Retur Barang di Zalora Tidak Sesuai dengan Yang Dituliskan dan Dijanjikan

Baru-baru ini saya mengikuti promo HARBOLNAS yang banyak diadakan oleh online shop di Indonesia baik yang besar maupun yang kecil. Dan kebetulan saya selalu berlangganan di Zalora untuk pembelian produk-produk branded. Saya sangat puas berbelanja di sini karena barang sesuai dengan yang difoto. Akhirnya saya memutuskan untuk membeli beberapa produk mereka dengan promo pemotongan 30% saat itu. Saat saya order tepat di tanggal 12 Desember 2018 dengan nomor pesanan 287128246 saya membeli 3 item barang berupa 2 buah sandal dan 1 buah dress.

Tepat tanggal 14 Desember malam sekitar pk. 6 sore kiriman paket saya tiba. Dan alangkah terkejutnya saya bahwa ada salah satu pesanan saya yang mereka salah kirim. Yaitu sebuah sandal merk Scholl type biomechanics berwarna hitam. Dan saat itu pula saya langsung menghubungi CS Zalora via chatting untuk melakukan penukaran barang tersebut. Saat itu saya ingat jelas nama CS yang pertama kali menangani saya adalah Andini. Saat saya menanyakan untuk penukaran, CS tsb mengatakan bahwa size saya out of stock dan akan melakukan refund dana.

Saat itu juga saya menolaknya. Saya mengatakan bahwa jika saya sebagai customer saya tidak mau dirugikan karena saya mengikuti promo ini dengan susah payah dan mendapatkan harga yang sangat terjangkau, jika saya menerima pengembalian dana otomatis dana yang saya terima sesuai dengan yang saya bayarkan, dan jika saya melakukan pemesanan ulang dengan tipe barang yang sama tentu saya tidak bisa mendapatkan barang tersebut dengan harga yang telah saya bayarkan sebelumnya.

Lalu saya mengatakan bagaimana jika saya melakukan penukaran warna saja dgn tipe dan harga yang sama (saat itu saya mengatakan ini karena saya sempat membuka website Zalora dan melihat warna lain ukuran yang saya inginkan masih available) jika size saya sudah out of stock. Dan saat itu pula si cs bersikukuh bahwa saya tidak bisa melakukan penukaran warna dan tetap mau mengajukan untuk refund dana. Dan setelah itu si CS mengatakan bahwa akan dibuatkan pelaporan dahulu untuk permasalahan saya.

Saat saya mengakhiri percakapan saya, saya langsung membuka syarat dan ketentuan untuk refund barang. Dan di situ dituliskan bahwa kita/customer bisa melakukan penukaran warna dengan tipe yang sama apabila barang yang mau di-refund sudah out of stock. (Dari sini bisa dilihat kembali apakah seperti ini bentuk profesionalitas dari online shop ternama dan besar di indonesia dan dapat disimpulkan bahwa mereka bekerja tidak sesuai dengan komitmen yang mereka tulis sendiri).

Di hari yang sama setelah saya melakukan komplain, saya mendapat email dari CS untuk menunjukkan foto barang yang saya terima. Saat itu pula saya mengirimkan bukti foto pesanan saya, bentuk barang pesanan saya, dan barang yang mereka salah kirimkan kepada saya dan yang terakhir saya screen shot pula syarat dan ketentuan pengembalian barang yang mereka tulis. Namun tidak ada tanggapan.

Dan hingga hari ini tanggal 16 Desember saya kembali menghubungi CS Zalora untuk menanyakan kelanjutan permasalahan saya. Dan diterima oleh CS bernama Tony. Solusi yang diberikan oleh CS ini tidak jauh berbeda bahkan lebih mengecewakan daripada CS sebelumnya yaitu pengajuan refund dana dan seolah olah cs ini tidak mengerti keinginan saya bahwa saya ini inginnya itu tukar warna dia tetap ingin untuk pengajuan refund dana dan di akhir percakapan saya dengan kondisi saya yang sudah mulai emosi, dengan tidak sopannya CS ini langsung keluar dari percakapan kami.

Saya adalah salah satu pelanggan setia Zalora untuk keperluan barang yang branded saya pasti belinya di sini. Karena sangat praktis dan harga yang terjangkau. Pengalaman saya selama ini berbelanja disini sangat puas karena kecepatan pengiriman, dan kondisi barang yang sesuai dengan foto. Dan baru kali ini saya ada masalah atas pesanan saya dan yang bukan merupakan kesalahan saya melainkan kesalahan mereka sendiri perbuat.

Saya menyatakan saya benar benar sangat kecewa atas service mereka yang sangat tidak profesional dan tidak sesuai dengan komitmen yang mereka tulis sendiri. Sebagai salah satu online shop terbesar saya harap kepada staff Zalora, tolong hargailah dan apresiasikan bentuk tanggung jawab kepada customer-mu dan penuhilah segala komitmen yang telah kalian tulis sendiri.

Saya sebagai customer sudah cukup mengalah dan memahami kesalahan yang telah kalian perbuat dan saya mengatakan oke jika produk saya out of stock tapi saya minta ganti warna saja dengan tipe dan harga yang sama. Apa sih susahnya memenuhi itu?? Kecuali jika saya meminta pergantian tipe dengan harga yang berbeda yang jauh lebih mahal dari produk yang saya beli. Ini loh tipe sama harga sama cuma MINTA WARNA susahnya gak ketolongan.

Dan yang lebih mengecewakan adalah syarat dan ketentuan untuk pengembalian produk yang kalian tulis sendiri bahwa kita bisa mengajukan warna lain dengan tipe yang sama. Dan saya harap setelah berita ini dimuat permasalahan saya dapat ditanggapi dengan baik.

Dian Cahyani Santoso Wijaya
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Zalora:
[Penilaian Rata-rata: 0]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

Satu komentar untuk “Retur Barang di Zalora Tidak Sesuai dengan Yang Dituliskan dan Dijanjikan

 Apa Komentar Anda mengenai Zalora?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!

Retur Barang di Zalora Tidak Sesuai dengan Yang Dituliskan dan Dijanji…

Dian Cahyani 3 menit
1