Proses Refund JD.ID Tidak Ada Kejelasan dan Sangat Sulit Menghubungi CS JD.ID

Saya melakukan pembelian di JD.ID tanggal 19 Desember 2018 (pagi hari sekitar pukul 9.00) dengan no order 247400020 untuk modem internet smartfren. Sampai tanggal 22 Desember 2018 barang belum datang status masih di Gudang Marunda. Biasanya belanja di JD.ID sesama Jakarta 1-2 hari sudah sampai. Saya sudah coba telepon ke CS dan live chat untuk minta segera dikirim karena saya butuhkan untuk pekerjaan saya sehari-hari. Tetapi telepon selalu dalam antrian hanya mendengarkan jingle JD.ID dan live chat yang balas hanya teks default agen sedang sibuk.

Jadi karena barangnya saya sangat butuhkan dan sudah 3 hari tidak perubahan di tracking, saya putuskan klik “batalkan” dan saya beli di tempat lain. Saya lihat statusnya menjadi “disampaikan” dan “locked” dan sampai hari ini tetap begitu statusnya.

Dari tanggal 23 Desember sampai hari ini saya sudah terus berusaha menghubungi JD.ID Setiap Hari dari live chat, telp CS, live chat, DM via IG dan Twitter tetapi sebagian besar tidak dijawab dan beberapa yang jawab hanya balasan autoreply/robot yang sama sekali tidak membantu. Kecuali tanggal 3/1 kemarin setelah berpuluh-puluh kali telepon akhirnya bisa bicara dengan CS dan saya minta dibuat laporan komplain kalau saya mau refund. Tetapi dari CS juga banyak alasannya yang awalnya disuruh menunggu barang dikirim dulu setelah itu baru ajukan refund.

Bayangkan saja ini saja sudah 19 hari tak ada kiriman, mau tunggu kiriman yang tak jelas, nanti baru dibatalkan, diantarkan ke after sales, refund ke bank, mau sampai kapan? Sedangkan kontak ke JD.ID susahnya minta ampun, hanya dibalas autoreply saja. Setelah agak berdebat dengan CS akhirnya CS buatkan laporan refund dengan no 8020816663 dan dijanjikan maksimal 3 x 24 jam dari hari tersebut akan dihubungi JD.ID. Tetapi tetap tidak dihubungi dan dari pagi berkali-kali saya coba live chat berusaha menghubungi untuk menanyakan progress laporan saya dan akhirnya ada satu CS yang menjawab (entar CS orang atau autoreply) hanya menjawab tunggu saja nanti baru diproses. Setelah itu CS tidak mau menjawab pertanyaan lagi. Dari jawaban CS dan tidak ada progress pembatalan saya dari tanggal 22 Desember saya lihat sepertinya tidak ada keseriusan dari pihak JD.ID untuk proses refund saya.

Saya sudah kehabisan cara bagaimana berkomunikasi dengan JD.ID . Saya hanya ingin uang saya kembali dan ada kepastian dari JD.ID kapan uang saya bisa dikembalikan. Mudah-mudahan melalui surat pembaca ini JD.ID masih ada niat baik untuk proses pengembalian uang saya tanpa banyak drama karena memang itu memang hak saya.
Untuk JD.ID, Barang tidak Anda kirim dan Anda wajib dong mengembalikan uang konsumen berapapun itu harganya.

Kesalahan ada di Anda kenapa kami sebagai customer yang jadi seperti pengemis meminta minta uang kami. Saya harap JD.ID dapat lebih professional kedepannya dan saya tunggu pengembalian uang saya karena sudah bayar tagihannya di kartu kredit saya.

Terima kasih

Ivanna
Jakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai JD.ID:
[Penilaian Rata-rata: 2.3]
Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Ibu Ivanna

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan pada kami oleh Ibu Ivanna pada 6 Januari 2019 di halaman ini, kami dari JD.ID...
Baca Selengkapnya

Loading...

 Apa Komentar Anda mengenai JD.ID?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Proses Refund JD.ID Tidak Ada Kejelasan dan Sangat Sulit Menghubungi C…

ivn201823 2 menit
0