Mohon Kejelasan Refund Belanja Saya di JD.ID

Perkenalkan sebelumnya saya adalah salah satu dari sekian banyak pelanggan setia JD.ID. Saya tidak pernah kecewa dengan barang-barang yang saya terima dari JD.ID karena mereka memang memberikan barang-barang original dengan harga yang miring daripada tempat yang lainnya. Pertimbangan yang lainnya adalah free ongkir tanpa minimum belanjaan, sungguh membuat saya tak bisa pindah ke lain hati. Bukan lebay sih, tapi memang begitu adanya. Tapi itu kemarin-kemarin ya, sebelum para CS JD.ID membuat saya kecewa yang amat sangat.

Berawal dari saya yang salah pilih barang hingga checkout & melakukan pembayaran. Pada tanggal 25 Oktober 2018 itu juga saya langsung melakukan cancel sesaat setelah transfer karena telah menyadari bahwa saya salah input barang. Saya pun telah mengisi/mengikuti prosedur arahan untuk cancel barang berikut mengisi data Bank untuk sarana refund.

Karena saya masih merasa ragu bahwa status orderan saya sudah ter-cancel/belum, maka saya chat CS JD.ID untuk memastikan bahwa saya telah meng-cancel order saya yang bernomor 239415000. Dan permintaan CS JD.ID akan data verifikasi berupa nama akun, email & no hp pun saya penuhi. Maka sang CS JD.ID menjanjikan bantu proses hingga status menjadi ter-cancel & dana saya akan langsung di-refund dalam kurun waktu maksimal 3 hari. OK, saya pun sudahi chat tersebut.

Tiga hari berlalu saya cek status masih sama, yaitu dalam proses / belum ter-cancel. Saya pun menagih janji CS JD.ID dengan langsung menyertakan:

– No Order : 239415000
– Nama Akun : pure_id
– Email & No Hp : maaf tidak saya tulis disini
– Juga Data Bank beserta keluhan berharap agar langsung direspon.

Dan tak disangka yang saya dapatkan hanyalah berganti-gantinya CS dengan janji-janji mereka, 2 hari & 2 hari proses lalu pada menghilang padahal keluhan/chat belum disudahi (sangat tidak sopan menurut saya). Hingga detik ini statusnya pun masih saja sama, yaitu masih dalam proses & belum ter-cancel.

Melalui surat ini, mohon kiranya Pak Iwan Arigayota selaku Head of Customer Service JD.ID berkenan meluangkan waktu & merespon keluhan saya sehingga dana saya ter-refund tanpa saya harus bolak-balik menghubungi CS JD.ID yang suka menghilang tanpa jejak.

Semoga keluhan saya ini adalah yang terakhir dari customer JD.ID sehingga citra JD.ID tidak ternodai oleh hal-hal yang tidak seharusnya. Dan Bapak Head of Customer Service pun tak harus capek-capek membalas keluhan JD.ID yang bertebaran dimana-mana.

Terima kasih.

Fanny Fathulloh
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai JD.ID:
[Penilaian Rata-rata: 2]
Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Bapak Fanny Fathulloh

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan pada kami oleh Bapak Fanny Fathulloh pada 12 November 2018 di halaman ini, kami dari...
Baca Selengkapnya

3 komentar untuk “Mohon Kejelasan Refund Belanja Saya di JD.ID

    • 23 November 2018 - (12:01 WIB)
      Terimakasih Bapak Djuwanda, harusnya gak nunggu di komplain lewat publik ya agar citranya terjaga. Ini mah haduh, dikira org Indonesia pada bodoh kali yaa jadi pada di gituin
      • 23 November 2018 - (12:02 WIB)
        Alhamdulillah saya telah mendapatkan hak saya setelah posting disini.

        Terimakasih mediakonsumen.com

 Apa Komentar Anda mengenai JD.ID?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Mohon Kejelasan Refund Belanja Saya di JD.ID

Fanny Fathulloh 2 menit
3