Paket Kuota Internet Indosat dengan FUP atau Batas Wajar

Saya sudah lumayan lama menggunakan Indosat untuk menjelajah Internet. Dua bulan belakangan ini Indosat menerapkan Syarat & Ketentuan dimana kecepatan internet akan diturunkan apabila penggunaan kuota internet di atas rata-rata pengguna lain (S&K Umum huruf e dan p). Indosat tidak bisa menjelaskan hal ini (walaupun ada di S&K Umum huruf r. Ketentuan mengenai Batas Pemakaian Wajar dapat ditanyakan oleh Pelanggan melalui kontak center Indosat Ooredoo di 185) dan hanya mengatakan bahwa sistemnya akan mengatur secara otomatis dan dinamis apabila penggunaan sudah diatas rata-rata pengguna lain.

Dengan kecepatan yang diturunkan hingga 1/100 kali kecepatan normal, sisa kuota yang saya beli tidak bisa saya gunakan maksimal sampai akhir masa paket dan pasti akan tersisa banyak (lihat gambar, kuota Roll Over 3.9 GB). Hal ini jelas merugikan karena paket internet yang ada batas kuotanya masih dibatasi lagi dengan FUP/Batas Wajar rata-rata pengguna lain. Ini bukan paket internet Unlimited yang wajar jika ada FUP nya.

Solusi yang diberikan pun hanya sebatas memperbaharui paket internet tetapi tidak menjawab keluhan saya. Sesudah paket internet diperbaharui baru seminggu dgn pemakaian 10GB kecepatan melambat lagi dengan tersisa kuota yang mustahil bisa terpakai habis sampai akhir masa paket pada kecepatan yang 1/100 kali kecepatan normal. Apakah ini solusi?? Di sini hak konsumen berupa kuota yang dibeli dibatasi penggunaannya dengan memperlambat kecepatan internetnya.

Kuota internet yang ditawarkan di setiap paketnya terbagi atas Kuota Utama dan kuota MEGA BONUS hingga 20 GB. Jika memperbaharui paket internet, sisa kuota yang bisa dipakai pada paket yang baru (di ‘Roll-Over’) hanya Kuota Utama. Jika Indosat tidak mampu menyediakan internet dengan kuota yang dijanjikan itu, jangan menawarkan kepada konsumen yang akhirnya tidak bisa dinikmati oleh konsumen. Itu namanya penipuan. Tawarkan saja Paket Internet “Kuota Rata-Rata” yang saya yakin tidak akan ada yang beli! Walaupun kuota bisa di Roll-Over hingga setahun 100 GB, konsumen membeli kuota untuk dipakai bukan ditabung!

S&K Umum huruf u menyatakan bahwa “Apabila terjadi perbedaan atau perselisihan akan diselesaikan melalui musyawarah…..dst.”, tetapi Indosat tidak membuka pintu untuk musyawarah. Keluhan yang dialamatkan ke twitter @IndosatCare sudah banyak dan selalu dijawab dengan membaca kembali ke S&K yang disebutkan diatas. Permintaan saya agar keluhan disampaikan ke pihak manajemen pun dijawab dengan terima kasih atas masukannya. Apakah ini namanya layanan Customer Care?

Yeffery Putera Liem
0851060338**
Makassar, Sulawesi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

4 komentar untuk “Paket Kuota Internet Indosat dengan FUP atau Batas Wajar

  • 7 Desember 2018 - (07:13 WIB)
    Permalink

    saya juga sama, kuota masih 25 gb masa aktif masih 15 hari ga bisa ke pakai, speed di batasi cuma 35KB/s, komplain malah di suruh beli paket lagi.

  • 23 Februari 2019 - (22:26 WIB)
    Permalink

    Pengalaman yg sama jg saya alami dg im3 ooredo, dimana kecepatan internet melambat amat sangat lambat setelah tercapai jumlah kuota sesuai paket yg saya beli. Padahal kuota rollover saya sebelumnya masih sangat banyak. Artinya kuota rollover tersebut tidak bisa digunakan dg maksimal. Sangat mengecewakan……

  • 21 April 2020 - (22:35 WIB)
    Permalink

    Kirain cuma saya aja yg ngerasain seperti itu..
    Trnyata banyak toh yg komplain gitu!!!

    Apa harus pindah ke tetangga??
    Klo cara nya menipu konsumen seperti nie?

 Apa Komentar Anda mengenai Indosat Ooredoo?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Paket Kuota Internet Indosat dengan FUP atau Batas Wajar

oleh Yeffery Putera Liem dibaca dalam: 2 menit
4