Penipuan dengan Modus Phishing di Bukalapak

Pada hari Selasa tanggal 11 Desember 2018 saya membeli sebuah freestanding cooker di Bukalapak sebesar Rp4.530.500, nomor transaksi 181522549634, dengan nama penjual Dunia Elektronik. Saya tertarik untuk membeli, lalu saya mentransfer uang pembelian ke Bukalapak. Tidak lama kemudian saya ditelepon oleh nomor 081943676408 yang mengaku dari toko Dunia Elektronik. Setelah berkomunikasi lewat telepon, lalu pelaku meminta agar berkomunikasi menggunakan Whatsapp dengan nomor 083136648889 dan saya diminta untuk mengikuti petunjuk dari penjual agar membuka link http://daftardiscountbukalapak1.000webhostapp.com (Peringatan! Tautan ini mengarah ke situs phishing. Jangan memasukkan data login Bukalapak Anda di situs tsb! – Redaksi).

Setelah saya buka, lalu saya disuruh agar saya mengetik email dan kata sandi serta diskon. Dan saya seperti menurut saja dengan instruksi pelaku penipuan. Tiba-tiba saya tersadar ketika ada notifikasi dari Bukalapak bahwa saya telah melakukan pembelanjaan barang yang bukan saya beli. Mengetahui peristiwa tersebut, saya baru menyadari telah menjadi korban penipuan. Ketika saya sadar, saya langsung menghubungi CS Bukalapak dan meminta untuk meng-cancel transaksi yang masih dilakukan penipu yaitu membeli 1 buah drum elektrik Yamaha. Tetapi CS hanya meminta saya menunggu 1×24 jam dan akan diberi kabar selanjutnya.

Setelah saya berulang-ulang bertanya tentang pembelian drum, jawaban dari CS Bukalapak bahwa transaksi sebesar Rp2.385.000 tersebut untuk pembelian pulsa juga dan saya disuruh melaporkan ke pihak kepolisian saja.

Padahal jelas-jelas tertera penipu melakukan pembelian drum elektrik Yamaha, kenapa bisa jadi pembelian pulsa? Pihak Bukalapak hanya melakukan pemblokiran akun penipu dan pemblokiran nomor pembelian pulsanya pada keesokan harinya tanpa ditindak lebih lanjut. Entah berapa korban lagi yang senasib dengan saya.

Selama ini saya berpikir Bukalapak adalah salah satu online shop yang aman dan terpercaya untuk pembelinya. Dan semua penjual yang ada di Bukalapak sudah diproses terlebih dahulu pada saat pendaftaran, sehingga jika terjadi penipuan seperti ini bisa langsung ditindak dan diproses, jadi pembeli terlindungi. Ternyata anggapan saya salah dan pembeli yang menjadi korbannya.

Swasti Ismiwardhani
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bukalapak:
[Total:8    Rata-Rata: 1.6/5]
Tanggapan Bukalapak atas Surat Ibu Swasti Ismiwardhani

Dengan Hormat, Terima kasih atas hubungan yang terjalin dengan baik antara Bukalapak dan MediaKonsumen.com selama ini. Sehubungan dengan dimuatnya Surat...
Baca Selengkapnya

Loading...

2 komentar untuk “Penipuan dengan Modus Phishing di Bukalapak

  • 24 Desember 2018 - (08:46 WIB)
    Permalink

    Hmmm… Lagi2 phishing di Bukalapak dan lagi2 pembelian pulsa XL buat money laundry-nya…

    Eh tapi itu si penipunya ninggalin jejak lho, dia beli barang kan? Tinggal dilacak aja ke alamat kirimnya kalo Bukalapak emang mau serius ngejar pelakunya. ?

 Apa Komentar Anda mengenai Bukalapak?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Penipuan dengan Modus Phishing di Bukalapak

oleh Swasti Ismi dibaca dalam: 1 min
2