miliki sebagai dasar sah bahwa barang sudah diterima oleh pembeli, tetapi tidak ada jawaban kembali dari Bukalapak. Semoga Bukalapak cepat memutuskan kasus kami ini karena sangat disayangkan sebesar Bukalapak masalah sederhana ini harus berlarut-larut tidak ada kepastian.

Laurensius Kusnadi
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak Laurensius Kusnadi

Dengan Hormat, Terima kasih atas hubungan yang terjalin dengan baik antara Bukalapak dan MediaKonsumen.com selama ini. Sehubungan dengan dimuatnya Surat...
Baca Selengkapnya

Satu komentar untuk “Pengiriman Sudah Dinyatakan Selesai, Bukalapak Menyatakan Barang Hilang, Dana Penjualan Ditahan

  • 14 September 2018 - (15:19 WIB)
    Permalink

    saya juga ngalamin yang mirip2 begitu gan, dana saya ditahan tanpa alasan yg jelas oleh bukalapak. cuman bedanya saya sebagai pembeli disitu, barang sudah dikembalikan tapi dana ditahan oleh bukalapak ntah sampai kapan

 Apa Komentar Anda mengenai Bukalapak?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Pengiriman Sudah Dinyatakan Selesai, Bukalapak Menyatakan Barang Hilan…

oleh Haryani dibaca dalam: 1 menit
1